Rekomendasi jannis lucas 3 Pm95bUwLg unsplash

7 Rekomendasi GPS Navigasi Mobil Terbaik 2024

GPS navigasi mobil merupakan perangkat yang sangat di butuhkan, terlebih ketika hendak saat berkendara ke tempat yang baru pertama di kunjungi. Perangkat ini akan membantu anda dapat  mengetahui arah tercepat menuju tujuan dan memberikan informasi lalu lintas, seperti ada nya kemacetan. GPS khusus mobil juga banyak di gemari berkat keamanan nya.

ada berbagai merek produk GPS navigasi mobil yang tersedia di berbagai macam pasaran, seperti Pioneer, Garmin dan lain sebagai nya. tentu nya, dalam artikel ini kami akan mengulas dalam cara memilih dan rekomendasi GPS navigasi mobil yang bagus untuk anda. baca lah dengan teliti dan nikmati lah petualangan anda saat berkendara dengan lebih seru.

Apa keuntungan memakai GPS navigasi mobil di bandingkan GPS dari handphone?

akhir-akhir ini, banyak bermunculan fitur navigasi, baik dari Google mau pun dari aplikasi navigasi lain sebagai nya. maka dari itu banyak yang menggunakan fitur navigasi dari smartphone. Fungsi GPS navigasi mobil dan navigasi smartphone tergolong serupa. walaupun demikian, menggunakan GPS navigasi mobil bisa lebih dapat menguntungkan daripada smartphone

bila anda sering bepergian menggunakan mobil, sistem navigasi yang di desain untuk mobil dapat menghasilkan ukuran maps yang lebih besar daripada smartphone. tidak hanya itu, GPS navigasi mobil dapat mencegah pencurian mobil. ketika terjadi kejahatan, pemilik mobil dapat segera tahu di mana lokasi mobil tersebut. anda juga tidak memerlukan pulsa untuk mengoperasikan GPS khusus mobil,

Cara memilih GPS navigasi mobil

Di sini, kami akan mengulas secara sederhana mengenai cara memilih GPS navigasi untuk anda. bagi anda yang ingin mengganti mau pun baru ingin membeli GPS navigasi, perhatikan dengan saksama setiap poin nya.

 

① Ketahui tipe GPS navigasi mobil berdasarkan cara pemasangannya : Portabel atau in-dash

ada dua jenis sistem navigasi mobil, yaitu jenis in-dash dan portabel. setiap model ini memiliki keunggulan dan kekurangan nya masing-masing. mari kita ulas satu per satu model dari GPS navigasi ini.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Merk Lampu LED Terbaik, Hemat Listrik

Portabel : Harganya terjangkau dan pemasangannya mudah

Tipe portabel adalah tipe yang bisa dilepas dan dipasang di dashboard sesuai kebutuhan. karena dapat di lepas, anda dapat menyimpan GPS navigasi saat tidak di gunakan. anda bisa melepas kan perangkat nya saat meninggal kan mobil dalam waktu lama di parkiran untuk mencegah GPS map mobil hilang atau di curi.

banyak produk navigasi GPS tipe portabel yang memiliki harga yang  terjangkau, anda dapat dengan  sangat mudah menemukan nya di pasaran. GPS navigasi tipe portabel direkomendasikan untuk Anda hanya ingin menggunakan fungsi navigasinya saja. Pasalnya, tipe ini biasa nya hanya memiliki fungsi dasar navigasi saja, tidak ada sebuah fitur tambahan lain sebagai nya. anda yang mencari produk dengan harga yang sangat terjangkau juga bisa memilih produk jenis portabel ini.

In-dash: Tampilan interior mobil terlihat rapi, tetapi pemasangan nya cukup sulit

GPS navigasi mobil tipe in-dash merupakan GPS head unit yang di pasang di area interior mobil. terdapat dua tipe GPS navigasi mobil in-dash yaitu 1 DIN dan 2 DIN. agar anda makin paham, berikut penjelasan singkat nya

GPS navigasi 1 DIN 

GPS navigasi mobil 1 DIN merupakan GPS navigasi yang dapat di pasang di dashboard mobil yang sempit. biasa nya tipe GPS navigasi mobil ini cocok untuk mobil yang memiliki dashboard terbatas.

walaupun demikian, bentuk nya akan sedikit menonjol saat di gunakan. karena layar navigasi ini cukup menonjol, anda perlu berhati-hati agar lubang AC ataupun panel switch mobil Anda tidak terganggu.

GPS navigasi 2 DIN 

Jenis 2 DIN atau double DIN GPS adalah GPS navigasi yang terintegrasi dengan dashboard mobil sehingga memiliki layar besar. karena terintegrasi dengan interior mobil, kabel nya akan terlihat rapi.

Namun, karena di pasang di ruang audio mobil, pemasangan GPS navigasi mungkin berada di bawah garis pandang mata. hal ini tergantung pada tipe mobil dan model GPS navigasi nya juga. maka dari itu, anda perlu memastikan seperti apa tampilan layar dari GPS navigasi ini. pilih lah model yang tidak mengganggu bidang pandang mata sehingga anda tidak dapat kesulitan melihat nya saat sedang menyetir.

 

② Sesuaikan ukuran layar GPS navigasi dengan lokasi instalasinya

biasadnya, sistem navigasi mobil memiliki layar sebesar 7 inci. di sisi lain, ada beberapa model kelas atas yang mempunyai layar lebih besar, yakni sekitar 8 inci atau 9 inci. Sekilas, layar besar sepertinya memiliki kemampuan pengoperasian dan visibilitas yang lebih baik. namun, sebelum nya anda perlu menentukan ukuran layar navigasi mobil dengan lokasi instalasi yang pas di mobil anda.

GPS navigasi mobil merupakan barang yang di gunakan sebagai alat bantu saat berkendara. maka dari itu, pilih lah ukuran GPS navigasi yang tidak menghalangi pandangan anda atau mengganggu saat berkendara. GPS berukuran 7 inci seharusnya sudah cukup untukcity car. Jika anda punya mobil yang cukup besar, pertimbangkan layar yang besar sekitar 8 atau 9 inci.

 

③ Periksa media perekaman dan penyimpanan data pada GPS navigasi mobil

Dalam menggunakan GPS navigasi mobil, anda juga perlu mengecek sistem pada perekaman dan penyimpanan data. hal ini akan membantu anda melakukan update peta ketika dapat  menggunakan GPS untuk waktu yang lama. setidak nya, ada dua jenis media perekaman yang umum di pasang pada GPS navigasi mobil, yakni memory card dan SSD.

Baca Juga:  Rekomendasi 14 Merk Keramik Terbaik yang Cocok dipasang di Rumah

Memory card, harga terjangkau dengan tingkat kompatibilitas tinggi

Jenis memory card memiliki kompatibilitas yang tinggi sehingga di guna kan pada banyak sistem navigasi mobil. Media perekaman ini biasanya dipasang pada GPS navigasi untuk model yang memiliki harga rendah. sebelum nya, jenis HDD menjadi media perekaman utama dalam GPS navigasi mobil. Dalam beberapa tahun terakhir, HDD tergantikan dengan memory card yang memiliki ukuran kecil. karena ukuran nya yang besar, HDD sering mengalami benturan.

Selain itu, kapasitas HDD terlalu besar untuk sistem navigasi sehingga memori yang tersisa dinilai sia-sia. Jika anda tidak memerlukan daya pemrosesan kecepatan tinggi, kami merekomendasikan jenis memory card ini.

SSD, memori penyimpanan dengan loading data yang cepat

SSD tidak hanya bisa digunakan sebagai media perekaman data pada PC, tetapi juga pada GPS navigasi mobil. Kelebihannya, SSD dapat memproses data dengan kecepatan tinggi. Kami merekomendasikan tipe SSD jika anda menginginkan GPS navigasi dengan proses startup cepat. dengan begitu, anda tidak perlu menunggu lama untuk mengoperasikan GPS navigasi. sayang nya, GPS navigasi mobil dengan sistem penyimpanan SSD ini masih sulit di temukan di Indonesia.

 

④ Periksa juga kemudahan sistem update map GPS navigasi

Dalam memilih GPS navigasi mobil, pastikan produk yang anda pilih dapat memperbaharui data peta secara berkala. Biasanya, data akan disimpan secara otomatis dalam sistem navigasi mobil sehingga mudah untuk melakukan update peta. ada pula beberapa produk yang dapat di hubung kan dengan komputer untuk melakukan update secara gratis.

Jika anda menggunakan sistem navigasi mobil hanya untuk beberapa tahun, Anda mungkin tidak perlu terlalu memperhatikan update map-nya. Namun, jika Anda berharap untuk menggunakannya dalam waktu yang lama, periksalah sistem update map tersebut.

umumnya, GPS navigasi mobil tidak memiliki biaya pembaharuan. namun ada beberapa merek mobil yang membutuhkan biaya pembaharuan per tahunnya, seperti Ford. Maka dari itu, anda perlu memeriksa apakah peta yang sudah terpasang dapat di perbarui atau tidak, termasuk jika ada biaya pembaruan, dan lain sebagai nya.

 

⑤ Pilih perangkat dengan fitur-fitur yang mendukung perjalanan anda, seperti Bluetooth

ada banyak fitur dalam sistem navigasi mobil. Kami akan mengulas beberapa fitur yang ada di GPS navigasi mobil yang mendukung anda saat berkendara.

OS Android, interface-nya mudah dan bisa unduh banyak apps

Saat ini, hampir semua orang sudah terbiasa menggunakan smartphone Android. Agar makin terbiasa, pilihlah GPS navigasi mobil dengan OS Android. Interface dari sistem navigasi mobil Android lebih simpel, seperti anda mengoperasikan smartphone. anda tidak perlu bingung menekan tombol ketika ingin mengatur navigasi mobil.

selain itu, GPS navigasi mobil ini bisa mengunduh banyak aplikasi tambahan. anda dapat mengunduh Netflix, Disney+Hotstar, bahkan memilih aplikasi navigasi sesuai dengan keinginan anda. dengan begitu, anda tidak akan jenuh ketika sedang menyetir ketika macet. anda bisa menonton sejenak sambil menunggu jalan lancar.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Chicken Nugget Terbaik

CD dan DVD, nyaman berkendara bersama keluarga dengan anak-anak

apakah anda sering berkendara bersama keluarga dengan anak-anak? Jika mengemudi dalam waktu lama, anak kecil akan cepat bosan. Sebaiknya, Anda memilih sistem navigasi mobil yang kompatibel dengan CD dan DVD. Dengan begitu, anda dapat menampilkan DVD favorit atau memutar lagu favorit anak anda. GPS navigasi mobil jenis ini juga cocok jika anda sering mendengarkan musik saat mengemudi.

Bluetooth dan pendeteksi suara, memudahkan Anda untuk menerima panggilan

Kami menyarankan memilih GPS navigasi mobil yang mendukung pengenalan suara dan Bluetooth. Fitur-fitur tersebut memungkinkan anda berkendara dengan aman. Saat anda menerima panggilan masuk saat mengemudi, anda dapat menjawabnya secara hands-free.

anda juga dapat menginstruksikan navigator dengan suara sehingga tangan anda tetap berada pada kemudi. Jika anda sering mengemudi pada waktu yang lama atau sering menerima panggilan penting, fitur ini layak di pertimbang kan.

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan dua produk GPS navigasi mobil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini di pilih secara teliti dengan mempertimbang kan pada kualitas produk

1. Pioneer AVH-Z5250BT

 

Rekomendasi pioner

                                                              ( Gambar Navigasi merk Pioneer )

Bisa dikoneksikan dengan perangkat Apple!

Kelebihan:

  • Bisa terkoneksi dengan perangkat Apple berkat fitur Apple Car Play
  • Dapat dihubungkan dengan dua smartphone sekaligus

Kekurangan:

  • Layarnya belum IPS sehingga akan terlihat kurang bening dan cerah

Bila anda pemilik smartphone Apple, GPS head unit yang satu ini dapat di andal kan. Pioneer AVH-Z5250BT ini memiliki banyak  fitur Apple Car Play yang dapat di hubung kan ke iPhone milik Anda. hal ini dapat mempermudah anda untuk menanyakan navigasi kepada Siri, menerima pesan, juga menelepon lewat iPhone anda. tidak hanya itu, GPS navigasi mobil terbaik ini juga memiliki koneksi Bluetooth yang dapat terkoneksi dengan dua smartphone sekaligus.

Lokasi : Jl. Ir. H. Juanda No.40-42, Kb. Klp., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10120

Website : www.pioneer.com

 

2. Orion Singledin Android 1Din Android Deckless

 

Rekomendasi orion

                                                     ( Gambar Navigasi merek Orion Singledin )

Layar besar yang pas untuk mobil tanpa headrest monitor

Kelebihan:

  • Layarnya besar sehingga cocok untuk mobil dengan tempat duduk belakang

Kekurangan:

  • RAM-nya hanya 2 GB sehingga tidak dapat membuka banyak aplikasi sekaligus

Bila mobil anda tidak memiliki monitor di headrest belakang, GPS head unit for car yang satu ini memiliki fitur yang memudah kan penumpang ikut menonton. GPS map mobil keluaran Orion ini hadir dengan layar sebesar 10 inci. anda dapat melihat layar dengan sangat  mudah, bahkan dari tempat duduk yang paling belakang.

GPS mobil terbaik ini juga di lengkapi dengan 1.5GHz Octa-Core Cortex A7 Processor yang sangat kencang. dengan prosesor yang kencang, anda tidak perlu khawatir tayangan dari GPS mobil lag ketika sedang di gunakan. anda pun bisa bebas menggunakan nya untuk navigasi atau pun menonton bersama keluarga ketika saat  perjalanan.

Lokasi : Cityloft Sudirman 2519, Jl. K.H. Mas Mansyur No.121, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250

Website : www.orion.net.id

 

Apa perbedaan GPS navigasi mobil dengan head unit mobil?

Walaupun terlihat sama, GPS navigasi mobil dan head unit mobil merupakan hal yang berbeda. Head unit adalah otak dari sistem audio mobil yang dipasang di dashboard. Perangkat ini merupakan perangkat multimedia yang digunakan untuk mengatur sarana hiburan di dalam mobil.

Sementara itu, GPS navigasi mobil adalah perangkat yang menghadirkan navigasi atau map untuk menunjukkan arah jalan mobil. meskipun begitu, teknologi head unit mobil sudah makin berkembang. Kini ada pula head unit mobil yang memiliki GPS navigasi mobil di dalam nya.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dan rekomendasi produk yang kami berikan, apakah anda menemukan GPS navigasi mobil yang di butuhkan? GPS navigasi mobil penting untuk anda yang sering bepergian ke tempat-tempat baru.

ada banyak jenis GPS navigasi mobil yang tersedia di pasaran. Fitur-fiturnya pun  sangat beragam. maka dari itu, anda perlu mengetahui karakteristik GPS navigasi yang sesuai dengan segala  kebutuhan anda. Semoga anda menemukan produk yang cukup tepat.