Rekomendasi omer haktan bulut nwNQEydv8BA unsplash

4 Rekomendasi Merk Spray Gun Terbaik

Menjadi salah satu sebuah  alat yang membantu pekerjaan tangan menjadi lebih sangat  mudah serta memberikan hasil yang lebih  secara maksimal, spray gun kini banyak digunakan untuk mengecat. Selain hasilnya lebih maksimal, tahukah Anda bahwa spray gun juga diklaim bisa menghemat penggunaan cat? Mari simak terus pembahasannya.

Untuk cara kerjanya sendiri, spray gun menggunakan kekuatan tekanan angin atau udara untuk menyemprotkan cat yang ada dalam tabung dalam bentuk atom atau yang biasa disebut dengan atomisasi. Dan hasil dari proses tersebut akan semakin baik apabila Anda menggunakan spray gun dengan merk yang memiliki kualitas baik.

Berbicara tentang spray gun, dalam artikel ini akan dibahas secara detail dan lengkap bagaimana cara memilih produk spray gun terbaik, macam-macam spray gun serta merk spray gun terbaik. Bagaimana? Anda penasaran dengan topik yang satu ini? Jangan sampai diskip, berikut ulasan lengkapnya.

Cara Memilih Merk Spray Gun yang Bagus

Dalam memilih merk spray gun yang bagus, Anda perlu mengetahui jenis-jenis spray gun terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa Anda bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan Anda. Berikut jenis-jenis spray gun serta fungsi nya.

1. Spray Gun HVLP (High Volume Low Pressure)

Jenis spray gun ini didesain secara khusus untuk menghasilkan atomisasi yang sempurna dengan tekanan udara yang rendah. Tekanan udara tersebut bisa mencapai 14.7 psi ataupun kurang. Untuk proses atomisasinya digunakan aliran tekanan udara dengan volume yang tinggi. Jenis alat ini banyak digunakan untuk material kayu atau wood. Namun, perlu penyesuain tipe terlebih dahulu.

Alat ini banyak digunakan untuk aplikasi stain dan glaze. Namun bisa juga digunakan untuk aplikasi  sealer, top coat, base coat atau primer namun tidak untuk viskositas yang tinggi. Perlu diketahui, spray gun jenis yang satu ini tidak begitu cocok untuk pekerjaan dengan volume yang sangat besar karena kecepatan pekerjaannya cukup rendah.

2. Spray Gun LVLP (Low Volume Low Pressure)

Menjadi hasil pengembangan dari jenis sebelumnya, HVLP merupakan jenis spray gun yang bisa di sealer, top coat, base untuk viskositas yang tinggi. Untuk kecepatan kerjanya mirip dengan HVLP yaitu rendah sehingga tidak begitu cocok untuk bidang pekerjaan yang luas. Untuk sistem penggunaannya sendiri tidak jauh berbeda dari HVLP, hanya saja jenis LVLP ini tidak bisa digunakan untuk bahan finishing stain.

3. Spray Gun Airless

Selanjutnya ada spray gun tipe airless. Jenis spray gun ini menggunakan tekanan yang tinggi yang bisa mencapai 1000 psi atau setara dengan 68 atm. Itu sebabnya jenis yang satu ini cocok digunakan untuk viskositas yang tinggi serta bisa menghasilkan pelapisan material yang cukup tebal.

Baca Juga:  6 Merk Topi Brand Terkenal (Terbaru 2023)

Perlu diketahui, produk ini memiliki efisiensi penempelan material mencapai lebih tinggi 70% dari pada air spray. Tak ketinggalan, spray gun airless ini tidak terlalu cocok untuk aplikasi stain. Jenis yang satu ini cocok untuk aplikasi sealer atau base coat yang kemudian masih harus diikuti dengan proses lainnya seperti pengamplasan.

Itulah jenis-jenis spray gun yang wajib Anda ketahui. Setelah mengetahui jenisnya, Anda bisa menyesuaikan jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak lupa, Anda juga perlu menyesuaikan luas tabung spray gun tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sudah mengetahui bagaimana cara memilih spray gun yang bagus melalui jenis-jenisnya. Masih kurang lengkap apabila Anda belum mengetahui merk spray gun terbaik pilihan  ini. Penasaran merk apa saja? Berikut pembahasan lengkap nya di bawah ini :

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

3. Deli Spray Gun

 

Rekomendasi deli

( Gambar Deli spray Gun )

Rekomendasi merk spray gun terbaik yang dapat anda beli salah satu nya dari merk Deli. Produk ini punya sebuah desain yang sangat menarik dan lebih elegan. Tentunya, Anda akan langsung jatuh cinta pada pandangan pertama ketika melihat produk ini. tegangan yang terdapat pada alat ini yaitu 220 V hingga 240 V. Sementara itu, untuk konsumsi daya yang digunakan adalah 500 watt. Untuk tekanan penyemprotan yakni sebesar 0,1 bar dan volume tangki cat adalah 800 ml. Aliran maksimum pada produk ini yaitu 650 ml/menit serta viskositas maksimum yang dimiliki adalah 80 din.

Produk ini hadir dengan motor berkekuatan daya yang lebih tinggi. Tujuannya agar proses atomisasi dapat berjalan dengan optimal. anda bisa menggunakan produk spray gun merk Deli tersebut dengan  sangat mudah dan pastinya akan jauh lebih praktis. Proses pengecatan jadi lebih nyaman dan cepat untuk selesai. Anda juga tidak perlu repot untuk menggunakan kompresor udara. Anda dapat mengatur teknik penyemprotan dengan baik sesuai dengan segala  kebutuhan.

Selain itu, anda dapat mengatur ketebalan dari film cat. Anda bisa mengaplikasikan cat dengan alat yang satu ini untuk dinding, kayu, logam, dan lain sebagainya. Bagian pegangannya telah didesain sedemikian rupa dan tidak licin sama sekali selama anda saat gunakan.

Lokasi :  Jl. TB Simatupang Gg. Anggrek No.18, RT.10/RW.4, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430

Website : www.indoteknik.com

4. Black+Decker Spray Gun

 

Rekomendasi black

( Gambar Black + decker spray gun )

Produk spray gun terbaik dari merk Black+Decker bisa menjadi andalan Anda dengan baik. Pasalnya, Anda bisa dengan mudah untuk mengisi tabung sisi pada alat yang satu ini. Sudah dilengkapi dengan motor yang lebih bertenaga yaitu 450 watt. Sehingga, proses pengecatan akan berlangsung dengan cepat. Anda dapat menyesuaikan pola semprotan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, produk ini telah dibekali dengan paint flow indicator yang memiliki kinerja berulang dan sederhana.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Merk Cat Tembok Rumah Terbaik (Terbaru 2023)

Dengan adanya fitur fine spray system yang telah berbasis lantai maka Anda dapat mengecat sebuah lukisan secara cepat. Pastinya, alat ini lebih mudah untuk digunakan dan sangat membantu Anda sekali dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Kapasitas tangki yang dimiliki oleh produk tersebut yaitu 12000 ml. Setiap pembelian produk ini, Anda akan mendapatkan side filling canister, cleaning brush, paint mixing bucket, floor based spray gun, dan air hose.

Walaupun produk ini dijual dengan harga yang lebih mahal, namun sukses memberikan kepuasan penggunaan untuk konsumennya. Anda bisa menggunakannya kapan saja dan tentu produk ini telah terjamin kualitasnya dengan baik.

Lokasi : Menara Standard Chartered Level 31, Jl. Prof.Dr.Satrio No.164, Karet, Setiabudi, RT.3/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930

Website : www.hitechcomputer.co.id

5. Lakoni Spray Gun

 

Rekomendasi lakoni

( Gambar lakoni spray gun )

Spray gun terbaik ketiga hadir dari merk Lakoni Spray Gun. telah di gunakan oleh banyak kalangan seperti penggunaan pribadi hingga para pengusaha dalam bidang pengecatan, spray gun lakoni ini merupakan  sebuah pilihan yang bisa di jadikan sebagai pilihan saat anda sedang bingung-bingungnya dalam memilih produk spray gun. alat ini bisa dipakai untuk mengatasi cat yang ada pada sebuah media atau permukaan yang menggunakan udara bertekanan.

Untuk keperluan kecil maupun besar, merk lakoni ini bisa menjadi pertimbangan yang baik bagi Anda. Selain bisa memenuhi kebutuhan pengecatan dalam skala kecil maupun besar, produk ini juga dibanderol dengan harga yang terjangkau apabila dibandingkan dengan harga produk merk lain.

Lokasi : Ps. HWI Lindeteves, LT.2 BLOK A.27B Jl. Hayam Wuruk No.100, RT.1/RW.6, RT.1, RT.1/RW.6, Mangga Besar, Taman Sari, West Jakarta City, Jakarta 11180

Website : www.gardepot.com

6. Bosch Spray Gun

 

Rekomendasi bosch

   ( Gambar Bosch Spray Gun )

Jika merk sebelumnya hadir dari negara jepang, merk spray gun terbaik berikutnya hadir dari negara Jepang yaitu Bosch spray gun. Merk ini telah berhasil mendapatkan tempat dihati masyarakat mulai dari keberagaman tool yang telah dihadirkan sehingga kualitasnya. Salah satunya adalah tools spray gun. Bosch telah menghadirkan pekerjaan yang sangat luar biasa dalam menciptakan spray gun terbaik yang tidak kalah dengan merk lainnya.

Hadir dalam banyak fitur serta desain produknya yang sangat lah profesional, bosch spray gun di akui dapat juga menghasilkan semprotan cat yang sangat baik. Oleh sebab itu, merk yang satu ini sudah sangat familiar di telinga masyarakat.

Lokasi : Arkadia Green Park – Tower G / Floor: 7, Jl. TB Simatupang No.88, Kebagusan, Ps. Minggu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520

Baca Juga:  10 Tempat Wisata di Denpasar Bali Terbaru yang Paling Asyik

Website : www.bosch-diy.com

Cara Penggunaan Spray Gun

Telah dijelaskan bagaimana cara memilih produk spray gun serta telah diberikan juga daftar pilihan merk spray gun terbaik. Kini Anda akan belajar bagaimana cara menggunakan spray gun tersebut. Penasaran? Begini caranya.

1. Jarak Penyemprotan

Yang pertama, perhatikan jarak ujung dari spray gun dengan objek atau permukaan benda. Untuk jarak terbaiknya adalah 1 jengkal tangan atau kurang lebih jarak 25 cm. Diharapkan untuk tidak terlalu dekat karena hal tersebut bisa saja merusak ketebalan hasil akhir.

2. Sudut Spray Gun

Berikutnya, perhatikan sudut dari spray gun. Hal ini sangat berpengaruh dari bagaimana Anda cara memegang alat tersebut. Pastikan Anda memegang dengan sudut 90 derajat dengan stabil. Hal ini bertujuan agar hasil pengecatan tidak terlalu tebal ataupun tidak terlalu tipis.

3. Kecepatan

Selain dari yang telah dijelaskan diatas, Anda juga perlu memperhatikan kecepatan dalam penggunaan alat ini. Untuk kecepatan yang direkomendasikan adalah 900 hingga 1200 mm/detik. Dengan kestabilan kecepatan ini bisa dipastikan hasil painting Anda akan lebih halus dan stabil.

4.Overlapping

Saat melakukan pengecatan, tak jarang ketebalan hasil cat akan berbeda. Untuk menyamakannya Anda perlu pengecatan ulang atau menindih hasil cat tanpa mengubah konsep awal pengecatan. Pengecatan tumpang tindih ini dilakukan agar agar hasil yang didapatkan memiliki ketebalan yang merata.

Hal ini sering disebut dengan overlapping. Saat melakukan hal ini, diharapkan tidak melakukan pola penyemprotan yang sama dengan sebelumnya karena hal tersebut bisa merusak hasil pengecatan Anda. Sebaiknya overlapping dilakukan setengah atau 2/3 dari

pola penyemprotan yang Anda lakukan sebelumnya.

5. Re-Painting

Selain overlapping, re-painting juga menjadi salah satu teknik yang banyak digunakan. Jika sebelumnya hanya dilakukan tumpang tindih saja untuk menyamakan ketebalan cat. Re-painting adalah mengubah keseluruhan hasil akhir pengecatan.

Hal ini sering dilakukan apabila hasil pengecatan yang lama sudah mulai pudar. Tak hanya itu, hal ini juga sering terjadi saat hasil pengecatan di awal tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan. Jadi Anda bisa melakukan pengecatan ulang untuk mendapatkan hasil sesuai dengan ekspektasi Anda.

Itulah beberapa cara penggunaan spray gun serta teknik yang paling sering dilakukan saat dilakukan pengecatan menggunakan spray gun. Bagaimana? Apakah Anda sudah pernah melakukan teknik tersebut sebelumnya?

Kesimpulan

Dalam artikel ini telah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara memilih produk spray gun terbaik. Telah dijelaskan pula beberapa merk rekomendasi saat ini serta beberapa teknik dan cara bagaimana menggunakan spray gun pilihan tersebut. apakah anda sudah menemukan spray gun yang ingin anda coba gunakan? Semoga sudah ya. Jangan lupa, langsung saja pesan dari toko kesayangan anda.

Perlu di ketahui, untuk dapat menghasilkan pengecatan yang secara maksimal tidak bergantung hanya pada alat saja, melainkan sangat berpengaruh juga tangan yang menggerakkan alat tersebut. untuk itu, agar bisa mendapatkan hasil yang secara maksimal anda juga perlu melakukan latihan pengecatan dengan spray gun terbaik.