Rekomendasi khana yudhistira J6lqHL8o1CY unsplash

3 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung

Bandung, atau yang di juluki dengan sebutan Kota Kembang, memang memiliki berbagai macam  beragam pesona wisata alam. tebing Keraton, Ranca Upas, dan Kawah Putih adalah tempat wisata alam di Bandung yang sedang hits. tempat-tempat tersebut menyajikan pemandangan alam menakjubkan yang dapat  menyegarkan hati dan pikiran.

Jika anda sedang mencari informasi wisata alam yang bagus di Bandung, silakan baca artikel ini sampai habis. kami akan mengupas banyak hal tentang wisata alam di Bandung. mulai dari wisata alam Bandung untuk anak sampai wisata alam Bandung terbaru,

Cara memilih wisata alam di Bandung

Sebelum melihat rekomendasi wisata alam di Bandung yang telah kami siapkan, ada baik nya anda memperhatikan cara memilih berikut ini. cara memilih ini kami susun agar anda bisa merasa aman dan nyaman saat berwisata. Jadi, silakan di baca dengan saksama.

 

1.Pilihlah jenis wisata alam yang Anda minati

Bandung menyajikan banyak ragam wisata alam yang sangat memukau. Untuk itu, mari kenali satu per satu jenis wisata alam yang ada di Bandung.

Gunung atau bukit, menyajikan pemandangan alam luas yang menakjubkan

Secara geografis, Bandung dikelilingi oleh pegunungan. Jadi, jangan heran jika jenis wisata alam berupa gunung atau bukit banyak anda jumpai di Bandung. Berikut ini beberapa wisata alam yang akan anda temui di Bandung.

Gunung Tangkuban Perahu

Baca Juga:  3 Mesin Serut Kayu Terbaik

Salah satu wisata gunung di Bandung yang tak lekang oleh waktu adalah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung ini terkenal karena cerita legenda yang menyertainya, yakni legenda Sangkuriang. di kisahkan bahwa Gunung Tangkuban Perahu berasal dari perahu terbalik yang di tendang oleh Sangkuriang.

Bukit Moko dan Bukit Teletubbies

Selain Gunung Tangkuban Perahu, wisata alam lain yang bisa Anda temui adalah Bukit Moko dan Bukit Teletubbies. Dari atas bukit Anda bisa menikmati pemandangan kota atau lembah yang menakjubkan. Namun, untuk mencapainya, tak jarang Anda diharuskan tracking dan mendaki. Siapkan stamina Anda, ya.

Situ, menyajikan pemandangan yang asri dan lebih mudah dicapai

Situ merupakan bahasa Sunda yang artinya danau atau telaga. Salah satu situ yang paling terkenal di Bandung adalah Situ Patenggang. Kata Patenggang atau Patengan sendiri diambil dari bahasa Sunda, pateang-teangan yang artinya saling mencari.

Kata ini menggambarkan kisah Ki Santang dan Dewi Rengganis yang terus saling mencari. Suatu ketika, keduanya bertemu di Batu Cinta. Dewi Rengganis minta dibuatkan danau dan perahu untuk berlayar berdua.

Danau inilah yang dikenal sebagai Situ Patenggang dan perahunya adalah Pulau Asmara. Konon, jika ada pasangan yang singgah di Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara, cintanya akan abadi.

Terlepas dari cerita tersebut, Situ Patenggang memiliki pemandangan alam yang sangat asri. Aksesnya pun terbilang mudah. Ditambah lagi, Bandung juga memiliki wisata Situ Cileunca, Situ Lembang, Situ Ciburuy, dan lain-lain. Semuanya memiliki pemandangan alam menakjubkan dengan akses yang cukup  mudah.

Taman atau hutan, hilangkan kepenatan Anda

Warna hijau dikenal dapat memberikan efek relaksasi bagi siapa pun yang melihatnya. Jadi, jangan heran bila penat Anda bisa hilang dalam sekejap ketika Anda bermain di taman atau hutan. Taman atau hutan adalah tempat wisata alam yang paling banyak didominasi oleh warna hijau pepohonan.

Berbicara soal taman dan hutan, Bandung juga memiliki wisata alam taman dan hutan untuk para wisatawannya. Baik taman atau hutan yang masih alami hingga yang sudah dipugar, semuanya bisa Anda temukan di Bandung.

Taman atau hutan yang sudah dipugar biasanya memiliki akses jalan yang baik, fasilitas lengkap, dan medan yang cenderung aman. Contohnya adalah Grafika Cikole, Orchid Forest Lembang, dan Hutan Pinus Dago Dream Park.

2. Ketahui lokasi wisata alam yang ingin Anda kunjungi

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan saat akan menyambangi wisata alam adalah lokasinya. berbeda dengan wisata kota, wisata alam biasa nya harus melalui jalan berliku dan waktu tempuh yang panjang. untuk dapat  memudahkan anda, kami sudah membagi wisata alam Bandung berdasarkan lokasinya. Keep reading!

Bandung Barat, terkenal dengan kawasan Lembang yang sejuk

Kawasan di Bandung Barat yang terkenal sebagai lokasi wisata alam adalah Lembang. Lembang dikenal sebagai “puncaknya” Bandung yang menawarkan udara yang sangat sejuk. Namun, kemacetan di daerah Lembang merupakan sesuatu yang amat lumrah, khususnya pada hari libur.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Mobil Listrik Terbaik Manfaat dan Cara Perawatannya

Jika Anda ingin mengunjungi wisata alam di daerah Lembang, siapkanlah spare waktu. Bukan karena jaraknya yang jauh, tetapi karena kemungkinan banyak titik-titik kemacetan. Terlebih lagi, jika ingin mengunjungi Tebing Keraton yang merupakan tempat favorit melihat sunrise, Anda harus benar-benar memperhitungkan waktunya.

Bandung Selatan, didominasi situ dan taman

Wisata alam di kawasan Bandung Selatan banyak didominasi oleh situ dan taman. Situ Patenggang, Situ Cileunca, Ranca Upas, Perkebunan Teh Cukul adalah beberapa destinasi yang bisa Anda jumpai di kawasan ini.

Di sisi lain, Bandung Selatan juga menawarkan pemandangan eksotis Kawah Putih Ciwidey. Saking eksotisnya pemandangan di sini, banyak pasangan yang memanfaatkan tempat ini sebagai lokasi pre-wedding. 

Bandung Timur, benar-benar membawa Anda kembali ke alam

Bagi Anda yang mencari wisata alam yang unik dan berbeda, daerah Bandung Timur patut Anda pilih. Banyak wisata alam di Bandung Timur yang menghadirkan suasana alami dan menantang. Beberapa contohnya adalah Curug Baru Templek, Curug Cinulang, dan Bukit Teletubbies Cicalengka.

Wisata-wisata alam tersebut menawarkan kegiatan menuruni curug dengan tali, hiking, sampai berkemah. Konsep back to nature benar-benar bisa anda rasakan di daerah ini.

3.Perhatikan fasilitas yang bisa anda temukan

Setelah mengetahui lokasinya, penting bagi Anda untuk mengetahui fasilitas yang tersedia di lokasi wisata. Fasilitas apa saja yang patut Anda perhatikan? Simak informasinya di bawah ini.

Toilet, fasilitas standar untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia

Toilet adalah salah satu fasilitas paling dasar yang sebaiknya dimiliki tempat wisata. Toilet yang layak dengan sanitasi dan bangunan yang baik penting untuk memfasilitasi kebutuhan para pengunjung. Jadi, para pengunjung dapat berlama-lama di suatu tempat wisata tanpa perlu menahan buang air kecil atau buang air besar.

Tempat makan, memastikan Anda bisa mengisi tenaga kembali setelah beraktivitas

Kebutuhan dasar lain manusia adalah makan. Tersedianya tempat makan di suatu wisata alam menjadi poin plus tersendiri. Hal ini khususnya bagi tempat wisata alam yang letaknya jauh dari keramaian.

Baca Juga:  2 Pelindung Cat Mobil Terbaik

Namun, sebaiknya anda tidak membayangkan tempat makan di tempat-tempat ini serupa dengan restoran. tempat makan yang tersedia di area wisata alam mungkin saja hanya berupa warung makan yang menjual makanan sederhana.

Berikut ini tiga rekomendasi wisata alam terbaik di bandung :

 

1. Gunung Putri Lembang

 

Rekomendasi putri

                                                      ( Gambar nampak Gunung putri Lembang )

Nikmati keindahan sunrise yang membuat Anda terkesima!

Kelebihan:

  • Tersedia warung makan dan toilet di dekat area parkir kendaraan
  • Jalur pendakian cukup mudah dengan waktu tempuh sekitar 30 menit

Kekurangan:

  • Kebersihan toilet masih perlu ditingkatkan menurut sebagian pengunjung

Panorama matahari terbit pada pagi hari kerap menjadi  sebuah pemandangan yang di buru. beberapa orang mungkin ingin menikmati suasana nya, sedang kan beberapa orang lain sebagai nya ingin mengambil foto nya. apa pun tujuan anda, panorama matahari terbit yang terlihat dari Gunung Putri Lembang ini siap membuat anda akan terkesima.

untuk perjalanan ke Gunung Putri Lembang ini biasanya tersedia dalam bentuk paket. Jadi, setelah dari Gunung Putri Lembang, Anda juga bisa menyambangi Gracia Spa Resort, Orchid Forest, dan Kopi Luwak Cikole.

Lokasi : Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Website : www.puterigunung.com

 

2. Taman Lembah Dewata

 

Rekomendasi dewata

                                                         ( Gambar nampak taman lembah dewata )

Nikmati suasana Bali di Kota Bandung

Kelebihan:

  • Tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 45 menit saja

Kekurangan:

  • Tidak boleh membawa makanan dari luar, dikenakan denda Rp300.000 jika ditemukan membawa makanan menurut beberapa konsumen

Bagi anda yang senang berfoto di berbagai tempat menarik, Taman Lembah Dewata bisa dijadikan alternatif. Pasalnya, di tempat ini banyak terdapat spot foto yang fotogenik. Jadi, Anda bisa mengabadikan momen kebersamaan saat mengunjungi tempat ini bersama keluarga. Selain itu, ornamen dan nuansa khas Bali yang dihadirkan membuat Anda serasa sedang berlibur di Bali.

Lokasi : Jl. Raya Tangkuban Parahu No.KM.3,7, Cibogo, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Website : www.tamanlembahdewata.com

 

3. Kawah Putih

 

Rekomendasi kawah putih

  ( Gambar nampak Kawah putih )

Destinasi wisata alam Instagrammable dengan pemandangan tak biasa

Kelebihan:

  • Banyak spot foto menarik
  • Tiket bisa di-refund dan di-reschedule
  • Lahan parkir cukup luas

Kekurangan:

  • Jarak dari pintu gerbang menuju kawah lumayan jauh

Kawah Putih adalah salah satu destinasi favorit wisatawan saat berlibur ke Bandung. Wisata alam ini menyajikan pemandangan tak biasa dengan kabut, pepohonan gersang, dan danau berwarna putih kehijauan. Sangat eksotis!

Tak jarang tempat ini digunakan untuk pre-wedding karena visual yang di milikinya. hampir setiap spot di kawasan Wana Wisata Kawah Putih ini bisa dijadikan tempat berfoto. Bagi Anda yang mencari wisata alam Instagrammable, tempat ini layak dijadikan pilihan.

Lokasi : Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung Regency, West Java

Website : www.ciwideyoutbound.com

Kesimpulan

Berwisata di alam terbuka adalah hal yang sangat menyenangkan. anda bisa dapat  menikmati pemandangan dan suasana yang berbeda dengan keseharian anda, terlebih bagi anda yang bekerja kantoran.

namun, sebelum memilih tempat wisata alam yang ingin anda tuju, sebaik nya perhatikan cara memilih yang kami ulas di atas. dengan demikian, anda dapat berwisata dengan lebih cukup nyaman. selamat bersenang-senang dan menikmati indahnya alam.