Rekomendasi nicolas j leclercq qDLLP0yP7FU unsplash

10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Apakah kalian sedang mencari smart TV terbaik dengan harga yang  murah? Saat ini, tersedia banyak merek smart TV yang bagus dengan harga 1 jutaan dan 3 jutaan, seperti Xiaomi dan Polytron. Ukuran smart TV murah juga bervariasi, mulai 24 inch, 32 inch, hingga 50 inch.
Sebelum memilih smart TV, ada beberapa hal yang harus kalian  perhatikan. Salah satunya adalah sistem operasi yang di gunakan, seperti Android TV, WebOS, atau Tizen. Periksa juga dengan  kualitas gambar dan audio dari smart TV.

Table of Contents

Apa itu smart TV?

Keberadaan smart TV atau TV pintar makin sangat  populer dan di gemari oleh sebaian  masyarakat pada umum nya . Smart TV menawarkan fitur-fitur inovatif yang memberikan pengalaman berbeda di banding kan  dengan TV konvensional. Smart TV memungkin kan kalian menjelajahi beragam konten menarik melalui browser maupun platform streaming, seperti Netflix, Disney+, dan lain  sebagai nya.

Keunggulan lain nya, smart TV bisa di integrasikan dengan smartphone. kalian  dapat melakukan mirroring atau menghubungkan tampilan smartphone ke layar TV secara nirkabel. Beberapa smart TV juga di dukung dengan Google Assistant sehingga kalian dapat mengoperasikan TV hanya dengan suara. Secara tampilan, smart TV memiliki desain yang ke kinian dan mampu memperindah interior ruangan di rumah kalian.

Cara memilih smart TV murah

Sebelum membeli smart TV dengan harga  yang sangat terjangkau, kalian  sebaik nya memperhatikan spesifikasi, kualitas gambar, juga fitur yang di miliki nya. selain itu, masih ada beberapa hal lain yang juga sebaiknya kalian  pertimbang kan. Poin-poin berikut ini bisa kalian  jadikan sebagai  sebuah acuan.

Pahami sistem operasi smart TV yang hendak kalian  pilih

Smart TV memiliki sistem operasi (OS) yang  sangat berbeda-beda. Hal ini di tentukan oleh perusahaan pembuat smart TV tersebut. Ada tiga jenis OS yang sering di gunakan pada smart TV, yakni Android TV, WebOS, dan Tizen. Tiap-tiap OS ini memiliki ciri khas dan keunggulan nya pada  masing-masing.

Android TV, lebih populer dengan pilihan aplikasi berlimpah

Sebagian besar smart TV menggunakan sistem operasi Android TV. Karena memakai sistem yang mirip dengan smartphone Android, cara menggunakan smart TV ini menjadi lebih  sangat familiar. Produk smart TV yang menggunakan OS Android TV juga mendukung Google Assistant dan dapat mengakses Google Play Store.

Sistem operasi Android TV menawarkan beragam konten menarik yang  sangat berlimpah. kalian  dapat menemukan film, musik, juga game yang lebih beragam. apabila kalian  nyaman menggunakan ponsel Android, kalian dapat mempertimbangkan smart TV dengan OS Android TV.

WebOS, tampilan minimalis dengan penggunaan yang praktis

WebOS merupakan sistem operasi yang biasa nya terpasang pada smart TV produksi LG. WebOS pada smart TV LG terlihat lebih minimalis di banding Android dan penggunaannya pun ringan.

WebOS hadir dengan aplikasi bawaan yang populer, seperti Netflix, Youtube, Amazon Prime, Google Play Movies, dan lain  sebagai nya. kalian  juga bisa mengunduh aplikasi tambahan melalui LG Content Store. Terdapat pula launch bar di bagian bawah TV yang bisa kalian  kustomisasi.

Tizen, sistem operasi eksklusif yang minim hang atau crash

Tizen adalah sistem operasi yang di kembangkan Samsung dan hanya di gunakan untuk smart TV produksi Samsung. Hal itu membuat OS Tizen menjadi eksklusif dan aplikasinya minim crash atau hang. kalian bisa mengatur setting TV jarak jauh berkat fitur Smart Hub. Masih terdapat banyak lagi aplikasi yang mudah terintegrasi dengan smartphone Samsung. Jadi makin praktis, bukan?

Periksa kualitas gambar yang ditampilkan oleh smart TV

Kualitas gambar yang di tampilkan smart TV memengaruhi tingkat kenyamanan menonton. kalian juga harus mengecek aspek-aspek yang memengaruhi kualitas tampilan pada TV. Simak poin ini dengan saksama.

Resolusi layar, memengaruhi ketajaman dari gambar yang ditampilkan

Resolusi TV di tunjukkan dengan jumlah piksel yang melintasi layar dari atas ke bawah. Misalnya, TV beresolusi 1.920p x 1.080p menunjukkan ada 1.920 piksel horizontal dan 1.080 piksel vertikal. Makin besar nilai pikselnya, tampilan layar juga makin tajam sehingga kemungkinan melihat titik-titik pada layar pun makin kecil.

Berikut ini ukuran resolusi layar yang biasa ditemui pada smart TV:

  • HD (high definition) memiliki resolusi 1.280p x 720p
  • FHD (full high definition) resolusinya adalah 1.920p x 1.080p
  • 4K UHD (ultra high definition) memiliki resolusi 3.840p x 2.160p

Agar mendapatkan tampilan gambar yang lebih jelas dan tajam, pilihl ah TV dengan resolusi layar FHD atau 4K.

Refresh rate, membuat video yang di tayangkan makin halus

Nilai refresh rate menunjukkan tingkat kehalusan video yang di tampilkan pada smart TV. Makin tinggi nilai refresh rate, makin halus juga video yang di tampilkan di layar TV. Tingginya nilai refresh rate tersebut berarti gerakan yang di tampilkan tampak lebih halus di mata kalian , Pada umumnya, TV mempunyai refresh rate 60 Hz. Namun, untuk kalian yang ingin pengalaman tersendiri menonton TV, pilihlah smart TV dengan refresh rate 120 Hz ke atas.

Pilih ukuran smart TV yang sesuai dengan ruangan Anda

Ukuran ideal TV di pengaruhi jarak antara TV dan tempat kalian  menonton. Sebelum membeli, kalian perlu mengetahui perkiraan jarak tersebut. Kemudian, baru lah kalian dapat menentukan ukuran TV yang ideal dengan hitungan sederhana berikut ini.

– Full HD TVJika kalian  memilih full HD TV, ada cara mudah untuk menentukan ukuran ideal TV. Cara nya adalah dengan mengalikan jarak TV dan sofa dengan 25. Misalnya, jika jarak sofa dengan TV adalah 2 meter, maka kalian  di sarankan memilih TV berukuran 50 inci. Apabila jarak TV 3 meter, ukuran TV yang ideal adalah 75 inci.

– UHD TVUHD TV (ultra high definition) atau 4K memiliki kualitas gambar yang lebih sangat  detail. Hal ini karena layar UHD TV mempunyai jumlah piksel 4x lebih padat dari FHD. Makin kecil kerapatan pikselnya, kalian  dapat duduk lebih dekat ke TV.

Untuk menghitung ukuran ideal UHD TV, kalian dapat mengali kan jarak antara TV dan sofa dengan 39. Misal nya, jika TV dan sofa memiliki jarak dua meter, maka 2 dikali 39 adalah 78 inci. Anda pun dapat memilih smart TV yang berukuran 79 inci.

Pertimbangkan TV dengan teknologi surround audio

Kualitas video yang bagus harus di imbangi juga dengan kualitas audio nya. Untuk sensasi audio yang lebih mengesankan, pilihlah smart TV dengan audio yang memiliki surround digital. Dengan teknologi ini, suara yang di hasilkan TV terdengar seakan-akan sedang mengitari kepala kalian

Saat ini, ada dua perusahaan ternama yang memiliki teknologi surround digital, yakni Dolby Audio dan DTS. Audio yang di hasilkan dari oleh Dolby Audio dan DTS tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. Baik Dolby Audio maupun DTS sama-sama menghasilkan audio yang sangat  berkualitas. Jadi, saya menyarankan kalian  memilih smart TV yang sudah mempunyai salah satu dari teknologi ini.

Cek juga kelengkapan konektivitas dan input port

Penting juga untuk memeriksa konektivitas jaringan dan input port pada smart TV. Konektivitas jaringan menentukan jenis jaringan apa saja yang dapat terhubung dengan smart TV. Sementara itu, input port menentukan jenis perangkat yang bisa di sambungkan dengan smart TV.

Konektivitas jaringan, memudahkan untuk terhubung dengan jaringan lain

Ada tiga jenis koneksi yang biasa tersedia di smart TV, yakni Wi-Fi, Bluetooth, dan LAN. Wi-Fi dan LAN berfungsi untuk menghubungkan smart TV ke jaringan internet. Dengan adanya jaringan internet, kalian  dapat terhubung dengan beragam layanan streaming, seperti Youtube, Netflix, Viu, dan lain sebagai nya.

Sementara itu, Bluetooth dapat menghubungkan berbagai perangkat seperti smartphone dan speaker ke TV secara nirkabel. Tampilan TV juga akan terlihat menjadi lebih rapi dan ringkas.

Input port, sambungkan dengan perangkat favorit kalian

Input port berfungsi untuk menyambungkan smart TV dengan perangkat lain. Biasanya, smart TV mempunyai AV input dan HDMI, seperti DVD player, PlayStation, dan perangkat sejenis. Perbedaannya, HDMI memiliki teknologi yang lebih modern. Pemasangannya pun lebih secara  praktis.

Ada juga port USB yang bisa di gunakan untuk memutar  sebuah video atau lagu yang tersimpan dalam flash disk. Jika kalian masih menonton stasiun televisi yang mainstream, cek keberadaan input port untuk antenanya juga, ya. Periksalah kembali jenis perangkat yang sering kalian  gunakan di TV, kemudian pilihlah smart TV yang support dengan perangkat tersebut.

10 Rekomendasi smart TV murah terbaik

Selanjutnya, saya  akan merekomendasikan sepuluh produk smart TV murah terbaik yang sudah di tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini di pilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas  sebuah produk

1. LG23.6” Smart HD Ready LED TV Monitor

Rekomendasi lg