Rekomendasi noah smith miNo SFAcws unsplash

10 Merk Sepatu Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Gerakan menggunakan sepatu lokal makin  sangat lah gencar terdengar belakangan ini. Banyak orang mulai akan percaya diri memakai sepatu dari brand lokal, seperti sneakers merek Ventela, Compass, atau PATROBAS. di tambah lagi, komunitas pencinta sepatu merek lokal gencar menggaungkan hashtag #LocalPrideIndonesia sehingga membuat banyak orang makin tertarik, Pada beberapa kesempatan, launching produk sepatu lokal di padati orang-orang yang mengantre untuk membeli. Ini memperlihatkan betapa besarnya antusiasme publik terhadap sebuah  brand lokal. Pada kesempatan kali ini, saya  akan membahas tips memilih sepatu lokal yang bagus dan merekomendasikan beberapa produk terbaik nya.

Table of Contents

Apa yang menjadi daya tarik sepatu lokal?

Sepatu lokal di kenal memiliki harga yang lebih sangat  terjangkau di bandingkan produk ternama dari luar. Banyaknya merek lokal yang muncul membuat persaingan makin ketat, apalagi setiap merek memiliki ke khasan masing-masing. Tak hanya kualitas, desain sepatu lokal juga makin bervariasi dan tidak kalah dengan produk  dari luar negeri.

Pergerakan komunitas yang menanamkan kebanggaan memakai produk dalam negeri membuat sepatu lokal memiliki daya saing tersendiri. di tambah lagi, sekarang ada banyak acara, seperti Jakarta Sneaker Day, Jakcloth, dan Indonesia Local Select yang menampilkan sepatu-sepatu lokal. dengan memakai sepatu lokal, kalian juga dapat ikut ambil bagian dalam menumbuhkan perekonomian pada UMKM.

Cara memilih sepatu lokal

Ada beberapa kriteria yang perlu kalian  perhatikan dalam memilih sepatu lokal. Nah, agar tidak salah dalam  memilih, jadi kan lah kriteria-kriteria tersebut sebagai referensi.

Ketahui beberapa merek sepatu lokal yang terkenal

Ada berbagai merek sepatu lokal yang kini beredar di berbagai macam  pasaran, sebut saja Ventela, Compass, Geoff Max, Bucherri Project, dan yang lain nya. Kali ini, saya akan membahas lima merek tersebut agar kalian  mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kualitas sepatu lokal mari kalian simak penjelasannya!

Compass, produk lokal asal Bandung dengan desain yang apik

Pada perhelatan akbar Asian Games 2018, sebagaian  masyarakat Indonesia di hebohkan dengan sepatu dari Compass. Banyak orang memburu sneakers asal Bandung ini karena harga nya yang  sangat terjangkau dan desain nya yang apik. Cukup dengan 200–300 ribu rupiah kalian  sudah mendapatkan sepatu yang cukupbagus , Popularitasnya makin menanjak setelah hadir pada acara Urban Sneaker Society tahun 2019.

Meskipun harganya terbilang sangat  ekonomis, produk ini tidak mengesamping kan dari segi  kualitas. Upper berbahan canvas atau twill berpadu dengan desain simpel menjadi ciri khas pada sneakers ini. Salah satu produk terkenalnya adalah seri Gazelle model hi-top. Jika kalian  tertarik membelinya, jangan terlalu lama berpikir karena setiap seri sepatu Compass di produksi sangat terbatas.

Baca Juga:  13 Hotel Terbaik di Semarang 2023

Geoff Max, sepatu yang kental dengan image band punk rock dan dunia skateboarding

Ready to kick! Itulah tagline yang di usung Geoff Max untuk menyampaikan bahwa sneakers-nya siap bersaing, baik dengan merek lokal maupun internasional. Brand yang di dirikan oleh Yusuf Ramdhani dan Fauzan Efwanda pada 2012 ini masih sangat eksis hingga sekarang. Geoff Max juga pernah berkolaborasi dengan merek streetwear yang sedang naik daun, yakni Thanksinsomnia.

Produk-produk sepatu dari Geoff Max menggunakan bahan yang sangat berkualitas, seperti semikulit, suede, atau canvas. Sejak berdiri, Geoff Max pernah mensponsori beberapa musisi lokal ternama seperti Bobby SID dan Asking Alexandria. Tak hanya musisi punk rock, Geoff Max juga dekat dengan komunitas skateboarding lokal.
Dengan kualitas yang tepercaya, Geoff Max ingin mengajak sebagian  masyarakat membeli produk lokal dari pada sepatu dari luar negeri. Sejak awal berdiri, Geoff Max tetap mempertahankan desain old school di setiap serinya. Kini, Geoff Max juga melebarkan sayap ke produk sneakers wanita. Salah satu produknya yang terkenal adalah seri Authentic Navy Gum.

Ventela, desain sepatunya keren dan harganya terjangkau

Satu lagi produk lokal asal Bandung yang tak kalah terkenal, yaitu Ventela. Produk ini memiliki desain sepatu yang keren dan kekinian. Tak hanya itu, harga sneakers-nya juga terjangkau, berkisar 100 ribu hingga 400 ribu rupiah. apabila kalian ingin mencari sepatu sneakers dengan desain terkini, cobalah tengok koleksi dari Ventela.

Meski begitu, Ventela hanya menjual produk nya lewat reseller. Mereka tidak akan  menjual produk nya secara resmi di website ataupun jaringan media sosial lainnya. Maka dari itu, kalian bebas memilih reseller dengan harga terendah dan paling dekat dengan wilayah tempat tinggal kalian

BUCCHERI, andalan sepatu formal pria yang menawan

Ini dia, spesialis sepatu formal kebanggaan Indonesia, BUCCHERI. Brand ini sudah di kenal sejak tahun 1980 dan pamornya tetap bagus hingga saat ini. Ciri khas dari sepatu produksi BUCCHERI adalah penggunaan kulit asli sebagai bahannya.

Kualitas dan desain nya yang menawan membuat brand ini memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. meskipun terkenal dengan sepatu formal nya, saat ini Buccheri juga merancang sneakers dengan tampilan yang modern. Tak hanya itu, tersedia juga sepatu untuk wanita dan aksesori yang akan menyempurnakan gaya formal kalian .

Sesuaikan tipe sepatu dengan kegiatan Anda

Tipe dari sepatu lokal pun cukup lah sangat beragam, beberapa di antaranya sport shoes, formal shoes, dan casual shoes. Setiap tipe tentu memiliki karakteristiknya masing-masing. Lalu, apa saja perbedaannya? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Sport shoes, nyaman di pakai untuk saat  berolahraga

Sport shoes atau sepatu olahraga umumnya mengutamakan kenyamanan kaki dengan desain yang sporty. Hal tersebut di maksud kan supaya kaki dapat terhindar dari jamur akibat keringat. Tak heran banyak brand lokal yang merancang sepatu olahraga dengan bahan yang breathable.

Selain itu, sepatu olahraga juga memiliki bobot yang ringan sehingga membuat kaki dapat bergerak dengan sangat  leluasa. League Kumo 1.5 Mid, Kodachi 8111, dan NAH Project Flexknit V3.0 merupakan sepatu lokal tipe sport yang dapat di pilih.

Formal shoes, bikin tampilan makin profesional

Apabila kalian sering menghadiri pertemuan bisnis atau pekerja kantoran, tentu sepatu tipe ini paling pas untuk di pilih. Jenis dari formal shoes pun cukup beragam, seperti pantofel, oxford, derby, loafers, dan monk strap.

Rata-rata formal shoes di buat dari bahan kulit dengan tampilan yang mengilap sehingga memancarkan kesan lebih sangat  profesional. Sepatu lokal dengan tipe formal yang dapat kalian  pertimbangkan, yakni Buccheri Hasani dan Prabu Cipta.

Casual shoes, paling pas untuk daily activity

Apabila kalian  mencari sepatu yang lebih universal atau cocok di pakai untuk berbagai kegiatan, tipe casual shoes layak di pertimbang kan. Model nya pun sangat lah  beragam, sepearti model slip-ons atau sneakers dengan jenis high cut dan low cut.

kalian dapat memakai sepatu kasual tipe ini untuk hang out, traveling, kuliah, bahkan berkencan. kalian  tertarik untuk mengoleksi sepatu lokal tipe kasual? PATROBAS Cloud Slip On, Aerostreet Riku, dan Ventela Ethnic Series Low cocok untuk kalian  pilih.

Baca Juga:  6 Jenis Kue Ulang Tahun Karakter Terbaik

Ketahui material sepatu yang di gunakan

Material sepatu menentukan kenyamanan kalian  saat memakainya. Jadi, usaha kan lah untuk memilih sepatu dengan bahan yang nyaman saat dipakai dalam jangka waktu lama. Selain itu, pastikan sepatunya tidak membuat kaki kalian  lecet.

Perhatikan juga jahitan atau lem perekat yang digunakan pada sepatu karena hal ini akan  dapat memengaruhi daya tahan nya. Berikut ini beberapa bahan yang banyak di pakai oleh sepatu-sepatu di Indonesia.

Canvas

Banyak sepatu lokal Indonesia memakai bahan canvas untuk sepatu mereka. Bahan ini ringan dan berdaya tahan kuat. Selain itu, kanvas juga mudah di cuci dan di rawat. Untuk tampilan kasual yang maksimal, sepatu berbahan canvas memang paling juara.

Knit

Apabila ingin mencari sepatu dengan tingkat breathability paling baik, kalian  bisa mencari sepatu berbahan knit. Bahan yang satu ini menawarkan kenyamanan maksimal. Tak hanya breathable, knit juga sangat elastis dan fleksibel. Bahannya melekat dan mengikuti kontur kaki kalian

Kulit 

Di banding kan dua bahan yang telah di sebutkan di atas, bahan kulit terlihat lebih elegan dan eksklusif. Jika kalian ingin pergi ke acara penting, sepatu berbahan kulit bisa di jadikan pilihan. Ada dua jenis kulit yang biasa di jadikan bahan sepatu, yaitu kulit asli dan kulit sintetis. 

10 Rekomendasi sepatu lokal terbaik

Selanjutnya, saya kan merekomendasikan sepuluh produk sepatu lokal terbaik yang saya  tentukan ber dasar kan cara memilih di atas. Produk-produk ini di pilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk. seperti di bawah ini :.

1.Flight Jkt Hi

Rekomendasi flight

5/5 - (5 votes)