Rekomendasi rice 3997767 640

5 Jenis Beras Terbaik Rendah Kalori

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang banyak di konsumsi di Indonesia. meskipun sama-sama berasal dari tanaman Oryza sativa, ternyata ada berbagai macam beras yang dihasilkan. Selain beras putih, Anda dapat memilih beras merah, beras cokelat, dan beras hitam.

untuk dapat membantu anda memilih beras yang enak, kami akan memberikan tips sederhana. ada juga rekomendasi beras terbaik dari berbagai merek yang bagus seperti Wilmar, Ayana, dan Kokoku. Beras merah organik, pandan wangi, setra ramos, dan beras Jepang ada dalam rekomendasi. Terlebih, artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastusi, SP.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih beras

Tahukah Anda bahwa di dunia ini terdapat lebih dari 4.000 varietas beras? Dalam artikel ini, kami akan membahas khusus beras yang berasal dari tanaman Oryza sativa. Kami bakal memberikan beberapa tips dalam memilih beras. Tak hanya beras putih, kami juga menjelaskan tentang beras lainnya.

1.Perhatikan tipe beras putih berdasarkan bentuknya

Berdasarkan bentuknya, beras putih dibagi menjadi tiga tipe, yaitu long grain, medium grain, dan short grain. Apa perbedaan ketiga tipe tersebut selain dari bentuknya? Kami akan memberikan informasi terkait ketiga tipe beras tersebut agar Anda dapat mempertimbangkannya dengan baik.

Berdasarkan informasi dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) Kementerian Pertanian RI, diketahui bahwa long grain rice memiliki panjang 6,61–7,5 mm dengan rasio panjang/lebar bulir 2,1–3. Jadi, walaupun ukurannya panjang, dari segi bentuk termasuk bentuk medium.

Beras ini cenderung lebih kering saat menjadi nasi. Hal itu disebabkan oleh kandungan pati yang lebih sedikit dalam long grain rice. Saat dimasak, bulir-bulir nasinya akan terpisah satu sama lain. Anda juga mengenalnya dengan istilah pera. Contoh long grain rice adalah jasmine rice dan basmati rice.

Medium grain rice, tipe beras yang paling umum ditemui

Kandungan pati medium grain rice berada di antara long grain dan short grain. Masih dari BB Padi, ukuran panjang medium grain rice adalah 5,51–6,6 mm dengan rasio panjang/lebar bulir ≤ 2,0. Dengan begitu, bentuknya dikategorikan bulat (bold).

Baca Juga:  2 Rekomendasi Meja TV Terbaik

Tekstur beras ini pulen dan paling umum Anda temui. Contoh medium grain rice adalah arborio rice dan nasi putih yang Anda makan sehari-hari.

Short grain rice, bentuknya lebih pendek dan lebih pulen

Short grain rice memiliki panjang yang tak berbeda jauh dengan lebarnya. Berdasarkan informasi dari BB Padi, beras short grain rice memiliki panjang < 5,5 mm.

Kandungan pati dalam short grain rice lebih banyak dibandingkan tipe lainnya. Jumlah kandungan pati tersebut membuat bulir-bulir nasinya menempel satu sama lain. Beras tipe ini juga menyerap lebih banyak cairan dibandingkan tipe lainnya.

Apakah Anda tidak merasa asing dengan tipe beras ini? Ya, tipe beras ini dapat Anda temui di restoran Jepang. Sushi rice merupakan contoh dari short grain rice. Selain itu, ada juga bomba rice asal Spanyol.

2.Ketahui karakteristik berbagai jenis beras putih di Indonesia

Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jenis beras putih. Setiap beras putih yang ada di Indonesia memiliki karakteristiknya masing-masing. Kami akan memperkenalkan beberapa jenis beras putih yang ada di Indonesia. Pahami karakteristik setiap jenisnya agar Anda dapat memilih yang paling sesuai untuk sajian Anda.

Rojolele, beras dengan bentuk yang lebih bulat

Beras rojolele berasal dari varietas unggul rojolele yang dihasilkan Kementerian Pertanian tahun 2003. Beras ini memiliki kadar amilosa 21%, tekstur nasi pulen, dan masih memiliki aroma.

meskipun bernama rojolele, beras ini tak ada hubungannya dengan ikan lele. Rojolele merupakan beras yang banyak dikonsumsi di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rojolele memiliki ciri khas bulir yang berwarna putih seperti susu dengan tekstur yang pulen.

Pandan wangi, beras yang pulen dan harum

Pandan wangi berasal dari varietas padi bulu yang merupakan varietas lokal Cianjur. Beras ini dikonsumsi oleh kalangan menengah ke atas dengan ciri khas aroma pandan yang menggugah selera. Aromanya tercium, baik saat masih menjadi beras maupun setelah menjadi nasi.

Tekstur beras pandan wangi cukup pulen dengan rasa yang enak. Tak heran jika beras pandan wangi merupakan salah satu jenis beras favorit. Secara fisik, beras ini memiliki bentuk yang cenderung bulat. Warnanya juga tak terlalu putih, tetapi lebih sedikit kekuningan.

IR 64 atau setra ramos, harganya bersahabat di kantong

Berikutnya adalah beras IR 64 atau biasa dikenal sebagai beras setra ramos. Beras ini berasal dari Jawa Barat dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Setra ramos merupakan beras yang banyak dikonsumsi masyarakat perkotaan.

Baca Juga:  3 Merk TV LED Terbaik

Setra ramos memiliki bentuk yang panjang dan ramping, tetapi tetap pulen setelah dimasak. Menurut salah satu jurnal dalam website Litbang Pertanian, kadar amilosa beras ini adalah sebesar 23%. Lebih lanjut, beras ini tidak memiliki aroma sama sekali. Saat Anda memilih beras setra ramos, segera habiskan sebelum 3 bulan. Setelah 3 bulan, teksturnya akan berubah menjadi pera saat dimasak, serta lebih cepat basi.

IR 42, teksturnya lebih pera

Berbeda dengan berbagai jenis beras lainnya, IR 42 menghasilkan nasi dengan tekstur yang pera. Tekstur tersebut membuat IR 42 menjadi beras yang tepat untuk membuat nasi goreng, nasi uduk, dan lontong. Harganya tergolong lebih mahal karena IR 42 jarang ditanam oleh petani.

Beras ini mirip dengan IR 64, tetapi ukurannya lebih kecil. Dalam salah satu jurnal di website Litbang Pertanian dituliskan bahwa kadar amilosanya sebesar 27%.

Mentik, beras Jepang asal Indonesia

Mentik susu dan mentik wangi merupakan beras premium asal Magelang. Beras mentik adalah salah satu beras premium lokal yang berhasil memasuki pasar mancanegara karena memiliki cita rasa yang khas. Mentik wangi termasuk ke dalam beras aromatik yang bermutu tinggi dengan nilai jual tinggi.

Dalam bahasa Jawa, mentik berarti kecil. Sesuai dengan namanya, beras ini berukuran kecil seperti bulir padi yang masih muda. Warnanya juga putih seperti susu. Setelah dimasak, teksturnya cukup pulen seperti nasi Jepang. Tak heran bila beras mentik juga disebut sebagai beras Jepang dari Indonesia.

Apa yang spesial dari beras ini? Mentik ditanam secara organik, serta bebas dari tambahan bahan kimia berbahaya. Alhasil, kandungan karbohidrat dalam beras ini lebih mudah dipecah tubuh. Selain itu, mentik memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

3.Pertimbangkan alternatif pengganti beras putih

Beras putih memang memiliki kandungan gula yang lebih tinggi. Kandungan seratnya lebih rendah akibat proses penggilingan. Rasanya pun lebih manis dibandingkan beras lainnya.

Sebenarnya, beras putih juga mengandung nutrisi lainnya. Vitamin B1, B2, B3, B6, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium juga terdapat dalam beras putih. Namun, indeks glikemik beras putih yang tinggi membuatnya tak baik untuk dikonsumsi terus-menerus. Karena itu, mengonsumsi beras putih sebaiknya dibatasi sesuai dengan porsi angka kebutuhan gizi.

Beberapa orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang diet memilih untuk menghindari konsumsi beras putih. Anda bisa memilih beras yang mengandung lebih banyak serat dan nutrisi. Beras merah dapat dijadikan alternatif pengganti beras putih. Selain beras merah, sudah banyak alternatif beras lainnya. Anda dapat menemukan beras hitam, beras cokelat, atau beras Jepang.

Sebagai informasi, beras yang memiliki pigmen warna sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Antioksidan dapat membantu merawat organ tubuh. Rasanya juga lebih padat dibandingkan beras putih. Indeks glikemiknya pun tergolong rendah sehingga tak menghasilkan lonjakan gula darah yang drastis.

Baca Juga:  5 Lampu Baca Terbaik

Alternatif pengganti beras putih memiliki lebih banyak kandungan serat dan nutrisi. Pas sekali dikonsumsi oleh Anda yang sedang berusaha mengurangi asupan beras putih. Selain itu, beras tersebut juga menjadi solusi baik untuk MPASI. Nutrisi yang lebih banyak tentu dapat membantu tumbuh kembang si kecil

Pilih ukuran kemasan yang pas dengan kebutuhan Anda

Berikutnya, perhatikan juga ukuran kemasan beras yang Anda pilih. Ada beras yang dikemas dengan isi sedikit, ada juga yang lebih banyak. Pilihlah jumlah isi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4.Beras 1 kg atau kurang, cukup untuk dikonsumsi sendiri

Saat ini, Anda dapat menemukan beras dalam ukuran 1 kg atau kurang dari itu. Biasanya, beras organik, beras hitam, dan beras cokelat dijual dalam kemasan yang lebih kecil. Salah satu penyebabnya karena beras-beras tersebut termasuk produk premium.

Beras berkapasitas 1 kg cocok untuk Anda yang akan mengonsumsinya hanya sendirian. Selain itu, ukuran ini juga pas untuk Anda yang baru ingin mencoba suatu produk. Perlu diingat, Anda disarankan untuk membeli beras dalam jumlah yang sesuai kebutuhan. Pasalnya, jika terlalu lama disimpan, kualitasnya akan menurun.

Berikut ini tiga beras terbaik di bawah ini :

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

 

3. BPR-Indonesia Beras Raja Platinum

 

Rekomendasi raja

                                                        ( Gambar Beras Raja BPR rAJA Platinum )

Bersih, bebas kerikil dan sisa gabah

Sering kali beras dengan kemasan yang tampak premium pun masih mengandung gabah atau bahkan kerikil. Namun, Anda tidak akan menemukannya jika membeli beras Raja Platinum. Beras ini diolah menggunakan mesin canggih sehingga menghasilkan butiran beras yang bersih dan higienis. Anda jadi tidak perlu repot saat mencucinya. Nasinya pun pulen dan sangat pas jika diolah menjadi arem-arem.

Lokasi : · Jl. Pasar 16 Ilir No.648 – 649 Palembang – Indonesia · Telepon. (0711) 377533 – 374488

Website : www.berasraja.com

 

4. Wilmar Sania Beras Premium

 

Rekomendasi sania

                                                         ( Gambar Wilmar Sania Beras Premium )

Beras lebih fresh dengan metode produksi paddy to rice

Bila anda sering mengeluhkan beras yang berbau apak, cobalah beralih ke Sania Beras Premium. Beras dengan varietas long grain dan bertekstur pulen ini diolah dengan teknologi Jepang yang modern. Tidak heran bila beras yang dihasilkannya berwarna putih alami, bersih, dan bebas bau apak.

Hal tersebut didukung dengan metode paddy to rice yang diadopsi produsen. Artinya, produsen tidak menyimpan stok dalam bentuk beras, melainkan padi. Penggilingan padi menjadi beras baru di lakukan ketika ada pesanan stok baru. Beras konsumsi anda dan keluarga pun di jamin akan selalu fresh.

Lokasi : Jl. Raya Pejaten kav 2-3 no. 40 B RT. 007/010 Kel, RT.7/RW.10, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540

Website : www.wilmarcahayaindonesia.com

 

5.Topi Koki Setra Ramos

 

Rekomendasi koki

                                                              ( Gambar Topi Koki Setra ramos )

Beras pulen terjangkau yang enak untuk keluarga Indonesia

Beras setra ramos dari Topi Koki merupakan beras dengan harga yang cukup terjangkau. Berasnya berasal dari bibit padi superior yang diproses secara higienis dan modern sehingga menghasilkan beras berkualitas. Karena itu, produk ini pun menghasilkan nasi yang lebih bernutrisi dengan aroma lezat dan tekstur pulen. Inilah karakteristik beras yang ideal untuk konsumsi sehari-hari keluarga Indonesia.

Lokasi : Pasar Induk Cipinang Blok K No. 17 Cipinang – Pulo Gadung Jakarta Timur 13240

Website : www.topikoki.com