Rekomendasi door 1089560 640

3 Rekomendasi Merk Kunci Pintu Rumah yang Bagus

Baik untuk pintu utama, kamar tidur, toilet, gudang, semua perlu dipasangi kunci untuk menjamin keamanannya. seiring berjalannya waktu, tipe kunci pintu rumah pun semakin beragam, bahkan sudah banyak produk kunci digital yang mendukung fitur-fitur canggih. bagi anda yang tengah mencari kunci pintu rumah berkualitas bagus, artikel ini sangat tepat

Cara Memilih Kunci Pintu Rumah

Sebagai komponen paling penting dalam menunjang keamanan rumah, tentu diperlukan banyak pertimbangan sebelum memutuskan merk kunci pintu rumah apa yang akan dibeli. Jadi pastikan anda sudah mengecek beberapa poin di bawah ini.

1. Memastikan tipenya sesuai kebutuhan

Mau kunci pintu rumah portable, permanen, atau yang kekinian? Supaya bisa menemukan kunci pintu rumah paling tepat, Anda bisa memastikan tipenya terlebih dulu.

Kunci yang sudah dilengkapi gagang

Sebagian besar kunci pintu rumah di Indonesia menjual kunci sepaket dengan gagangnya. hal ini tentu memudahkan anda untuk membuka atau menutup pintu tersebut, kapanpun memerlukannya. Kunci pintu bergagang pun masih dibagi lagi menjadi beberapa model, ada doorknob lock, hand lever, dan handle set. Mari kenali perbedaan dari ketiganya.

Doorknob lock

Kunci pintu rumah doorknob lock memiliki gagang kecil dan bulat, sehingga tidak terlihat mencolok saat dipasang ke pintu. Anda dapat memilih model kunci seperti ini bila ingin menonjolkan desain pintu atau ornamen pintu lainnya.

Hand lever

Pada model hand lever, antara gagang dan lubang kunci pintu dibuat tergabung menjadi satu. Kunci pintu rumah seperti ini mudah digerakkan ke bawah saat Anda membuka pintu, jadi pintu pun bisa terbuka dengan mudah walau hanya dengan satu tangan.

Handle set

Kunci pintu rumah handle set didesain dengan gagang dan lubang kunci yang terpisah. Desain seperti ini membuat kunci terlihat lebih atraktif ketika sudah dipasangkan ke pintu.

Kunci selot atau grendel

Kunci pintu rumah selot dapat dikenali dari ukuran yang kecil dan desain yang simpel. Kunci seperti ini sering dipasangkan bersama dengan jenis kunci lain sebagai pengamanan tambahan, terutama pada area-area privat, seperti kamar tidur. Seperti kunci sebelumnya, model kunci selot pun cukup beragam, seperti barrel bolt, chain bolt, dan deadbolt.

Barrel bolt

Dari sekian model kunci selot, barrel bolt memiliki mekanisme paling sederhana, karena tinggal digeser ke kanan atau ke kiri saja untuk membukanya. Tidak heran kalau model kunci pintu rumah tipe ini dijual sangat murah.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Tempat Sewa Hiace & Elf Terbaik di Tangerang

Chain bolt

Selain semacam selot kunci, chain bolt dilengkapi pengait rantai yang berfungsi memberikan penguncian ganda sekaligus sebagai penahan saat orang membuka pintu sedikit. Oleh

karena itu, kunci pintu rumah ini lazim ditemukan pada pintu kamar hotel.

Deadbolt

Deadbolt merupakan model kunci selot yang dilengkapi anak kunci lagi. Kunci pintu rumah seperti ini memang memberikan perlindungan lebih baik dibandingkan lainnya. Namun di sisi lain, perlu ada effort lebih untuk mengunci maupun membuka kunci tersebut. Oleh karena itu, deadbolt sangat cocok dipasang pada pintu pagar atau pintu yang langsung bisa diakses dari luar.

Kunci pintu digital

Kunci pintu rumah digital bisa dibilang merupakan tipe kunci kekinian yang dilengkapi fitur-fitur canggih, seperti PIN, sirene antimaling, auto-lock, WiFi, dan Bluetooth. Supaya bisa bekerja dengan baik, Anda perlu memastikan area pintu bebas dari tempias air, sekalipun produk yang dibeli diklaim sudah waterproof. Hanya saja, harga berbagai kunci pintu rumah digital jauh lebih mahal daripada kunci konvensional.

Kunci gembok

Pada dasarnya, kunci gembok bersifat sebagai fitur penguncian tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan keamanan rumah. Kunci pintu rumah ini mudah dilepas-pasang dan dipasang bersama jenis kunci pintu rumah lain, namun Anda tetap perlu melubangi pintu serta kusen untuk memasang selotnya.

2. Mengecek material kunci

Sebagian besar kunci pintu rumah dibuat menggunakan stainless steel karena tahan karat, jadi kunci bisa tahan selama bertahun-tahun. Ada juga produk yang terbuat dari aluminium, suatu logam yang dikenal sangat ringan dan tahan karat, namun sejauh ini belum memungkinkan dipasang pada pintu-pintu berat.

Jika Anda mencari kunci pintu rumah yang murah, coba pilih produk berbahan besi, seng, atau kuningan. Lalu ada juga kunci dari perpaduan aluminium, kuningan, dan krom yang dipasangkan pada pintu-pintu dengan area kelembapan normal.

Keterangan mengenai material kunci ini biasanya sudah tercantum pada deskripsi produk, kalau Anda membeli kunci pintu rumah secara online. Apapun merk kunci pintu rumah yang ditawarkan, pastikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan, ya. Contoh, pilih kunci berbahan besi saja untuk ruang-ruang yang tidak terlalu butuh diamankan, seperti gudang. Sebaliknya, Anda dapat memilih produk berbahan stainless steel sebagai kunci pintu utama.

3. Memilih model kunci yang sesuai desain rumah

Selain dari segi fungsi dan material, model dari kunci pintu rumah pilihan juga perlu disesuaikan dengan desain rumah Anda. Contohnya, pintu dengan geometri yang tegas perlu dipasangkan kunci elektronik ataupun handle set berbentuk persegi supaya tidak terlihat jomplang. Kunci elektronik ini juga jadi pilihan tepat untuk rumah berdesain modern atau kontemporer sehingga memperkuat kesan futuristiknya.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Restoran Terbaik di Jakarta

Bagaimana dengan rumah minimalis? Maka pilih kunci pintu rumah yang sederhana dan tidak memiliki banyak ornamen, sehingga tidak menjadi pusat perhatian. Sebaliknya, jika desain rumah Anda cukup mewah, seperti pada rumah-rumah di era Victoria, maka kunci berwarna gold dengan ornamen mewah akan jadi pilihan paling tepat.

4. Mempertimbangkan merk-merk terkenal

Tidak sulit mencari merk kunci pintu rumah terkenal dan berkualitas bagus di marketplace, apa lagi sudah banyak review yang menyebutkan bagaimana kualitas barang tersebut. Berikut ini beberapa merk yang dimaksud.

evomab

evomab merupakan merk kunci pintu rumah yang diproduksi oleh PT. Satya Dinamika Mandiri. Berbagai tipe kunci dijual oleh merk ini, termasuk kunci elektronik terbaru yang mendukung teknologi smart home dan sudah dilengkapi kode pengaman, fingerprint, kartu, kunci manual, dan bisa dipasang dengan mudah.

BARDI

Untuk urusan kunci digital, BARDI menjadi salah satu merk kunci pintu rumah yang paling bisa diandalkan. Fitur-fiturnya lengkap dan memiliki IP rating IP54 untuk melindunginya dari tampias hujan dan debu. Berbagai kunci dari BARDI biasa nya menggunakan baterai AA sehingga mudah di ganti-ganti.

Kadonio

Kadonio merupakan merk kunci pintu rumah asal Jepang yang menghadirkan variasi kunci yang beragam. Salah satu fitur unik dari produk ini adalah adanya teknologi pengenalan sidik jari dan password yang otomatis terus mengunci kalau salah dalam lima kali percobaan.

Paloma

Paloma, merk kunci pintu rumah asal Italia ini menghadirkan kualitas eksklusif untuk semua produknya. Kunci rumah berbahan barrel bolt, deadbolt, handle set, semuanya tersedia. Finishing yang ditawarkan pun tebal, anti karat di segala cuaca, dan tahan lama.

Sudah menemukan merk kunci pintu rumah yang akan dibeli? Kalau belum, berikut sudah di rangkum kan rekomendasi beberapa merk yang mudah anda temukan di marketplace seperti di bawah ini :

 

1. NOBLEZA Cylinder Knob Putar Computer Key

 

Rekomendasi nobeleza

( Gambar Kunci untuk pintu rumah merek nobleza )

NOBLEZA Cylinder Knob Computer Key dibuat menggunakan material berbahan kuningan berkualitas, kemudian diberi lapisan stainless steel untuk meningkatkan durabilitasnya. Ukuran merk kunci pintu rumah ini tidak terlalu besar, dengan diameter 17 mm dan panjang 33 mm, jadi sangat pas dipasangkan untuk pintu berbahan kayu. NOBLEZA Cylinder Knob Computer Key dijual 1 set dengan 5 pcs kunci komputer dan harganya hanya 53 ribuan rupiah, sudah lengkap dengan garansi mekanis 3 tahun.

Lokasi : Plaza Kenari Mas Lt.3 Blok I No.40, Jl. Kramat Raya No.101, RT.18/RW.1, Paseban, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440

Website : www.nobleza.co.id

 

2. Match ML 995-89 Set Handle Kunci

 

Baca Juga:  6 Merk Kaos Dalam Terbaik untuk Pria

Rekomendasi match

                                                              ( Gambar  satu set kunci rumah merek Match )

Kunci pintu Match ML 995-89 dijual satu set dengan handle berbahan besi ukuran 25 x 5 cm, jadi bisa langsung dipasangkan ke pintu rumah begitu sudah dibeli. Kuncinya sendiri terbuat dari stainless steel, dan sudh dilengkapi anak kunci komputer key yang sangat sulit diduplikat. Baik itu untuk pintu kos, sekolahan, kantor, maupun perumahan, semuanya akan cocok dengan Match ML 995-89. Merk kunci pintu rumah ini hadir dalam tiga variasi warna, ada silver, gold, dan black nikel, harga jualnya hanya 90 ribuan rupiah.

Lokasi : Gerai Kunci, Jl. Panglima Polim No.87 B, RT.1/RW.7, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

Website : www.kenaridjaja.co.id

 

3. BARDI Smart Home Door Lock Handle

 

Rekomendasi bardi

( Gambar smart home door lock handle )

Anda yang tengah mencari kunci digital, tentu tidak boleh melupakan merk kunci pintu rumah ini, yaitu BARDI Smart Door Lock. Selain fitur-fitur penguncian yang sangat lengkap, bahkan fingerprint-nya dapat dipakai hingga 50 orang berbeda, produk ini sudah dilengkapi dengan waterproof IP54, jadi sudah cukup tahan terhadap tampias hujan. Namun penting diperhatikan bahwa ketebalan pintu harus lebih dari 4 cm dan rongga dalam mortise-nya sedalam 10 cm untuk memasang BARDI Smart Door Lock. Pemesanan kunci ini bisa dilakukan langsung melalui toko online BARDI dengan harga 2,2 jutaan rupiah.

Lokasi : Samanea whole sale market , Side C unit No C041-C044, Jl. Suvarna Sutera Boulevard, Pasir Gadung, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15560

Website : www.bardi.co.id

Beberapa Tips Mengatasi Kunci Pintu Macet

Sebagus apapun merk kunci pintu rumah yang telah dibeli, pasti selalu ada risiko kunci tersebut macet, entah secara permanen atau sementara. Nah untuk mengatasinya, Anda bisa terapkan beberapa tips berikut ini.

Menggunakan kunci ketok

Langkahnya:

  • Masukkan kunci ke lubang, pastikan hanya masuk separuhnya.
  • Hantam kunci menggunakan palu.
  • Putar kunci setelah diketok dan buka pintu.
  • Memanfaatkan oli
  • Cara menggunakannya mudah, cukup oleskan oli secukupnya pada lubang kunci dan coba kembali buka pintu tersebut. Jika tidak ada oli, Anda juga bisa menggunakan minyak goreng.
  • Menggunakan penjepit kertas
  • Pada setiap lubang kunci pasti terdapat kenop yang di dalamnya terdapat tombol kecil yang perlu ditekan untuk membukanya. Jika kunci macet, Anda bisa coba memasukkan penjepit kertas yang telah diluruskan untuk menekan tombol tersebut. Setelah itu, gunakan obeng atau gagang besi untuk memutar kuncinya.
  • Jika beberapa cara di atas tidak berhasil, maka langsung panggil ahlinya saja. Sayang bukan kalau sudah membeli merk kunci pintu rumah yang mahal, tapi rusak karena dibuka secara paksa saat macet.

 

Kesimpulan

Diperlukan kunci pintu rumah yang mumpuni untuk menghadirkan keamanan terbaik pada hunian anda, dan artikel ini sudah membahas nya.