Rekomendasi onions 3097053 640

4 Merk Bawang Goreng yang Enak

Bawang goreng adalah salah satu jenis olahan makanan yang sering di jadikan taburan aneka masakan. Bawang goreng terkenal akan rasanya yang enak, gurih, dan renyah sehingga sering pula dijadikan camilan atau lauk makan. Kini anda bisa menikmati bawang goreng asli dari daerah penghasil bawang, seperti Brebes, Sumenep, dan Palu.

Apakah anda salah satu penggemar bawang merah dan bawang putih goreng, Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih bawang goreng kemasan. Kami juga akan memberikan rekomendasi bawang goreng enak dari merek yang bagus, contohnya Hj. Mbok Sri dan Wuenak.

Table of Contents

Apa manfaat bawang goreng

Bawang goreng ternyata tidak hanya sekadar penambah cita rasa masakan saja. di balik bawang goreng renyah, tersimpan banyak khasiat yang bisa anda dapatkan.

Beberapa manfaat bawang goreng antara lain:

  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Memperkuat sistem imun
  • Membantu menyembuhkan gangguan pernapasan

 

Mengonsumsi bawang goreng setiap hari memang tidak berbahaya, tetapi Anda sebaiknya tetap membatasi konsumsinya. Pasalnya, di dalam produk bawang goreng terdapat kandungan minyak sehingga kurang baik untuk kesehatan bila dikonsumsi terlalu banyak.

Selain itu, beberapa bawang goreng aneka rasa biasanya ditambahi kandungan garam. Apabila dikonsumsi terlalu banyak, hal itu akan mengakibatkan asupan garam menjadi berlebih. Jadi, sekalipun bawang goreng rasanya enak, Anda tetap harus memperhatikan jumlah konsumsinya supaya efek samping tersebut bisa dihindari.

Baca Juga:  12 Rekomendasi Lem Sandal Anti Copot

Cara memilih bawang goreng

Saking populernya bawang goreng di Indonesia, kini ada banyak jenis dan merek bawang goreng enak yang beredar di pasaran. Supaya Anda bisa menemukan bawang goreng terenak, silakan simak beberapa poin yang akan kami jabarkan berikut ini.

1.Pilih berdasarkan jenis bawangnya, bawang merah atau bawang putih

Agar dapat menemukan cita rasa yang Anda sukai, sebaiknya pilihlah bawang goreng berdasarkan jenis bawangnya. Ada dua jenis bawang yang biasa digunakan untuk bawang goreng, yakni bawang merah dan bawang putih. Meski sama-sama lezat dan gurih, terdapat perbedaan rasa antara bawang merah dan putih. Keduanya juga memiliki tekstur yang tidak sama. Berikut penjelasan lengkapnya.

Bawang merah goreng, rasanya gurih dan manis untuk taburan atau camilan

Jenis bawang merah untuk bawang goreng menawarkan rasa yang gurih dan sedikit manis. Cita rasa tersebut membuat bawang merah goreng nikmat dijadikan camilan atau dimakan langsung tanpa didampingi menu lain.

Dari segi tekstur, bawang merah goreng memiliki tekstur yang tipis, berlapis-lapis, dan garing. Tekstur tersebut membuat bawang merah goreng kemasan cocok dijadikan taburan menu seperti nasi goreng atau mi goreng.

Bawang putih goreng, rasanya gurih dan agak pahit untuk disantap bersama masakan lain

Sementara itu, bawang putih goreng memiliki rasa yang gurih dan sedikit pahit. Jadi, bawang putih goreng kemasan lebih nikmat jika disantap atau dimasak bersama masakan lain.

Dari segi tekstur, bawang putih goreng memiliki tekstur yang sedikit lebih keras, tetapi tetap renyah. Hal ini membuat bawang putih goreng cocok disantap bersama menu berkuah seperti sup atau soto.

2.Cari produk dari area penghasil bawang asli, bawang goreng Brebes, Sumenep, atau Palu

Kualitas bawang goreng ditentukan oleh kualitas bawangnya. Setiap daerah pertanian akan menghasilkan kualitas bawang yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kondisi tanah, suhu, dan air. Di antara berbagai daerah penghasil bawang di Indonesia, bawang dari Brebes, Sumenep, dan Palu adalah yang paling populer.

Bawang goreng Brebes, lebih harum dan membuat masakan nikmat

Bawang merah dari Brebes memiliki keunikan tersendiri dibandingkan bawang dari daerah lainnya. Banyak orang menyebutkan bahwa bawang merah Brebes lebih terasa sensasi bawangnya. Selain itu, bawang merah Brebes juga khas dengan keharumannya. Karena itu, bawang goreng Brebes asli tentu akan membuat masakan Anda lebih nikmat dan aromanya memikat.

Bawang goreng Sumenep, kandungan airnya lebih sedikit

Perbedaan bawang merah Brebes dan Sumenep terletak pada karakteristik umbinya. Bawang merah Sumenep memiliki umbi yang warnanya lebih pucat dan lonjong. Selain itu, bawang Sumenep juga lebih tahan dari penyakit dan tahan dari berbagai cuaca.

Baca Juga:  9 Rumah Makan yang Cocok untuk Acara Bukber di Tangerang

Kandungan air pada bawang ini juga relatif lebih sedikit. Karena itu, bawang goreng Sumenep akan lebih cepat kering dan matang. Meski aromanya tidak terlalu kuat, Anda tetap dapat merasakan kerenyahan bawang goreng Sumenep.

Bawang goreng Palu, rasa lebih kuat untuk menambah cita rasa masakan

Sementara itu, bawang dari Palu memiliki karakteristik umbi yang bulat memanjang dan ukurannya lebih kecil. Bawang merah Palu juga mempunyai rasa yang lebih tajam. Oleh karena itu, bawang goreng Palu terkenal akan kemampuannya untuk meningkatkan cita rasa masakan. Kekhasan bawang goreng Palu menjadikannya sering dijadikan oleh-oleh khas yang menjadi favorit banyak orang.

3.Untuk taburan, utamakan bawang goreng asli tanpa rasa tambahan

Saat ini bawang goreng kemasan yang dijual di pasaran memiliki varian rasa yang bermacam-macam. Tiap-tiap rasa memiliki ciri khas tersendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan selera. Berikut beberapa contohnya.

Bawang goreng original

Bawang goreng rasa original biasanya tidak memiliki bumbu perasa lain atau hanya mengandung tambahan garam untuk menambah kegurihannya. Tak heran bila rasa bawang dari produk bawang goreng ini lebih tajam.

Bawang goreng kombinasi

Saat ini ada banyak bawang goreng aneka rasa, seperti rasa rendang, terasi, bahkan ada yang memiliki campuran ikan teri. Bawang dengan rasa kombinasi biasanya memiliki perpaduan rasa yang kuat. Jadi, sebaiknya Anda berhati-hati saat mencampurkannya dengan menu masakan lain. Apabila perpaduannya kurang sesuai, keberadaan bawang goreng aneka rasa justru akan merusak cita rasa asli dari masakan tersebut.

Bawang goreng pedas

Pada bawang goreng rasa pedas biasanya terdapat irisan cabai kering atau bubuk cabai. Karena itu, kegurihan dan kerenyahan bawang goreng pedas bisa membuat ketagihan. Bila tidak ada saus atau sambal, bawang goreng pedas bisa dijadikan pilihan untuk menambah kenikmatan masakan Anda.

Meski tersedia beragam pilihan rasa, bawang goreng rasa original paling cocok dijadikan taburan pada banyak hidangan, berkuah ataupun tidak. Rasanya yang tidak terlalu kuat membuat bawang goreng original tidak merusak cita rasa asli dari makanan yang Anda santap.

4.Untuk cita rasa asli, pastikan bawang goreng tidak memiliki tambahan tepung

Bawang goreng yang enak adalah yang teksturnya garing, renyah, dan terasa kriuk di lidah. Selain itu, kualitas bawang goreng terbilang baik apabila kerenyahannya bisa bertahan lebih lama.

Karena itu, beberapa produsen ada yang mencampurkan produknya dengan sedikit taburan tepung untuk membuat bawang goreng renyah. Padahal, tambahan tepung bisa membuat cita rasa khas bawangnya berkurang.

Jadi, kami sarankan Anda untuk mencari bawang goreng asli tanpa tepung atau sedikit tepung. Untuk mengetahui hal tersebut, sebaiknya Anda membaca keterangan produk atau review dari pembeli sebelumnya dengan saksama.

Baca Juga:  5 Tas Kulit untuk Pria Terbaik yang Awet dan Tahan Lama

Ini lah rekomendasi bawang terbaik di bawah ini :

 

1. By R’ABawang Goreng Asli Brebes

 

Rekomendasi brebes

                                                            ( Gambar bawang goreng asli brebes )

Harga bawang merah goreng termurah di pasaran!

Harga bawang goreng Brebes ini termasuk yang paling ekonomis di pasaran. Meski begitu, kualitas produk ini tidak main-main, lho. Selain memakai jenis bawang merah yang bagus untuk bawang goreng, produk ini juga dijamin fresh karena diproduksi setiap hari. Dengan begitu, Anda tidak akan mendapatkan produk yang apak.

Hasilnya, meski terdapat kandungan sedikit tepung, bawang goreng Brebes asli ini masih terasa manis dan renyah. aromanya pun sedap. Menurut beberapa ulasan pembeli, produk ini bahkan merupakan salah satu bawang goreng tepung terenak. Nah, jika anda sedang menghemat anggaran belanja, pemilihan bawang goreng enak ini merupakan langkah yang bijak.

Lokasi : Jl. C. Simanjuntak, RT.06/RW.04, Banjaranyar, Kec. Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52216

Website : www.bawanggorengnion.com

2. Siwang Nounna SaritieTerasi Bawang

 

Rekomendasi siwang

                                                      ( Gambar Siwang Nounna terasi bawang )

Aroma terasinya yang sedap akan menggugah selera makan

Bagi Anda yang suka aroma nikmat terasi, jangan lupa untuk memasukkan bawang goreng rasa terasi ini ke daftar belanja. Perpaduan aroma bawang dan terasi pada produk ini dijamin akan menggugah nafsu makan anda. Aroma bawang merah goreng yang sedap sudah dapat Anda rasakan pada kali pertama membuka tutup kemasannya. bila Anda memadukan bawang goreng terasi ini dengan sambal, rasanya makin yummy!

Lokasi : Gg. Kasab, Sleman Lor, Kec. Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45281

Website : www.siwang-nounna-saritie.com

 

3.  Aksara Food Bawang Goreng Asli Premium

Rekomendasi aksara

                                                 ( Gambar aksara food bawang goreng asli premium )

Bawang goreng kemasan dengan rasa dan warna paling premium

Bawang goreng Aksara memiliki tampilan warna cokelat keemasan yang sempurna tanpa ada bagian yang gosong. Hasilnya, Anda bisa merasakan manisnya jenis bawang merah untuk bawang goreng secara maksimal dari produk ini. Teksturnya pun renyah saat digigit, padahal produk ini tidak mengandung tepung, lho. Itu semua berkat penggunaan bawang merah premium yang diolah dengan teknik penggorengan khusus.

Sajian masakan Anda pun akan terasa lebih nikmat dan terlihat makin cantik dengan menaburkan bawang goreng premium ini. Anda yang gemar memasak sebaiknya selalu menyediakan bawang merah goreng ini di dapur untuk meningkatkan tampilan dan rasa masakan.

Lokasi : Jl. Swadaya V No.11, RT.8/RW.1, Pulo Gebang, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13950

Website : www.paxelmarket.com

 

4. Hj. Mbok Sri Bawang Goreng

 

Rekomendasi mbok

                                                          ( Gambar Hj.Mbok Sri Bawang goreng )

Salah satu bawang goreng Palu paling enak yang renyahnya tahan lama

Produk ini merupakan salah satu bawang goreng Palu terkenal karena sudah berdiri sejak tahun 1980. Selain menggunakan bawang merah Palu berkualitas unggulan, produk ini juga diolah dengan menerapkan standar industri makanan GMP dan SSOP. Hasilnya, produk ini terasa lebih nikmat serta higienis.

Uniknya lagi, bawang goreng kemasan ini memiliki tekstur yang lebih keras sehingga terasa lebih renyah dan tidak akan mudah melempem. bagi anda yang ingin merasakan salah satu bawang goreng Palu paling enak, produk ini bisa menjadi sebuah  pilihan.

Lokasi : Jl. DR. Abdurrahman Saleh No.230, Birobuli Utara, Kec. Palu Sel., Kota Palu, Sulawesi Tengah 94111

Website : www.antaranews.com

Kesimpulan

Bagaimana pendapat anda setelah membaca artikel ini? Bawang goreng seperti sudah menjadi makanan pelengkap yang harus ada di meja makan masyarakat Indonesia. Karena itu, melalui artikel ini, semoga Anda bisa menemukan bawang goreng lezat yang Anda inginkan.

Saat membeli bawang goreng, jangan lupa periksa tanggal kedaluwarsanya. Selain itu, periksa juga kemasannya secara teliti. Sebaiknya, jangan terima produk jika kemasannya rusak atau cacat, semoga bermanfaat untuk artikel kali ini .