Rekomendasi portable radio 413732 640

6 Rekomendasi Merk Radio Portable Terbaik (Terbaru 2024)

Pada dasar nya radio portable memiliki berbagai fungsi yang sama dengan radio pada umum nya, hanya saja ukuran radio portable jauh lebih kecil. hal tersebut membuat nya sangat  mudah di bawa ke mana saja dan cocok di gunakan dalam situasi darurat atau aktivitas outdoor, baik untuk  dapat mendengarkan berita terbaru, prakiraan cuaca, musik, dan berbagai informasi lain nya. Jika anda tengah mencari radio portable terbaik namun belum menemukan produk yang tepat, yuk baca artikel ini sampai selesai.

6 Merk Radio Portable Terbaik 2023

Radio adalah salah satu jenis media massa satu arah yang berperan untuk dapat  menyampaikan pesan (berita, informasi dan hiburan) kepada masyarakat dengan jangkauan luas. Radio telah menjalani proses perkembangan yang cukup lama sebelum menjadi media komunikasi massa seperti saat ini. berkat ketekunan tiga orang cendikiawan, di antaranya seorang ahli teori ilmu alam yang bernama James Maxwell berhasil menemukan rumus yang di duga dapat mewujudkan gelombang elektromagnetis, yaitu gelombang yang digunakan untuk gelombang radio dan televisi (1865).

Sebelum membahas mengenai radio portable terbaik, yuk ketahui dulu sekilas sejarah radio. Perkembangan radio sebagai media massa dimulai dengan penemuan gelombang elektromagnetik oleh James Maxwell pada tahun 1865, lalu Dr. Lee De Forest mengembangkan penemuan Marconi pada tahun 1906 yang membuatnya dikenal sebagai “The Father of Radio”. Sejak saat itu, radio terus berkembang dibeberapa negara seperti Inggris, Perancis, Uni Sovyet, Jepang dan RRC, bahkan memasuki tahap penyempurnaan pada tahun 1933 dengan adanya sistem Frequency Modulation (FM) sebagai versi lebih sempurna dari Amplitudo Modulation (AM).

meskipun sekarang media informasi sudah semakin banyak beragam, namun penggemar radio tetap masih banyak sampai sekarang karena berbagai informasi yang disampaikan bisa disimak sambil beraktivitas. tidak heran kalau masih cukup mudah di temukan produk radio portable terbaik di pasaran, sebab harganya juga tidak semahal ponsel maupun televisi. Berikut adalah rekomendasi merk radio portable terbaik saat ini:

 

1. Pasang Iklan disini

Pasang iklan disini

2. Pasang Iklan disini

Pasang iklan disini

3. Advance Radio Portable RBS-826

 

Rekomendasi advan

( Gambar  Radio Portable merek Advance )

Produk radio portable terbaik bermerk Advance ini bisa menjadi pilihan Anda. Produk ini hadir dengan desain yang klasik namun dikemas dalam gaya yang modern. Fitur utama yang diberikan yaitu konektivitas berupa bluetooth. Sehingga, Anda bisa menghubungkan radio ini menggunakan Android TV, handphone, atau laptop. Adapun frekuensi yang dimiliki antara lain SW, AM, dan FM.

Frekuensi ini sangat cocok digunakan pada wilayah pedesaan atau pelosok sekalipun. Anda dapat menggunakan produk ini untuk bersantai di rumah atau sebagai hiburan pada saat mendaki gunung. Kelebihan lainnya yaitu adanya LED light senter yang berguna untuk memberikan penerangan di sisi radio tersebut. Kapasitas baterainya lebih besar yaitu 12000 mAh dan ukuran baterainya yaitu 18650.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Speaker Karaoke Terbaik

Suara yang di hasilkan terbilang lebih cukup  memuaskan dan jernih. Satu unitnya, produk ini dibanderol seharga Rp185.000 saja. Pilihan warnanya meliputi silver grey, black grey, dan retro gold. Uniknya, produk ini memiliki panel surya di bagian atas nya dengan kapasitas 5 V 1 watt.

Lokasi :  PT Bangga Teknologi Indonesia | ADVAN Ruko Mall Of Indonesia Blok C no 39-41 (sebelah coffee tree Jl. Boulevard Barat Raya No.12RT. 18, RT.2/RW.19, Klp. Gading Bar., Kec. Tj. Priok, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Website : www.advandigital.com

 

4. MAYAKA Radio Portable RD8180UHC

 

Rekomendasi mayaka

( Gambar Radio portbale Merek Mayaka )

Rekomendasi radio portable berikutnya yaitu bermerk MAYAKA. Produk ini sudah di lengkapi dengan USB, FM radio, dan juga jam. Pasti nya, dengan desain yang keren ini membuat Anda jadi lebih mudah untuk membawanya kemana saja. Produk radio portable yang kece ini dijual seharga Rp211.000 untuk 1 unitnya. Frekuensi yang di gunakan antara lain AM, SW, dan FM. anda juga bisa memutar musik menggunakan produk ini.

Suara yang di hasilkan lebih jelas dan juga nyaman untuk di dengarkan oleh telinga anda. Produk radio merk MAYAKA tahan lama di gunakan untuk  dalam jangka waktu panjang. Apalagi sudah dilengkapi dengan USB dan kartu SD. Terdapat pula table lamp yang bisa digunakan sebagai penerang ketika malam hari tiba atau pada saat Anda berada di ruangan yang gelap. Inilah alasan yang menyebabkan produk ini banyak dicari oleh penggemar radio.

Tentunya, anda juga ingin sesuatu yang menghibur bukan selain bermain handphone seharian? Solusi terbaiknya yaitu radio dengan konsep portable tipe RD8180UHC ini ya. anda bisa membelinya di Shopee Mall karena barangnya terjamin original.

Lokasi : Kawasan Industri Pulogadung Blok II.M.2-3, Jl. Rawa Gelam 3, RW.9, Jatinegara, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13920

Website : www.multimayaka.co.id

 

5. International Lottol Radio Portable 4250

 

Rekomendasi inter

( Gambar Radio Portable Merek International )

Jika Anda merupakan generasi 70 atau 80-an, mungkin tidak asing dengan tampilan antik ala International Lottol Radio Portable 4250. Radio portable terbaik ini dapat dioperasikan dengan kabel maupun dua buah baterai R20, LR20, dan D 1,5 volt. Jadi kalau hanya digunakan di rumah, tinggal gunakan kabelnya untuk menghubungkan radio ke sumber listrik secara langsung, tetapi bisa gunakan baterai kalau Anda akan membawanya bepergian.

International Lottol Radio Portable 4250 memiliki dimensi 21 cm x 12 cm x 6,5 cm dan bekerja pada range FM 88-108 MHz, AM 530-1600 KHz, serta SW 3-12 MHz. Bobotnya pun cukup ringan, hanya 650 gram, jadi Anda masih bisa membawanya ke mana-mana dengan mudah. Untuk harga, radio portable terbaik International Lottol Radio Portable 4250 dijual dengan harga 80 ribuan rupiah.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Sofa Minimalis untuk Ruang Tamu Kecil

Lokasi : Jl. Bendungan Hilir, RT.8/RW.1, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210

Website : www.i-bidder.com

6. Panasonic Portable Radio R-218DD

 

Rekomendasi panas

  ( Gambar Radio portable merek Panasonic )

Panasonic, perusahaan elektronik asal Jepang ini juga membuat produk radio portable terbaik dengan tampilan yang klasik. Panasonic Portable Radio R-218DD berukuran 19.9 cm x 11.5 cm x 5 cm dengan diameter speaker 6.5 cm dan bekerja pada range SW 4.75 MHz – 18 MHz. Meskipun ukurannya mini, namun suara yang di hasilkan oleh radio portable ini terdengar jernih dan tajam, jadi bisa di andalkan ketika keadaan darurat.

Untuk sumber dayanya, di gunakan kabel atau 2 buah baterai ukuran R20 dengan LR20, tinggal disesuaikan saja dengan kondisi Anda ketika memakai radio portable terbaik ini. Panasonic Portable Radio R-218DD bisa dengan mudah di temukan di marketplace dan harganya sekitar 300 ribuan rupiah.

Lokasi : Panasonic Gobel Indonesia Pt., Jl. Dewi Sartika No.14, RT.4/RW.12, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630

Website : www.panasonic.com

 

Cara Memilih Radio Portable yang Bagus

Kelebihan dari radio portable terbaik adalah kemudahan nya untuk di bawa ketika keadaan darurat, kegiatan outdoor, mau pun traveling. namun, supaya tidak salah pilih radio portable, ketahui dulu cara memilihnya di bawah ini.

1. Mengetahui kemampuan tangkapan frekuensinya

Saat memilih radio portable terbaik, anda perlu juga mempertimbangkan jenis frekuensi yang didukung dan kepekaan dari radio dalam menangkap frekuensi tersebut. Untuk keadaan darurat, ada beberapa jenis frekuensi yang dapat di gunakan, yaitu AM, FM, dan wide FM. Frekuensi AM memiliki kualitas suara yang kurang baik namun mudah ditangkap di area pegunungan dan memiliki jangkauan sinyalnya yang luas.

Sedangkan untuk frekuensi FM mempunyai kualitas suara yang baik namun sulit ditangkap di area pegunungan atau pedasaan yang terpencil. Sinyal radio FM dikenal kuat kalau berada dalam ruangan, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi darurat, misalnya pemberitahuan adanya gempa bumi. Kalau mau lebih canggih lagi, Anda dapat memilih radio portable terbaik dengan frekuensi wide FM yang akan membantu Anda mendengarkan siaran AM secara lebih jelas melalui frekuensi FM.

2. Mengecek sumber daya radio

selain memperhatikan frekuensi, pemilihan radio portable terbaik juga perlu memperhatikan sumber daya untuk  dapat menghidupkan radio tersebut. beberapa sumber daya yang kerap di gunakan, antara lain baterai kering, baterai isi ulang, hand-cranking atau putaran manual dengan tangan), listrik, dan panel surya.

Radio portable yang menggunakan sumber daya berupa baterai kering dapat digunakan kapan saja dan di mana saja, tetapi memerlukan beberapa baterai cadangan untuk berjaga-jaga ketika daya habis. Kalau mau digunakan dalam kondisi darurat, Anda bisa memilih radio portable dengan baterai hand-cranking karena tidak memerlukan aliran listrik, hanya saja di perlukan lebih banyak usaha dan waktu untuk memutarnya.

untuk penggunaan harian, radio portable yang menggunakan baterai isi ulang akan lebih cocok, karena anda tinggal menyambungkannya ke aliran listrik kalau baterainya habis. Sementara itu, ada juga beberapa produk dengan baterai dari panel surya yang terbilang lebih ramah lingkungan namun sangat bergantung pada cuaca untuk pengisiannya. Jika tengah melakukan aktivitas outdoor, sebaiknya bawa radio portable yang memiliki lebih dari satu sumber daya agar tidak terlalu menyulitkan ketika salah satunya tidak dapat digunakan.

Baca Juga:  8 Merk Aki Motor yang Terbaik 2024

3. Mempertimbangkan ukuran dan fungsi tambahan pada radio

Pada umumnya, semakin kecil ukuran radio portable terbaik yang dipilih, maka semakin kecil juga kepekaannya untuk menangkap gelombang frekuensi dan ukuran speaker-nya yang kecil bisa sedikit menyulitkan untuk di dengar dengan jelas. hanya saja radio yang berukuran kecil itu jauh lebih mudah dibawa-bawa, terlebih lagi kalau barang bawaan anda lumayan banyak.

Berbagai produsen radio portable terbaik yang ada sekarang juga sudah melengkapi produknya dengan beragam fungsi tambahan. Berikut beberapa contohnya.

  • Penerangan dengan lampu light-emitting diode(LED) atau senter.
  • Power bank untuk mengisi ulang daya untuk smartphone.
  • Sirene dan kompas yang sangat cocok untuk kondisi darurat, misalnya saat tersesat atau mengalami bencana alam.
  • Fungsi antarkoneksi, seperti Bluetooth, USB port, dan TF card port.
  • Meskipun terbilang ‘jadul’, namun sekarang masih banyak kok penjual radio yang dapat di temukan melalui Berikut  bahas rekomendasi beberapa produk radio portable terbaik yang kisaran harganya puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah.

 

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Radio

Sebagai salah satu media untuk menyebarkan informasi, radio portable tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dipertimbangkan juga sebelum membelinya. Berikut ini penjabaran terkait kelebihan dan kekurangan radio.

  1. Tidak membutuhkan banyak biaya, sederhana, dan tersedia di banyak toko elektronik.
  2. Aksesnya mudah dan dapat didengarkan secara offline tanpa koneksi internet. Bahkan berbagai smartphone juga mempunyai fitur radio.
  3. Lebih praktis dan fleksibel sebab perangkat radio portable hanya tersusun dari beberapa komponen, seperti komponen baterai, pengeras suara atau speaker, dan antena untuk menerima sinyal. Tidak seperti televisi, ukuran radio portable yang cukup kecil membuatnya mudah dibawa ke berbagai tempat.
  4. Menjangkau daerah yang masih minim akses sinyal, seperti pedesaan yang jara knya sangat jauh dari pusat kota.
  5. Dapat di gunakan untuk pendengar di satu wilayah tertentu.

Selain kelebihan di atas, radio juga memiliki beberapa kekurangan di bawah ini.

  1. Tidak ada gambar visual dan hanya berbentuk suara, seperti halnya televisi maupun media massa lainnya. Hal ini juga membuat perangkat radio menjadi kurang diminati oleh sebagian masyarakat.
  2. Siaran yang sudah tayang tidak dapat ditarik ulang sehingga sesuatu yang akan disampaikan harus dikonsep secara matang dan sangat minim kesalahan.
  3. Terkesan jadul dan kurang menarik sehingga kurang diminati oleh kalangan anak muda.
  4. Rentan mengalami gangguan sinyal, terutama ketika cuaca tengah hujan atau terdapat hambatan yang menghalangi sinyal pemancar, seperti pohon dan gedung.

Kesimpulan

Ketika tengah melakukan kegiatan outdoor, radio portable bisa menjadi  sebuah pilihan alat komunikasi cadangan, terutama kalau kegiatan di lakukan pada area yang susah sinyal internet. kalau anda tengah mencari radio portable terbaik namun belum menemukan yang sesuai, coba beli dan gunakan salah satu produk yang ada di atas.