Rekomendasi kumpan electric Tt2iQRAFrug unsplash

6 Rekomendasi Motor Listrik Murah Terbaik di 2024

Indonesia merupakan salah satu sebuah  negara dengan pengguna sepeda motor terbanyak di dunia. hal ini tentu saja menyebabkan angka polusi di Indonesia akan semakin melonjak. Motor listrik menjadi salah satu alternatif kendaraan yang lebih ramah lingkungan. harga motor listrik pun beragam, mulai dari yang murah sampai mahal.

Kali ini kami membahas tentang sepeda motor listrik yang bagus dan harganya murah. setelah itu, kami akan merekomendasikan beragam motor listrik murah di bawah 10 juta hingga 20 jutaan. berbagai macam merek motor listrik terbaik ada dalam rekomendasi kami, seperti Uwinfly, Smoot, dan Viar

Kelebihan dan kekurangan motor listrik

Produk motor listrik makin marak di Indonesia. Tentu saja ada beberapa alasan yang harus Anda pertimbangkan untuk beralih ke motor listrik.

Pajak yang rendah

Untuk mendukung masyarakat beralih ke motor listrik, pemerintah Indonesia menawarkan pajak yang lebih rendah untuk motor listrik. Tentu saja pajak motor listrik lebih murah dibandingkan motor biasanya.

Lebih ramah lingkungan

Tidak seperti motor biasa, motor listrik menggunakan baterai agar dapat berjalan. Penggunaan baterai ini dirasa lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi gas yang berbahaya.

Tidak menghasilkan suara yang bising

Motor biasa menggunakan knalpot sebagai pembuangan. Namun, tidak demikian dengan motor listrik. Alhasil, motor listrik tidak mengeluarkan suara knalpot yang bising.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Teflon Anti Lengket Terbaik

Harga perawatannya lebih irit

Jika motor biasa menggunakan oli, tidak demikian dengan motor listrik. Dengan begitu, biaya perawatan motor listrik terbilang lebih irit. Pengisian daya untuk motor listrik pun lebih murah, hanya sekitar Rp5.000 saja per sekali pengisian daya. Hal ini tentu sangat berbeda jauh dengan harga bahan bakar minyak.

Meski memiliki beberapa kelebihan, motor listrik masih punya kekurangan. Nah, poin kekurangan ini juga perlu Anda ketahui sebelum membeli motor listrik.

  • Tempat pengisian daya motor listrik masih sangat terbatas. Baterai motor listrik sebetulnya bisa diisi di rumah. Namun, Anda bisa saja kehabisan daya saat dalam perjalanan. Tempat pengisian daya motor listrik disebut stasiun penyedia listrik umum (SPLU) ataupun battery swap. Tempat ini masih sangat terbatas dan hanya ada di kota tertentu saja.
  • Motor listrik yang nyaris tanpa suara dianggap kurang aman. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, motor listrik memang tidak bising dan tidak mengeluarkan suara. Hal ini dianggap kurang nyaman, apalagi di gang. Orang mungkin tidak bisa mengira ada motor di belokan yang tajam sehingga dapat terjadi kecelakaan.
  • Motor listrik tidak sanggup mengangkut bawaan yang terlalu berat. Makin berat bawaan Anda, makin cepat pula baterai motor habis.
  • Bengkel motor listrik masih sangat terbatas. Hal ini juga menjadi salah satu pertimbangan karena bengkelnya belum banyak tersedia.

apakah anda tertarik menggunakan motor listrik, kami memiliki artikel yang membahas tentang berbagai pilihan motor listrik yang bisa di gunakan sesuai dengan segala  kebutuhan. Jika anda penasaran dengan motor listrik lain sebagai nya,

Cara memilih Motor Listrik Murah

Motor listrik tersedia dalam beragam macam  pilihan harga, mulai dari belasan sampai puluhan juta rupiah. Kali ini kami akan berbagi tips untuk memilih motor listrik yang harganya di bawah 20 juta rupiah. Simak poin-poin berikut ini..

1. Pilih motor dengan baterai SLA yang harganya lebih terjangkau

Ada dua jenis baterai yang digunakan untuk motor listrik, yaitu baterai timbal dan lithium. Baterai timbal atau lead-acid (SLA) dikenal dengan nama aki. Jenis baterai SLA ini adalah jenis baterai isi ulang yang dikenal murah dan mudah didaur ulang. Jadi, motor listrik yang menggunakan baterai SLA bisa dijual dengan harga murah, sekitar belasan juta.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Tangerang yang Unik dan Khas

meski harganya tergolong murah, kapasitas baterai SLA tidak sebesar baterai lithium. Bobot baterai SLA pun lebih berat di bandingkan lithium.

2.Kenali spesifikasi motor listrik

Mencari tahu spesifikasi motor listrik menjadi poin penting. Meski harganya murah, sebisa mungkin pilihlah motor listrik dengan spesifikasi terbaik. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi motor listrik yang perlu Anda pertimbangkan.

 

  • Jarak tempuh maksimal yang bisa ditempuh motor sampai baterai habis. Jarak tempuh maksimal ini adalah perkiraan jarak yang bisa ditempuh motor listrik dengan pengendara saja. Adanya barang bawaan, penumpang, serta kecepatan akan memengaruhi jarak tempuh maksimal tersebut.
  • Pastikan kapasitas angkut motor listrik. Motor listrik dapat mengangkut beban sampai 150 kg. Makin berat beban yang diangkut, makin lamban pula kecepatannya.
  • Cari tahu kecepatan maksimal motor listrik. Motor listrik yang terbilang murah biasanya memiliki kecepatan maksimal sekitar 50 km/jam. Perlu Anda ketahui, makin cepat motor laju motor listrik, makin panas pula baterai di dalamnya. Usahakan untuk tidak memacu motor listrik terlalu cepat karena motor listrik tidak dirancang untuk melaju dengan sangat cepat.
  • Daya motor menentukan performa motor. Daya motor akan menentukan tenaga motor listrik. Satuan daya dinilai dengan watt.

3.Cari tahu performa motor listrik

Anda mungkin tahu motor listrik dari media sosial ataupun iklan. Harga yang murah dan tampilan yang menarik bisa membuat Anda tergoda untuk membelinya. Namun, jangan sampai Anda mendapatkan motor listrik murah dan murahan.

agar anda dapat mengetahui performa motor listrik, anda dapat melihat review di channel YouTube yang membahas tentang otomotif. Pastikan reviewers-nya membahas tentang kelebihan dan kekurangan motor tersebut sebagai pertimbangan untuk anda.

Selain itu, anda juga bisa melakukan test drive motor listrik terlebih dahulu. Carilah merek motor listrik yang memiliki toko fisik. Selain dapat melakukan test drive, Anda bisa mengeklaim asuransi dengan mudah. Adanya toko fisik juga membantu Anda mencari spare part resmi untuk motor Anda.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Kamera Mundur Terbaik

1. Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

3. Uwinfly Motor Listrik T3

 

Rekomendasi uwinfly

                                                           ( Gambar Uwinfly Motor Listrik T 3 )

Motor listrik viral yang kekinian, favorit anak muda!

Sepeda motor listrik Uwinfly ini sempat viral di media sosial TikTok dan Instagram. Pasalnya, motor listrik yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan Vespa S. Selain itu, Uwinfly T3 menawarkan pilihan warna yang menarik untuk anak muda. Uwinfly adalah salah satu pilihan motor listrik best seller dengan harga paling cukup terjangkau.

Lokasi : Kampung Muara Jaya Ruko no 5 RT.01/ RW07 Caringin Bogor Jawa Barat 16730

Website : www.uwinflybogor.com

4. Smoot Tempur New Facelift

 

Rekomendasi smoot

                                                           ( Gambar Smoot Tempur New Facelift )

Lebih stabil dengan feel seperti motor biasanya

Smoot Tempur New Facelift memiliki desain seperti motor pada umumnya. Ukuran motor ini memang cukup tinggi dengan bobot yang mirip dengan motor biasanya. Meski begitu, motor ini terbilang lebih stabil dan enteng untuk dibawa berkendara.

Anda pun cukup gas sedikit saja agar motor ini dapat melaju. Motor listrik Smoot Tempur cocok sekali untuk Anda yang baru beralih ke motor listrik karena feel-nya seperti motor biasa.

Lokasi : Jl. Kesehatan Raya No.8, RW.6, South Petojo, Gambir, Central Jakarta City, Jakarta 10160 ;

Website : www.smoot.id

5.Viar New Q1 L

 

Rekomendasi viar

                                                                  ( Gambar Viar New Q1 L )

Motor listrik 20 jutaan yang sudah memiliki sistem keamanan teruji

Anda pasti sudah sering melihat motor yang satu ini atau bahkan pernah menjadi penumpangnya. Iya, motor yang satu ini adalah motor listrik yang sering digunakan oleh armada Grab Indonesia. Jika Anda masih bingung tentang motor listrik murah berkualitas, Viar Q1 L patut Anda pertimbangkan.

Viar Q1 L memiliki sistem keamanan yang baik. Saat alarmnya menyala, roda belakangnya langsung otomatis terkunci. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir motor listrik Anda dibawa maling.

Lokasi : Jl. Danau Agung Selatan Blok: O/III No.38, Sunter Jaya, Kec. Tj. Priok, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350

Website : www.viarmotor.com

6. Pacific BikeExotic Sprinter Prime

 

Rekomendasi pacific

                                                     ( Gambar Pacific Bike Exotic Sprinter Prime )

Skuter listrik di bawah 10 juta yang bisa di bawa melaju jauh

Exotic Sprinter Prime adalah motor listrik yang mirip dengan Vespa matic. Desain bagian belakang, depan, jok, dan spionnya benar-benar mirip dengan Vespa matic. dengan jarak tempuh sekitar 100 km, Anda tetap merasa nyaman berkendara. Tentu saja sepeda motor listrik ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki budget terbatas.

Lokasi : Pusat Sepeda PIK 2, Jalan Ebony Paradise Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, 14460

Website : www.exotic.pacific-bike.com