Rekomendasi kitchen 1776644 640

6 Merk Kompor Tanam Terbaik 2024

Kompor tanam adalah tipe kompor yang banyak  di sukai karena desain nya   cukup modern dan dapat membuat dapur tampak lebih rapi. di pasaran, anda bisa dapat menemukan berbagai merek kompor tanam yang bagus, seperti Rinnai, Niko, dan Modena. Lantas, kompor tanam seperti apa yang sebaiknya anda pilih

Supaya anda bisa  dengan menemukan kompor tanam terbaik, bacalah artikel ini sampai selesai. kali ini kami bersama retail home appliances product reviewer, Awan Feri Sulaeman, telah menyusun cara memilih kompor tanam. Mulai dari jumlah tungku, jenis burner, sampai fitur-fitur penting pada kompor tanam akan kami bahas secara lengkap.

Table of Contents

Apa kelebihan dan kekurangan kompor tanam

Kelebihan kompor tanam adalah membuat tampilan dapur jadi lebih rapi dan modern. Cara pemasangan kompor tanam juga membuat tidak ada celah antara kompor dengan meja dapur. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam membersihkan area sekitar kompor. Kelebihan kompor tanam membuatnya lebih disukai oleh kalangan menengah ke atas.

Sementara itu, kekurangan kompor tanam adalah Anda perlu melakukan instalasi kompor pada furnitur Anda. Pemasangannya pun membutuhkan pengukuran yang presisi agar kompor benar-benar pas masuk ke dalam meja dapur. Untuk melakukan instalasi, setiap brand akan mengirimkan teknisi untuk membantu Anda. Namun, Anda masih perlu membayar biaya lebih untuk menyiapkan kitchenset yang akan dipasangi kompor tanam.

Cara memilih Kompor Tanam

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan kompor tanam, apakah Anda makin ingin membelinya? Nah, banyaknya pilihan produk di pasaran mungkin akan membuat Anda kebingungan. Karena itu, perhatikanlah pembahasan kami berikut ini. Kami akan menjelaskan empat poin yang perlu Anda ketahui agar dapat menemukan kompor tanam yang tepat.

Baca Juga:  7 Merk Flashdisk Terbaik (Terbaru 2023)

1. Bila Anda rutin memasak untuk keluarga, pilihlah kompor tanam dengan gas karena tidak akan mengalami overheat; Pilih juga kompor minimal 2 tungku

Kompor tanam terbagi menjadi kompor gas dan kompor listrik. Pemilihan sumber panasnya bisa Anda sesuaikan dengan kebiasaan Anda memasak. Jika Anda sering memasak dan sekali memasak butuh waktu cukup lama, pilihlah kompor gas. Kompor tanam yang menggunakan gas tidak akan mengalami overheat. Overheat biasanya terjadi pada kompor listrik akibat penggunaan listrik terus menerus.

Memasak dengan kompor gas juga memberi sensasi tersendiri karena adanya api. Kontrol suhu kompor tanam gas lebih mudah dan cepat, cocok untuk memasak dengan api besar saat membuat masakan Asia. Kelebihan lainnya dari kompor gas adalah Anda tidak membutuhkan panci khusus. Jadi, Anda bisa menggunakan panci tipe apa pun.

Setiap jenis gas memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Gas LPG memiliki tekanan tinggi yang menguntungkan untuk proses memasak, tetapi dapat merepotkan ketika gas habis saat memasak. Selain itu, harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan gas alam.

Di sisi lain, Anda tidak perlu khawatir kehabisan gas saat memasak jika menggunakan gas alam. Harga gas alam pun cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan gas LPG. Namun, kekurangan gas alam terletak pada tekanan yang cenderung lebih rendah. Hal ini akan sedikit menyulitkan dalam proses memasak yang membutuhkan api besar.

Cek jumlah tungku, utamakan kompor induksi minimal 2 tungku untuk fleksibilitas penggunaan lebih

Bagi Anda yang rutin memasak dan membutuhkan fleksibilitas penggunaan lebih, jumlah tungku kompor tentu tidak boleh Anda lewatkan. Utamakan kompor tanam induksi dengan minimal dua tungku agar proses memasak jadi lebih cepat. Anda pun bisa menemukan kompor tanam induksi dengan 3-5 tungku.

Perlu Anda ketahui juga, tungku lain selain tungku utama biasanya memiliki api yang lebih kecil. Tungku yang kecil tersebut bisa Anda gunakan untuk menghangatkan dalam wadah yang lebih kecil. Berikut rincian formasi pada kompor tanam dengan lebih dari 2 tungku:

  • Kompor induksi 3 tungku: Terdiri dari 2 tungku kecil dan 1 tungku besar
  • Kompor induksi 4 tungku: Berbeda-beda ukuran, salah satu tungkunya memiliki ukuran yang bisa diganti-ganti antara tungku kecil dan besar
  • Kompor induksi 4 tungku: Berbeda-beda ukuran dengan 2 tungku bisa menjadi 1 zona besar

Kompor tanam untuk rumah tangga umumnya memiliki lebar rata-rata 60 cm. Namun, ada juga kompor tanam yang lebarnya mencapai 90 cm. Lebar kompor tidak selalu selaras dengan jumlah tungku. Contohnya ada produk selebar 90 cm, tetapi hanya memilki 2-3 tungku.

Cek jenis burner yang digunakan, pastikan menggunakan burner kuningan yang menghasilkan api biru

Saat memasak, hal terpenting adalah api yang panasnya merata. Burner adalah salah satu komponen kompor yang tak boleh Anda lewatkan. Burner yang baik akan memberikan kualitas api yang lebih baik, pemanasan pun jadi lebih merata. Istilah api biru pun sebetulnya dipengaruhi oleh burner. Salah satu merek burner ternama adalah dari Sabaf dan Defendi.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Sepeda Fixie Terbaik

Selain itu, burner dengan bahan kuningan juga lebih efisien. Burner berbahan kuningan lebih cepat panas dan cepat dingin. Dengan begitu, burner yang terbuat dari kuningan akan menghasilkan api yang lebih baik.

Pastikan juga tungkunya terbuat dari baja cor. Pasalnya, tungku baja cor tidak memiliki sambungan dan pemanasannya lebih merata. Jika pemanasan lebih merata, masakan pun akan matang dengan cepat dan merata.

2. Untuk keluarga kecil atau kompor tanam di area terbatas seperti apartemen, pilih kompor induksi dengan 1-2 tungku saja

Kompor tanam juga bisa digunakan di apartemen atau hunian mungil untuk mempercantik dapur Anda. Jika Anda tinggal sendiri atau berdua dan jarang memasak, kompor tanam induksi merupakan opsi yang lebih praktis dan aman. Kompor tanam induksi hanya akan menyala jika Anda menempatkan panci yang sesuai di atasnya. Anda juga bisa mengontrol suhunya dengan lebih presisi untuk mencegah masakan menjadi gosong. Kemudian, kompor induksi biasanya sudah dilengkapi timer.

Bila budget Anda terbatas, Anda bisa memilih kompor listrik biasa dan vitroceramic. Keduanya dijual dengan harga yang lebih ekonomis dibandingkan kompor induksi. Namun, kemampuan pemanasannya juga lebih lamban dibandingkan kompor induksi.

Kompor induksi rata-rata hanya butuh satu menit untuk mendidihkan air karena tugasnya hanya menghantarkan panas secara induksi ke panci. Berbeda dengan kompor elektrik dan vitroceramic yang butuh waktu lebih lama lagi. Kompor vitroceramic butuh waktu untuk memanaskan kumparan, panci, dan masakan.

Kompor tanam satu tungku akan lebih hemat tempat

Tinggal di apartemen berarti Anda memiliki tempat yang terbatas sehingga perlu memilih kompor dengan sangat memperhatikan ukurannya. Kompor induksi satu tungku adalah opsi terbaik untuk penempatan di ruang terbatas.

Ada juga kompor dua tungku dengan ukuran lebih kecil yang berbentuk vertikal, bukan horizontal seperti kompor biasanya. Ukuran kompor dua tungku yang bisa Anda pilih sekitar 30 cm x 50 cm.

3. Jika menginginkan tampilan dapur yang mewah, pilih kompor tanam dengan bahan tempered glass

Jika Anda ingin area kompor yang mudah dibersihkan, bahkan setelah memasak, sebaiknya pilih kompor berbahan tempered glass. Tempered glass merupakan bahan yang mudah dibersihkan, tampak mewah, tahan gores, tahan panas, dan tidak mudah pecah. SCHOOT CERAN adalah tempered glass dari Schott yang banyak digunakan berbagai merek kompor ternama.
meski tahan panas, Anda tetap perlu menggunakan kompor dengan benar. Saat melakukan instalasi kompor gas tanam, tidak disarankan untuk menyegel area pinggirannya secara menyeluruh. Saat kompor ditanam, sebaiknya sediakan sedikit celah agar tidak membuat kaca makin memuai.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Gym di Jakarta dan Detail Harganya

4.Perhatikan juga fitur keamanan pada kompor tanam pilihan Anda, misalnya fitur thermocouple

Terutama saat memasak, faktor keamanan sangat penting untuk Anda perhatikan. Meski di selang regulator terdapat fitur keamanan kebocoran gas, cek juga keberadaan fitur thermocouple atau gas safety pada kompor.
Biasanya saat memasak bisa muncul luapan dari panci yang tumpah ke kompor. Cairan-cairan dari panci yang tumpah ke kompor akan membuat api mati, tetapi gasnya tetap terhubung. Jika hal ini berlangsung terus menerus, gas akan memenuhi ruangan dan sangat berbahaya jika Anda tak sengaja memantik api di ruangan tersebut.
Mempertimbangkan hal tersebut, perhatikan fitur thermocouple pada kompor pilihan Anda. Dengan fitur thermocouple, aliran gas akan tertutup secara otomatis jika tidak terdeteksi api di kompor. Pada beberapa produk, thermocouple disebut juga sebagai pengaman gas atau automatic switch off.

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

3. Rinnai Kompor Tanam RB-772RO (G)

 

Rekomendasi rinnai

                                                             ( Gambar Rinnai Kompor tanam )

Dilengkapi fitur Sealed Double Ring Burner untuk cegah masakan masuk ke dalam tungku

Anda sering terganggu dengan tumpahan masakan karena sering bikin kompor berkarat? Produk ini bisa mengusir kegusaran Anda. Kompor tanam 2 tungku ini dilengkapi dengan fitur Sealed Double Ring Burner. Jadi, jika ada masakan yang luber saat diolah, tumpahan tersebut tidak akan masuk ke body dalam kompor. Kompor Anda akan tetap higienis, tak mudah berkarat, dan tak gampang rusak.

Lokasi : Jl. Kedoya Raya No.60B, RT.14/RW.8, Kedoya Utara, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520

Website : www.rinnai.co.id

4. Suggo Kompor Tanam Tiga Tungku | SG-301

Rekomendasi suggo

                                                      ( Gambar Suggo kompor Tanam Tiga tungku )

Kompor 2-in-1 yang fleksibel untuk semua jenis dapur

Bagi Anda yang berencana membangun dapur minimalis, anda dapat dengan memilih kompor tanam yang satu ini. Produk ini tidak hanya bisa dipasang sebagai kompor tanam, tetapi juga dapat ditaruh di atas meja.

Api yang dihasilkan produk ini diklaim tahan air dan angin. Hasilnya, proses memasak akan menjadi lebih stabil karena api tidak mudah mati. Gas pun lebih hemat hingga 40%. Untuk kategori kompor tiga tungku, produk dari Suggo ini memiliki harga yang relatif hemat dan bisa Anda pertimbangkan

Lokasi : Pergudangan Tritan Point, Jl. Raya Sedati Jl. Tumapel No.3, Tumapel, Wedi, Kec. Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254

Website : www.deadeastore.com

5. PROGAS Kompor Tanam 2 Tungku

Rekomendasi progas

                                                       ( Gambar Progas Kompor tanam 2 tungku )

Apinya tidak membuat hitam dasar peralatan masak

Anda kerap kesal saat mencuci peralatan masak karena dasarnya menghitam? Pakai saja kompor dari PROGAS yang didesain dengan burner sembilan mata api biru. Hasilnya, pembakaran lebih sempurna, bisa menghemat gas hingga 30%, dan tidak membuat dasar peralatan masak menghitam.

Hal menarik lain nya, kompor ini bisa dapat  mencegah pembakaran karbon monoksida dan nitrogen oksida dari LPG yang bisa memicu penyakit.

Lokasi : Komplek, Jl. Kavling PGRI Jl. Batu Nunggul, RT.04/RW.10, Sukatani, Kec. Rajeg, Kabupaten Tangerang, Banten 15540

Website : www.distributor-kompor-progas-indonesia-kompor.business.site

6. NIKO Kompor Gas Reflection 3.0

 

Rekomendasi niko

                                                           ( Gambar Niko Kompor Gas Reflection )

Dengan teknologi api tornado, panasnya lebih cepat merata, masakan jadi cepat matang

Bagi Anda yang mencari kompor gas tanam tiga tungku dengan api yang berkualitas, jangan lewatkan produk ini! Kompor tanam ini menggunakan teknologi api tornado yang bisa menghasilkan api biru besar sehingga panasnya bisa lebih merata. Alhasil, masakan jadi lebih cepat matang. Masak jadi sat-set, cepat selesai. Cocok dimiliki oleh Anda dengan aktivitas yang padat.

Lokasi :  Ruko Venice, Golf Lake Residence Jl. Lkr. Luar Barat B106-107, RT.9/RW.14, East Cengkareng, Cengkareng, West Jakarta City, Jakarta 11730Jl. Lkr. Luar Barat No.30, RT.9/RW.14, Cengkareng, Jakarta Barat, Jakarta 11730, Indonesia

Website : www.nikoelectronic.com