Rekomendasi visual karsa nU3SamoqWFE unsplash

12 Tempat Wisata Terbaik di Jakarta Hemat Budget

Jakarta adalah ibu kota negara yang punya banyak sekali tempat menarik untuk di jadikan objek wisata. anda bisa mencoba berkunjung ke tempat wisata yang berlokasi di Jakarta Barat, Utara, Selatan, Pusat, atau Timur. Ancol dan TMII adalah salah satu objek wisata yang wajib masuk ke dalam list anda.

selain tempat wisata buatan yang kekinian atau legendaris, anda juga bisa dapat  mengunjungi Kepulauan Seribu. di bawah ini, kami akan mengulas beberapa tempat wisata yang bagus di Jakarta. ada juga yang Instagrammable sehingga cocok untuk di-post di sosmed Anda. Stay tune!

Table of Contents

Cara memilih tempat wisata di Jakarta

anda bisa melakukan banyak hal di Jakarta, mulai dari wisata keliling kota hingga bermain di taman hiburan. namun, sebelum menentukan wisata yang hendak anda lakukan, cek dahulu beberapa hal berikut ini.

① Kunjungi Dunia Fantasi dan The Wave Waterpark yang sedang hits

anak-anak muda ibu kota pasti kerap mencari tempat wisata di Jakarta yang lagi hits. salah satu tempat wisata di Jakarta yang cukup banyak di kunjungi anak muda adalah Dunia Fantasi. Dunia Fantasi atau Dufan adalah taman hiburan di Jakarta Utara yang memiliki banyak wahana. meskipun sudah ada sejak lama, taman hiburan ini tetap ramai sampai sekarang!

selain Dunia Fantasi, ada juga The Wave Waterpark yang tak kalah hits. Letaknya ada di Jakarta Selatan, tepat nya kawasan Mall Pondok Indah. The Wave Waterpark adalah sebuah taman rekreasi air dengan berbagai macam seluncuran seru. The Wave Waterpark menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta Selatan yang wajib dikunjungi, terutama jika anda suka bermain air.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Merk Bantal Guling yang Bikin Tidur Nyenyak

 

② Bagi Anda yang suka dengan tempat wisata Instagrammable, pilih Museum MACAN atau Jakarta Aquarium di Jakarta Barat

Tak hanya yang sedang hits, banyak anak muda juga kerap berburu tempat wisata di Jakarta untuk berfoto-foto. seiring dengan berjalannya waktu, sudah banyak tempat wisata di Jakarta yang Instagrammable. Salah satunya adalah Museum MACAN di Jakarta Barat yang berisi aneka instalasi karya seni modern dan kontemporer.

tempat wisata di Jakarta Barat lainnya yang bisa anda kunjungi untuk berfoto-foto adalah Jakarta Aquarium. Jakarta Aquarium adalah akuarium indoor terbesar di Indonesia. daya tarik utama nya adalah seputar dunia bawah laut dan aneka satwa. namun, tempat ini sering di jadikan sebagai spot foto bagi anak-anak muda!

selain Museum MACAN dan Jakarta Aquarium, anda juga bisa mengunjungi museum lainnya untuk berburu foto. mulai dari museum yang menyimpan koleksi bersejarah sampai museum seni yang kekinian, semua ada. silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang museum di Jakarta.

 

③ Utamakan daerah Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara jika Anda suka pantai

Jakarta Utara adalah wilayah yang dekat dengan pesisir karena berbatasan langsung dengan Laut Jawa. oleh sebab itu, Jakarta Utara merupakan tempat yang ideal jika anda ingin menikmati suasana pantai. selain pantai, di kawasan ini juga ada Ancol yang menjadi rumah bagi beberapa atraksi wisata. beberapa contoh atraksi di Ancol meliputi Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Sea World, Atlantis, Bird Land, dan lain  sebagai nya.

Sementara itu, jika anda ingin suasana yang lebih tenang, Kepulauan Seribu adalah pilihan yang bagus. Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau-pulau kecil yang letaknya di sebelah utara Teluk Jakarta. pesona yang di tawarkan oleh pulau-pulau kecil ini juga sangat cantik sehingga cocok untuk short escape bersama orang terdekat.

 

④ Mau berwisata di Jakarta Pusat? Coba berkunjung ke Lapangan Tembak Senayan atau Indoclimb FX Sudirman

Selain mengunjungi situs bersejarah, ada banyak kegiatan lain yang tak kalah seru di Jakarta Pusat. salah satu nya adalah belajar menembak di Lapangan Tembak Senayan. Jika ingin belajar menembak dengan serius, tempat ini juga bisa memfasilitasi anda.

tidak ketinggalan, ada juga Indoclimb FX Sudirman yang bisa dikunjungi jika Anda ingin mencoba panjat dinding. Sama seperti Lapangan Tembak Senayan, tempat ini juga cocok untuk semua orang, mulai dari pemula sampai yang sudah mahir. Jangan khawatir, ada coach professional yang akan membantu anda.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Hotel Terbaik di Lampung

 

⑤ Kunjungi Playplei Bassura dan ATV Adventure Indonesia jika Anda berencana untuk berwisata di Jakarta Timur

Selain Kebun Binatang Ragunan dan Jakarta Aquarium, ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Salah satunya adalah Playplei Bassura yang terletak di kawasan Jakarta Timur. Playplei Bassurai adalah sebuah indoor playground dengan banyak mainan menarik. Jangan khawatir, tempat main ini juga relatif aman dan edukatif untuk anak-anak!

Pilihan tempat wisata di Jakarta Timur lain yang dapat Anda kunjungi adalah ATV Adventure Indonesia. Berbeda dengan Playplei Bassura yang dikhususkan untuk anak kecil, ATV Adventure Indonesia cocok untuk remaja dan dewasa. Pasalnya, kegiatan di ATV Adventure Indonesia jauh lebih seru dan menantang.

 

⑥ Pertimbangkan tempat wisata yang gratis atau ekonomis seperti Museum Nasional Indonesia

anda mencari tempat wisata di Jakarta yang murah atau gratis? Ada banyak pilihan yang tersedia. Salah satunya adalah Museum Nasional yang merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta Pusat. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah. Tiket masuknya hanya Rp15.000 per orang dewasa.

selain itu, ada banyak tempat wisata lainnya di Jakarta yang tiket masuknya murah, bahkan gratis. Anda bisa coba mengunjungi tempat-tempat wisata di bawah ini jika ingin berwisata secara ekonomis di Jakarta:

  • Monumen Nasional
  • Taman Mini Indonesia Indah
  • Kawasan Kota Tua
  • Taman Wisata Alam Angke Kapuk
  • Taman Suropati
  • Skywalk Senayan Park
  • Hutan Kota GBK
  • Taman Lapangan Banteng

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan empat tempat wisata terbaik di Jakarta yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini divpilih secara teliti di antara nya sebagai berikut :

 

1. Indoclimb FX Sudirman

 

Rekomendasi clambing

                                                              ( Gambar Indoclimb FX sudirman )

Asah kemampuan panjat dinding bersama pelatih professional

Kelebihan:

  • Lokasinya di dalam mal sehingga tidak sulit diakses
  • Ada loker yang bisa dipakai untuk menyimpan barang-barang bawaan

Kekurangan:

  • Wall climbing dengan tali hanya bisa saat sesi tertentu saja

anda mencari tempat wall climbing yang bagus di Jakarta? Indo climbing di FX Sudirman bisa menjadi jawaban yang tepat. di tempat ini, semua orang bisa menikmati panjat dinding, mulai dari pemula sampai yang sudah mahir.

ada lead climbing wall setinggi 18 meter yang bisa di coba oleh para pemula. untuk yang sudah mahir, anda bisa mencoba bouldering wall yang lebih sangat  menantang. Jangan khawatir, tempat ini menyediakan coach professional yang akan mengajari anda dengan sabar.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik dan Berkualitas

Lokasi : FX Sudirman Mall 3rd Floor, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

Website : www.indoclimb.com

 

2. Museum Nasional

 

Rekomendasi museum

                                                                  ( Gambar Museum Nasional )

Mengenal Nusantara lewat artefak kuno dan ruang imersifa modern

Kelebihan:

  • Harga tiket masuk terjangkau
  • Cocok untuk penikmat sejarah dan pencari spot foto

Kekurangan:

  • Belum termasuk tiket ke ruang imersifa
  • Penggunaan kamera profesional harus mendapatkan izin

Museum Nasional atau biasa juga di sebut sebagai Museum Gajah adalah museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. tidak hanya memiliki bangunan indah, ada ratusan ribu artefak bersejarah di dalamnya. mulai dari manusia prasejarah hingga kendaraan pertama di dunia, semua dapat anda lihat di sini.

selain koleksi artefak, tentu nya anda juga dapat mencoba pengalaman interaktif di ruang imersifa. ruang imersifa adalah instalasi permanen dengan proyeksi video mapping ke setiap sisi dinding 360°, termasuk lantai. tata suara nya juga di buat menggelegar sehingga anda terasa seperti pada masa lampau!

Lokasi : Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Website : www.museumnasional.or.id

 

3. Taman Impian Jaya AncolDunia Fantasi (Dufan) Ancol

 

Rekomendasi dufan

                                                     ( Gambar Taman impian jaya ancol  Dufan )

Taman hiburan dengan wahana terlengkap di Indonesia

Kelebihan:

  • Fasilitasnya sudah lengkap
  • Akses kendaraan mudah

Kekurangan:

  • Tutupnya jam 18.00 saat weekdays sehingga perlu datang lebih pagi supaya lebih puas naik banyak wahana
  • Harga tiket fast track cukup mahal

Rekreasi ke Dunia Fantasi memang tak pernah membosankan. Ditambah lagi, taman hiburan ini tak hanya menarik untuk anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Anda bisa mengajak keluarga, teman, bahkan pasangan. Jika Anda mencari taman hiburan terlengkap di Indonesia, sudah pasti Dunia Fantasi jawabannya.

Taman hiburan ini punya kurang lebih 30 wahana, di antara nya Halilintar, Bianglala, Arung Jeram, dan Kora-kora. Tiket yang anda beli lewat situs online rata-rata sudah termasuk dengan tiket masuk ancol. Jadi, nda bisa sekalian berkunjung ke Ancol, deh.

Lokasi : Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Website : www.ancol.comhome

 

4. Pulau Harapan di Kepulauan Seribu

 

Rekomendasi harapan

                                                      ( Gambar Pulau Harapan Kepulauan seribu )

Menikmati sunset di pinggir pantai tanpa perlu jauh-jauh dari ibu kota

Kelebihan:

  • Penginapan nyaman dan bersih
  • Tour guide responsif dan ramah
  • Ada kegiatan snorkeling dalam paket tour

Kekurangan:

  • Belum termasuk biaya masuk ke penangkaran penyu

kata siapa di Jakarta tidak bisa menikmati pemandangan alam dan pantai yang bagus? Jika ingin bersantai di tepi pantai plus melihat sunset yang indah, Anda bisa berkunjung ke Kepulauan Seribu. Ada banyak pulau yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah Pulau Harapan.

anda tinggal memilih tur sesuai bujet atau kebutuhan. Kegiatan yang di tawarkan juga cukup beragam, mulai dari keliling pulau-pulau sekitar, melihat sunset, hingga barbeque night. Jika anda belum pernah mengunjungi Kepulauan Seribu, sekarang ini saat yang tepat untuk mencoba.

Lokasi : Pulau HarapanNorth Kepulauan SeribuKepulauan Seribu RegencyJakarta

Website : www.pulauseribu.co.id

 

Kesimpulan

Ada banyak sekali tempat wisata di Jakarta yang bisa Anda datangi bersama teman, pasangan, atau keluarga. Mulai dari tempat wisata legendaris sampai dengan atraksi kekinian, semua ada di ibu kota. Tak hanya yang mahal, beberapa tempat wisata yang murah bisa anda kunjungi. Anda bisa gunakan referensi beberapa tempat wisata terbaik di Jakarta yang sudah kami berikan untuk mengatur itinerary. Jika masih bingung, Anda juga bisa menggunakan paket wisata murah dari tour & travel dari arbitertrans.id . Nah, selamat bersenang-senang dan menikmati semaraknya kota Jakarta.