Rekomendasi gonzalo facello RjCo6j0BkU8 unsplash

13 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik 2024

Saat ini, tenis menjadi salah satu cabang olahraga yang diminati banyak sebagian banyak  orang. Jika anda hendak memulai olahraga tenis, raket tenis adalah perlengkapan yang wajib anda untuk  miliki. di pasaran, tersedia banyak raket tenis dengan harga yang cukup  beragam, baik untuk pemain pemula maupun profesional.

mungkin anda merasa kesulitan dalam memilih raket tenis original yang bagus. Jangan khawatir, kami akan mengulas hal-hal yang perlu anda perhatikan saat memilih raket tenis lapangan. kami juga akan memberi rekomendasi merek raket tenis terbaik, seperti Decathlon, Yonex, Head, dan Wilson dan lain sebagai nya.

Cara memilih raket tenis

untuk mendapatkan raket tenis terbaik, tentunya anda harus memperhatikan beberapa poin penting. silakan simak panduan dari kami untuk mendapatkan raket tenis yang sesuai dengan kebutuhan anda

① Untuk pria dewasa, utamakan raket berbobot 300 gram ke atas demi pukulan yang kuat

Jika anda pria dewasa yang baru mulai bermain tenis, kami menyarankan anda menggunakan raket dengan bobot 300 gram. Tipe raket ini juga direkomendasikan untuk Anda yang mempunyai otot kuat dan juga pemain profesional. Berkat bobotnya yang cukup berat, pukulan anda akan memiliki kekuatan yang lebih besar. selain itu, bola dapat meluncur lebih cepat ke arah yang di inginkan.

Keunggulan lain dari raket tenis dengan bobot 300 gram adalah cenderung lebih stabil saat melakukan pukulan. Kondisi ini tentunya akan meminimalkan getaran sehingga stabilitas bermain anda menjadi lebih baik. namun, perlu di ingat bahwa mungkin beberapa orang kesulitan untuk mengendalikan raket tenis yang berat. Di samping itu, permainan yang panjang akan membuat anda merasa lebih cepat lelah.

Baca Juga:  6 Mie Ayam Frozen Terbaik

② Pilih raket tenis dengan bobot 270 gram atau yang lebih ringan untuk wanita

Pemain tenis wanita biasanya lebih mengutamakan raket tenis yang mudah dikontrol dan diayunkan. untuk itu, anda bisa memilih raket tenis dengan bobot kurang dari 270 gram agar mudah dapat di kendalikan. di sisi lain, raket tenis yang ringan juga memungkinkan anda untuk melakukan manuver yang lebih cepat saat bermain tenis.

Manfaat lain yang diperoleh dari raket tenis ringan adalah kemudahan saat mengayunkan dan merasakan pukulan. Jika anda ingin melempar bola jauh kepada lawan, raket dengan bobot kurang dari 270 gram juga dapat di andalkan. Jika anda tertarik untuk memiliki produk raket tenis yang ringan.

③ Untuk pemula, gunakan raket top heavy dengan ukuran kepala 100 inci

Selain bobotnya, anda juga perlu mempertimbangkan ukuran kepala raket. bagi pemain tenis pemula, hal yang perlu di latih adalah mengenai teknik dasar dan kontrol bola. Untuk itu, Anda disarankan memilih raket tenis dengan sweet spot yang besar supaya mendapatkan akurasi yang baik.

Secara garis besar, ukuran kepala raket tenis dibagi menjadi tiga jenis, yakni mid, midplus, dan oversize.

-Jenis raket mid: Memiliki ukuran kepala 95 inci persegi atau kurang. Ukuran ini cocok untuk pemula karena lebih mudah dikendalikan.

-Jenis raket midplus: Ukuran kepala sebesar 100 inci persegi dan cocok untuk yang sudah terbiasa dengan ukuran raket normal. Pukulan pun lebih bertenaga dengan menggunakan ukuran kepala raket midplus.

-Jenis raket oversize: Memiliki ukuran kepala sekitar 105 inci persegi atau lebih. Raket ini cocok untuk pemain profesional.

-Jenis raket tenis midplusadalah ukuran yang sangat direkomendasikan untuk pemula. Karena ukuran kepalanya besar, jenis raket ini juga termasuk dalam kategori top heavy atau lebih berat di bagian kepala. Dengan ukuran kepala yang cukup besar, Anda bisa lebih mudah untuk menghasilkan pukulan yang solid.

④ Tentukan jenis frame yang sesuai: tipis, sedang, atau tebal

Selain bobot dan luas permukaan raketnya, hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah ketebalan frame. Ketebalan frame pada raket tenis dibagi menjadi tiga, yaitu tebal, sedang, dan tipis. Apa perbedaannya? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih lanjut.

         Frame tipis, untuk pemain berpengalaman yang ingin mengontrol bola

  • Raket dengan frame tipis biasanya lebih ringan dan lebih mudah untuk diayunkan. Kondisi ini tentunya memberikan kesempatan bagi Anda untuk melakukan manuver yang lebih baik. Selain itu, Anda juga dapat mengubah arah bola dengan lebih cepat dan efisien. Karena bobotnya ringan, frame tipis cocok untuk Anda yang menginginkan kendali penuh atas raket.
Baca Juga:  3 Rekomendasi Kemeja Flanel Pria Terbaik

         Frame sedang, seimbang antara power dan kontrol untuk pemula

  • Umumnya, seorang pemula membutuhkan raket tenis yang menawarkan keseimbangan antara power dan kontrol. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih raket tenis dengan frame yang sedang. Secara desain, jenis frame ini memberikan kombinasi yang seimbang, yakni dengan tebal 23 mm atau lebih. Raket dengan frame sedang sangat pas untuk pemain yang masih dalam tahap pengembangan teknik dasar dan mencari keseimbangan.

          Frame tebal, mudah digunakan untuk wanita dan senior

  • Raket frame tebal dengan ukuran 26 mm atau lebih biasanya memiliki desain sweet spot yang lebih besar. Ukuran sweet spot yang besar akan memberikan banyak keuntungan karena area memukul bola menjadi lebih lebar. Hal ini tentunya dapat membantu pemain wanita dan senior untuk menghasilkan pukulan yang lebih baik. Terlebih lagi jika teknik bermain dan kekuatan fisik Anda belum cukup terlatih.

      ⑤ Kenali keunggulan senar yang paling umum

  • Spesifikasi raket tenis juga bergantung pada jumlah senar pada permukaan raket (spin pattern). Umumnya, raket tenis memiliki string pattern 16 senar vertikal x 19 senar horizontal. Dengan lebih banyak senar horizontal, raket tenis memiliki pukulan spin yang efektif. Pola senar 16 x 19 juga dapat menghasilkan pukulan yang lebih kuat dan agresif. Dengan begitu, pola senar ini cocok untuk Anda yang menginginkan kombinasi antara kontrol yang presisi dan pukulan kuat.

       ⑥ Jika Anda membeli raket pertama, coba grip ukuran 2 yang  banyak dipakai

  • Secara umum, ukuran pegangan/grip raket tenis terdiri dari ukuran nol sampai lima. Ukuran grippada raket tenis ditentukan berdasarkan lingkar grip raket di bagian tangan saat Anda memegang raket. Ukuran nol (small) digunakan untuk anak-anak. Sementara ukuran satu, dua, dan tiga dapat digunakan untuk pemain tenis dewasa.

 

  • Jika Anda seorang pria dan memiliki tangan yang besar, Anda dapat memilih ukuran tiga ke atas. Sementara untuk pemain wanita dengan tangan kecil, disarankan untuk menggunakan grip raket tenis ukuran satu. Namun, jika anda tidak yakin dengan ukuran grip yang tepat, Anda dapat memilih grip ukuran 2 atau G2. Ukuran grip 2 biasanya memiliki lingkar sekitar 4 1/4 inci (10,8 cm).
Baca Juga:  14 Rekomendasi Snack Lebaran yang Enak 2024

Rekomendasi raket tenis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan tiga  produk raket tenis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini di pilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitas nya di antara nya sebagai berikut :

1.DecathlonArtengo Raket Tennis Dewasa TR100

Rekomendasi deca

                                         ( Gambar Raket Tennis Merek Decathlon Artengo )

Grip oval yang nyaman untuk permainan santai

Kelebihan:

  • Bobotnya sangat ringan, pas untuk pemain yang belum terlatih kekuatan tangannya

Kekurangan:

  • Frame raket rentan baret saat tergores/bergesekan dengan benda lain

apabila anda baru saja tertarik untuk bermain tenis, pertimbangkanlah untuk memilih produk ini. Bagian grip atau pegangannya dilengkapi teknologi antigetar sehingga nyaman saat digenggam. Bobotnya juga ringan sehingga tangan Anda tak mudah pegal saat bermain dengan santai.

dari segi harga, produk ini terbilang affordable sehingga anda tak butuh banyak modal untuk mulai bermain tenis. meskipun di tujukan untuk pemula, raket ini memiliki kekuatan yang cukup mumpuni dengan ukuran kepala 660 cm². Raket tenis ini akan lebih awet jika di simpan pada tempat sejuk tanpa perubahan suhu tinggi.

Lokasi : Mall Kota Kasablanka Lantai 2 (dua, Jl. Raya Casablanca Raya No.Kav 88, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870

Website : www.decathlon.co.id

 

2. AgniteTennis Racket|F2501

 

Rekomendasi agnite

                                                          ( Gambar raket tennis merek Agnite )

Menghasilkan pukulan stabil berkat handle antiselip

Kelebihan:

  • Pembelian sudah dilengkapi dengan tas penyimpanan raket
  • Tampilannya mewah sehingga tampak premium

Kekurangan:

  • Raket mungkin kurang sesuai untuk digunakan oleh wanita dan pemain usia muda karena bobot cukup berat

Raket tenis berukuran 27 inci ini memiliki tarikan senar sebesar 50–55 lbs. dengan berat 300 gram, raket tenis ini lebih pas di gunakan oleh para pria karena biasanya lebih powerful. bagi anda yang memiliki tangan  yang mudah berkeringat pun kami sarankan untuk memilih produk ini.

bagian handle raket ini merupakan grip antiselip sehingga tidak terasa licin dan tidak akan mudah terlepas dari genggaman. hal tersebut tentu akan membuat pukulan yang anda lempa rkan selalu stabil. terlebih lagi, struktur pada bagian frame-nya di desain memiliki kemampuan wind-breaking atau tahan terhadap terpaan angin.

Lokasi : Jl. Raya Jatiwaringin No.164, RT.009/RW.015, Jaticempaka, Kec. Pd. Gede, Kota Bks, Jawa Barat 17411

Website : www.deliworld.com

 

3. WhizzRaket Tenis|TR360

Rekomendasi whizz

                                                           ( Gambar raket tennis merek Whizz )

Raket durable dengan frame alloy dan senar nilon

Kelebihan:

  • Tersedia dalam beberapa pilihan warna

Kekurangan:

  • Terdapat review bagian tali grip mudah lepas

Kami rekomendasikan produk ini untuk pemain tenis wanita supaya makin mahir melempar bola jauh kepada lawan. Material frame-nya berbahan aluminium alloy yang dikenal durable, tetapi cukup  ringan. Selain itu, tali senarnya berbahan nilon yang akan membuat pukulan mudah akan  melambung.

Produk ini memiliki tekanan 56–59 lbs di bagian senar. Pembelian produk sudah dikengkapi cover bag sehingga praktis untuk dibawa-bawa. Dengan mutu yang cukup mumpuni, Anda bisa menggunakan raket tenis ini dalam pertandingan level beginner hingga intermediate.

Lokasi : Jl. Taman Margasatwa Raya No.12, RT.10/RW.5, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540

Website : www.lejel.co.id

 

Kesimpulan

Tuntas sudah ulasan kami mengenai tips memilih raket tenis terbaik. apakah anda sudah mendapatkan raket tenis yang sesuai? bagi pemain pemula, mencari produk yang cocok memang cukup sulit. namun, untuk anda yang sudah terbiasa bermain tenis, kini saatnya untuk upgrade raket tenis anda, semoga bermaanfaat ya selamat mencoba untuk bermain tennis.