Rekomendasi volleyball gabf02fc18 640

14 Rekomendasi Merk Bola Voli yang Awet dan Murah

Voli merupakan salah satu  sebuah permainan olahraga yang cukup  populer. banyak orang  yang menikmati olahraga voli sebagai hobi, permainan, atau pun pertandingan. selain bisa di mainkan di pantai, voli juga bisa di mainkan di ruangan indoor atau pun outdoor. Nah, tentu saja jenis dan ukuran bola voli nya  cukup berbeda, ya!

melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih bola voli terbaik yang dapat di beli secara online. kami juga akan memberikan rekomendasi bola voli yang bagus merek Mikasa, Proteam, Molten, dan Nassau. ada juga produk bola voli standar untuk Proliga, lho! untuk itu, simak sampai tuntas,  di antara nya sebagai berikut :

Sekilas tentang olahraga voli

Voli merupakan cabang olahraga yang di mainkan secara beregu yang terdiri dari enam pemain untuk masing-masing tim. Karena itu, permainan voli membutuhkan kerja sama tim, kecepatan, ketepatan, dan kekuatan fisik. Selama permainan, setiap pemain voli harus menguasai beberapa teknik, seperti servis, passing, serangan, blok, dan pertahanan.

Di Indonesia, olahraga voli memiliki banyak penggemar, baik tingkat anak-anak mau pun dewasa. bahkan, olahraga voli juga menjadi salah satu bagian dari turnamen olahraga bergensi, salah satunya SEA Games. Pada 22 Januari 1955, Indonesia mendirikan organisasi bernama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). selain untuk memajukan olahraga voli di Indonesia, PBVSI bertugas untuk mengatur standar bola voli yang di gunakan dalam  hal kompetisi.

Cara memilih bola voli

Terdapat beberapa poin penting yang tidak boleh anda lewat kan dalam memilih bola voli yang bagus. lalu, apa saja poin yang harus di jadikan pertimbangan, mari simak lebih lanjut informasinya di bawah ini!

Baca Juga:  3 Rekomendasi Raket Nyamuk Terbaik

① Cari bola ukuran 4 yang ringan untuk anak tingkat SD dan SMP

Untuk siswa SD, SMP, atau anak-anak di bawah usia 14 tahun, bola voli ringan ukuran 4 sangat tepat untuk di pilih. bola voli ini memiliki ukuran diameter sekitar 62–64 sentimeter dan berat sekitar 250–270 gram. bola ini biasa nya terbuat dari bahan yang lembut seperti karet atau busa khusus berjenis EVA (ethylene vinyl acetate).

Bahan ini memiliki karakteristik tidak terlalu keras berkat struktur bantalan nya yang lebih empuk. Karena itu, bola voli size 4 sangat cocok untuk anak-anak karena tidak berbahaya dan bisa memperkecil kemungkinan cedera. di samping itu, bola ini juga sering di gunakan untuk melatih pemahaman teknik dasar voli pada usia muda.

② Untuk tingkat SMA dan orang dewasa, pilih bola ukuran 5 yang merupakan standar resmi

Bola voli size 5 menjadi ukuran standar yang digunakan dalam kegiatan pertandingan resmi dan telah ditetapkan oleh FIVB. Penggunanya pun tak terbatas untuk pemain profesional saja. anda yang sudah duduk di bangku SMA dengan level permainan amatir pun bisa menggunakan bola voli ini.

Dari segi desain, bola voli ukuran 5 memiliki diameter 65–67 cm dan berat sekitar 260–280 gram. bagian permukaannya juga terasa lebih halus dengan bahan yang dapat memberikan daya pantul memadai,

③ Pertimbangkan bola dari EVA atau vinil untuk pemula dan anak SD

EVA (ethylene vinyl acetate) atau vinil adalah material bola voli yang digunakan untuk sekadar rekreasi atau latihan. Anda bisa menggunakannya di pantai, di dalam ruangan, ataupun di taman bermain. Umumnya, bola voli vinil memiliki desain yang lebih lunak dan ringan di bandingkan dengan bola voli yang terbuat dari kulit sintetis.

Karena bahannya lunak, bola voli berbahan vinil akan lebih mudah untuk dikendalikan sehingga dapat dimainkan oleh anak-anak. namun, perlu diingat bahwa bola voli jenis ini tidak memenuhi persyaratan atau standar yang di tetapkan untuk pertandingan resmi.

④ Untuk latihan, gunakan bola multiwarna dari kulit yang dijahit

Jika anda menjumpai bola voli dengan banyak warna cerah, biasanya produk tersebut terbuat dari kulit sintetis yang dijahit. Umumnya, bola voli dengan pola warna seperti itu sering di gunakan untuk latihan. Meski begitu, jahitan pada bola voli memiliki ketahanan yang kuat sehingga dapat aman saat terkena benturan.

Pemilihan warna cerah biasanya ditujukan untuk memudahkan pemain dalam melihat bola di berbagai kondisi pencahayaan. Di sisi lain, desain kulit sintetis yang dijahit juga memungkinkan Anda mendapatkan daya cengkeram dan kontrol yang baik. Jadi, hal ini akan memudahkan anda yang baru pertama kali belajar permainan voli.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata di Jakarta Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

⑤ Utamakan bola tersertifikasi jika Anda akan menggunakannya untuk pertandingan

Umumnya, terdapat tiga jenis bola voli, yaitu bola tersertifikasi, bola resmi, dan bola latihan. Bola tersertifikasi adalah bola yang memenuhi standar, baik dalam hal warna, ukuran, dan tekanan angin. untuk anda yang tergabung dalam klub voli, ada baiknya anda memakai bola tersertifikasi dari pada bola latihan. bola tersertifikasi membuat anda seakan-akan sedang bermain dalam pertandingan yang sebenar nya.

Sementara itu, bola resmi adalah bola yang diakui oleh penyelenggara turnamen seperti PBVSI dan FIVB (Fédération Internationale de Volleyball). Bola ini biasa nya memiliki tanda khusus di bagian permukaan nya. terakhir adalah bola latihan, yakni bola yang tidak memiliki kualitas sesuai standar permainan bola voli. namun, bukan berarti jenis ini memiliki kualitas yang buruk. hanya saja bola ini lebih baik di gunakan untuk rekreasi atau latihan.

Rekomendasi bola voli terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan empat produk bola voli terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini di pilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller seperti di bawah ini :

1.ProteamBola Voli |VX-100

Rekomendasi pro team

                                                                ( Gambar Pro team bola voli )

Bola berstandar resmi dengan harga terjangkau

Kelebihan:

  • Telah memenuhi standar nasional dan FIVB

Kekurangan:

  • Bola terasa lumayan keras saat masa awal di gunakan

Bola keluaran lokal ini merupakan produk yang cukup unggul karena sudah memenuhi standar FIVB. Oleh karena itu, bola ini bisa  dapat di gunakan untuk berbagai keperluan, baik latihan mau pun dalam  pertandingan. Bola voli berukuran 5 ini memiliki diameter keliling sebesar 65 cm yang pas untuk pemain dewasa.

Bagi anda yang sedang mengincar bola voli untuk pertandingan nonformal, produk ini bisa dijadikan opsi. Bola ini dapat turut andil dalam pertandingan tarkam atau antar kampung yang di meriahkan oleh para warga. dengan harga yang cukup murah, anda bisa membeli bola voli original tanpa khawatir budget berlebih.

Lokasi : Royal Plaza Surabaya Lt. 1 Blok H2-21, Jl. Ahmad Yani No. 16 – 18, Wonokromo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60231

Website : www.proteam.co.id

 

2. NassauNew Patriot

 

Rekomendasi NASAU

                                                   ( Gambar Bola voli merek Nasau new Patriot )

Latihan voli junior pakai bola dengan size lebih kecil

Kelebihan:

  • Bahannya tidak meninggalkan rasa panas di tangan

Kekurangan:

  • Belum tersertifikasi oleh standar nasional dan lainnya

Bagi anda yang sedang membina klub bola voli dengan pemain usia junior, pertimbangkan lah untuk memilih produk ini. Bola dengan ukuran 4 ini tentu lebih mudah di mainkan oleh anak berusia remaja. dengan bahan PU yang cukup empuk, melakukan gerakan passing pun akan nyaman karena tangan tak terasa panas. bola ini juga bisa di gunakan pada semua jenis lapangan, baik outdoor maupun indoor.

Lokasi : Jl. Lanbau, Sanja, Kec. Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810

Baca Juga:  2 Sikat Sepatu Terbaik

Website : .www.rajastore.id

 

3. MikasaVolley Ball Super Gold |MV 2200

Rekomendasi mikasa

                                                            ( Gambar bola volley merek Mikasa )

Bola kelas profesional dengan ketahanan ekstra

Kelebihan:

  • Bola empuk, nyaman digunakan untuk passing
  • Merupakan bola voli standar Proliga

Kekurangan:

  • Permukaannya rawan bocor jika membentur tanah atau pagar kawat pada lapangan outdoor tanpa pembatas jaring

MV 2200 Super Gold merupakan bola resmi dan asli yang di gunakan dalam pertandingan Proliga. selain telah memenuhi standar nasional, mutunya pun telah terjamin di kancah internasional. Jika Anda sedang mencari bola voli untuk di gunakan oleh pemain profesional, produk ini pilihan yang  tepat.

Berbahan kulit PU yang lembut, permukaannya tak membuat tangan sakit saat melakukan passing. Bola ini juga memiliki ketahanan ekstra berkat proses laminasi pada masa produksi. Kombinasi warna putih, biru, dan kuning pun akan membuat bola voli empuk ini menjadi pusat perhatian di tengah laga.

Lokasi : Jalan Tebet Barat Dalam Raya RT.002/RW.005, Tebet Barat, Tebet, RT.2/RW.5, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Website : www.mikasasports.com

 

4. MoltenBV 58 SL

Rekomendasi molten

                                                  ( Gambar Bola volley merek Molten BV )

Bola voli pantai dengan warna yang menarik

Kelebihan:

  • Permukaan bola dilaminasi sehingga memiliki daya tahan yang kuat

Kekurangan:

  • Kurang sesuai untuk digunakan pada area indoor

Jika Anda mencari bola voli untuk di mainkan di pantai dan memiliki ketahanan air mumpuni, ini dia pilihan nya. Bola voli pantai milik Molten ini di desain khusus untuk pertandingan voli pantai tingkat lokal. Bahannya yang melewati proses laminasi membuat bola ini memiliki performa dan tingkat ketahanan yang tinggi.

Selain itu, bola ini memiliki kemampuan waterproof sehingga tetap aman jika bola jatuh mengenai air laut. Bola ini juga  sangat mudah ditemukan berkat kombinasi warna merah, biru, dan kuning yang menarik. Bola yang di desain untuk penggunaan outdoor ini akan membuat liburan ke pantai makin menyenangkan.

Lokasi : Jalan Marina Raya Jalan Pantai Indah Kapuk Rukan Cordoba, Blk. H Selatan No.68, RT.7/RW.2, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470

Website : www.molten.com

Pertanyaan umum seputar bola voli

Mungkin masih ada beberapa hal seputar bola voli yang membuat anda bingung. untuk itu, kami akan membantu menjawab beberapa pertanyaan umum yang kerap d itanyakan seputar bola voli.

Apakah bola voli perlu dijemur?

Tidak perlu, paparan sinar matahari langsung justru dapat membuat kulit bola voli menjadi rusak. untuk itu, sebaiknya simpan bola voli di dalam jaring menggantung agar bebas dari lembap.

Apa perbedaan bola voli indoor dan outdoor?

Perbedaannya terletak pada bahan dan berat bola. Bola voli indoor biasanya terbuat dari bahan kulit yang cenderung kasar serta memiliki bobot yang lebih berat. Sebaliknya, bola voli outdoor terasa lebih lembut dan ringan sehingga dapat melayang dengan baik di udara meski terkena pada  cuaca.

Kesimpulan

Kami telah mengulas bola voli terbaik dari berbagai merek, baik untuk indoor maupun outdoor. supaya permainan lebih optimal, kami sarankan anda untuk memilih bola voli yang dapat di sesuaikan dengan usianya.

Bola voli ukuran 5 biasa nya di gunakan untuk pemain dewasa, sedangkan ukuran 4 untuk pemain remaja ataupun anak-anak. selain itu, pastikan untuk memilih bola voli dengan jahitan yang kuat dan terbuat dari bahan berkualitas, ya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.