Rekomendasi oxana melis OqJ YPwRAXY unsplash

6 Daftar Toko Bahan Bangunan Online & Offline Terbaik di Indonesia

Bukan hanya untuk orang yang akan mendirikan rumah, keberadaan toko bahan bangunan juga penting bagi para  pengembang, kontraktor, dan semua pihak yang terlibat dalam bisnis properti serta bangunan.

Jadi, bisa dibilang bahwa memilih toko yang menyediakan bahan bangunan berkualitas bagus sama halnya dengan menentukan kualitas bangunan itu sendiri. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara memilih dan rekomendasi toko bahan bangunan di Indonesia, serta beberapa tips dan trik membeli bahan bangunan sendiri.

Cara Memilih Toko Bahan Bangunan yang Bagus

Ketika memutuskan membangun rumah, ada banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti lokasi, desain, pihak yang mengerjakan, dan toko bahan bangunan yang tepat. Bagaimanapun di toko itulah Anda akan memperoleh segala kebutuhan untuk pembangunan rumah, sehingga bisa berdampak pada kualitas bangunan atau bahkan overbudget kalau tidak dipilih dengan cermat. Supaya tidak salah memilih toko bahan bangunan, coba lakukan beberapa cara di bawah ini.

1.Mengecek review toko di Google Maps atau aplikasi sejenis

Toko bahan bangunan, terutama yang sudah cukup besar, umumnya mencantumkan alamatnya di Google Maps untuk memudahkan calon konsumen mencarinya. Pada alamat yang tercantum itu, Anda juga bisa mengecek nomor telepon, jam buka, rute, estimasi perjalanan, dan website dari toko terkait.

Menariknya, Google Maps juga menyediakan fitur review untuk setiap lokasi yang sudah tercantum di sana, termasuk komentar orang yang pernah berkunjung. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mengecek kredibilitas calon toko bahan bangunan supaya semakin yakin dan tidak menyesal tentang kualitas bahan bangunan yang ditawarkan. Pastikan untuk memilih toko dengan lebih banyak yang positif, atau setidaknya memiliki rating di atas 4.0.

2. Memastikan kelengkapan produk dan harganya

Berikutnya memastikan kelengkapan produk yang ditawarkan dari toko bahan bangunan tersebut. Sekarang sudah banyak toko bangunan yang memiliki website resmi sehingga pengecekan produk yang dicari bisa melalui website-nya. Selain bahan bangunan pokok, pertimbangkan juga memilih toko bangunan yang menjual aksesoris dekorasi supaya tidak perlu repot berpindah tempat untuk mencari aksesoris yang diperlukan. Terlebih lagi untuk Anda yang punya banyak kesibukan, menemui toko bahan bangunan yang tidak lengkap tentu akan membuat waktu belanja jadi kurang efisien.

Baca Juga:  14 Rekomendasi Jam Weker Terbaik 2023

Setelah menemukan toko bahan bangunan yang sangat lengkap, pastikan juga harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal untuk menghindari membengkaknya pengeluaran. Lakukan dulu riset sederhana sederhana mengenai harga pasaran material, sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran, dan konsultasikan dahulu kepada pihak toko untuk memperoleh deskripsi yang lebih jelas terkait kualitas bahan bangunan tersebut.

3. Mempertimbangkan toko yang punya delivery order

Berikutnya pertimbangkan juga toko bahan bangunan yang menyediakan layanan delivery order karena akan sangat memudahkan urusan Anda, terutama ketika memerlukan bahan bangunan dengan kuantitas cukup banyak. Kalau mau tidak repot-repot datang ke tempat, sebaiknya pilih toko yang sudah punya official website sehingga bisa langsung melakukan transaksi di situ. Cukup cek katalog, lengkapi data yang diperlukan, lakukan pembayaran, dan tunggu barang datang.

Karena menjual barang yang berukuran besar dan memerlukan biaya cukup besar untuk menjangkau daerah yang jaraknya jauh, umumnya toko bahan bangunan lebih mengutamakan penjualan secara offline dibandingkan online. Namun sekarang toko yang sudah cukup besar juga memiliki official website sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas, misalnya Mitra10, dan Depo Bangunan. Berikut rekomendasi beberapa toko bahan bangunan terpercaya di Indonesia diantara nya sebagai berikut di bawah ini :

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

3. Enchanting Official Shop

Rekomendasi enchating

  ( Gambar Logo Enchating Official Shop )

Bagi Anda yang sedang mencari bahan-bahan bangunan bisa langsung mengunjungi toko bahan bangunan terbaik yaitu Enchanting Official Shop. Toko ini menyediakan layanan secara online dan juga offline. Anda bisa memilih belanja secara online melalui Shopee Mall atau belanja secara offline. Cabang Enchanting ini sudah tersebar di berbagai wilayah seperti Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, lampung, Jawa Barat, Sumatera Utara, Aceh, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan, dan Bali.

Semua bahan bangunan yang dijual oleh toko ini sudah terjamin kualitasnya dengan sangat baik. Bahkan, toko tersebut selalu menyediakan etalase produk terbaru dan premium. Kemudian, jika Anda mengunjungi toko ini maka akan ada banyak sekali produk-produk bangunan yang dijual dari harga terjangkau hingga harga yang paling mahal sekalipun. Tentunya, Anda dapat membeli sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan budget.

Bagi anda yang malas keluar rumah, maka bisa langsung memesan salah satu produknya secara online. Pastinya, akan mendapatkan harga diskon dan layanan gratis ongkir. Sebelum membeli, pastikan anda menanyakan ketersediaan produknya terlebih dahulu.

Baca Juga:  6 Merek Minuman Soda Terbaik

Lokasi : BJ Home BSD, Jl. Pahlawan Seribu Sektor VI.I No.17, BSD City, Kota Tangerang Selatan, Banten 15325

Website : www.europeenchanting.com

4. Crona Official Shop

Rekomendasi cirona

( Gambar Crona official Shop )

Rekomendasi toko bahan bangunan berikutnya yang tidak kalah hits adalah Crona Official Shop. Toko bahan bangunan yang satu ini juga telah menyediakan layanan pembelian secara offline maupun online. Untuk lokasi toko secara offline sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Mulai dari Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Lampung, Bali, Kalimantan, Sumatera Selatan, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Aceh, dan Papua.

Anda dapat berbelanja kebutuhan bahan bangunan melalui Crona. Bagi Anda yang memilih untuk membeli salah satu produknya secara online, bisa langsung mengunjungi Crona Official Shop. Karena, sudah pasti terjamin kualitasnya original 100% dan harganya jauh lebih terjangkau. Anda bisa mendapatkan subsidi gratis ongkir dan juga diskon harga. Jadi, belanja bisa lebih hemat dan lebih efisien dalam mengeluarkan budget.

Pastinya, semua kualitas produk yang terdapat di toko ini terjamin bagus dan tahan lama digunakan. Tersedia produk-produk bangunan secara lengkap yang bisa Anda pilih. anda dapat menyesuaikan harga barang dengan budget yang dimiliki.

Lokasi : Jalan Raya Kelapa Nias Blok GN No. 011 – 012, RT.1/RW.6, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Website : www.crona.id

 

5. Mitra10

 

Rekomendasi mitra 10

  ( Gambar Nampak toko Mitra 10 )

Mitra10 merupakan t sebuah oko bahan bangunan yang berada di bawah naungan PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) yang merupakan anak usaha dari PT Catur Sentosa Adiprana (CSA). Didirikan pada tahun 1997, Mitra10 merupakan ritel modern pertama yang menawarkan konsep one stop shopping, artinya konsumen bisa memperoleh kebutuhan bahan bangunan di satu tempat sehingga tidak perlu repot berganti toko untuk mencari bahan bangunan yang diperlukan.

Awalnya toko bahan bangunan ini membuka 10 supermarket di area Jabodetabek dan sampai saat ini sudah memiliki 43 toko, yang tersebar di Jabodetabek, Tegal, Yogyakarta, Solo, Semarang, Sidoarjo, Surabaya, Bali, Lampung, Medan, Batam, Lombok, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan, dan daerah lainnya. Sebagai pemanfaatan peluang pasar di era digital, Mitra10 juga membuka bisnis e-commerce melalui https://www.mitra10.com/. Toko online Mitra10 sendiri menawarkan beberapa layanan unggulan, seperti pemilihan toko Mitra10 terdekat dari domisili, layanan click and collect untuk mengambil sendiri barang yang dipesan, logistik internal untuk pengantaran barang ke konsumen, dan berbagai promo spesial.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Merk Kopi Hitam Tanpa Gula Terbaik

Lokasi : BSD City, Jl. BSD Raya Utama, Lengkong Kulon, Kec. Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten 15331

Website : www.mitra10.com

6. Depo Bangunan

 

Rekomendasi depo

( Gambar suasana toko depo bangunan )

Depo Bangunan merupakan toko bahan bangunan yang dimiliki oleh Hermanto Tanoko, putra dari pendiri pabrik cat Avian, dan didirikan di Kalimalang, Jakarta Timur pada 1996. Outlet dari Depo Bangunan sendiri sekarang sudah ada di berbagai daerah, baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa, seperti Tangerang Selatan, Sidoarjo, Malang, Bandung, Denpasar, Bogor, Bekasi, Bandar Lampung, dan Jember.

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Depo Bangunan juga menyediakan opsi pembelian secara online melalui https://depobangunan.co.id/ dan aplikasi. Melalui official website-nya, Anda bukan hanya bisa berbelanja bahan bangunan, tetapi juga bisa membeli keperluan lain, seperti otomotif, plumbing, dan sporting goods.

Lokasi : Jl. Raya Serpong No.KM.2, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15325

Website : www.depobangunan.co.id

Tips dan Trik Membeli Bahan Bangunan Sendiri

Selain memilih toko bahan bangunan yang berkualitas, ada hal-hal penting lain yang perlu diperhatikan ketika akan membeli bahan bangunan sendiri. Berikut beberapa di antaranya.

  • Mengukur dengan tepat area yang akan dibangun, misalnya mengukur luas lantai untuk pemasangan keramik atau mengukur luas dinding untuk pengecatan.
  • Mempertimbangkan gambar dari arsitek untuk menentukan bahan yang sesuai dengan spesifikasi bangunan, sekaligus menghindari risiko pemborosan saat membeli bahan bangunan.
  • Memilih toko yang sudah menjadi agen besar karena biasanya menawarkan harga yang relatif murah.
  • Untuk pembelian hebel, pasir, semen, dan batu kali sebaiknya dibeli dalam jumlah banyak sekaligus untuk menghemat ongkos kirim.
  • Diskusikan dengan tukang, mandor, dan arsitek untuk membahas terkait material yang tepat dan sesuai dengan anggaran.

Sebelum ke toko bahan bangunan, sebaiknya persiapkan dulu RAB atau Rencana Anggaran Bangunan yang berisi rincian material dan kuantitasnya. RAB ini juga memuat perhitungan total biaya material yang dibutuhkan. Rumus untuk memperoleh angka total biaya material yang dibutuhkan dalam RAB adalah dengan mengalikan harga satuan material dan kuantitas material, hasil budget per material kemudian dijumlahkan satu sama lain untuk menghasilkan keseluruhan budget yang diperlukan.

Kesimpulan

Sebelum melakukan renovasi atau membuat bangunan baru, terutama untuk pembangunan berskala besar, biasanya diperlukan kerja sama dengan toko bahan bangunan supaya bisa memperoleh harga bahan yang cukup murah. Untuk Anda yang tengah mencari toko bahan bangunan yang menawarkan kualitas bagus dan sudah melayani transaksi secara online, di artikel ini sudah dibahas secara lengkap ya.