Rekomendasi bakery 1868396 640

2 Tepung Roti yang Bagus

Salah satu cara untuk membuat gorengan menjadi lebih renyah adalah dengan memberikan lapisan tepung roti di bagian luar olahan sebelum digoreng. Ada cukup banyak merk tepung roti dan yang cukup sering dicari adalah tepung panir untuk membuat risoles, atau tepung panko untuk membuat olahan gorengan khas Jepang. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara memilih dan rekomendasi merk tepung roti yang bagus, serta beberapa ide camilan yang enak menggunakan tepung roti.

Perbedaan Tepung Panir dan Tepung Roti

Sekilas tampilan tepung panir, tepung roti, dan panko tampak mirip karena terbuat dari bahan dasar yang sama. Supaya tidak salah salah pilih, yuk kenali dulu perbedaan tepung panir dan tepung roti di bawah ini.

Bahan dasar untuk membuat tepung roti adalah roti segar tanpa kulit yang di keringkan dan digiling menjadi butiran kecil seperti remahan. Warna tepung roti cenderung putih dan mempunyai tekstur yang lebih kasar dengan butiran yang lebih besar dibandingkan dengan tepung panir. Penggunaan tepung ini biasanya pada pembuatan nugget dan tempura. namun untuk olahan tempura sering juga digunakan tepung panko karena menghasilkan lapisan yang lebih bertekstur besar dan lebih renyah dari pada tepung roti biasa.

Pada dasarnya, pembuatan tepung panir juga menggunakan bahan dasar roti yang dikeringkan. Akan tetapi, bagian roti yang digunakan untuk membuat tepung panir adalah kulit pinggirannya dan digiling menjadi butiran yang lebih halus daripada tepung roti. Hal tersebut membuat warna tepung panir lebih gelap daripada tepung roti biasa dan biasanya dimanfaatkan sebagai bahan lapisan risoles, kroket, dan campuran dalam adonan rolade.

Sebenarnya anda juga bisa membuat kedua jenis tepung tersebut di rumah. untuk membuat tepung panir, siapkan roti dengan kulit, sobek-sobek, dan panggang hingga kering. Setelah itu, hancurkan menggunakan food processor, chopper, atau blender kering. Sedangkan untuk membuat tepung roti, siapkan roti tanpa kulit, sobek-sobek roti, dan hancurkan dengan food processor tanpa perlu dipanggang terlebih dahulu.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Merk Nugget Tinggi Protein

Cara Memilih Tepung Roti Berkualitas Bagus

Biasanya gorengan yang dilapisi dengan tepung roti memiliki tekstur yang lebih crunchy dan enak. Beberapa hal di bawah ini bisa menjadi pertimbangan ketika Anda akan membeli tepung roti.

1. Mengetahui bahan baku utamanya

Selain roti, saat ini banyak produsen yang membuat tepung roti menggunakan beras dan ampas tahu sebagai bahan bakunya. Beras dan ampas tahu memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan dengan bahan baku roti, sehingga orang-orang yang sedang membatasi asupan gula tetap bisa menikmati berbagai olahan tepung ini. Selain itu, bahan beras dan ampas tahu relatif lebih aman dikonsumsi untuk pemilik alergi protein yang ada pada gandum. Akan tetapi, tepung roti yang terbuat dari ampas tahu masih sulit ditemukan di pasaran.

2. Menyesuaikan tekstur dengan jenis makanan

Tekstur tepung roti yang ada di pasaran memiliki tekstur yang berbeda-beda, ada yang bertekstur kasar, sedang, dan halus. Tepung yang bertekstur kasar akan cocok digunakan untuk memasak olahan berbahan ayam atau udang. Hasil olahan ayam atau udah tersebut akan tampak lebih besar dan teksturnya lebih renyah. Dengan adanya lapisan roti di bagian luarnya, maka panas dari api akan mematangkan masakan secara perlahan dan membuat tekstur ayam atau udang menjadi lebih lunak.

Tepung roti yang memiliki tekstur sedang lebih cocok digunakan untuk membalut hidangan pendamping, misalnya udang goreng tepung roti atau pisang crispy. Makanan yang dilapisi dengan tepung roti bertekstur juga tidak terlihat terlalu besar, jadi masih cukup mudah ketika dimasukkan ke dalam mulut. Kalau Anda ingi membuat kroket, sebaiknya juga gunakan tepung roti bertekstur sedang.

Baca Juga:  3 Brand Toko Pakaian Olahraga Terbaik

Sedangkan untuk tepung roti yang bertekstur halus sebaiknya digunakan untuk melapisi bahan makanan yang dipotong kecil-kecil, misalnya ikan atau daging yang cepat matang. Teksturnya yang kecil membuat tepung ini mudah dibalurkan tepung secara merata ke seluruh bagian makanan. Proses memasaknya juga relatif lebih cepat dibandingkan dengan makanan yang dibalut tepung roti tekstur kasar, karena energi panas api lebih mudah menembus ke dalam makanan.

3.Menyesuaikan warna tepung dengan masakan

Di pasaran, terdapat dua macam warna tepung roti, yaitu putih dan kuning kecokelatan. Tepung yang berwarna putih biasanya memiliki tekstur yang sedikit kasar dan ukurannya sedang. Tepung ini akan membuat gorengan menjadi lebih renyah, jadi akan cocok untuk membuat nugget maupun olahan daging yang digoreng. Dengan demikian, makanan Anda akan bertekstur renyah di luar, tetapi lembut di dalam.

Untuk tepung roti yang berwarna kuning kecokelatan biasanya memiliki tekstur yang lebih lembut dan potongannya lebih halus daripada tepung roti putih. Anda bisa menggunakan tepung ini untuk membaluri bahan makanan yang lunak, misalnya kroket dan risoles. Hasil gorengan yang dilapisi oleh tepung ini akan berwarna keemasan yang menggugah selera. Selain itu, kerenyahan gorengan juga bertahan lebih lama daripada gorengan yang tidak dilapisi tepung ini.

Kalau Anda tengah berbelanja di minimarket, baik itu di Alfamart, Indomaret, maupun minimarket lain, Anda akan menemukan beberapa merk tepung roti yang terpajang, misalnya merk Mama Suka dan Kobe. di bawah ini  bahas beberapa rekomendasi mengenai merk tepung roti berkualitas bagus yang mudah dijumpai di pasaran di bawah ini :

 

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

Baca Juga:  4 Rekomendasi Restoran di Bandung Terbaik

 

3. J Food Tepung Roti Putih

 

Rekomendasi tepung roti

( Gambar Tepung Roti Putih merek J Food )

Produk tepung roti yang bagus dan sudah berlisensi halal dari MUI ini bermerk J Food. Tepung roti putih Harganya yaitu Rp51.300 dan kemasannya yaitu sebesar 1 kg. Produk ini asli dari Korea Selatan yang sudah terdaftar melalui website BPOM RI. Sangat cocok untuk membuat makanan nugget, katsu, ebi furai, dan makaroni panggang dengan topping yang lebih renyah.

Anda bisa menggunakannya juga sebagai campuran dari adonan untuk membuat daging burger. Alhasil, tekstur yang dihasilkan jadi lebih lezat dan nikmat. Sehingga, karakteristik makanan yang akan di buat jadi lebih ringan. Produk tepung roti yang berkualitas bagus ini mampu menyerap minyak yang lebih sedikit dan sangat higienis tentunya.

Lokasi : Jl. Pepaya, Nanggerang, Kec. Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16320

Website :www.titanbaking.com

4. Cap Cendrawasih Tepung Roti

 

Rekomendasi cendra

( Gambar Cap Cendrawasih Tepung Roti )

Produk tepung roti kekinian yang menarik perhatian untuk digunakan dalam membuat aneka makanan yaitu dari Cap Cendrawasih. Produk dengan kemasan 500 gram ini dibanderol Rp22.600 yang pastinya sangat berkualitas dan bermutu untuk digunakan. Perihal keamanan, produk ini sudah bersertifikat BPOM RI dan juga halal MUI. Keistimewaan dari produk ini yaitu punya tekstur yang halus.

Proses produksi dari tepung roti Cap Cendrawasih tersebut dibuat dengan bahan-bahan yang bermutu tinggi. Keunggulannya juga lebih ekonomis untuk digunakan dan pastinya memiliki kandungan gizi yang terbaik. Mampu menciptakan lapisan luar yang lebih renyah pada makanan Anda dan juga cocok digunakan dalam membuat kroket, nugget, dan jenis makanan lainnya.

Lokasi : Kp. Cikoleang RT. 001, Jl. Teratai 002, Pabuaran, Kec. Gn. Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16340

Website : www.capcendrawasih.com

Kesimpulan

Tepung roti menjadi salah satu bahan mentah makanan yang banyak di cari karena harganya murah dan memberikan tekstur renyah pada gorengan. Pada artikel ini sudah dibahas mengenai cara memilih dan rekomendasi tepung roti berkualitas bagus, serta beberapa ide olahan tepung roti yang bisa di buat di rumah.