Rekomendasi jason mitrione 1vey6aCSt9c unsplash 1

3 Rekomendasi Speaker Karaoke Terbaik

Ada satu alat yang tidak wajib di siapkan untuk membuat karaokean semakin dapat menyenangkan, yap speaker. dengan menggunakan speaker karaoke yang terbaik, tentu saja musik maupun suara vokalnya akan terdengar lebih jelas dan clear, setiap orang yang berpartisipasi pun akan merasa lebih puas ketika menyanyikan lagu favoritnya. Mari kita bahas selengkapnya mengenai speaker karaoke di sini, mulai dari cara memilih hingga rekomendasi produk speaker tersebut.

Cara Memilih Speaker Karaoke

Untuk menemukan produk speaker karaoke yang paling sesuai harapan, Anda tentu perlu memperhatikan beberapa hal penting. Yuk kita bahas satu per satu.

1. Mengetahui kisaran frekuensi speaker tersebut

Berdasarkan rentang frekuensinya, speaker karaoke terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu subwoofer, woofer, dan tweet. Penting untuk diketahui perbedaan tipe-tipe tersebut sehingga Anda dapat menemukan produk paling tepat.

– Subwoofer

Speaker subwoofer menghasilkan frekuensi suara antara 20 Hz – 200 Hz, jadi bisa menghasilkan dua atau tiga oktaf suara terendah dari pendengaran manusia, atau yang dikenal sebagai suara sub-bass. Ketika dipasangkan pada suatu merk speaker karaoke, tipe ini akan menambah kemampuan bass dari speaker utama. Hanya saja, memang diperlukan diameter relatif besar untuk memasangkan subwoofer, sekitar 20-30 cm.

-Woofer

Dibandingkan dengan sub-woofer, speaker ini dapat menerima rentang frekuensi yang lebih luas, bisa 40 – 1000 Hz atau bahkan 20 – 2000 Hz. Diameternya juga lebih kecil, sekitar 10-30 cm saja, membuatnya cukup sering dipasangkan ke speaker karaoke. Apa lagi, kalau Anda menggunakan speaker woofer yang dapat memanjang hingga 5000 Hz, sensasi suaranya begitu mantap layaknya home theatre.

-Tweeter

Jika Anda menyukai speaker karaoke dengan nada tinggi, pilih produk yang memasangkan tweeter di dalamnya. Speaker ini mampu menjangkau frekuensi pada kisaran 3.500 Hz – 20 kHz. Ukurannya cukup kecil, sehingga tidak membuat ukuran speaker karaoke pilihan Anda jadi terlalu besar.

2. Mengecek intensitas suara dan fitur-fitur speaker

Intensitas suara suatu speaker dinyatakan dengan dB (desibel). Jika nilai yang tertera semakin tinggi, maka semakin intens juga suara yang dihasilkan, artinya audio dari speaker karaoke semacam ini tetap akan terdengar baik, walaupun disetel dalam volume rendah.

Baca Juga:  12 Rekomendasi Cermin Berdiri yang Estetik

Memang berapa sih nilai dB yang harus dipilih ketika membeli speaker karaoke? Tergantung kebutuhan dan tujuan pemasangannya. Kalau akan dijadikan speaker ala home theater, pilih rentang minimal 85 dB, tapi 75 dB saja sudah cukup kalau hanya untuk speaker center televisi. Sedangkan kalau Anda lebih suka karaokean di kamar, speaker yang mencantumkan 30-50 dB saja sudah cukup.

3.Memastikan jenis koneksi yang tersedia

Seiring berkembangnya teknologi, koneksi pada speaker pun semakin beragam, sehingga semakin banyak jenis media yang kompatibel dengannya. Beberapa jenis koneksi yang nyaris selalu terpasang pada banyak merk speaker karaoke, antara lain:

– Bluetooth

Bluetooth merupakan tipe koneksi dengan wireless yang membuat speaker karaoke bisa terhubung ke ponsel Anda. Jadi mau memutar lagu apapun, dengan volume tinggi atau rendah, semuanya bisa dilakukan melalui ponsel. Perlu diketahui, sakin baru versi Bluetooth yang digunakan oleh speaker, memang menghadirkan kecepatan pairing dan stabilitas koneksi yang bagus. Tapi hal ini juga sebanding dengan besarnya daya yang dikonsumsi oleh perangkat tersebut.

-AUX-In

Untuk stabilitas koneksi antara speaker karaoke dan ponsel yang lebih bagus, Anda dapat mengandalkan AUX-In sebagai konektornya. Tipe ini mengandalkan kabel untuk menyambungkan speaker dengan ponsel. Memang sedikit ribet, membuat ruang gerak lebih terbatas, tetapi minim delay dan konsumsi dayanya lebih rendah dibandingkan dengan Bluetooth.

– USB & microSD

Beberapa speaker karoke juga ada yang memasangkan port USB untuk flash drive atau slot microSD, khususnya pada produk speaker outdoor. Adanya dua koneksi ini memudahkan Anda untuk memutar musik tanpa repot-repot menghubungkannya ke ponsel. Tinggal masukkan microSD ke speaker, lalu nyanyikan semua lagu yang Anda suka.

4.Memastikan hal-hal penting lainnya

Di pasaran, Anda akan menemukan speaker karaoke yang dapat dipasang sebagai speaker center, tetapi ada juga yang berupa speaker outdoor. Tentu ada beberapa aspek berbeda yang perlu disoroti ketika akan membeli salah satunya. Yuk kita bahas.

-Perhatikan ukuran dan desain untuk speaker center

Jika speaker karaoke itu akan dijadikan sebagai speaker center, pastikan ukurannya tidak lebih besar dari televisi supaya mudah ditempatkan di bawahnya dan suara yang dihasilkan terpusat di sekitar ruangan saja. Selain itu, hindari pemilihan speaker dengan warna glossy, sebab terlalu memantulkan cahaya dan bisa mengganggu pandangan mata saat membaca lirik lagu di layar.

Baca Juga:  10 Hotel Terbaik di Surabaya

-Perhatikan IP rating untuk speaker outdoor

Sedangkan untuk speaker karaoke yang akan sering dibawa-bawa keluar rumah, maka IP rating-nya itulah yang perlu menjadi perhatian utama, karena berhubungan langsung dengan tingkat ketahanan speaker. Berikut pembahasannya.

PXX (inggress protection) adalah rating yang menunjukkan tingkat ketahanan speaker karaoke dari benda padat dan air. Biasanya terdiri dari dua angka, di mana digit angka pertama menunjukkan level dustproof dan digit angka kedua menunjukkan level waterproof. Contohnya, ada suatu produk speaker karaoke mencantumkan IP6X, artinya produk tersebut tidak dapat kemasukan debu, dan jika tertulis IPX5 berarti splashproof atau tahan terhadap cipratan air berintensitas rendah (angka 5 di belakang).

 

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

Setelah membahas mengenai bagaimana cara memilih speaker karaoke berkualitas, saatnya kita bahas beberapa merk speaker karaoke yang juga multifungsi. Siapa tahu, salah satu produk di bawah berjodoh dengan Anda.

3. Advance Speaker Bluetooth Wireless KS2613

 

Rekomendasi advance

( Gambar Advance speaker Bluetoth Wireless KS2613 )

Rekomendasi produk speaker untuk karaoke dari Advance ini mempunyai masa garansi selama 1 tahun. Speaker ini telah dilengkapi dengan konektivitas berupa wireless yang stabil dan mudah untuk dioperasikan. Tentu saja, kegiatan karaoke yang Anda lakukan akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Adapun kualitas suara yang dihasilkan lebih bulat baik itu treble maupun bass.

Produk speaker untuk karaoke dari Advance tersebut sudah dibekali dengan 2 buah mic wireless dan fitur equalizer yang bisa mengubah frekuensi maupun suara. Speaker karaoke berukuran 12 inch ini mempunyai kapasitas baterai 1800 mAh dan menggunakan baterai jenis lithium. Untuk rasio sinyal dari produk speaker ini yaitu lebih dari 78 dB dan kisaran frekuensi yang diberikan yaitu 40 Hz hingga 18 KHz. Speaker dengan desain menarik ini dibanderol seharga Rp772.000.

Lokasi : Jl. Bangka Raya No.10c, RT.2/RW.5, Pela Mampang, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12720

Website : www.advance.ai

4. ROBOT RB490 Karaoke with Microphone

 

Rekomendasi robot

( Gambar Robot RB 490 Karaoke with Microphone )

ROBOT memiliki cukup banyak varian speaker karaoke yang laris manis di pasaran, RB490 salah satunya. Daya output yang dihasilkan memang tidak besar-besar amat, sekitar 20 watt, tetapi rentang frekuensi dari 40 Hz – 18 kHz menciptakan efek suara boombastis di kelasnya. Apa lagi, didukung dengan lampu LED 16,7 juta warna, siap membuat karaokean bersama teman-teman semakin menyenangkan!

Baca Juga:  7 Rekomendasi Pomade Rambut Pria Terbaik

Terdapat hingga lima jenis koneksi yang didukung oleh speaker karaoke ini, antara lain Bluetooth 5.0, TF Card, USB, Radio FM, dan AUX 3.5mm, jadi bebas setel musik dari manapun yang Anda mau. Untuk sumber dayanya, digunakan lithium 3000 mAh, memungkinkan pemutaran musik hingga 6 jam non-stop saat terisi penuh. ROBOT Bluetooth Speaker RB490 dijual dengan harga 440 ribuan rupiah saja, dan telah terjual hingga ribuan pcs lho.

Lokasi :Ketapang Indah, Jl. Kyai Haji Zainul Arifin No.33 & 34 Blok B2, RT.5/RW.7, Krukut, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11140

Website : www.robotpowerbank.co.id

5. POLYTRON PMA 9522B Bluetooth Speaker Karaoke

 

Rekomendasi polytron

( Gambar Polytron PMA 9522B Bluetooth Spaeker Karaoke )

Meskipun harganya tidak sampai 1 jutaan, subwoofer yang ditanam dalam Polytron PMA 9522B mampu menghasilkan suara stereo yang mantap dan bass yang dahsyat. Ditambah lagi, sudah adanya dukungan Bazzoke untuk menambah kekuatan bass dari speaker, tinggal atur-atur saja melalui aplikasi Polytron Audio Connect, remote control, atau tekan tombol Bazzoke pada speaker karaoke ini.

Dukungan konektivitasnya lengkap, termasuk Bluetooth, USB, SD Card/MMC, Aux, Line Input, tinggal pilih saja mana yang paling nyaman. Fitur tambahan lainnya pun tidak kalah keren, contohnya Surround Mode yang bisa menghasilkan suara memenuhi seluruh ruangan. Tunggu apa lagi, segera nikmati waktu senang-senang Anda ditemani POLYTRON PMA 9522B Bluetooth Speaker Karaoke, harganya hanya 900 ribuan rupiah lho.

Lokasi : Jl. Slipi II No.15 6, RT.8/RW.1, Slipi, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11410

Website : www.polytron.co.id

Lengkapi Speaker Karaoke dengan Ini

Selain membeli salah satu speaker karaoke terbaik pilihan Anda, buat karaoke di rumah semakin seru dengan alat-alat tambahan di bawah ini.

  • Mixer: untuk menghubungkan mikrofon ke lebih dari satu speaker atau perangkat lain, seperti layar TV atau komputer.
  • PC atau laptop: untuk memutar lagu dan menampilkan lirik yang dinyanyikan.
  • Proyektor: memperbesar tampilan lirik dari layar PC atau laptop Anda.

Jika ada budget berlebih, tidak ada salahnya juga memasang peredam suara di ruangan karaoke tersebut. Dengan demikian, suara keras dari speaker karaoke tidak akan mengganggu orang-orang di luar ruangan.