Rekomendasi yoyo 1960314 640

2 Mainan Yoyo Terbaik

Generasi 90-an tentu sudah tidak asing lagi dengan yoyo. mainan satu ini memang cukup akrab dengan anak-anak karena menantang sekaligus menyenangkan. meski dulu di kenal sebagai permainan tradisional, sekarang yoyo telah berkembang menjadi salah satu cabang olahraga hingga di pertandingkan pada level internasional. anda mencari mainan yoyo, baik untuk keperluan mainan anak atau untuk kompetisi, di sini akan di bahas rekomendasi berbagai yoyo yang dapat dijumpai dengan sangat mudah

Mengenal Mainan Yoyo

Mainan yoyo sudah ada di Indonesia sejak tahun 1930-an lho. Dahulu, yoyo terbuat dari bahan kayu dan dimainkan dengan cara dilempar ke bawah, kemudian ditarik kembali ke atas sampai berulang-ulang kali. Untuk bisa berputar dengan haik, setiap mainan yoyo mempunyai beberapa komponen berikut.

  • Tali yoyo, sebagai penghubung tangan dengan dua buah piringan yoyo. Tali ini bisa dipotong kalau dirasa terlalu panjang, tapi sebaiknya sisakan 0.05 meter untuk dipakai memasukkannya ke dalam lingkaran kecil sebagai ruang tempat jari tangan.
  • Poros yoyo, yaitu dua buah cakram untuk melilitkan tali yoyo ketika sedang bermain. Gerakannya membuat dua buah cakram ikut bergerak sehingga yoyo bisa berputar dengan sangat baik.
  • Cakram yoyo, berupa dua buah lingkaran yang posisinya saling berhadapan satu sama lain dengan poros. Cakram biasanya terbuat dari bahan sangat ringan sehingga mudah berputar.
  • Lingkaran sebagai tempat mengaitkan jari tangan, baik itu jari tengah maupun jari telunjuk.

Tips Memilih Mainan Yoyo yang Bagus

Mau mainan yoyo yang ditujukan untuk anak balita atau pemain profesional? Sebelum memutuskan yoyo seperti apa yang akan dibeli, yuk simak dulu cara memilihnya berikut ini.

1. Mengenal bentuk-bentuk yoyo

Terdapat tiga tipe bentuk mainan yoyo yang cukup banyak dijual di marketplace, ada classic, imperial, dan butterfly shape. Bentuk tersebut bukan dibuat tanpa alasan, sebab akan berpengaruh terhadap trik bermain yang akan diterapkan. Jadi mari kenali karakteristik dari ketiga bentuk yoyo tersebut.

Classic shape

Bentuk satu ini dikenal sebagai bentuk awal yoyo, bahkan menjadi bentuk standar dari berbagai merk mainan yoyo. Ciri khas dari classic shape adalah adanya sisi luar dan dalam yang berbentuk lingkaran. Bentuk ini menawarkan kestabilan yoyo yang bagus dan bisa digunakan untuk memainkan looping trick, atau string trick oleh para pemain yoyo profesional.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Lemari Pakaian Terbaik

Imperial shape

Mainan yoyo yang termasuk dalam kategori imperial shape sekilas mirip dengan classic shape, yaitu mempunyai bagian luar berbentuk bundar. Namun bagian dalam yoyo tipe ini justru cenderung rata dan sempit, sehingga sulit dimainkan dengan string trick. Yoyo imperial shape akan lebih mudah dimainkan dengan looping trick atau trik lain yang mengandalkan gerakan memutar cepat, bukan memainkan benangnya.

Butterfly shape

  • Mainan yoyo kategori ini mempunyai bagian yang terbuka lebar, jadi memungkinkan benang terapit di area yang cukup luas dan menjadikannya cocok untuk memainkan string trick. Anda sebenarnya bisa memakainya untuk menerapkan looping trick, tetapi perlu berhati-hati karena akan kurang stabil. Diperlukan latihan yang cukup sering untuk bisa memainkan butterfly shape dengan trik
  • Selain ketiganya, beberapa mainan yoyo untuk anak-anak mempunyai bentuk yang lebih sederhana namun inovatif. Ada yang hanya berbentuk bulat dengan tali dan lampu, ada yang bisa dimainkan menggunakan kaki, dan ada juga yang bentuknya menyerupai pegas.

2. Memilih berdasarkan bahan pembuatnya

Bahan mainan yoyo juga bisa menjadi pertimbangan ketika Anda memilihnya. Untuk produk yang ditujukan pada balita, biasanya dibuat dari bahan yang lebih ringan dan tahan banting, seperti plastik dan karet, untuk menghindari cedera serius saat yoyo jatuh. Sementara itu, yoyo untuk para profesional dibuat dari bahan yang lebih berkualitas, seperti logam, untuk meningkatkan kinerja dan ketahanan.

  • Plastik

Plastik menjadi bahan yang umum digunakan untuk membuat mainan yoyo modern, karena menawarkan karakteristik ringan, tahan banting, dan harganya murah. Jenis plastik yang dipakai pun cukup beragam, ada yang berbahan plastik biasa dan ada juga yang menggunakan berkualitas tinggi, seperti polikarbonat.

  • Logam

Mainan yoyo yang terbuat dari logam cenderung berat, memiliki kestabilan yang baik saat berputar, dan cocok dipakai untuk memainkan trik-trik yang rumit. Aluminium, titanium, dan stainless steel menjadi beberapa jenis logam yang sering dipakai untuk membuat yoyo.

  • Kayu

Jika Anda lebih menyukai mainan yoyo tradisional, maka pilih yang terbuat dari bahan kayu. Bobotnya lebih ringan dibandingkan yoyo logam, tetapi memiliki spin time yang lebih singkat.

  • Karet

Mainan yoyo yang terbuat dari karet dapat dikenali dari karakteristiknya yang elastis, tidak mudah rusak, sangat ringan, tetapi murah. Yoyo bahan karet seringkali ditujukan untuk anak-anak.

3. Memastikan keberadaan bearing pada yoyo

Bearing adalah bagian dari mainan yoyo yang berfungsi untuk mengatur perputarannya. Sebagian besar merk yoyo yang ada di pasaran menggunakan tipe ball bearing yang terbuat dari bahan logam. Jumlah ball bearing pada setiap yoyo berbeda-beda, sekitar delapan hingga sepuluh buah. Posisi pemasangan bearing juga berbeda-beda, ada yang dipasang pada bagian samping, tetapi ada juga yang dijadikan sebagai center.

4. Mempertimbangkan merk yoyo terkenal

Baca Juga:  5 Daging Burger Kemasan yang Enak

Ada cukup banyak merk mainan yoyo di seluruh dunia, tetapi ada beberapa merk yang lebih populer dari yang lain karena kualitasnya telah terbukti bagus. Beberapa produsen yang dimaksud adalah Auldey dan MagicYoyo. Yuk kenali ketiganya terlebih dulu.

  • Auldey

Auldey merupakan perusahaan mainan yang berada di bawah Alpha Group Company. Di Indonesia, mainan yoyo dari Auldey bisa ditemukan dengan mudah di marketplace, terutama seri Blazing.

  • MagicYoyo

MagicYoyo, merk mainan yoyo asal Tiongkok ini selalu up-to-date dengan berbagai yoyo produksinya. Baik itu yoyo untuk pemula hingga pemain profesional, semuanya disediakan oleh MagicYoyo.

Mulai dari yoyo berbahan karet yang sederhana hingga yoyo berbahan logam untuk profesional, bisa Anda temukan di marketplace. Berikut rekomendasi beberapa maianan yoyo tersebut seperti di bawah ini :

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

3. Nobie Yoyo Batik NB-MT008

 

Rekomendasi nobie

( Gambar Nobie yoyo Batik )

Bagi Anda yang lebih menyukai mainan yoyo klasik, berarti tidak boleh melewatkan Nobie Yoyo ini. Bukan hanya menggunakan kayu sebagai materialnya, Nobie Yoyo didesain dengan motif batik yang semakin memperkuat kesan klasiknya. Ukurannya tergolong sedang, dengan diameter sekitar 18 cm dan bobot 100 gram saja, jadi bisa dimainkan oleh anak berusia mulai dari 4 tahun hingga pemain profesonal. Tertarik mencoba? Harga Nobie Yoyo Batik cukup terjangkau kok, sekitar 19 ribuan rupiah.

Lokasi :Chandra Building, Jl. Pancoran No.9, RT.9/RW.2, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120

Website : www.mainankayu.com

4. Auldey Yoyo BT5 Large Series

 

Rekomendasi auldey

     ( Gambar Audley yoyo BT 5 Large Series )

Tengah bingung mencari hadiah untuk keponakan atau anak yang mulai beranjak remaja, coba saja berikan Auldey Yoyo Blazing Teens Large Series. Mainan yoyo ini dibuat dari  bahan logam yang didesain berbentuk kupu-kupu untuk menjamin keamanan dan kenyamanannya ketika dimainkan. Karena ditujukan untuk anak perempuan dan lelaki, warna dari Audley Yoyo BT5 cenderung netral, seperti gold, merah, dan silver. Produk ini dijual dalam dua pilihan, ada yang tanpa gloves dan dengan gloves, harganya dipatok mulai dari 76 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. Raya Cilandak KKO No.5 14, RT.14/RW.8, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Baca Juga:  2 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik

Website : www.yoyoexpert.com

Cara Bermain Yoyo dan Manfaatnya

Seiring dengan semakin dikenalnya permainan ini, yoyo pun didesain lebih canggih dan menarik, bahkan trik permainannya pun semakin berkembang. Ada beberapa trik menggunakan mainan yoyo untuk pemula, antara lain:

1. Sleeping trick

Sleeping trick merupakan trik dasar menggunakan mainan yoyo. Trik ini membuat yoyo bisa berputar lama ketika di ujung tali.

2. Looping trick

Setelah lancar melakukan sleeping trick, Anda bisa melanjutkannya dengan looping trick. Dengan trik ini, mainan yoyo bisa dipindahkan ke posisi lain, namun tetap mempertahankan putaran.

3. String trick

Trik permainan ini fokus pada membentuk tali pada mainan yoyo. Tidak heran kalau string trick lebih sering dilakukan oleh pemain profesional.

Masih belum menguasai berbagai trik menggunakan mainan yoyo di atas? Tenang, berikut ada beberapa langkah yang bisa dipakai oleh pemain yoyo pemula.

  • Memasukkan jari ke lingkaran, bisa jari tengah maupun jari telunjuk. Supaya mainan yoyo lebih mudah digerakkan, letakkan lingkaran tersebut pada sendi jari pertama.
  • Lilit tali yoyo pada poros sampai bagian batas ujung tali menempel ke lingkaran yang di masukan ke dalam jari. Setelah sampai ke bagian ujung, pastikan kedua buah cakram bisa di genggam oleh tangan.
  • Mulai melempar yoyo. Caranya, pegang yoyo dengan telapak tangan, tekukkan tangan tersebut, lepaskan bundaran yoyo, dan ikuti dengan posisi jari terbuka serta panjangkan tali sampai ke bawah. Lakukan gerakan ini sampai siku membentuk sudut 90 derajat.
  • Jika yoyo sedang berada di bawah, Anda bisa mengembalikannya ke atas dengan menghentakkan tali yoyo, asalkan talinya sudah dalam posisi maksimal keluar dari poros.

Teknik dasar menggunakan mainan yoyo di atas bisa diulangi sesering mungkin sampai Anda mahir. Setelah menguasai teknik dasarnya, baru deh bisa gunakan berbagai trik yang telah dibahas sebelumnya.

Meskipun terlihat seperti bermain, memainkan yoyo rupanya memiliki banyak manfaat lho, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika Anda sering menggunakan mainan yoyo.

  1. Meningkatkan keterampilan motorik halus karena melibatkan gerakan tangan, jari, dan tentunya organ penglihatan.
  2. Membantu meningkatkan kemampuan fokus dan konsentrasi karena gerakan mainan yoyo yang cukup cepat.
  3. Menjadi kegiatan yang menyenangkan dan tentunya dapat membantu mengalihkan pikiran dari stres maupun kelelahan.
  4. Mengasah kreativitas karena otak terus bekerja untuk melakukan berbagai trik serta gaya bermain yang unik.
  5. Membantu mengasah high thinking skill, seperti menganalisis dan mengambil keputusan dengan cepat.

Kesimpulan

Meski awalnya di kenal sebagai mainan tradisional, yoyo sekarang menjadi begitu terkenal di berbagai kalangan. kalau anda tengah mencari yoyo yang tepat, baik untuk anak-anak, remaja, hingga profesional.