Rekomendasi elena mozhvilo FBaJVyV NvU unsplash

4 Rekomendasi Terminal Colokan Listrik yang Bagus

Fungsi utama terminal listrik adalah untuk dapat memperbanyak colokan di rumah, kantor, kelas, atau tempat lain, sehingga anda bisa mengoperasikan banyak peralatan elektronik sekaligus. Selain kegunaan utama tersebut, berbagai produk terminal colokan listrik sekarang juga hadir dengan fitur tambahan, seperti USB port, perlindungan IP20, hingga koneksi ke Bluetooth. Sangat menarik, kan? Supaya tidak salah pilih, mari cari tahu dulu rekomendasi terminal listrik yang bagus melalui artikel ini.

Cara Memilih Terminal Listrik

Pada dasarnya, terminal listrik adalah komponen instalasi listrik yang sangat  berfungsi mendistribuskan energi listrik dari instalasi rumah ke berbaga peralatan elektronik. pentingnya fungsi terminal listrik tersebut tentu membuat anda harus memilih produk terminal colokan listrik. Oleh karena itu, gunakan beberapa tips di bawah ini ketika membeli colokan.

1. Mengetahui jenis terminal colokan listrik

Berdasarkan jenisnya, ada dua jenis terminal colokan listrik, yaitu direct attachment dan extension cord. Memang apa sih perbedaannya? Berikut jawabannya.

Terminal direct attachment

Terminal jenis direct attachment digunakan untuk menambah jumlah stop kontak yang terpasang di dinding, jadi tidak akan membuat ruangan terlihat berantakan. Saat memilih terminal colokan listrik jenis ini, pastikan ukurannya sesuai supaya satu tidak ada lubang yang terhalang. Sebagai catatan, diperlukan kehati-hatian ketika akan menggunakan terminal direct attachment ke peralatan elektronik yang butuh arus listrik besar, seperti lemari pendingin dan AC.

Terminal extension cord

Kebalikan dengan jenis sebelumnya, terminal colokan listrik extension cord dipasangi dengan kabel supaya Anda tetap dapat menggunakan peralatan elektronik meskipun jauh dari dinding tempat sumber listrik. Namun perlu diperhatikan berapa meter ukuran kabel yang terpasang pada terminal ini. Kalau terlalu pendek, menyebabkan peralatan listriknya rawan jatuh. Tetapi kalau terlalu panjang, membuat ruangan terlihat tidak rapi atau bahkan bisa menimbulkan kecelakaan.

2. Memastikan jumlah lubangnya sudah sesuai kebutuhan

Semakin banyak jumlah lubang pada suatu terminal colokan listrik, memang terlihat lebih menguntungkan karena bisa menampung banyak alat elektronik sekaligus. Padahal risiko kotoran masuk ke dalam lubang yang tidak terpakai dan bisa menyebabkan korsleting. Jadi prioritaskan untuk membeli produk dengan jumlah lubang sesuai kebutuhan, ya.

Jika Anda menggunakan steker, baik dua atau tiga lubang, pastikan lubang terminal colokan listrik yang dibeli juga sudah sesuai. Untuk steker dua kaki, dapat dipasangkan pada terminal dua atau tiga lubang, berbeda dengan steker tiga kaki yang hanya bisa dipasang pada terminal tiga lubang. FYI, steker tiga kaki merupakan modifikasi dari steker dua kaki yang dipasangi dengan ground, fungsinya untuk mencegah kebocoran arus listrik dan korsleting.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Tempat Glamping Terbaik di Bali

3. Mengecek jarak luang dan USB Port

Ukuran kepala AC adaptor lebih besar dibandingkan dengan steker biasa dan tentunya membutuhkan tempat yang lebih luas juga ketika dicolok. Jadi jika Anda perlu menyediakan terminal colokan listrik untuk AC adaptor, pastikan jarak antar stop kontak cukup lebar. Khusus untuk jenis direct attachment, lubang terminal tidak disusun secara paralel, melainkan memiliki tiga sampai empat arah untuk memudahkan pemasangan AC Adaptor.

Untuk penggunaan yang lebih praktis, tidak ada salahnya memilih terminal colokan listrik yang sudah dilengkapi USB port. Adanya fitur ini memungkinkan Anda dapat mengisi daya ponsel, tablet, TWS, atau perangkat gadget lain hanya dengan kabel USB, tanpa perlu AC adaptor. Tentu saja, harganya lebih mahal daripada colokan biasa, ya, namun membuat hidup jadi lebih praktis.

4. Mempertimbangkan adanya tombol power on/off

Beberapa peralatan elektronik seperti, seperti printer, PC, dan kulkas, biasanya dibiarkan terpasang pada terminal sehingga terus-menerus mengonsumsi daya walaupun tidak digunakan. Jika terminal colokan listrik yang Anda beli dilengkapi tombol power on/off, tentu akan sangat membantu untuk memutus arus listrik tanpa perlu mencabut stekernya. Jadi penggunaan energi listrik pun lebih efisien.

Ada dua tipe tombol power pada terminal colokan listrik, yaitu individual switches dan centralized switches. Terminal individual switches memiliki tombol power pada tiap lubang, cocok dipilih untuk peralatan elektronik yang memerlukan daya listrik konstan. Sementara itu, terminal centralized switches hanya memiliki satu tombol power untuk semua lubangnya.

5. Memeriksa fitur pengaman tambahan

Sebagai alat yang berhubungan langsung dengan arus listrik, maka diperlukan fitur pengaman tambahan pada setiap produk terminal colokan listrik. Bisa berupa child lock, waterproof, dan surge protection. Mari bahas satu per satu.

Fitur child lock

Anak-anak biasanya memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, termasuk pada terminal colokan listrik di rumah. Mereka bisa saja memegang-megang alat tersebut, atau bahkan mengutak-atik area lubangnya ketika terminal masih terhubung ke sumber listrik. Oleh karena itu, pertimbangkan produk yang dilengkapi fitur child lock, misalnya berupa penutup terminal untuk mencegah hal-ha yang tidak diinginkan.

Fitur waterproof

Air bisa dibilang merupakan ‘musuh’ untuk berbagai peralatan listrik, tidak terkecuali terminal colokan listrik dan bisa menyebabkan korsleting ketika mengenainya. Padahal beberapa peralatan elektronik, seperti lampu akuarium dan mesin cuci, harus selalu berhubungan dengan air. Sebagai solusi untuk masalah ini, sudah cukup banyak produsen yang memberikan fitur waterproof atau penutup pada terminal buatannya. Akan lebih baik juga kalau terminal tersebut sudah dilengkapi dengan dustproof untuk menghindari korsleting akibat debu yang mengotori lubang terminal.

Baca Juga:  3 Merk TV LED Terbaik

Fitur surge protection

Fitur surge protection mempunyai fungsi untuk mencegah masuknya arus listrik dalam jumlah besar, misalnya ketika terjadi sambaran petir. Anda bisa memilih terminal colokan listrik dengan fitur ini sebagai perlindungan tambahan terhadap peralatan elektronik yang mahal.

Ada cukup banyak merk besar yang menjual terminal colokan listrik melalui official store-nya di marketplace, seperti Broco, Krisbow, dan Hannochs. Selain ketiganya, masih banyak lho produk terminal listrik lain yang tidak kalah bagus, yuk kita bahas

Ini lah beberapa rekomendasi terminal colokan listrik terbaik di bawah ini :

 

1. Kenmaster STKA125 

 

Rekomendasi ken

( Gambar Terminal colokan merek Ken master )

Bagian kawat dan dalam lubang Kenmaster STKA125 dibuat menggunakan kuningan, untuk memberikan daya hantar listrik stabil, lalu dilapisi bodi berbahan plastik. Total terdapat 4 lubang pada terminal colokan listrik ini, lengkap dengan kabel sepanjang 4 meter untuk memudahkan Anda menggunakan berbagai peralatan elektronik.

Untuk menunjang keamanan produk, pada Kenmaster STKA125 sudah terpasang fitur child safety dan sakelar pemutus arus ketika terjadi overheat. Pastinya terminal colokan listrik ini sudah sesuai standar SNI, ya, jadi Anda bisa memakainya dengan aman dan nyaman. Kenmaster STKA125 bisa dipesan melalui official store-nya dengan harga 78 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. Agung Timur 9 Blok O1 No 29-30 Sunter, RT.10/RW.11, Sunter Jaya, Kec. Tj. Priok, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350

Website : www.kenmaster.co.id

 

2. Broco MSGO 15360-55CP

 

Rekomendasi broco

  ( Gambar terminal colokan merek Broco )

Butuh terminal colokan listrik untuk banyak peralatan dalam satu waktu? Nah, Broco 15360-55CP bisa jadi pilihan terbaik. Total terdapat enam lubang pada terminal ini yang dibuat menggunakan brass kualitas terbaik, kemudian dilapisi dengan plastik yang mengandung fire retardant untuk mengurangi risiko penyebaran api.

Untuk meningkatkan optimalisasi pemakaian, jarak setiap lubang terminal didesain selebar 52 mm, jadi Anda bisa mengisi ulang ponsel atau laptop sambil tetap mengoperasikan alat elektronik lain. Terminal colokan listrik ini bisa diipesan melalui toko online Broco atau distributor resmi lain, harganya sekitar 73 ribuan rupiah.

Lokasi : Jalan Prabu Siliwangi KM 0,5 Keroncong Jatiuwung RT 001, RT.004/RW.006, Keroncong, Kec. Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten 15134

Website : www.brocoindustries.com

 

3. Krisbow 5 Mtr Cable Reel

 

Baca Juga:  7 Rekomendasi Merk Microphone Wireless Terbaik

Rekomendasi bow

                                                                 ( Gambar Terminal colokan Merek Krisbow )

Untuk urusan peralatan listrik, kualitas Krisbow memang tidak perlu diragukan lagi, tidak terkecuali Krisbow 5 meter Cable Reel. Bukan hanya dibuat dari material kuningan yang sesuai standar SNI, terminal colokan listrik ini juga sudah dilengkapi fitur children protector, grounding, dan proteksi terhadap over-heat.

Kabelnya sendiri dibuat sepanjang 5 meter, yang tentunya akan sangat membantu Anda ketika perlu mengoperasikan alat-alat berkabel pendek. Terminal colokan listrik ini mempunyai total 4 lubang yang bisa di gunakan saat bersamaan, asal kan daya alat tidak lebih dari 3850 watt. Untuk harga, Krisbow 5 meter Cable Reel dibandrol 180 ribuan rupiah.

Lokasi : Kembangan Raya No.1, RT.9/RW.1, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Website : www.krisbow.com

 

4. Hannochs Smart Power Strip Extension 02A

 

Rekomendasi hannoch

( Gambar terminal colokan merek Hannochs )

Hannochs memang lebih terkenal dengan produk lampu, padahal brand satu ini juga memiliki terminal colokan listrik yang mumpuni, yaitu Hannochs Smart Power Strip Extension 02A. Fitur-fiturnya sangat keren, seperti smart extension untuk pengaturan waktu menyala, bahkan di setiap lubang, child lock, dan koneksi Wi-Fi serta Bluetooth untuk menghubungkan terminal ke smartphone.

Terminal colokan listrik ini juga sudah dipasangi indeks proteksi IP20 sehingga memperkecil peluang debu dan air memicu korsleting pada alat. Hannochs Smart Power Strip Extension 02A mempunyai total 4 lubang, plus tiga buah port USB, dan kabel sepanjang 2 meter. Anda bisa membeli terminal kabel listrik ini di toko online Hannochs dengan harga 420 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. Gedong Panjang No.53, RT.1/RW.9, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440

Website : www.hannochs.com

Beberapa Kesalahan dalam Penggunaan Terminal

Sekalipun cukup umum digunakan di kalangan masyarakat, ada beberapa kesalahan yang masih sering di temukan ketika saat menggunakan terminal colokan listrik. Berikut kesalahan yang di maksud.

  1. Memasang satu terminal ke terminal kabel lain. Hal ini berpotensi membuat colokan listrik meleleh hingga korsleting.
  2. Memasang alat yang kapasitasnya melebihi terminal. Ini berisiko menimbulkan bahaya kebakaran atau melelehkan plastik terminal colokan.
  3. Meletakkan terminal listrik di bawah karpet yang tertutup rapat karena menimbulkan risiko over-heating.
  4. Memasang terminal listrik pada area yang mudah basah. Sekalipun terminal tersebut sudah punya fitur waterproof, hal ini tetap berisiko menimbulkan korsleting.
  5. Meletakkan terminal di tempat rendah yang mudah dijangkau oleh anak-anak.

anda mungkin telah membeli produk terminal colokan listrik yang lengkap dengan pengaman, seperti beberapa rekomendasi terminal pada artikel ini. Tapi untuk meningkatkan keamanan penggunaannya, pastikan anda menghindari beberapa kesalahan penggunaan terminal yang telah di sebut kan.

Kesimpulan

Terminal listrik berfungsi dapat menghubungkan beberapa alat elektronik dalam satu waktu. Nah pada artikel ini sudah ada rekomendasi berbagai produk terminal colokan listrik yang bisa anda temukan..