Rekomendasi thai nguyen 8sTWmkY6hWY unsplash

2 Rekomendasi Roof Box Terbaik

Apakah anda berencana bepergian atau mudik  dengan menggunakan mobil? makin lama durasi perjalanan anda, makin banyak pula barang yang akan di bawa, bukan? sayang nya, mengandalkan bagasi mobil saja tidak lah cukup. sebagai solusi nya, anda dapat menggunakan roof box yang di pasang di atas mobil.

melalui artikel ini, kami akan mengulas cara dalam  memilih roof box yang bagus untuk berbagai nacam  jenis mobil. beberapa merek roof box terbaik seperti Thule dan Otorack juga dapat anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Yuk, segera temukan produk roof box yang cocok untuk mobil anda.

Apa itu roof box?

Roof box merupakan kotak bagasi atau kompartemen tambahan yang ditempatkan pada atap mobil. Pemasangan roof box sendiri terbagi menjadi dua bagian, yakni tapak dasar (base carrier) dan pelengkap tambahan (attachment). Tapak dasar di fungsikan sebagai dudukan, sementara attachment-nya di gunakan sebagai bagasi barang.

Lantas, apakah boleh memasang roof box pada atap mobil? Sama halnya dengan menaruh barang di atas mobil. Selama muatannya tidak memengaruhi keseimbangan dan tidak membahayakan, penggunaan roof box diperbolehkan. di samping itu, hindari mengendarai mobil yang terpasang roof box dengan kecepatan tinggi agar mobil tidak akan mudah oleng.

Cara memilih Roof Box

Pemasangan roof box tentu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. supaya pemasangan roof box tidak membahayakan, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memilih roof box. Mari baca tips memilih roof box berikut ini dengan saksama.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Pisau Set Dapur Terbaik

① Kenali merek roof box yang populer

Di pasaran, terdapat beberapa produk roof box yang dapat dibeli secara online. namun, tidak semua roof box tersebut memiliki kualitas yang bagus. terlebih lagi jika desain dan materialnya tidak cukup aman di gunakan. untuk dapat  membantu anda mendapatkan roof box yang bagus, kami akan menjelaskan kelebihan dari tiap-tiap produsen roof box.

Thule, produk impor ternama di dunia

Thule merupakan produsen roof carrier ternama di dunia yang berasal dari Swedia. Tentu saja, produknya bisa digunakan untuk beragam jenis mobil keluaran Jepang dan Eropa yang banyak digunakan di Indonesia.

Produk Thule sendiri cukup bervariasi. ada yang memiliki kapasitas 300 liter, 360 liter, bahkan 610 liter. karena merupakan barang impor, harga produk roof box merek Thule biasanya cukup tinggi.

Otorack, produk berkualitas dengan harga yang sepadan

Otorack merupakan produk dari perusahaan penyedia aksesori eksterior dan interior mobil Otoproject. Salah satu keunggulan dari merek Otorack adalah menyediakan beragam pilihan jenis produk roof box yang dapat disesuaikan dengan tipe mobil. Misalnya saja tipe Roof Box Tour, Roof Box Adventure, Roof Box Elite, dan Roof Box Premium.

Produk buatan Indonesia ini juga menyediakan perlengkapan roof carrier berupa cross bar, roof bar, dan roof rack. Produk dari Otorack juga telah didesain mengikuti model mobil keluaran Jepang yang biasa digunakan masyarakat Indonesia. harga nya pun cukup sepadan dengan kualitas yang anda dapatkan.

② Sesuaikan dengan bentuk atap mobil Anda

Metode pemasangan roof box bergantung pada bentuk atap mobil yang anda gunakan. untuk itu, pastikan anda mengecek bentuk atap mobil yang ingin di pasang roof box.

Tipe roof-on untuk atap mobil datar

Umumnya, terdapat dua tipe roof-on mobil. Pertama, tipe yang bisa dipasang pada atap mobil hanya dengan teknik kait. Kedua, tipe yang dipasang dengan memanfaatkan celah antarlapisan atap mobil dan karet untuk mengaitkannya.

Tipe ini didesain untuk mobil yang memiliki atap datar tanpa rel atau area penampung air hujan pada atapnya. Gunakanlah bracket untuk menempelkan besi penyangga bagasi dan bagian kaki yang menyangga besinya.

Tipe rel atap dan penampung aliran air hujan

Bagi mobil yang sudah memiliki rel pada atap, besi penyangga dan kaki penyangga besinya bisa dijadikan tapak bagasi. dengan begitu, anda cukup menggunakan kaki dan besi pada penyangga dengan cara yang sama saat anda memasang talang air mobil. Pemasangan tipe ini tentunya lebih akan mudah karena anda tidak memerlukan mounting bracket.

③ Pilih model attachment sesuai kebutuhan penggunaan

Di pasaran, tersedia banyak desain dan model attachment atap mobil. masing-masing attachment tentun ya memiliki karakteristik yang cukup  berbeda-beda. Yuk, ketahui lebih jauh dengan membaca poin-poin berikut ini.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Keset Toilet Duduk Terbaik

Roof box, bisa menampung banyak barang

Bila Anda ingin menyimpan banyak barang di bagasi atap mobil, tipe boks atau roof box sangat direkomendasikan. Karena berupa bak bertutup, barang-barang di dalamnya tak akan basah ketika terkena hujan. Selain itu, barang Anda tak akan terkena paparan panas matahari atau polusi secara langsung. Dengan begitu, anda tak perlu khawatir barang di dalamnya rusak karena cuaca.

Model roof box sangat cocok untuk Anda yang ingin membawa banyak barang bawaan. Boks penyimpanan ini juga sangat berguna untuk Anda yang ingin memodifikasi mobil agar terlihat lebih sporty.

Roof rack, lebih serbaguna dan ringan

Rak atap (roof rack) direkomendasikan untuk anda yang memiliki pertimbangan khusus terhadap tinggi kendaraan. Tipe ini juga cocok untuk Anda yang merasa tipe roof box terlalu besar.

Rak atap bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang bawaan yang dikaitkan menggunakan net atau sabuk khusus. namun, supaya barang bawaan anda tetap aman dan tidak rusak, pastikan Anda menutupnya menggunakan kain terpal atau kain tebal.

Roof bike carrier, untuk Anda yang ingin membawa sepeda

Bila Anda suka bersepeda di berbagai kesempatan, penyangga sepeda di atap mobil adalah pilihan yang bagus. Pemasangan roof bike carrier tentunya akan memudahkan Anda membawa sepeda tanpa harus membongkar ban dan bodinya. Namun, karena sepeda akan diletakkan dalam posisi berdiri, pastikan Anda tidak mengendarai mobil dengan kencang.

Perlu Anda ketahui, membawa sepeda dalam posisi berdiri di atap mobil juga bisa dikenai sanksi tilang. Sebagai solusinya, anda bisa membawa sepeda menggunakan bike carrier yang terpasang di bagian belakang mobil. Jika anda ingin membeli produk bike carrier yang bagus, silakan baca juga tautan di bawah ini.

Surfboard car rack, membawa papan selancar lebih mudah

Suka berburu ombak untuk berselancar di berbagai daerah? Papan selancar akan sangat sulit dibawa masuk ke dalam mobil, bukan? Untuk itu, penyangga papan selancar di atap mobil adalah hal yang wajib Anda miliki.

Dengan memasang penyangga papan selancar di atas mobil, Anda menjadi lebih mudah mengambil dan menaruh papan selancar. Sayangnya, produk ini tidak cukup populer digunakan di Indonesia. di samping itu, produk ini cukup sulit ditemui di toko online.

④ Perhatikan volume ruang penyimpanan dan bobotnya

Setiap produsen biasanya akan mencantumkan batas maksimal muatan yang dapat disimpan di dalam roof box ataupun roof rack. Untuk itu, perhatikan dengan saksama dan jangan mengangkut barang melebihi batas maksimal yang direkomendasikan oleh produsen.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Kompor Listrik Berkualitas Terbaik

 

Berikut panduan memilih roof box sesuai ukuran dan tipe mobilnya.

Mobil SUV (sport utility vehicle), seperti Rush, Fortuner, Terios, dan Pajero, Anda bisa menggunakan roof box dengan volume 450–650 liter.

MPV (multi-purpose vehicle) seperti Avanza dan Xenia sebaiknya menggunakan roof box dengan volume maksimal 450 liter.

Tipe mobil Hatchback, seperti Brio, Yaris, Swift, dan City, gunakan roof box dengan volume maksimal 400 liter.

⑤ Pertimbangkan membeli produk dengan paket lengkap

Tidak semua produsen roof box menjual produk secara lengkap. Misalnya saja, pembelian roof box belum termasuk cross bar dan bracket. Jika Anda membelinya secara terpisah, bisa saja ukurannya tidak sesuai. Untuk itu, ada baiknya Anda membeli kelengkapan roof box dari merek yang sama. Jika perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan penjual mengenai jenis mobil dan roof box yang anda gunakan.

Berikut 2 Roof box terbaik di antara nya sebagai berikut di bawah ini :

 

1.Tole Roof Bag Car Carrier

 

Rekomendasi bag

                                                           ( Gambar Tole roof Bag car Carrier )

Muatan tetap rapi dengan budget ekonomis

Kelebihan:

  • Banyak pilihan motif dan warna sehingga bisa disesuikan dengan selera

Kekurangan:

  • Kurang cocok digunakan saat cuaca terlalu panas ataupun hujan deras

Jika anda memiliki budget terbatas, tak perlu berkecil hati karena produk ini dapat menjadi opsi. Roof bag ini terbuat dari dua lapisan kain waterproof untuk bertahan dari kondisi cuaca. Namun, ada baiknya untuk melapisinya lagi dengan cover agar proteksi lebih secara maksimal.

Sistem penguncian roof bag tentunya menggunakan ritsleting. Bagian tersebut berdesain letter U yang bertujuan menahan terpaan angin dan hujan ringan. Saat pembelian, anda akan mendapatkan 2 pcs tali pengikat dengan panjang masing-masing 4 meter.

Lokasi : Jl. Mandara Permai VII, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460

Website : www.murianews.com

 

2. Buzz Rack Rak Lokal Universal

Rekomendasi buzz

                                                       ( Gambar Buzz Rack Rak Lokal Universal )

Model universal dengan rangka kokoh

Kelebihan:

  • Proses pemasangan bisa dilakukan sendiri karena tidak terlalu berat

Kekurangan:

  • Dimensi produk tergolong kecil sehingga tidak disarankan untuk mengangkut barang dengan panjang lebih dari 1 m

Bagi anda yang baru pertama kali memasang roof rack, produk ini dapat di jadikan opsi. dengan model universal, anda tak perlu lagi kebingungan saat  dalam memilih. Dimensinya pun tak terlalu besar sehingga pemasangannya sangat  mudah. Harga roof rack ini pun terbilang cukup murah di banding merek lain sebagai nya.

Dari segi material, produk ini terbuat dari besi hollow bulat. bagian sambungan yang melalui proses las tampak rapi dan kuat. Sementara finishing-nya menggunakan lapisan soft powder yang lebih kuat dari cat semprot biasa.

Lokasi : Mega Glodok Kemayoran Lantai 5, Jl. Angkasa No.B6, RW.10, Gn. Sahari Sel., Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10610

Website : www.priceza.co.id

 

Kesimpulan

Tuntas sudah pembahasan kami dalam  mengenai roof box untuk mobil. dari semua rekomendasi produk yang kami ulas, adakah yang cocok untuk mobil anda? Harga roof box yang ada di pasaran tidak lah murah. untuk itu, anda harus berhati-hati saat dalam membeli nya.

Dengan memasang roof box, mobil anda akan terlihat lebih keren dan sporty. Roof box juga bisa di gunakan pembeda kendaraan anda dari mobil lain sebagai nya, terlebih saat parkir di area yang luas dan padat.