Rekomendasi jason briscoe GliaHAJ3 5A unsplash

2 Rekomendasi Lemari Dapur Terbaik

Dapur adalah salah satu sebuah ruangan di dalam rumah yang menyimpan banyak persediaan bahan pangan. Dapur juga menjadi tempat untuk dapat mengolah bahan-bahan makanan menjadi masakan yang bisa dapat  di konsumsi. oleh karena itu, anda memerlukan lemari dapur untuk penyimpanan aneka bahan makanan. beberapa lemari dapur juga memiliki berbagai macam  fitur yang dapat mendukung proses dalam  memasak.

Kali ini kami akan membahas cara memilih serta rekomendasi lemari dapur yang bagus. ada banyak berbagai macam pilihan merek lemari dapur yang bagus, seperti Cubic Home & Living, Activ Furniture, Offo Living, dan lain-lain. silakan disimak, ya!

Cara memilih lemari dapur

Sebelum memutuskan untuk membeli lemari dapur, anda harus dapat mengetahui cara memilihnya terlebih dahulu. tentunya ada beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum anda membeli lemari dapur agar tidak menyesal kemudian hari. Simak dahulu beberapa hal di bawah ini, ya.

① Periksa ukuran dapur dan pilih lemari yang pas

Hal pertama yang harus anda periksa adalah luas dapur. setelah mengetahui luas nya, anda baru bisa memilih lemari yang pas. tentunya anda harus memanfaatkan celah yang tersedia dan membeli lemari dapur yang pas agar dapur terlihat rapi.

Lemari dapur yang ringkas: Untuk luas dapur terbatas

Jika dapur Anda tidak terlalu luas, pilihlah lemari yang ukurannya compact. Lemari dapur yang ringkas lebih cocok jika anda tidak memiliki banyak perabotan atau menyimpan banyak bahan makanan.

Baca Juga:  2 Rekomendasi Hotel di Lembang yang Bagus

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah ruang yang dibutuhkan saat membuka lemari atau menarik laci. Pastikan ada ruang yang cukup agar pintu lemari atau laci bisa terbuka sempurna. Lemari dengan pintu geser juga bisa di pertimbangkan jika luas dapur terbatas.

Lemari gantung: Dapat dipasang di tembok

Model lain yang bisa di pilih adalah lemari gantung. Sesuai dengan namanya, lemari ini dipasang di tembok sehingga terkesan seperti digantung. Dengan menggunakan lemari gantung, anda bisa menghemat ruang di lantai. Lemari gantung bisa anda gunakan untuk menyimpan berbagai alat makan, seperti piring, mangkuk, gelas, dan lain-lain sebagai nya.

Keuntungan lain dari menggunakan lemari gantung adalah tingginya dapat diatur sesuai dengan kenyamanan. Meletakkan peralatan makan di dalam lemari gantung juga lebih aman karena tidak terjangkau oleh anak-anak. agar dapat  mudah melihat isi nya, silakan pilih lemari yang sebagian pintunya terbuat dari kaca. namun, jika anda ingin lemari terlihat lebih rapi, lemari tanpa kaca bisa menjadi pilihan yang bagus.

② Pertimbangkan lemari dapur yang fungsional

Sebelum memutuskan untuk membeli lemari dapur, pilihlah yang fungsional. Lemari dapur yang fungsional bisa membantu proses memasak agar lebih cepat dan efisien. Di sisi lain, Anda tetap bisa menyimpan barang-barang di dapur dengan baik.

Lemari dengan stopkontak dan ventilasi: Memudahkan peletakan peralatan masak

Beberapa peralatan masak membutuhkan listrik untuk bisa beroperasi. Jadi, pastikan bahwa posisi lemari dapur dekat dengan stopkontak. Beberapa lemari bahkan memiliki lubang untuk lintasan kabel peralatan masak agar dapat terhubung dengan stopkontak. Namun, stopkontak Anda harus terletak di tempat yang pas jika ingin menggunakan lemari model ini.

Tidak hanya itu, beberapa lemari dapur juga sudah dilengkapi dengan stopkontak built-in. hal ini memudahkan anda untuk menentukan posisi lemari serta memindahkan peralatan masak.

Selain stopkontak, perhatikan adanya ventilasi pada lemari dapur. Hal ini akan mempermudah keluarnya hawa panas, terutama jika Anda menggunakan penanak nasi, oven, atau microwave untuk memasak.

Lemari dengan rak geser: Praktis untuk meletakkan penanak nasi

Pilih lemari dengan rak yang bisa digeser ke depan jika Anda ingin meletakkan penanak nasi. Selain itu, rak geser juga akan membuat uap air tidak mengenai lemari saat anda membuka penanak nasi. Namun, sebelum membelinya, pastikan ukuran rak geser sesuai dengan penanak nasinya terlebih dahulu.

Baca Juga:  7 Tempat Sewa Laptop Jakarta dan tangerang

Lemari berkaki tinggi: Memiliki tempat lebih untuk meletakkan kulkas

Jika Anda memiliki kulkas kecil dengan tinggi sekitar 1 meter, lemari berkaki tinggi bisa menjadi pilihan yang tepat. Lemari dengan kaki yang tinggi dapat melingkupi kulkas sehingga dapur Anda akan makin terkesan compact. Beberapa lemari juga memiliki ruangan yang cukup untuk meletakkan oven, microwave, atau tempat sampah di bagian bawahnya.

namun, jika anda ingin membeli lemari jenis ini, Anda harus menyesuaikan tinggi kulkas dengan ruang yang tersedia. Pastikan bahwa kulkas, oven, microwave, atau bahkan tempat sampah bisa masuk dengan sempurna ke dalam ruang yang ada.

Lemari yang tinggi raknya dapat diatur: Mudahkan Anda meletakkan dan mengambil barang

Fungsi lain yang mungkin akan membantu saat memilih lemari dapur adalah jika ketinggian raknya bisa diatur. Lemari dengan fungsi ini biasanya memiliki rak di dalamnya yang dapat dipasang pada ketinggian tertentu dengan sekrup.

Ada dua pilihan lubang sekrup yang dapat Anda gunakan sesuai dengan keinginan masing-masing. dengan demikian, anda bisa lebih mudah mengaturnya saat meletakkan berbagai peralatan makan, seperti piring dan gelas.

Lemari yang bisa berfungsi sebagai meja: Memudahkan saat memasak

Agar proses memasak terasa mudah, pilihlah lemari yang bisa berfungsi sebagai meja. Dengan permukaan yang luas, Anda bisa meletakkan banyak alat dan bahan saat memasak. Tidak ketinggalan, Anda pun bisa menaruh kompor, penanak nasi, atau mesin pembuat kopi di atasnya. Selain itu, supaya tidak menyulitkan, pilih yang tingginya membuat Anda nyaman dan tidak perlu membungkuk saat memasak.

③ Perhatikan bahannya

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli lemari dapur adalah bahan pembuatnya. Ada beberapa pilihan bahan yang sering kali digunakan untuk membuat lemari dapur. Setiap bahan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Particle board merupakan gabungan potongan kayu kecil, serbuk kayu, dan bubuk kayu yang direkatkan dengan lem resin sintetis. Bahan ini paling umum digunakan untuk lemari kayu karena harganya yang sangat terjangkau. sayang nya, bahan ini kurang tahan terhadap kelembapan sehingga anda harus pastikan kondisi nya tetap kering agar awet.

Polivinil klorida (PVC) adalah bahan plastik yang harganya juga terjangkau. Bahan PVC dikenal tahan rayap, antiair, dan antikorosi. Selain itu, pilihan warnanya lebih bervariasi, tetapi lebih cepat memudar.

Beberapa kayu olahan lain juga bisa dipilih, seperti MDF, plywood, blockboard, dan lain sebagai nya.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Provider Internet Terbaik untuk Rumah

④ Sesuaikan warnanya dengan interior dapur

Agar tampilan dapur makin cantik, silakan memilih lemari dengan warna yang cocok. Jika ingin tampilan minimalis, lemari warna hitam, putih, dan cokelat bisa menjadi pilihan yang bagus.

Sementara itu, jika ingin dapur terlihat cantik, warna pastel juga bisa menjadi pilihan. namun, biasanya warna pastel hanya digunakan untuk lemari kecil. Untuk lemari dapur dengan ukuran besar, anda bisa mencoba warna custom.

⑤ Pilih produk yang mudah dirakit atau sudah jadi

Saat anda memilih lemari dapur, perhatikan juga kemudahan perakitannya. Jika anda memilih lemari yang sudah jadi, harganya tentu lebih tinggi. Pilihan alternatif untuk dapat menghemat adalah membeli yang belum dirakit. namun, tentunya hal ini akan memakan waktu dan tenaga. Jika anda membutuhkan bantuan dari pihak toko, biasanya akan di kenakan biaya tambahan.

Berikut 2 produk lemari terbaik di antara nya sebagai berikut :

 

1. Cubic Home & Living Elena Kitchen Set Atas 3 Pintu

 

Rekomendasi cubic

                                                    ( Gambar Cubic Home & Living Elena kitchen )

Maksimalkan tembok dapur Anda dengan lemari gantung ini!

Kelebihan:

  • Tidak memerlukan space di lantai
  • Terdapat lubang ventilasi untuk menjaga sirkulasi udara
  • Ada rak kecil di bawahnya untuk tambahan ruangan

Kekurangan:

  • .Harus digantung pada ketinggian tertentu yang mungkin sulit dicapai oleh beberapa orang

Salah satu keuntungan dari menggunakan lemari gantung adalah lebih dengan menghemat tempat di lantai. Jika anda ingin memanfaatkan tembok rumah dengan menggunakan lemari gantung, produk ini bisa menjadi pilihan terbaik. Perpaduan particle board dengan PVC berwarna putih dan hitam membuat lemari gantung ini terlihat sangat estetik.

Lemari gantung ini terdiri dari tiga pintu yang masing-masing di dalam nya juga terdapat lubang ventilasi. kapasitas nya cukup terbatas, tetapi di bawahnya terdapat rak kecil. Rak kecil di bagian bawah dapat anda gunakan untuk meletakkan bumbu-bumbu dapur.

Lokasi : Avian Brands Office, Jl. Ahmad Yani No.317, Dukuh Menanggal, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60234

Website : www.cubichomeliving.com

 

2. Kirana Furniture Kitchen Set Indiana

 

Rekomendasi kirana

                                                     ( Gambar kirana furniture kitchen set indiana )

Maksimalkan ujung ruangan dapur Anda!

Kelebihan:

  • Tampilan yang netral dan cocok untuk berbagai interior
  • Memiliki banyak laci dan rak

Kekurangan:

  • Pilihan warna yang terbatas, hanya putih saja

Sudut ruangan dapur bisa anda dapat  optimal kan dengan memilih lemari dapur yang satu ini. Pasalnya, Kitchen Set Indiana dari Kirana Furniture terdiri dari beberapa rangkaian lemari yang bisa dapat di sesuaikan dengan luas dapur. salah satu nya memiliki bentuk siku yang pas untuk di taruh di sudut dapur anda. dengan demikian, anda bisa secara dapat  maksimal memanfaatkan area yang tersedia.

Lokasi : Jl. Anggrek Hitam Blok AL No 28 BSD Rawa Buntu Tangerang Selatan 15318

Website : www.kiranafurniture.com

Kesimpulan

Ada banyak pilihan lemari dapur yang dapat anda  atau kalian beli untuk  dapat menyimpan berbagai perkakas, aneka bumbu, dan persediaan pangan. untuk mendapatkan lemari yang tepat, anda perlu menimbangnya dengan secara baik.

Pilih lemari dapur yang ukuran nya pas dengan ruangan serta memudah kan saat memasak. itulah tips yang telah kami bagikan terkait cara memilih lemari dapur beserta beberapa rekomendasi produk yang dapat  sesuai. semoga bisa membantu anda dalam memilih lemari dapur yang tepat.