Rekomendasi robin kutesa wmhhsI7GUQ8 unsplash

4 Rekomendasi Cat Genteng Terbaik

Pada sebuah bangunan, sudah pasti genteng menjadi salah satu sebuah  bagian yang penting karena bisa membuat anda terlindungi dari panas, hujan, maupun cuaca lain sebagai nya. tidak hanya menjadi pelindung, ketepatan dalam memilih pada  kualitas cat genteng juga bisa menjadikan genteng tersebut sebagai dekorasi di bagian luar rumah anda menjadi terlihat lebih rapi.

meskipun genteng sudah berwarna dan tidak wajib dicat, tetapi dengan menggunakan cat genteng yang berkualitas bagus bisa sekaligus meningkatkan kualitas genteng agar lebih tahan lama. Nah, pada artikel ini akan diulas mengenai sepuluh rekomendasi cat genteng terbaik dari berbagai merk, seperti Mowilex, No Drop, Propan, Dulux, dan berbagai merk cat genteng lain nya.

Cara Memilih Cat Genteng yang Bagus

Ada berbagai jenis cat yang tentunya dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Nah, berikut ini beberapa poin yang perlu diperhatikan saat memilih cat genteng yang bagus. Harganya pun sangat variatif bergantung pada kualitas dan kuantitas produk serta citra dari merk cat genteng tersebut.

1. Perhatikan kualitas yang dimiliki cat genteng tersebut

Poin pertimbangan yang satu ini berkaitan dengan kualitas cat genteng terbaik sehingga tidak heran kalau mempengaruhi harga jualnya. Anda mungkin akan mengeluarkan lebih banyak biaya untuk membeli cat genteng tersebut, tetapi hal itu sebanding dengan kualitas yang diberikan. Bahkan mungkin pengecatannya tidak perlu dilakukan berulang kali karena sekali oles saja warnanya sudah cantik. Selain itu, pemilihan produk yang tepat bisa membuat warna cat genteng tidak mudah pudar. Beberapa merk cat genteng terbaik juga menggunakan bahan-bahan tertentu agar produk-produknya juga berdaya lekat kuat, anti rembes, anti jamur, serta tahan terhadap berbagai cuaca yang tidak menentu.

2.Sesuaikan jenis cat dengan bahan genteng

Selain warna, sebuah merk cat genteng terbaik sudah tentu membuat produk dengan berbagai jenis. Anda bisa memilih cat waterproof kalau menginginkan produk yang kedap air, anti jamur, anti alkali, anti leleh, elastis, sekaligus mampu menutup retak rambut pada genteng. Tidak hanya genteng tanah liat, biasanya jenis cat tersebut juga bisa diaplikasikan pada atap seng, asbes, kayu, maupun beton. Kemudian, ada jenis cat genteng berformula Styrene Acrylic yang mampu melindungi permukaan genteng dari berbagai pengaruh cuaca, lumut, dan jamur serta menghasilkan finishing glossy.

Kalau Anda memiliki rumah minimalis dan menggunakan genteng metal, maka pilihlah jenis cat genteng terbaik yang berbahan dasar Zinc Chromate untuk melindungi genteng logam dari korosi. Selain itu, masih ada jenis cat genteng berformula Alkyd Synthetic yang tahan

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Top Up Game Murah: Miracle Gaming Store

terhadap jamur, cuaca, dan finishing glossy. Bagi Anda yang ingin cat gentengnya cepat kering, ketahanannya baik, dan finishing glossy, maka pilihlah cat yang berbahan dasar Acrylic Resin. Minimnya debu yang menempel dan hasil yang mengkilap pun juga bisa diperoleh dari cat genteng berbahan dasar Solvent Base atau Thinner.

3.Pilih warna cat genteng yang diinginkan

Setiap orang memiliki selera dan kebutuhan yang berbeda-beda sehingga tidak heran kalau setiap merk cat genteng terbaik membuat produk dengan beragam pilihan warna yang beragam. Ada kelompok warna gelap dan terang dengan finishing matte dan glossy atau mengkilap. Kalau ingin menggunakan kelompok warna gelap, Anda bisa memilih warna hitam, merah maroon, oranye tua, navy, coklat tua, dan sebagainya. Sedangkan pecinta warna terang bisa memilih warna hijau muda, kuning, abu-abu, putih, biru muda, atau yang lainnya.

Tetapi bukan berarti pemilihan warna cat genteng terbaik hanya asal sesuai selera. Tentu saja Anda perlu memperhatikan warna cat dinding atau disesuaikan dengan tema agar hasilnya memuaskan. Kemudian, pastikan stok warna yang anda pilih itu masih banyak agar tidak perlu repot-repot lagi mencari kalau seandainya yang dibeli masih kurang

4. Pilih ukuran cat genteng yang dibutuhkan

Demi memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda, biasanya merk cat genteng terbaik akan menjual produknya dengan berbagai ukuran. Mayoritas kemasan yang digunakan adalah kaleng dari plastik maupun stainless disertai label sebagai identitas berisi informasi produk. Anda bisa memilih cat genteng dengan ukuran yang dibutuhkan berupa kilogram atau liter.

Ada merk yang menjual cat genteng berukuran 2.5 liter, 5 kg, bahkan 20 kg. Tentu saja semakin banyak jumlahnya, semakin mahal juga harganya dan akan semakin besar pula pengeluaran Anda. Tetapi bukan tidak mungkin Anda bisa memperoleh diskon saat membeli cat genteng terbaik ketika membelinya dalam jumlah besar.

Setelah mengetahui beberapa poin yang perlu di perhatikan saat memilih, akan membahas beberapa rekomendasi cat genteng yang bagus yang bisa Anda pilih. Tidak hanya di toko bangunan terdekat, merk-merk ini juga menjual produknya di berbagai marketplace terpercaya sehingga Anda tidak perlu repot-repot keluar untuk mencarinya.

Ini lah beberapa rekomendsai cat genteng terbaik di antara nya sebagai berikut :

1. Cat Genteng Merk Heaven Paint

 

Rekomendasi heaven

( Gambar Cat genteng merek Heaven paint )

Produk cat genteng berkualitas baik yang pertama hadir dari merk Heaven Paint. Meskipun dijual dengan harga yang lumayan mahal, namun percayalah jika kualitasnya pastinya sebanding. Produk ini sudah tahan terhadap cuaca yang panas dan hujan. Sehingga, dapat membuat cat pada genteng rumah Anda jadi lebih awet. Berat bersih dari produk ini adalah 20 kg dengan tekstur yang begitu kental. Produk ini tidak mudah mengelupas dan anti retak.

Selain itu, tahan terhadap jamur, bakteri, dan virus. Tidak hanya bisa diaplikasikan untuk genteng saja, namun bisa dipakai untuk kayu. Anda bisa menggunakannya untuk lantai kolam renang, triplek, lantai olahraga, gypsum, dan besi indoor. Istimewanya, produk ini dapat dengan mudah untuk dilap ataupun disikat apabila terkena noda. Tidak menghasilkan bau dan tidak beracun, sehingga aman untuk digunakan dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lampung

Pastinya, anti lumut dan punya daya sebar yang luas. Produk cat genteng ini sudah ramah lingkungan karena tidak mengandung timbal dan merkuri. Walaupun, Anda gunakan dalam waktu yang lama produk cat ini tidak mudah mengalami pembusukan.

Lokasi : Jl Industri Raya no 17d, Gunung Sahari, RT.13/RW.1, North Gunung Sahari, Jakarta, Central Jakarta City, Jakarta 10720

Website : www.heavenpaint.com

 

2. Cat Genteng Merk JOTUN JOTA ROOF

 

Rekomendasi jotun

  ( Gambar Cat genteng merk Jotun Jotaroof )

Produk cat genteng yang berikutnya adalah merk JOTUN. Produk ini memiliki berat sebesar 4000 gram. Kualitas dari produk ini tentunya sangat premium dan berkelas. Fungsi utamanya yaitu bisa melindungi bagian atap rumah Anda dari segala cuaca yang ekstrim. Selain itu, mampu mencegah pertumbuhan ganggang hingga jamur yang bisa merusak atap. Terbuat dari formulasi khusus yaitu akrilik murni 100% yang telah teruji dengan baik.

Alhasil, cat ini mempunyai daya tahan yang sangat bagus. Buat Anda yang ingin atap rumah lebih tahan lama bisa menggunakan produk ini. Hal ini pastinya membuat pikiran Anda jadi lebih tenang karena punya ketahanan yang mencapai tahunan. Aneka warna telah tersedia pada cat genteng dari JOTUN. Mulai dari blue marine, deep maroon, paradise, roast coffee, cocoa, red ocean, white clay, leaf touch, evening stone, fudge, midnight, royal blue, dan lain sebagainya.

Cat ini tahan dari paparan sinar matahari yang menyengat. Dengan adanya produk ini, anda bisa menghemat budget untuk biaya perawatan genteng. Pastinya, lebih praktis untuk diaplikasikan dan mudah untuk Anda beli karena telah tersedia di Shopee.

Lokasi : Jotun Powder Coating Indonesia, 68 6,8, Jl. Raya Legok – Karawaci No.68, Legok, Kec. Legok, Kabupaten Tangerang, Banten 15820

Website : www.jotun.com

3. Cat Genteng Merk Mowilex Roof Paint

 

Rekomendasi mowi

( Gambar Cat genteng merk Mowilex Roof paint )

Merk cat genteng yang satu ini memang familiar dan menyediakan banyak pilihan warna, seperti Tile Dark Green, Tile Red Wood, Tile Golden, Tile White, Tile Brown, Tile Black, Tile Antique, dan warna lainnya. Anda bisa menggunakan Mowilex Roof Paint pada berbagai jenis bahan atap dan melindunginya dari kebocoran. Tetapi kalau ingin hasilnya maksimal, cat berbahan dasar air ini perlu diaplikasikan setidaknya 2-3 lapis. Selain kuas, alat lainnya yang bisa digunakan untuk mengecat adalah roller dan spray gun.

Setelah diencerkan dengan air, hasil akhirnya sangat cocok untuk Anda pecinta semi gloss atau eggshell. Keunggulan lainnya yang dimiliki cat genteng terbaik dari Mowilex ini, yaitu tidak mengandung logam berbahaya, anti lumut, anti jamur, dan tahan terhadap berbagai cuaca. Selain itu, cat genteng ini juga cepat kering, memiliki daya rekat yang kuat, dan tidak mudah kotor. Anda pun bisa membeli produk ini yang berukuran 2.5 liter.

Baca Juga:  16 Rekomendasi Merk Kurma Less Sugar Terbaik

Lokasi : PT mowilex Indonesia, Jl. Raya Daan Mogot No.2a, Kedaung Kali Angke, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11710

Website : www.mowilex.com

4. Cat Genteng Merk Nippon Paint – Matex

 

Rekomendasi nippon

                                                              ( Gambar Cat genteng Merk Nippon paint – Matex  )

Tidak kalah populer dari merk cat genteng lainnya, Nippon Paint juga menjadi salah satu merk ternama di kalangan masyarakat Indonesia. Produk cat gentengnya yang water-based ini aman karena tidak mengandung timbal maupun merkuri. Kualitas produknya pun bagus karena tahan terhadap cuaca, kelembapan udara yang tinggi, garam-garam alkali, dan sinar UV. Daya lekat cat genteng ini kuat dan daya tutupnya baik sehingga tidak heran kalau warna genteng tidak mudah pudar ataupun rusak.

Tidak hanya genteng mantili, produk ini juga cocok dengan genteng asbes, seng, beton, maupun galvanis. Bahkan, Nippon Paint Matex juga merupakan cat genteng terbaik yang serbaguna karena bisa diaplikasikan pada dinding interior dan eksterior. Selain itu, bisa juga untuk marka jalan, lapangan olah raga, taman, ataupun permukaan yang terkena paparan cuaca langsung. Hasilnya semi gloss sehingga cocok untuk Anda yang tidak suka finishing matte atau glossy.

Lokasi : Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Website : www.nipponpaint-indonesia.com

Langkah-Langkah Menggunakan Cat Genteng yang Baik

Berikut ini ada beberapa langkah umum yang perlu dilakukan saat menggunakan cat genteng terbaik pilihan Anda.

1. Persiapan

Pertama, Anda perlu melakukan persiapan sebelum mengaplikasikan cat genteng. Pastikan kalau permukaan genteng tersebut sudah kering dan bersih dari debu, lumut, jamur, minyak, cat yang terkelupas, atau jenis kotoran lainnya. Bisa juga menggunakan bantuan larutan fungicidal wash untuk membersihkan jamur dan lumut. setelah itu, encerkan cat genteng dengan air bersih setidaknya 10-20 % dan pastikan sudah tercampur merata.

2. Pengaplikasian

Anda bisa langsung melapisi permukaan genteng baru berbahan plester semen, beton, asbes, atau genteng mantili dengan cat genteng terbaik minimal dua lapis agar hasilnya memuaskan. Sedangkan, genteng baru dari metal atau seng perlu diberikan satu lapis cat anti karat terlebih dahulu sebelum dilanjutkan dengan dua lapis cat genteng.

Kalau anda memiliki genteng baru berbahan galvanis, maka berikan satu lapis active primer agar nanti dua lapis cat genteng bisa melekat dengan lebih maksimal. Tidak hanya baru, cat genteng juga bisa diaplikasikan pada genteng bekas atau pernah dicat asalkan sudah dilakukan pembersihan dengan secara  baik.

3. Pengeringan

Tentu saja cat genteng yang sudah diaplikasikan tidak bisa langsung kering, sehingga Anda perlu menunggu setidaknya 1-2 jam. Kalau ingin menambahkan lapisan kedua, tentu harus menunggu lapisan pertama kering minimal 1 jam. Tetapi waktu pengeringan ini sangatlah bergantung pada panas matahari, angin, dan ketebalan cat yang di aplikasikan.

Kesimpulan

Genteng yang menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah bangunan tentunya perlu d iberikan cat genteng terbaik agar bisa lebih tahan lama. namun, pemilihannya perlu  dapat mempertimbangkan beberapa poin, seperti kualitas, jenis cat, warna, dan ukuran kemasan. Jika sudah memiliki kriteria tertentu, anda bisa meliha tempat  rekomendasi  di atas cat genteng terbaik dari berbagai merk sebagai sebuah  referensi. Meskipun berbeda-beda, tetapi secara umum langkah-langkah penggunaannya kurang lebih sama.