Rekomendasi brian lundquist dTsSLALhjoc unsplash

2 Shampo Motor Terbaik

Setiap pengguna motor pasti menginginkan motor yang bersih dan mengilap. untuk mewujudkan nya, motor anda harus rutin di cuci dengan sebuah  shampo motor. namun, memilih shampo motor tidak bisa sembarangan. sebagai contoh, shampo motor untuk bodi motor dengan cat warna doff tentu  sangat berbeda dengan cat warna glossy.

Kami akan membahas cara memilih shampo motor yang tepat. Kami juga merekomendasikan merek shampo motor yang bagus, seperti 3M, Meguiars, dan KILAP PREMIUM dan lain sebagai nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih shampo motor

Ada banyak pilihan macam produk sampo motor yang beredar di pasaran. setiap produk sampo motor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena itu, sebelum membelinya, anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1.Perhatikan warna cat pada motor

Warna cat motor umumnya dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu warna doff dan glossy. Kedua jenis warna cat motor tersebut memiliki karakteristik yang berbeda sehingga sampo motor yang digunakan juga berbeda. Berikut ini adalah penjelasan terkait pilihan sampo motor untuk kedua jenis warna cat motor.

Warna doff: Shampo yang mengandung detergen dan wax sebaiknya dihindari

Warna doff atau matte memiliki tekstur yang sedikit kasar. Selain itu, warnanya juga tidak terlihat mengilap. Warna tersebut dapat Anda jumpai pada motor Yamaha N-Max, Honda Vario, atau Honda PCX yang diproduksi tahun 2019.

Jika Anda memiliki motor dengan warna doff, hindari sampo yang mengandung wax. Wax merupakan bahan sejenis lilin yang sering digunakan sebagai lapisan cat motor atau mobil. Jika Anda menggunakan sampo motor dengan wax untuk warna doff, kesan buram pada cat doff akan rusak.

Warna cat doff juga harus dihindarkan dari sampo motor yang mengandung detergen. Detergen pada sampo motor bersifat asam yang menyebabkan warna doff akan lebih cepat pudar. Terlebih lagi, warna doff memang mudah pudar karena tidak dilapisi pernis.

Baca Juga:  5 Tangga Lipat Minimalis Terbaik

Warna glossy: Shampo yang mengandung wax pas digunakan

Karakteristik cat warna glossy di bodi motor tentunya berbeda dengan cat warna doff. Dari segi tekstur, cat warna glossy cenderung halus ketika disentuh. Kemudian, cat warna glossy juga terlihat lebih mengilap.

Sampo motor yang cocok untuk bodi motor berwarna glossy adalah sampo yang mengandung wax. Alasannya karena sampo dengan wax dapat menjadikan motor makin mengilap. Hal ini tentu menjadikan motor terlihat seperti baru.

2.Ketahui kandungan pada shampo motor

Cat adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan saat Anda mencuci motor. Jika sampai salah dalam memilih sampo, motor mungkin sulit dibersihkan dan bisa jadi cat motor berisiko rusak. Untuk itu, perhatikan secara detail kandungan bahan yang tertulis di kemasan.

Detergen, berfungsi untuk mengangkat kotoran, tetapi bersifat korosi terhadap cat

Detergen pada sampo motor berfungsi untuk mengangkat kotoran. Meski demikian, kandungan detergen juga memiliki dampak buruk bagi cat motor. Apa saja dampak buruk yang akan terjadi?

Detergen yang bersifat asam dapat menyebabkan korosi sehingga kualitas cat motor akan menurun. Jika Anda ingin memilih sampo motor jenis detergen, pilih produk dengan kandungan detergen yang rendah.

Detergen juga berdampak buruk bagi lingkungan. Limbah sampo berbahan detergen dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

Sampo dengan detergen juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Terlebih, jika Anda tidak cocok dengan sampo berbahan detergen.

Detergen bisa merusak lapisan wax pada cat.

Akan lebih aman jika Anda memilih sampo dengan bahan dasar organik. Selain aman untuk cat motor, sampo dengan bahan dasar organik juga aman terhadap lingkungan karena limbahnya mudah terurai.

Ber-pH 7, menjadikan warna cat motor lebih awet

Sampo motor yang beredar di pasaran memiliki tingkat keasaman (pH) yang beragam. Untuk itu, Anda harus mengetahui perbedaan tingkat keasaman sampo motor karena hal ini dapat berpengaruh pada keawetan cat motor.

Nilai pH 7: Nilai pH 7 merupakan nilai netral suatu cairan. Sampo motor dengan nilai pH 7 paling ideal digunakan karena aman bagi cat motor dan kulit.

Nilai pH di bawah 7: Sampo motor dengan nilai pH di bawah 7 berarti kadar keasamannya tinggi. Jika digunakan, sampo ini dapat merusak cat motor.

Nilai pH 8 hingga 14: Nilai pH 8 hingga pH 14 menunjukkan bahwa sampo motor memiliki kadar basa yang tinggi. Jika digunakan untuk mencuci motor, dapat membuat catnya mudah kusam.

3 Pilih yang mudah untuk dibilas

Sampo motor berbusa banyak dapat mempermudah Anda untuk membersihkan kotoran yang menempel pada motor. Selain itu, busa yang banyak juga mengurangi risiko lecet pada bodi motor saat Anda menggosoknya menggunakan spons pembersih.

namun, tidak selamanya sampo dengan busa yang banyak itu bagus. ada juga sampo dengan busa yang melimpah justru menandakan zat pembersih pada sampo bersifat basa atau pH terlalu tinggi. Jika sampo tersebut sering di guna kan, akibatnya lapisan coat, wax, atau sealant pada cat akan mudah pecah dan getas. pada akhirnya, cat akan berubah menjadi kusam dan belang setelah dicuci.

Baca Juga:  3 Merk Gula Pasir Kemasan Terbaik

Anda juga perlu mempertimbangkan sampo yang mudah dibilas. Sampo yang mudah dibilas akan memudahkan Anda mengelapnya sehingga proses pengeringan bodi motor lebih mudah dan cepat.

4.Gunakan shampo mobil untuk mencuci motor

Sampo mobil dapat juga Anda gunakan untuk mencuci motor. Hal ini karena kandungan pada sampo mobil tidak jauh berbeda dengan sampo motor. Selain itu, sampo mobil juga didesain tidak merusak cat pada mobil sehingga bisa diaplikasikan ke motor.

bagi anda yang memiliki motor dan mobil, penggunaan sampo mobil untuk mencuci motor dan mobil dapat menghemat pengeluaran. namun, anda tetap harus memperhatikan jenis cat pada motor anda.

Ini lah beberapa rekomendasi 2 jenis shampoo motor di antara nya sebagai berikut :

 

1. KIT Motor Shampoo

 

Rekomendasi kit

                                                     ( Gambar  shampoo motor  Merek KIT   )

Andal untuk membersihkan bekas oli yang menempel pada mesin

Kelebihan:

  • Memiliki aroma lemon yang menyegarkan
  • Diklaim tidak akan merusak cat dan tidak menimbulkan bercak pada cat motor
  • Menawarkan tiga pilihan volume yang bisa dipilih sesuai kebutuhan

Kekurangan:

  • Karena kemasannya saset, Anda perlu menyiapkan botol khusus agar tidak mudah tumpah

KIT shampo motor pastinya sudah tidak asing di telinga anda. Kelebihan sampo motor merek ini adalah memiliki kemampuan ekstra dalam membersihkan kotoran. Bekas oli yang menempel pada mesin terbukti dapat di bersihkan dengan sangat mudah.

Oli yang menempel pada mesin memang tidak bisa di hindari, terutama setelah motor diservis. anda bisa menggunakan sampo motor ini untuk mencuci motor setelah diservis. Gunakan spons dan sikat untuk menggosok bagian motor dengan sampo. Alhasil, kotoran bandel pun akan hilang.

Lokasi : Jl. Pulo Lentut No.16, Rw. Terate, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13920

Website : www.scjohnson.co.id

 

2. NOSY Shampoo Motor

 

Rekomendasi nossy

                                                         ( Gambar shampoo motor merek Nosy )

Hasilkan busa melimpah yang aman di tangan

Kelebihan:

  • Kemasan saset yang praktis dibawa-bawa
  • Diklaim tidak menimbulkan bintik-bintik di permukaan cat setelah pencucian

Kekurangan:

  • Terdapat kandungan silikon yang dapat membuat cat mudah kusam

Anda sering kesal dengan sampo motor yang tidak berbusa meskipun sudah digosok berulang kali? Silakan Anda menggunakan produk sampo motor yang satu ini. NOSY Shampoo Motor mampu menghasilkan busa melimpah dan yang terpenting aman di tangan. Dengan begitu, Anda pun bisa mencuci motor dengan bersih tanpa khawatir tangan mengalami iritasi.

Lokasi : Jl. Manis II No.15, RT.001/RW.001, Manis Jaya, Kec. Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten 15136

Website : www.sparindo-mustika.com

 

Pertanyaan umum seputar shampo motor

Apakah shampo rambut dan sabun cuci piring bisa untuk mencuci motor?

Sabun cuci piring tidak disarankan untuk mencuci motor karena dapat meninggalkan white spot. Mencuci motor menggunakan sabun cuci piring juga dapat membuat lapisan cat motor cepat rusak. Sementara itu, mencuci motor dengan sampo rambut dapat menurunkan daya kilap. Pasalnya, sampo rambut tidak mengandung wax yang dapat melindungi cat motor dari paparan sinar matahari.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Restoran di Bandung Terbaik

Selain itu, sampo rambut dan sabun cuci piring mengandung zat kimia yang tidak cocok untuk cat motor. Bukannya terlihat mengilat, bisa jadi body motor Anda akan terlihat kusam dan meninggalkan bercak-bercak putih.

Apakah boleh mencuci motor dalam keadaan panas

Mencuci motor dalam keadaan panas dapat berdampak buruk pada kondisi motor, terutama untuk jangka panjang. Beberapa dampak mencuci motor saat keadaan panas akan kami jelaskan di bawah ini.

Selain krom knalpot akan mudah mengelupas, uap yang dihasilkan karena mesin yang disiram air juga menyebabkan dampak buruk. Dampaknya adalah penumpukan embun di panel indikator dan water spot berupa bercak.

Mencuci motor dalam keadaan mesin panas dapat menimbulkan bercak di sekitar mesin setelah mengering yang terlihat seperti noda. Hal ini disebabkan oleh busa sampo yang langsung mengering karena terkena panas mesin. Tentunya hal tersebut sangat tidak enak untuk dipandang karena mesin seolah ada bercak-bercak putih.

Sering mencuci motor dalam keadaan mesin panas juga akan berakibat buruk pada komponen-komponen mesin yang terbuat dari logam. Hal tersebut dapat menyebabkan thermal shock, yaitu kondisi logam panas yang terkena siraman air dingin menjadi menyusut secara mendadak.

Dampak yang mudah terlihat adalah pada logam leher knalpot yang akan menguning dan berkarat. Lebih baik menunggu 10–20 menit setelah motor digunakan agar suhu mesin turun terlebih dahulu. Setelah itu, motor Anda bisa dicuci.

Berapa minggu sekali sebaiknya motor dicuci

Mencuci motor sebaiknya dilakukan secara rutin, misalnya minimal satu minggu sekali. Jangan tunggu motor terlalu kotor. Kotoran yang menempel pada motor bisa memicu kerusakan. Alangkah baiknya jika Anda mencuci motor pada pagi hari sebelum digunakan untuk beraktivitas.

Selain itu, debu-debu pada motor akan menjadi kerak dan sulit dibersihkan jika dibiarkan. Kotoran yang dibiarkan lama-lama akan memicu karat pada komponen-komponen logam. Sebaiknya segera cuci motor setelah dipakai menerjang hujan. Air hujan yang cenderung asam akan mengakibatkan karat mudah muncul pada komponen-komponen logam motor.

Cara menggunakan shampo motor yang benar

Mencuci dengan sampo motor dapat menjaga kebersihan dan penampilan motor. Selain itu, mencuci motor juga dapat mencegah kerusakan pada cat dan kerangka mesin motor. Agar hasil mencuci motor lebih maksimal, kami siapkan sedikit panduan mengenai tata cara mencuci motor yang tepat.

Siapkan dua spons untuk membersihkan bagian motor yang memiliki permukaan luas dan rawan tergores. Satu sponsnya digunakan untuk menggosok bodi motor, sedangkan satunya lagi untuk membersihkan area berminyak.

Gunakanlah sikat untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau, seperti jeruji roda, standar, pijakan kaki, dan shock breaker.

Lakukan pencucian pada bagian bawah rangka motor terlebih dahulu. Pastikan untuk membilas bagian tersebut hingga bersih. Jika perlu, gunakan sikat kecil untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit dijangkau dan memiliki kotoran yang membandel.

Setelah selesai membersihkan bagian bawah, lakukan penyabunan pada bodi motor dengan spons yang khusus untuk bodi motor.

Kesimpulan

Sudah seharusnya Anda merawat motor dengan rutin mencuci menggunakan sampo motor. Namun, Anda harus berhati-hati saat memilih sampo motor supaya cat motor tidak cepat rusak. Anda bisa memilih produk yang sudah kami rekomendasikan.

dengan mencuci motor secara rutin, tentunya motor menjadi lebih bersih. anda pun akan makin percaya diri ketika saat  bepergian menggunakan motor. maka dari itu, rutin lah mencuci motor anda dengan sebuah  pilihan sampo motor yang tepat.