Rekomendasi markus spiske lNlETtKhYOQ unsplash

3 Rekomendasi Bantal Jok Mobil Terbaik

Bantal jok mobil atau seat cushion adalah  sebuah bantalan kursi mobil yang di pakai oleh bagi  pengemudi. keberadaan nya sangatlah  bermanfaat karena dapat meminimalkan sakit pinggang, leher, atau bahu kaku selama dalam mengemudi. saat ini, ada begitu banyak produk bantal jok mobil di pasaran, baik yang sarat teknologi maupun yang berdesain fashionable.

untuk membantu anda menemukan produk yang tepat, kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih seat cushion. kami juga akan memperkenalkan merek bantal jok mobil yang bagus, seperti Coccyx dan SOHA. Jadi, pastikan anda menyimak artikel ini sampai tuntas.

Table of Contents

Fungsi bantal jok mobil

Aktivitas mengemudikan mobil, baik itu bersama teman maupun sendirian, merupakan suatu  kegiatan yang dapat  menyenangkan. namun, rasa lelah mungkin saja timbul saat berkendara jarak jauh. hal ini terjadi karena anda berada dalam posisi duduk yang sama dalam waktu lama. Karena itu, Anda membutuhkan bantal jok mobil.

Seat cushion mobil akan menyangga leher, bahu, dan pinggang sehingga membantu Anda untuk duduk dengan posisi benar. Selain itu, ada juga produk yang dilengkapi fungsi pemanas atau kipas pendingin. Di samping meminimalkan kelelahan, fungsi-fungsi tersebut membuat Anda nyaman mengemudi saat cuaca panas atau dingin.

Cara memilih bantal jok mobil

Di bagian ini kami akan menjelaskan mengenai cara memilih bantal jok mobil yang tepat. temukan dan pilih lah bantal jok mobil yang dapat secara  mengoptimalkan kenyamanan mengemudi anda.

① Sesuaikan tipenya dengan bagian tubuh yang ingin di topang

Secara umum terdapat dua jenis seat cushion mobil yang di gunakan oleh pengemudi. Pertama, seat cushion tipe seat yang menyangga seluruh tubuh. Kedua, seat cushion tipe spesifik yang menopang pada bagian tubuh secara khusus, misal nya pinggang, punggung, atau leher. Pilih lah bantal jok mobil sesuai dengan bagian tubuh yang ingin anda topang saat menyetir.

Baca Juga:  14 Rekomendasi Merk Jemuran Handuk Terbaik

Tipe seat, menyangga seluruh bagian tubuh

Kami merekomendasikan bantal jok mobil tipe seat jika Anda ingin meminimalkan rasa lelah di seluruh tubuh. Bantalan tipe seat melapisi seluruh bagian jok pengemudi. Bantal jok tipe ini akan menyangga seluruh bagian pinggang, punggung, dan leher. Dengan demikian, tubuh bagian belakang Anda pun tidak akan terasa pegal.

Bantal jok tipe seat yang paling sederhana adalah zabuton. meski bentuknya sederhana, seat cushion ini dapat menyerap tekanan dan mendistribusikannya ke seluruh bagian tubuh. Jadi, meski duduk dalam waktu yang lama, anda tetap akan merasa akan nyaman. selain itu, tipe ini juga awet digunakan dan tidak mudah rusak.

Tipe spesifik, menopang bagian tubuh tertentu

Bagi anda yang sering merasa pegal di bagian tubuh spesifik, pilihlah tipe ini. Sebagai contoh, pilih back type seat cushion untuk menyangga bagian punggung dan pinggang. Tipe ini memiliki ketebalan beragam yang dapat membantu anda untuk menegakkan pinggang serta memperbaiki posisi duduk. Apabila bantalan diletakkan di posisi sejajar dengan tulang ekor, anda bisa mengurangi beban di pinggang.

Back type direkomendasikan bagi Anda yang sering mengalami sakit pinggang dan posisi punggung membungkuk saat menyetir. Tipe ini mengurangi beban di pinggang dengan menopang punggung tetap berada di posisi natural berbentuk huruf S.

Neck type cocok bagi Anda yang sering mengalami leher kaku dan lelah saat mengemudi. Bantalan jok mobil tipe ini akan mencengkam leher dengan lembut agar rasa lelah dapat d iminimal kan.

② Pilih yang bertekstur ideal dan memiliki sirkulasi udara baik

Seat cushion umum nya terdiri dari dua jenis tekstur, yaitu keras dan lembut yang dapat dipilih sesuai selera. Seat cushion bertekstur keras memiliki resistansi terhadap tekanan sehingga sulit kempis. Bantalannya akan kempis perlahan dan mengikuti lekuk tubuh Anda.

Dengan begitu, anda dapat mengatur posisi duduk agar dapat mengemudikan mobil secara benar dan aman. Bantal jok jenis ini memang tidak terlalu empuk seperti seat cushion bertekstur lembut. namun, kami merekomendasikan jenis ini jika anda ingin duduk dengan postur tubuh baik tanpa membungkuk.

Selain itu, mengemudi dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan rasa gerah. Cuaca panas dapat membuat suhu di bagian punggung dan pinggang meninggi meski sudah menyalakan air conditioner (AC). Bantal jok dengan sirkulasi udara yang buruk tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat anda duduk. karena itu, bacalah ulasan dari pengguna lainnya dan pilih lah yang memiliki sirkulasi udara baik.

③ Gunakan produk yang mudah dipasang sesuai keinginan

Bantal jok mobil secara umum memiliki dua tipe tali pengait, yaitu one touch type dan ring type. One touch type atau tipe gesper dipasang dengan mengaitkan bantal jok di kedua gespernya sehingga dapat menghemat waktu.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Gitar Akustik Elektrik Terbaik

Di sisi lain, bantal jok bertali pengait ring type lebih mantap mencengkeram jok karena menggunakan ring. Ring type seat cushion juga lebih awet karena tidak mudah rusak akibat goncangan ataupun getaran mobil.

Baik one touch type maupun ring type seat cushion memiliki keunggulan masing-masing. Di samping kedua tipe tersebut, tipe dengan karet elastis juga banyak beredar di pasaran. Anda bisa menyesuaikannya dengan preferensi dan kenyamanan Anda.

④ Periksa juga kelebihan lainnya, seperti fungsi pemanas atau pendingin

Bantal jok berkipas pendingin yang mendinginkan punggung ataupun pinggang adalah solusi jika Anda mudah berkeringat saat mengemudi. Tipe bantal jok tersebut cocok digunakan di dataran rendah yang suhu udaranya panas.

Sementara itu, bantal jok dengan pemanas di rekomendasikan bagi anda yang tinggal di dataran tinggi atau bersuhu udara dingin. Karena produk ini cepat bekerja, Anda dapat segera mengemudi tanpa harus menunggu udara panas dari pemanas mobil. apabila anda tipe orang yang mudah merasa kedinginan, anda dapat mempertimbangkan untuk membeli bantal jok tipe ini.

Berikut ini tiga bantal jok mobil terbaik di antara nya sebagai berikut seperti di bawah ini :

 

1. Speeds Bantal Pijat Portable Home and Car Masage Pillow

 

Rekomendasi speeds

                                                ( Gambar Speeds Bantal Pijat Portable home and car )

Rasakan pengalaman pijat refleksi sambil berkendara

Kelebihan:

  • Dapat digunakan di mobil atau di rumah
  • Dilengkapi dengan pemanas inframerah yang mampu memberi pijatan seperti profesional

Kekurangan:

  • Waktu penggunaannya terbatas sehingga perlu di-charge berkala

Apakah anda sedang mencari produk yang tidak hanya dapat menyangga leher, tetapi juga dapat memijatnya? Produk dari Speeds adalah jawaban untuk Anda.

Saat anda duduk, bantalan ini akan memijat bagian belakang leher Anda seperti sedang dipijat refleksi. karena bentuk nya yang compact, bantalan ini tidak hanya cocok untuk  di gunakan di mobil, tetapi juga di sofa rumah.

Lokasi : jalan peta barat samping smp186, RT.2/RW.13, Kalideres, Kec. Kalideres, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11840

Website : www.speedsindo.com

 

2.Vent Mesh Lumbar Lower Back Brace Support

 

Rekomendasi vent

                                                         ( Gambar Vent Mesh Lumbar Lower back )

Cushion berjaring, usir gerah sambil merasakan kenikmatan pijatan di pinggang!

Kelebihan:

  • Bentuknya ergonomis sehingga punggung akan mengikuti kontur
  • Dilengkapi dengan bola seperti batu akupunktur yang memberi sensasi pijatan pada punggung

Kekurangan:

  • Jaringnya cukup tipis sehingga rawan sobek

Produk yang satu ini terbuat dari steel wire berlapis jaring elastis agar dapat juga menyesuaikan kontur pinggang pengemudi. Karena seat cushion ini berongga, udara di sekitar punggung anda akan selalu bersirkulasi. kami merekomendasikan bantal pinggang mobil ini jika seat cushion yang biasa belum dapat memberikan kesejukan di sekitar pinggang anda.

Selain dapat menyangga punggung dengan nyaman dan sejuk, di bagian tengahnya terdapat massage beads. dengan demikian, pinggang anda secara konstan terus dipijat sehingga otot Anda tidak kaku saat menyetir untuk perjalanan jauh.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Merk Hijab Terkenal yang Bagus

Lokasi : Harco glodok JL Hayam Wuruk.2-5 GF1, A/25, RT.1/RW.6, Mangga Besar, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11180

Website : www.amazon.com

 

3. MobeoBantal Mobil Penyangga Punggung / Leher

 

Rekomendasi mobeo

                                          ( Gambar Mobeo Bantal mobil penyangga punggung / leher )

Fleksibel, ketinggian bantal leher dapat disesuaikan

Kelebihan:

  • Materialnya memory foam, lebih dinamis dan mengikuti lekuk tubuh

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi ritsleting, sedikit sulit kalau ingin mencuci cover-nya

Produk ini tidak boleh dilewatkan jika Anda sedang mencari seat cushion untuk bagian leher dan punggung Anda. Dengan membeli produk ini, Anda akan mendapatkan dua buah bantalan yang meringankan kelelahan di bagian leher dan punggung.

Menariknya, bantalan leher dapat diatur sedemikian rupa menyesuaikan tinggi badan orang yang sedang duduk. Jadi, siapa pun yang duduk di sana tetap akan mendapatkan kenyamanan selama perjalanan.

Lokasi : Mangga Besar, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11180

Website : www.listingiklan.com

Cara duduk yang benar di kursi pengemudi

Selain berbekal seat cushion, sebaiknya Anda juga memasang postur tubuh yang benar ketika mengemudi. Meski Anda sudah mengetahui cara duduk yang benar, terkadang Anda cenderung melupakannya saat terlalu asyik mengemudi. Padahal, penyebab nyeri punggung atau rasa lelah mungkin saja d isebabkan oleh cara duduk yang cukup salah.

Atur posisi jok mobil agar kaki mudah menginjak pedal rem

Duduklah secara tegak serta nyaman dengan cara bersandar tanpa menyisakan celah di antara pinggang dan jok. Postur duduk yang salah bukan hanya akan menyebabkan sakit punggung, tetapi juga akan membahayakan Anda.

Postur tersebut mengakibatkan posisi kaki sulit menginjak pedal rem dalam keadaan darurat. Karena itu, kami merekomendasikan seat cushion untuk Anda yang kesulitan meniadakan celah antara pinggang dan jok.

Pengendara mobil tipe manual menginjak pedal kopling dengan kaki kiri dan pedal rem dengan kaki kanan. Untuk kenyamanan, aturlah posisi duduk agar Anda dapat menekuk lutut dan kaki bisa menjangkau rem. Jangan lupa untuk menambahkan seat cushion agar anda dapat duduk dengan cukup  nyaman.

Cek fungsi tilt dan telescopic yang ada di setir

Agar nyaman memegang kemudi, atur posisi duduk agar dapat bersandar, lalu genggam setir dengan siku sedikit menekuk. Namun, posisi duduk yang terlalu rebah akan berbahaya karena pandangan anda jadi terhalang. Selain itu, posisi ini menyulitkan anda mengendalikan setir sehingga dapat meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.

Apabila posisi setir dapat diatur, Anda akan mudah untuk mendapatkan posisi mengemudi yang paling tepat. Aturlah tilt (fungsi naik dan turun) dan telescopic (fungsi maju dan mundur) setir untuk mencegah bahu terasa kaku.

Perhatikanlah posisi sandaran kepala atau headrest

Headrest diatur dengan menyesuaikan ketinggian duduk. Apabila tingginya tidak sejajar dengan kepala, Anda tidak bisa menyandarkan leher di posisi yang benar. Aturlah ketinggian headrest agar bagian belakang dan tengah kepala dapat bersandar secara tepat di bantalan. Dengan mengatur headrest di posisi yang benar, kepala Anda akan terlindung dari benturan saat terjadi kecelakaan.

Posisi sandaran kepala yang tepat juga dapat mengurangi risiko sakit leher dan pusing. Sebaliknya, posisi sandaran kepala yang salah akan mengurangi perlindungan kepala dan leher Anda dari benturan. Jadi, demi kenyamanan dan keamanan, aturlah posisi sandaran kepala Anda dengan baik.

Kiat mengurangi kelelahan saat berkendara dalam waktu lama

Pasanglah seat cushion dan perhatikanlah postur duduk saat harus mengemudi dalam waktu lama. Di samping itu, sempatkanlah waktu untuk beristirahat dan melemaskan otot tubuh.

Idealnya, seorang pengemudi berhenti menyetir setiap jam dan beristirahat setidaknya dua jam sebelum berangkat. Berhubung menyetir melelahkan dan membutuhkan konsentrasi tinggi, beristirahatlah setiap kali Anda sudah merasa lelah.

Kesimpulan

anda pasti ingin mengemudi senyaman mungkin sepanjang hari, tanpa mengeluh sakit leher atau pegal di pinggang, bukan? dengan mempraktikkan posisi mengemudi yang benar dan memasang bantal jok mobil, momen berkendara anda akan jadi lebih nyaman.

Apakah anda sudah menemukan bantal jok mobil yang sesuai dengan kebutuhan? Jika belum, anda dapat membaca kembali artikel kami untuk menentukan produk yang tepat. Selamat memilih dan berkendaralah dengan nyaman.