Rekomendasi jacek dylag hUHzaiAHuUc unsplash

3 Rekomendasi Gitar Akustik Elektrik Terbaik

Gitar akustik elektrik adalah salah satu sebuah  alat musik yang dapat di rekomendasi kan jika anda memiliki hobi bermusik. namun, apabila anda baru pertama kali membeli gitar, dapat mengetahui produk yang cocok di pilih tentu tidak lah akan mudah. terlebih, ada begitu banyak merek gitar yang tersedia di pasaran, misal nya Yamaha, Gibson, Cort, dan Cowboy serta lain sebagai nya.

kami akan menjelaskan cara memilih gitar akustik elektrik terbaik untuk anda. Simak juga informasi gitar akustik elektrik murah dan beberapa produk rekomendasi yang bagus untuk dapat di pilih.

Perbedaan gitar akustik elektrik dengan gitar elektrik dan gitar akustik biasa

Sebelum membahas cara memilih, ada baik nya anda dapat  ketahui terlebih dulu perbedaan antara gitar akustik elektrik dengan gitar lain sebagai nya. Gitar akustik elektrik memiliki semua sifat gitar akustik dan dapat di mainkan dengan cara yang sama persis. secara tampilan pun gitar ini terlihat mirip dengan gitar akustik biasa. namun, gitar akustik elektrik memiliki pickup yang dipasang di bagian bridge dan panel kontrol di bagian sisi.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Terkenal

Pickup merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah getaran senar gitar menjadi sinyal listrik. Sinyal-sinyal ini kemudian dikirim ke amplifier agar suara gitar bisa diperbesar hingga tingkat volume yang diinginkan. Dengan kata lain, apabila gitar akustik elektrik dihubungkan dengan amplifier, suaranya dapat ditingkatkan tanpa perlu menggunakan mikrofon.

Gitar akustik elektrik bisa dimainkan dengan atau tanpa dihubungkan keamplifier. Namun, suara yang dihasilkan tidak maksimal. Sementara itu, gitar elektrik hanya dapat digunakan setelah disambungkan ke amplifier.

Selain itu, ada banyak penyesuaian yang harus dilakukan pada gitar elektrik sebelum mulai dimainkan. Hal ini bertolak belakang dengan gitar akustik elektrik yang mudah digunakan dan sederhana untuk dimainkan. Perbedaan mencolok lainnya terletak pada bodi. Gitar akustik elektrik memiliki lubang suara berbentuk bundar di bagian bodinya, sedangkan gitar listrik tidak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gitar akustik elektrik

Gitar akustik elektrik adalah instrumen musik yang akan anda gunakan dalam waktu cukup lama. karena itu, pertirmbangkan lah beberapa poin berikut ini sebelum memutuskan pilihan.

① Perhatikan jenis kayu yang digunakan

Bahan kayu yang digunakan dalam pembuatan gitar sangat menentukan kualitas nada yang dihasilkannya. Jenis kayu yang berbeda akan menghasilkan bunyi yang berbeda pula. Salah satu faktor yang memengaruhi hal ini adalah tebal tipisnya bahan kayu.

Akan tetapi, kebanyakan produsen gitar meyakini bahwa kayu bagian atas gitarlah yang paling menentukan kualitas nada. Karena itu, perhatikanlah bahan yang digunakan untuk bagian tersebut jika produsen memakai lebih dari satu jenis kayu.

Nah, kayu yang umum dipakai dalam pembuatan gitar adalah mahogany, spruce, rosewood, koa, maple, dan lain-lain. Tiap-tiap kayu tentu mempunyai karakteristik tersendiri. Sebagai contoh, gitar yang terbuat dari bahan rosewood akan membuat suara terdengar lebih hangat, natural, dan jernih. Namun, gitar berbahan kayu rosewood memiliki bobot yang cukup berat.

② Sesuaikan ukuran bodi gitar dengan perawakan Anda

Selain bahan kayu, ukuran bodi juga perlu menjadi pertimbangan dalam memilih gitar akustik elektrik. Hal ini penting karena akan berpengaruh pada tingkat kemudahan gitar tersebut saat dimainkan.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Laptop MacBook Terbaik

Sebagai contoh, anak di bawah 12 tahun tentu akan merasa kesulitan memainkan gitar yang dibuat untuk orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kunci yang susah dijangkau apabila ukuran tangan tidak sesuai dengan ukuran gitar. Oleh sebab itu, penting untuk menyesuaikan ukuran bodi gitar dengan perawakan Anda.

Untuk orang dengan tubuh tidak terlalu besar, pilihlah bodi gitar berukuran kecil atau sedang. Sebaliknya, bagi yang berpostur besar dan menyukai gitar dengan keseimbangan yang pas, gitar berbodi besar merupakan pilihan tepat. Untuk poin ini Anda memiliki cukup banyak pilihan karena beberapa produsen membuat pilihan gitar hingga ukuran jumbo.

③ Cek suara gitar saat dimainkan dengan dan tanpa amplifier

Setelah menyeleksi bahan kayu dan ukuran bodi, Anda perlu mengecek bunyi yang dihasilkan oleh gitar tersebut. Anda bisa melakukannya dengan cara memainkan beberapa chord yang ada di bagian atas dan bawah fretboard.

Periksalah ketepatan nada di fret pertama dan fret-fret berikutnya dengan menggunakan tuner. Pengecekan ini akan membantu Anda mengukur tingkat responsif dari fretboard dan senar.

Lakukan juga hal ini setelah gitar tersambung dengan amplifier untuk memeriksa kualitas pickup. Apabila Anda ingin membeli secara online, komunikasikan dengan penjual dan tanyakan dengan rinci sebelum membeli. Jangan lupa juga untuk membaca ulasan dari pembeli lainnya sebagai bahan pertimbangan tambahan.

④ Periksa juga kelebihan lain yang ditawarkan

Salah satu keunggulan dari gitar akustik elektrik adalah memiliki kontrol di bagian tepi bodi yang bisa diatur sesuai keinginan. Namun, komposisi dari kontrol ini cukup beragam dan berbeda antara satu gitar dengan gitar lainnya. Karena itu, sebaiknya periksalah kelebihan lain yang ditawarkan dan pilihlah yang paling sesuai untuk Anda.

Sebagian besar gitar akustik elektrik memiliki tombol untuk mengontrol nada, efek, dan volume suara. Beberapa produk bahkan dilengkapi dengan tuner built-in sehingga Anda tidak perlu menggunakan tuner dari luar. Selain itu, ada juga gitar dengan kenop pengaturan tambahan yang memberikan lebih banyak pilihan pada kualitas suara.

Baca Juga:  8 Merk Printer Terbaik & Bagus

Berikut tiga terbaik akustik elektrik terbaik di antara nya sebagai berikut di bawah ini :

 

1.Yamaha Gitar Akustik Elektrik | FX310

 

Rekomendasi yamaha fx 310

                                                   ( Gambar Gitar Akustik Merek Yamaha FX 310 )

Modelnya simpel, tetapi berkelas, membuat tampilan panggung jadi lebih wah

Yamaha FX310 merupakan salah satu gitar akustik elektrik terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tak murahan. dengan Kualitas suaranya pun tidak perlu di ragu kan lagi karena telah melalui pengujian ketat hingga lolos QC. Gitar ini dilengkapi preamp passive sehingga suara yang dihasilkan menjadi real acoustic.

Selain itu, gitar ini juga di desain dengan model dreadnought yang membuat tampilan panggung lebih elegan dan wah. Produk ini cocok untuk Anda yang suka show up dengan gaya simpel, tetapi tetap cool saat di tonton banyak orang.

Lokasi : Kawasan Industri Pulogadung, Jl. Pulobuaran Raya No.1, Jatinegara, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13930

Website : www.yamaha.com

2. Gibson Accoustic Electric Guitar | SJ-200

 

Rekomendasi gibson

                                                  ( Gambar gitar Akustik Merek Gibson SJ -200 )

Dual action truss rod membuat neck dapat diatur sesuai selera

Gitar akustik elektrik dari Gibson ini ditawarkan dengan paket yang cukup lengkap, mulai dari soft case hingga stand gitar gantung. anda dapat memasukkannya ke dalam daftar belanja jika sedang mencari gitar beserta  dengan kelengkapan nya.

hal yang membuat gitar ini menarik adalah adanya dual action truss rod. Truss rod merupakan batang besi yang ada di dalam neck. Dengan adanya kelebihan tersebut, Anda dapat mengatur posisi neck sesuai  dengan kenyamanan anda. namun, perlu di ingat bahwa ukuran Gibson J200 cukup besar. oleh karena itu, sesuaikan ukura nnya dengan tangan pengguna.

Lokasi : RT.1/RW.4, Karet Semanggi, Setiabudi, South Jakarta City, Jakarta 12930

Website : www.gibson.com

 

3. Cowboy Accoustic Electric Guitar | GWC-240

 

Rekomendasi cowboy

                                     ( Gambar gitar merek Cowboy Accoustic Electric Guitar  GWC-240 )

Beginner friendly, harganya pun kurang dari 1 juta

Apakah anda sedang mencari gitar akustik dengan harga yang cukup terjangkau? Jika iya, gitar keluaran Cowboy ini wajib masuk ke dalam daftar belanja anda. Gitar ini diklaim beginner friendly karena desain senar yang pipih. hal ini memungkinkan anda sebagai pemula untuk memainkan nya dengan aman dan cukup  nyaman.

Lokasi : Jl. Jelambar Selatan Raya No.43, RT.8/RW.5, Jelambar Baru, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460

Website : www.sinceremusic.co.id

 

Itu lah beberapa artikel di atas tiga buah gitar accoustic terbaik yang dapat kalian coba untuk memiliki semoga bermanfaat bagi kalian semua nya.