Rekomendasi david klein ngbwmxXCOss unsplash

13 Rekomendasi Alat Panggang BBQ Terbaik

Menyantap barbeque adalah momen yang sangat lah menyenangkan dimana banyak orang akan berkumpul dan memanggang makanan seperti ikan, daging, sosis, dan sebagai nya. untuk memanggang bahan makanan tersebut tentu dibutuhkan alat panggang BBQ. Dulunya alat panggang BBQ menggunakan arang kayu untuk memanggang. Namun kini, alat panggang tersebut hadir dengan teknologi listrik dan juga gas.

Pernahkah anda memiliki rencana pesta barbeque batal dikarenakan hujan sehingga tidak bisa memanggang di luar ruangan? Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi karena telah dihadirkan produk alat panggang BBQ dengan tenaga listrik ataupun gas.

Baik alat panggang BBQ yang menggunakan arang kayu maupun tenaga listrik, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Untuk alat panggang menggunakan arang kayu memberikan sensasi yang lebih nyata. Sementara, untuk alat panggang BBQ yang menggunakan listrik memberikan sensasi lebih praktis. Berbicara tentang alat panggang BBQ, dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara memilih alat panggang BBQ terbaik, beberapa produk rekomendasi dari merk terbaik, serta ulasan tambahan tentang jenis-jenis alat panggang.

Cara Memilih Alat Panggang BBQ yang Bagus

Tahukah Anda bahwa, alat panggang BBQ sudah sangat banyak di hadirkan dari merk-merk terbaik. Alat panggang tersebut memiliki jenis-jenis yang berbeda-beda. Untuk memilih produk yang terbaik, pastikan Anda mengetahui beberapa tips memilih alat panggang bbq terbaik berikut ini.

1. Perhatikan Lokasi Penggunaan Alat Panggang

Yang pertama, perhatikan lokasi penggunaan alat panggang tersebut. Apakah Anda menggunakannya didalam atau diluar ruangan. Alat panggang yang dikhususkan untuk indoor akan sangat berbeda bodinya dengan alat panggang outdoor.

Jika ada kemungkinan menggunakannya didalam maupun diluar ruangan, Anda bisa memilih produk dengan fitur tersebut. Hal ini biasanya ditAndai dengan varian bahan bakar yang bisa digunakan pada alat tersebut. Untuk indoor, tentu Anda tidak bisa menggunakan arang kayu. Jadi pastikan alat tersebut bisa menggunakan gas atau listrik.

2. Pilih Alat Panggang yang Memberikan Hasil yang Merata

Tidak menggunakan minyak seperti menggoreng, memanggang membutuhkan keahlian khusus agar hasil panggangan bisa matang secara merata. Selain itu, dibutuhkan pula alat yang bisa menghasilkan panas yang merata sehingga bahan makanan yang dipanggang juga menghasilkan kematangan yang merata. Dengan hasil yang merata, makanan akan semakin lezat dan bisa dinikmati bersama-sama.

3. Ketahui Bahan Material Alat Panggang

Berhubungan dengan poin sebelumnya, bahan material alat panggang juga mempengaruhi kematangan yang merata. Untuk itu Anda wajib mengetahui bahan material yang digunakan membuat alat panggang yang hendak Anda beli, untuk mengetahui hasil panggangannya. Selain berpengaruh kepada hasil panggangan, material ini juga akan sangat mempengaruhi harga dari alat panggang BBQ tersebut.

Baca Juga:  14 Rekomendasi Merk Jemuran Handuk Terbaik

Selain itu, pilihlah piringan yang memiliki bahan anti lengket untuk mempermudah Anda membersihkan setelah selesai digunakan. Tak hanya bahan, ukuran juga termasuk hal yang

mempengaruhi hasil panggangan. Untuk ukurannya, bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

4. Pertimbangkan Alat yang Bisa di lepas Pasang

Setelah selesai digunakan alat panggang BBQ tersebut wajib dibersihkan sebelum disimpan. Untuk itu, pilihlah alat yang mudah untuk dibersihkan. Biasanya, alat panggang yang bisa dilepas pasang akan lebih mudah dibersihkan dibandingkan alat yang menyatu secara utuh. Anda bisa mempertimbangkan fitur yang satu ini untuk menambah kenyamanan Anda dalam menggunakan alat tersebut.

Selain itu, alat panggang BBQ yang bisa dilepas pasang akan lebih mudah untuk disimpan. Namun, pastikan untuk seksama agar tak satupun bagian alat tersebut hilang atau tercecer.

5. Pertimbangkan Alat yang Memiliki Fitur Lainnya

Saat ini ada banyak fitur-fitur tambahan yang dilengkapi pada alat panggang BBQ. Salah satunya adalah bisa digunakan untuk indoor maupun outdoor. Anda bisa mempertimbangkan

hal tersebut sebelum membeli produk tersebut. Sesuaikan apakah fitur tersebut merupakan kebutuhan Anda. Perlu diketahui juga bahwa fitur ini biasanya sangat mempengaruhi harga dari produk tersebut. Jika fitur tersebut sekiranya tidak menjadi kebutuhan Anda, Anda bisa memilih produk yang tidak dilengkapi fitur tersebut. Gimana? Apakah ada fitur tertentu yang Anda inginkan?

Sudah dibekali dengan tips memilih alat panggang BBQ terbaik, kini Anda akan dibekali juga dengan beberapa produk yang sudah di rekomendasi . Penasaran dari merk apa saja? Berikut ulasan lengkap nya di bawah ini :

1. Maspion-Grill Bromo BLG-PIBR37

 

Rekomendasi maspion

( Gambar Maspion – Grill Bromo )

Masih tergolong conventional, selanjutnya ada alat panggang bbq dari Maspion-Grill Bromo BLG-PIBR37. Alat cocok digunakan untuk memanggang makanan yang smokey karena masih menggunakan arang sebagai bahan bakarnya. Tak sedikit orang kini sudah beralih ke alat panggang yang menggunakan bahan bakar gas atau listrik di karenakan merasa terganggu dengan asap.

Dengan alat panggang yang satu ini,  Anda tak perlu khawatir soal asap. Alat ini sudah dilengkapi dengan tutup sehingga Anda bisa memanggang makanan dengan rasa nyaman. Dengan ukurannya yang bisa dibilang medium, Anda bisa memindahkan alat ini dengan mudah. Dan tahukah anda, alat ini di banderol dengan harga ratusan ribu saja. Gimana? Tertarik dengan alat yang satu ini?

pelengkap BBQ menggunakan produk ini. Cocok digunakan untuk restoran, aktivitas luar ruangan, hingga di rumah Anda sendiri.

Alat panggangan ini telah dibekali oleh lapisan anti lengket dan jaring pemanggang yang dibuat dari bahan stainless steel. Dengan begitu, tidak akan mudah untuk mengalami perkaratan meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama. Nyala api yang dihasilkan lebih stabil dan membuat masakan jadi matang dengan sempurna.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Merk Celana Sepeda Terbaik untuk Pria dan Wanita

Lokasi : Kompleks Shinta Plaza Blok C No 4, Jl. Teuku Umar, Cimone, RT.001/RW.001, Cimone Jaya, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114

Website : www.loginmegastore.com

 

2. Simple Electric Oven YK-814

 

Rekomendasi yk

  ( Gambar Simple Electric Oven YK )

Yang kedua ada Simple Electric Oven YK-814. Alat panggang yang satu ini hadir dengan 2 jenis pemanggang didalam satu produknya. Salah satu pemanggangnya dilengkapi dengan pelat besi bisa Anda gunakan sebagai untuk memanggang sate. Sementara panggangan lainnya bisa digunakan untuk memanggang roti atau membuat pancake.

Sudah menggunakan listrik, produk ini sangat mirip dengan alat panggang konvensional, hanya saja alat panggang ini sudah menggunakan bahan bakar listrik yang artinya saat memanggang hanya ada sedikit asap. Dibanderol dengan harga hingga jutaan, produk ini memiliki ukuran yang medium. Alat panggang ini cocok digunakan untuk acara barbeque keluarga besar.

Lokasi : Jl. Pedurenan Masjid III No.58 A 11, RT.11/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

Website : www.sinergitrikarya.com

 

3.Philips HD 6320

 

Rekomendasi philips

( Gambar Philips Hd )

Sama seperti produk sebelumnya, alat panggang bbq dari Philips HD 6320 ini juga telah menggunakan sumber arus listrik sebagai bahan bakarnya. Daya listrik yang dibutuhkan adalah 1500 watt / 220 volt. Tidak perlu menggunakan arang, alat ini bisa Anda gunakan di dalam ruangan. Dengan duo plate, alat panggang ini hadir dengan plat yang bergaris serta plat dengan permukaan yang polos.

Untuk pemanasan nya sudah dibuktikan dapat bekerja dengan cepat. Dan untuk lapisan pemanggangnya juga termasuk tebal sehingga panas yang dihasilkan dapat terjaga dengan baik. Soal desain, anda tak perlu khawatir karena produk ini memiliki tampilan yang sangat praktis dan indah untuk di lekatkan di dapur.

Lokasi :  Cilandak Estate No.13, RT.13/RW.5, Cilandak Tim., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560

Website : www.philips.co.id

Tips Memanggang Dengan Alat Pemanggang BBQ Listrik ataupun Gas

Berikut adalah beberapa tips memanggang dengan menggunakan alat pemanggang BBQ, baik gas atau listrik:

1.Pilih bahan yang berkualitas

Pastikan bahan yang akan dipanggang berkualitas baik dan segar. Untuk daging, pilih daging yang berkualitas tinggi dan sudah matang secara sempurna, sedangkan untuk sayuran, pilih sayuran segar dan matang.

2. Panaskan pemanggang sebelum digunakan

Sebelum memulai memanggang, pastikan untuk memanaskan alat pemanggang terlebih dahulu selama beberapa menit hingga mencapai suhu yang diinginkan. Ini akan membantu memastikan bahwa makanan dimasak dengan merata.

3. Gunakan minyak dengan bijak

Jangan menggunakan terlalu banyak minyak, tetapi pastikan makanan diolesi dengan minyak agar tidak lengket pada pemanggang. Gunakan kuas atau kain bersih untuk mengolesi minyak pada makanan.

4. Periksa suhu

Pastikan suhu alat pemanggang berada pada suhu yang tepat dan sesuai dengan jenis makanan yang akan dimasak. Jangan memanggang makanan terlalu cepat atau terlalu lambat sehingga tidak terlalu kering atau mentah.

Baca Juga:  12 Rekomendasi Hotel di Banyuwangi

5. Jangan sering membalik

Hindari sering membalik makanan pada pemanggang, sebab ini dapat mengganggu proses memasak dan merusak tekstur makanan. Cukup balik makanan sekali atau dua kali, dan biarkan makanan memasak dengan merata.

6. Gunakan pengukur suhu

Gunakan alat pengukur suhu untuk memeriksa suhu makanan saat memasak. Pastikan daging matang secara merata dengan memeriksa suhu di bagian tengah daging.

7.Beri waktu istirahat

Setelah makanan selesai dimasak, biarkan makanan istirahat selama beberapa menit sebelum disajikan. Ini akan membantu menjaga kelembutan dan kelembaban daging.

8. Bersihkan alat pemanggang dengan baik

Setelah digunakan, bersihkan alat pemanggang dengan baik untuk mencegah makanan lengket pada permukaan dan membantu memperpanjang masa pakai alat tersebut.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memasak makanan yang enak dan sehat dengan menggunakan alat pemanggang BBQ baik gas atau listrik.

Ketahui Jenis-Jenis Alat Panggang

Telah hadir dari banyak brand-brand terbaik, yuk ketahui jenis-jenis dari alat panggang dan keunggulannya.

Gas Open Griddle

Pertama, ada gas open griddle. Sesuai dengan namanya, ini adalah alat pemanggang yang bahan bakarnya menggunakan gas. Dimana tungku apinya merupakan alas pegagan. Sudah terbayang seperti apa jenis pemanggang yang satu ini?

Menggunakan gas sebagai bahan bakarnya, hal tersebut membuat jenis pemanggang ini memiliki kelebihan dalam hal kepraktisannya yaitu sistem kerja yang sama dengan kompor gas.

Roaster

Jika sebelumnya memiliki cara kerja yang mirip dengan kompor gas, roaster merupakan pemanggang yang memiliki cara kerja yang mirip dengan oven yaitu memanggang pada bagian mesinnya.

Broiler

Paling sering digunakan, broiler adalah pemanggang yang memiliki bentuk bergari-garis. Biasanya digunakan untuk memanggang ikan ataupun daging.

Contact Grill

Ingin memanggang di dalam ruangan, Anda wajib mencoba pemanggang jenis contact grill. Pemanggang ini telah didesain secara khusus bagi Anda yang tidak bisa memanggang diluar ruangan.

Pemanggang Snack Khusus

Tak jarang terlihat di toko-toko penjual snack, alat panggang yang digunakan adalah pemanggang snack khusus. Pemanggang ini biasanya digunakan untuk membuat snack berupa crepes, pancake, waffle, takoyaki dan masih banyak lagi.

Itulah jenis-jenis alat panggang yang paling umum yang sudah banyak dihadirkan di toko-toko online mapun offline. Dari 5 jenis alat panggang diatas, menurut Anda jenis apa alat panggang BBQ? Jawabannya adalah tergantung dari fitur apa yang di perlengkapi pada alat panggang tersebut.

Kesimpulan

Nah, itu lah ulasan lengkap mengenai alat panggang BBQ terbaik. dalam artikel ini, sudah di jelaskan dalam  mengenai cara memilih alat panggang BBQ terbaik. yang tentunya sesuaikan dengan  segala kebutuhan penggunaan dan jangan lupa untuk mengetahui semua fitur yang dilengkapi pada alat tersebut. Dan jangan lupa untuk memilih alat yang memberikan hasil yang merata ya. Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan produk yang ingin Anda beli? Yuk, sangat hanya sampai di keranjang saja, checkout sekarang juga di toko kesayangan anda. dan nikmati hidangan BBQ bersama orang-orang tersayang.