Rekomendasi engin akyurt GHrEbScumTM unsplash

4 Minuman Berenergi Terbaik

Saat kesibukan datang tak kunjung henti, minuman berenergi dapat menjadi suatu  andalan untuk menambah stamina dan pemulihan dari rasa lelah. minuman berenergi bisa di konsumsi agar stamina lebih tahan lama dan kebugaran tubuh terjaga. di pasaran, anda akan menjumpai berbagai merek minuman berenergi, seperti Hemaviton, Kuku Bima, Kratingdaeng, dan Red Bull.
Supaya anda tidak salah pilih, kami akan membahas tips memilih dan rekomendasi energy drink yang bagus dan cocok dengan kondisi tubuh.

Table of Contents

Apa itu minuman berenergi?

Minuman berenergi adalah minuman instan yang dapat meningkatkan stamina setelah melakukan aktivitas, misalnya berolahraga. hal ini d imungkin kan karena minuman seperti ini mengandung zat-zat yang berfungsi sebagai stimulan. sebut saja kafein, gula, vitamin, dan asam amino.

Kadang minuman berenergi di anggap serupa dengan minuman isotonik karena konsumsinya sama-sama di peruntuk kan saat berolahraga, tetapi keduanya adalah produk yang cukup berbeda. minuman berenergi lebih fokus pada fungsi stimulan energi atau membuat tubuh mencapai performa fisik secara  maksimal. maka dari itu, ada kandungan kafein, asam amino, karnitin, taurin, dan lain-lain. sementara itu, minuman isotonik berfungsi menyediakan elektrolit dan cairan yang hilang dari tubuh selepas saat berolahraga.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain nya dari minuman berenergi:

  • Meningkatkan produktivitas dan performa fisik
  • Membantu meningkatkan kinerja otak, seperti mempertajam daya ingat, kewaspadaan, dan konsentrasi
  • Meningkatkan metabolisme sehingga lemak terbakar lebih cepat
  • Mengurangi efek negatif dari radikal bebas berkat kandungan taurinnya

 

Meski memiliki cukup banyak manfaat, minuman berenergi tidak disarankan untuk dikonsumsi terus-menerus, apalagi setiap hari. Pasalnya, minuman penambah tenaga memiliki kandungan kafein dan gula yang relatif tinggi. Kedua bahan dalam minuman berenergi ini akan memberikan efek samping bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga:  5 Penyedap Rasa Makanan Enak

Minuman berenergi aman bila diminum sesekali, misalnya untuk mengembalikan energi tubuh setelah melakukan olahraga berat. Namun, sebaiknya Anda tidak memaksakan tubuh untuk beraktivitas jika sudah merasa lelah. Alih-alih meminum minuman berenergi, meluangkan waktu sebentar untuk beristirahat adalah cara yang lebih bijak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minuman berenergi

Ada berbagai efek dan manfaat dari minuman berenergi. untuk itu, berikut ini kami papar kan cara memilih minuman berenergi yang cocok untuk anda.

① sesuaikan kandungan bahan dengan kebutuhan atau pola hidup anda

Setiap minuman berenergi memiliki kandungan bahan yang berbeda-beda. Untuk itu, periksalah kandungan bahan-bahan yang Anda butuhkan, seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Kelompok vitamin B, cocok untuk memulihkan diri dari rasa lelah

Jika Anda merasa lelah, pilihlah minuman berenergi yang mengandung vitamin B dan nicotinamide. Vitamin B dan nicotinamide memainkan peran penting dalam menghasilkan energi untuk aktivitas manusia. Selain itu, jika Anda concern untuk mengatasi kelelahan karena pola hidup atau aktivitas yang padat, pilihlah yang mengandung taurin.

Namun perlu diketahui, sebenarnya taurin adalah jenis asam amino yang sudah ada di dalam tubuh manusia. Karena itu, jumlah konsumsinya perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Dosis penggunaan taurin dalam minuman yang dianjurkan adalah 500–2000 mg per hari.

Asam amino, pas untuk pemulihan otot setelah olahraga

Untuk nutrisi setelah olahraga, pilih minuman berenergi yang mengandung asam amino dan vitamin B. Kedua kandungan tersebut dapat membantu mengoptimalkan metabolisme pembentukan energi saat berolahraga. Berikut ini contoh asam amino yang terkandung dalam minuman energi:

  • Glycine
  • L-arginine hydrochloride
  • L-lysine hydrochloride
  • Sodium L-Asparaginate
  • Magnesium L-Aspartate

 

Di antara asam amino, BCAA (valina, leusina, dan isoleusina) adalah asam amino esensial yang tidak dapat dibuat dalam tubuh. BCAA merupakan asam amino pembangun jaringan otot. Jadi, memilih kandungan ini akan memberikan efek lebih signifikan dibandingkan asam amino biasa.

Kandungan asam amino nonesensial pada minuman berenergi juga akan diserap lebih efisien daripada yang diproduksi oleh tubuh menggunakan energi. Jadi, kami sarankan untuk mendapat atau memenuhi kebutuhan tersebut dari minuman dan makanan sesuai kebutuhan.

Campuran herbal, ideal dikonsumsi saat tidak enak badan

Campuran vitamin ideal Anda konsumsi saat tidak enak badan. Sebagai contoh, ketika Anda masuk angin, nafsu makan dan kondisi fisik akan menurun. Oleh karena itu, pilihlah minuman berenergi dengan kandungan vitamin di dalamnya. Kandungan vitamin dari bahan makanan alami, seperti vitamin B dan vitamin C dari wortel, dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan memulihkan kondisi tubuh Anda.

Namun, jika anda sedang mengonsumsi obat flu, hindari minum minuman berenergi yang mengandung kafein. obat flu biasa nya juga mengandung kafein. kelebihan kafein dapat menyebabkan insomnia dan sakit kepala.

Baca Juga:  7 Merk Dompet Kulit Terbaik untuk Pria

② Periksa kandungan kafeinnya

Minuman berenergi biasanya mengandung kafein sehingga Anda harus berhati-hati. Kelebihan kafein dapat menyebabkan keracunan akut. Bahkan, dalam kasus terburuk, kafein berlebih bisa berpotensi mengancam jiwa. Sebagai informasi, jumlah rata-rata kafein dalam minuman berenergi adalah 50 mg. Sementara itu, batas asupan kafein harian untuk orang dewasa sehat adalah sekitar 400 mg.

Di samping minuman berenergi, Anda mungkin saja meminum kopi atau teh dalam satu hari yang sama. akibatnya, jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh bisa melebihi batas asupan kafein harian Anda. Jadi, pastikan Anda memeriksa kandungan kafein dalam minuman berenergi yang akan Anda beli dan batasi konsumsinya jika perlu.

Selain itu, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan air putih harian ketika mengonsumsi produk berkafein. Konsumsi air menjaga tubuh anda dari efek diuresis, yakni penambahan volume urin atau buang air kecil yang dapat menyebabkan dehidrasi. minum air putih dengan jumlah yang cukup juga membantu mengurangi efek kafein bila berlebih di dalam tubuh.

③ Pilihlah rasa yang Anda sukai

Jika menginginkan khasiatnya, Anda perlu meminum minuman berenergi sesuai takaran. Namun, hal ini tentu sulit dilakukan jika Anda tidak menyukai rasanya. Tidak perlu cemas! Minuman berenergi memiliki beragam rasa, termasuk manis, pahit, asam, dan rasa buah. Jadi, pilihlah produk yang mengandung bahan yang diinginkan, mudah diminum, dan rasanya Anda sukai.

Di sisi lain, banyak orang mengonsumsi minuman berenergi hanya karena rasanya yang enak. Namun, kami sarankan agar Anda mendahulukan kandungan bahan yang sesuai dengan kondisi Anda. Setelah itu, carilah minuman berenergi dengan rasa yang Anda suka.

Perlu di ketahui juga, rasa minuman berenergi yang dinilai enak erat kaitannya dengan kandungan gula di dalam produk tersebut. Karena itu, minuman berenergi dengan kandungan gula tinggi dapat menyebabkan konsumsi gula total per hari melewati batas atas, yaitu 50 gram.

Berikut ini empat minuman energi terbaik di antara nya sebagai berikut seperti di bawah ini :

1. Science in Sport SIS Go Isotonic Gel

 

Rekomendasi sis

                                                   ( Gambar Science in Sport Sis go isotonic Gel )

Minuman energi yang menjadi andalan para atlet

SIS Go Isotonic Gel dari Science in Sport adalah minuman berenergi berbentuk gel pertama di dunia. minuman ini mengandung karbohidrat yang cepat diserap oleh pencernaan untuk memberikan stamina instan pada tubuh anda.

Ukurannya pas di saku dan formula isotoniknya mampu mencegah dehidrasi. Dengan segala kelebihan tersebut, tak heran jika produk ini menjadi andalan para atlet ternama dunia. Anda yang gemar berolahraga pun bisa menjadikan produk ini sebagai sebuah  pilihan.

Lokasi : Jl. Musi No.20, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60264

Website : www.scienceinsport.com

 

2. Kratingdaeng Regular

Rekomendasi kratindeng

                                                             ( Gambar Kratingdaeng Regular )

Minuman berenergi tepercaya dari masa ke masa

Minuman berenergi yang berasal dari Thailand ini telah menjadi salah satu merek minuman energi yang paling digemari. Perpaduan kandungannya membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh dan membantu pembentukan energi.

Baca Juga:  8 Makanan Khas Lebaran yang Paling Populer di Indonesia

Kratingdaeng juga berfungsi merangsang saraf dan kerja sel otak sehingga meningkatkan konsentrasi dan mengurangi rasa lelah. Khasiatnya telah dibuktikan masyarakat Indonesia sejak lebih dari 20 tahun lalu. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi. Produk ini tepat bagi Anda yang mencari minuman energi yang tepercaya khasiatnya.

Lokasi : Jl. Babakan Pari, Sukaresmi, Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43152

Website : www.kratingdaeng.co.id

 

3. Tempo Scan Pacific Hemaviton Jreng

Rekomendasi hemaviton

                                                                    ( Gambar Hemaviton Jreng )

Tingkatkan metabolisme tubuh anda dengan energy drink ini

Hemaviton Jreng memiliki beragam varian, yakni original mix fruit plus madu, anggur, dan anggur pasak bumi. namun, apa pun rasanya, khasiatnya tetap sama baik nya. Produk ini dapat meningkat kan metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi dan menjaga stamina.

Khasiat lain nya, produk ini dapat memenuhi segala  kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Lalu, produk ini juga dapat menjaga kebugaran. Dengan ketiga khasiat tersebut, produk ini pas diminum oleh anda dengan aktivitas fisik yang berat.

Lokasi :  Jl. H. R. Rasuna Said, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

Website : www.temposcangroup.com

4. Hemaviton Energy Drink

 

Rekomendasi energy

                                                          ( Gambar Hemaviton Energy Drink )

Minuman penambah energi untuk pria dan wanita yang aktif

Anda punya segudang kegiatan dengan jadwal aktivitas dari pagi hingga malam? Jangan khawatir, boost saja energi Anda dengan Hemaviton Energy Drink. Minuman ini cocok untuk Anda yang aktif dan memiliki mobilitas tinggi, baik pria maupun wanita.
Di sisi lain, Anda tidak perlu khawatir akan efek sampingnya. Selama mengikuti aturan penggunaan, minuman ini minim efek samping dan dapat dikonsumsi maksimal tiga kali sehari. Konsumsilah produk ini setelah makan.

Lokasi : Millennium Centennial Center, Level 38, Jl. Jenderal Sudirman No.Kav. 25, RT.14/RW.1, Bend. Hilir, Jakarta, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

Website : www.hemaviton.com

Pertanyaan umum seputar minuman berenergi

Setelah mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar minuman berenergi. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak, simak jawabannya di bawah ini!

Apa saja efek samping minuman berenergi

Akibat konsumsi minuman berenergi dalam jangka panjang, salah satunya adalah menimbulkan efek seperti ketergantungan. Pada saat tidak dikonsumsi, tubuh akan merasa lebih lesu dan tidak bertenaga karena tidak ada zat aktif dari minuman berenergi. Selain itu, jika minuman berenergi dikonsumsi secara berlebihan, sistem pencernaan akan terpengaruh. Gejala mual dan kembung dapat terjadi.

Pada kasus tertentu, minuman berenergi yang di konsumsi secara tidak tepat dapat menimbulkan masalah tidur, tekanan darah tidak normal, hingga gangguan fungsi syaraf. itu lah alasan konsumsi minuman berenergi perlu di perhatikan agar penggunaannya sesuai anjuran dan tidak untuk jangka panjang.

Apakah remaja boleh minum minuman berenergi

Umum nya, seseorang yang berusia remaja tidak ada kondisi khusus yang membuatnya memerlukan minuman berenergi. Terlebih, aktivitas fisik berat dan dalam jangka waktu lama tidak direkomendasikan untuk remaja. dalam hal ini, makanan dengan gizi seimbang dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan energi pada anak usia remaja. Jadi, konsumsi minuman berenergi tidak direkomendasikan untuk remaja, kecuali telah konsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan.

Kesimpulan

Bagaimana menurut anda tentang ulasan kami? kami telah merekomendasikan empat  produk minuman berenergi terbaik yang dapat membantu anda dalam  beraktivitas maksimal kala di perlu kan.

namun, perlu di ingat untuk memilih minuman berenergi sesuai dengan  segala kebutuhan anda. Jangan minum terlalu banyak dan jangan terus menerus mengandalkan minuman berenergi. anda juga perlu memperhatikan gaya hidup dan konsumsi makanan anda agar dapat terus beraktivitas dengan  secara baik.