Rekomendasi man chung p0Wg0MWqZgk unsplash

2 Lampu Tenaga Surya Terbaik

Lampu tenaga surya merupakan terobosan terbaru untuk penerangan yang  secara hemat energi karena memanfaat kan sinar matahari sebagai sumber daya nya. Jadi, lampu ini akan  dapat mengisi energi nya dari matahari ketika siang dan menggunakan energi tersebut untuk menyala di malam hari.

selain memiliki panel surya, pada berbagai lampu tenaga surya terbaik juga terdapat baterai berkapasitas 2000-6000 mAh yang dapat bekerja selama 10-12 jam di malam hari. berikut rekomendasi selengkap nya mengenai lampu solar cell dan beberapa tips merawatnya.

Tips Memilih Solar Cell Lamp yang Bagus

Berbeda dengan lampu listrik biasa, lampu solar cell dilengkapi dengan panel tenaga surya, baterai, dan perangkat lainnya yang mampu mengubah dan menyimpan energi matahari menjadi listrik. Setelah diserap oleh panel, energi dari matahari disimpan dalam baterai yang kemudian akan dipakai untuk membuat lampu menyala sepanjang malam.

Durasi nyala berbagai lampu tenaga surya terbaik sangat beragam tergantung pada kapasitas baterainya, bisa 6 jam, 12 jam, atau bahkan berhari-hari. untuk memperoleh lampu tenaga surya berkualitas bagus, pertimbangkan beberapa hal di bawah ini.

1. Memilih lampu berdasarkan tempat pemasangannya

Sebagai lampu yang mengandalkan energi matahari untuk sumber dayanya, nyaris semua merk lampu tenaga surya terbaik hanya bisa dipasang di area outdoor, baik itu di dinding, taman, maupun jalan. Lampu dinding tenaga surya dilengkapi dengan lubang paku atau baut sehingga Anda dapat memasangkannya ke dinding dengan mudah.

Jumlah paku yang diperlukan bergantung pada ukuran lampu, bisa satu buah paku saja untuk ukuran kecil dan dua paku atau lebih untuk lampu ukuran besar. Kalau Anda akan membeli lampu jenis ini, pastikan memilih yang cahayanya terang dan sudut penerangannya luas.

Jenis lain yang sering ditemukan pada banyak lampu tenaga surya terbaik adalah lampu taman. Lampu ini didesain dengan memiliki tangkai untuk ditancapkan ke dalam tanah dan dilengkapi dengan fitur waterproof karena akan diletakkan sepanjang waktu di luar ruangan. Selain itu, desain berbagai penutup lampu taman juga menarik sehingga akan membuat tampilan taman jadi lebih indah.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Pisau Set Dapur Terbaik

Berikutnya ada jenis lampu jalan yang juga dipasangkan pada sebuah tiang dan tidak memiliki wadah atau atap seperti halnya lampu taman, sehingga Anda harus memilih produk yang antiair dan antidebu. Lampu tenaga surya jenis ini biasanya memiliki label IPX4, artinya lampu tidak akan rusak walaupun sering terkena percikan air dari berbagai arah. Pastikan juga lampu jalan itu sudah mempunyai fitur tahan debu supaya tidak cepat rusak karena kotoran-kotoran yang menempel.

Jenis lampu tenaga surya berikutnya adalah lampu portable yang ukurannya ringkas, ringan, dan dilengkapi pengait sehingga mudah dibawa bepergian. Lampu solar cell jenis ini sangat mudah dibawa untuk bepergian, seperti camping, hiking, atau sebagai lampu darurat dalam ruangan.

2. Mengecek tingkat kecerahan dan durasi pemakaian

Seperti halnya lampu listrik biasa, lampu tenaga surya juga mempunyai tingkat kecerahan yang berbeda-beda, tergantung dari jumlah watt atau tingkat lumen lampu. Sebagai acuan, lampu LED 375 lumen setara dengan lampu solar cell pijar berdaya 25 watt. Kalau akan memasang lampu pada area outdoor yang luas, seperti jalan, maka pilih lampu yang punya watt atau tingkat lumen tinggi. Sementara itu, pilih produk yang punya watt tidak terlalu tinggi kalau akan dipasang pada area yang tidak terlalu luas.

Selain itu, pertimbangkan juga durasi pemakaian atau pengisian baterai pada lampu tenaga surya yang akan dibeli. Biasanya lampu ini memerlukan waktu sepanjang hari selama hari cerah atau 8 jam sampai baterai terisi penuh. Sedangkan untuk durasi pemakaian atau nyalanya tergantung pada kapasitas baterai dan biasanya dicantumkan pada kemasan lampu tersebut. Jangan lupa juga mempertimbangkan lampu solar cell yang dapat di-charge menggunakan energi listrik sebagai pengganti energi matahari di musim hujan.

3. Memastikan fitur pendukung yang tersedia

Banyak produk lampu tenaga surya terbaik yang bukan hanya menghasilkan cahaya terang dan kapasitas baterainya besar, tetapi juga menawarkan fitur tambahan lain, seperti sensor gerak, sensor cahaya, mode pencahayaan, dan remote control. Untuk fitur sensor umumnya tersedia pada jenis lampu jalan dan lampu dinding. Fitur ini memungkinkan lampu mendeteksi gerak manusia dalam jarak tertentu dan akan otomatis menyala saat ada manusia yang berjalan ke arahnya.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Meja TV Terbaik

Ada juga fitur sensor cahaya yang bekerja dengan cara mengatur tingkat kecerahan lampu sesuai keadaan, jadi lampu dapat mati atau nyala secara otomatis ketika siang dan malam hari. Pada lampu tenaga surya yang dilengkapi dengan mode pencahayaan memungkinkan Anda mengatur tingkat kecerahan lampunya, bisa terang, sedang, dan rendah.

Kalau mau menyalakan, mematikan, atau mengatur tingkat kecerahan lampu dari jarak jauh, pilih produk yang sudah dilengkapi dengan remote control. Fitur terakhir yang juga dapat ditemui pada banyak lampu tenaga surya terbaik adalah energy saving untuk memperpanjang durasi pemakaian atau nyala lampu sehingga lampu bisa menyala dalam waktu lebih lama.

Sekarang sudah banyak produsen yang memasarkan lampu tenga surya terbaik melalui Tokopedia, Shopee, dan marketplace lain. Berikut  ulas beberapa rekomendasi berbagai lampu solar cell tersebut di bawah ini :

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

3. SPEEDS Lampu Taman Tenaga Surya

 

Rekomendasi speeds

( Gambar Speeds lampu taman tenaga surya )

Rekomendasi lampu tenaga surya terbaik hadir dari SPEEDS khususnya jenis lampu taman. Lampu ini tentu nya tahan terhadap air dan aman di gunakan secara outdoor. Lampu ini mempunyai desain yang cukup  berkelas dan cantik, sehingga dapat membuat dekorasi taman di rumah anda jadi lebih hidup sekaligus menarik. Pada bagian atas lampu sudah dilengkapi dengan panel surya untuk menghasilkan daya listrik.

Alhasil, tidak diperlukan colokan dan kabel lagi untuk menghidupkan lampu tenaga surya dari SPEEDS ini. Tidak heran jika lampu ini dapat memperindah suasana taman Anda ketika malam hari tiba. Pastinya, lebih tahan terhadap semua jenis kondisi cuaca. Produk lampu ini dijual seharga Rp33.250 yang sangat terjangkau sekali tentunya.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Villa Terbaik di Anyer

Lokasi : Jl. Pluit Karang Cantik No.38 6, RT.6/RW.3, Pluit, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450

Website : www.lighting.philips.co.id

4. ACE Krisbow Lampu Sorot Taman Tenaga Surya

 

Rekomendasi ace

( Gambar ACE Krisbow lampu sorot taman tenaga surya )

Produk lampu tenaga surya berikutnya hadir dari brand ACE Krisbow. Produk ini telah dilengkapi dengan sensor tubuh dan pastinya lebih hemat energi. Bagian arah cahaya dari produk lampu tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Lampu sorot taman yang satu ini sudah dilengkapi juga dengan fitur double solar dengan desain yang terintegrasi.

Daya yang digunakan yaitu 4 watt dan warna cahaya yang dihasilkan yaitu cool white. Untuk produk lampu tenaga surya yang satu ini sudah dilengkapi dengan saklar off secara otomatis. Material yang digunakan pada lampu ini yaitu ABS berkualitas tinggi dan bagian solar panel dibuat dari bahan polycrystalline silicon. Harga dari lampu ini yaitu mencapai Rp379.900.

Lokasi : Jl. Puri Kencana No.1, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Website : www.acehardware.co.id

Tips Untuk Merawat Lampu Tenaga Surya

Kunci untuk memelihara keawetan lampu tenaga surya terbaik adalah menjaga agar panel suryanya tetap kuat, berfungsi secara proporsional, efisien, dan efektif secara struktural. Hal terpenting tentunya menjaga kebersihan panel surya tersebut, bisa dibersihkan rutin harian, mingguan, atau bulanan. Adapun area-area panel surya yang perlu dibersihkan adalah permukaannya dan wiring pada sistem instalasi. Berikut beberapa trik yang dapat digunakan untuk hal ini.

Menggunakan air bersih yang dicampur air dengan sabun terlebih dahulu.

Siapkan kuas yang terbuat dari yang lembut, seperti pel atau chamois supaya tidak menggores permukaan panel surya.

Menyeka panel surya saat masih basah menggunakan bahan penyeka yang juga halus.

Pembersihan tersebut sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari ketika matahari sedang tidak terik. Pastikan juga untuk memasang sistem monitor yang memantau kinerja panel surya, jadi anda bisa mengetahui rekam jejak energi yang di hasilkan panel untuk lampu solar cell dengan presisi.

Kesimpulan

Lampu tenaga surya menjadi salah satu alternatif untuk menghemat energi listrik. Lampu ini biasannya didesain untuk penggunaan outdoor karena memungkinkannya menyerap lebih banyak energi matahari. Pada artikel ini telah dibahas secara lengkap mengenai beberapa rekomendasi lampu tenaga surya terbaik dan beberapa tips merawatnya.