Rekomendasi garden 339230 640

5 Lampu Taman Terbaik yang Wajib Kamu Beli

Lampu taman dapat membuat taman menjadi lebih akan indah pada malam hari. ada banyak jenis lampu taman yang bisa anda temukan, mulai dari lampu tiang, lampu gantung, hingga lampu dinding. bukan hanya lampu bulat saja, kini anda juga bisa menemukan berbagai bentuk lampu.

agar anda bisa dapat  menemukan lampu taman yang cantik, kami akan bagikan beberapa tips memilihnya. kami juga merekomendasikan beberapa merek produk lampu taman yang bagus untuk anda. ada lampu taman yang minimalis dan lampu tenaga surya. Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lampu taman

Banyaknya produk lampu taman di pasaran pasti membuat Anda bingung untuk memilihnya. Oleh karena itu, simak dahulu beberapa tips dari kami berikut ini.

1. Pilih jenis lampu berdasarkan cara pemasangannya

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih lampu taman adalah jenisnya. Anda bisa memilih jenis lampu taman, salah satunya berdasarkan cara pemasangannya. Berikut ini beberapa jenis lampu taman yang perlu Anda ketahui.

Lampu tiang: Sinar jadi lebih menyebar

Lampu tiang merupakan lampu taman yang paling lazim digunakan, utamanya pada taman yang luas. Lampu ini menggunakan tiang atau penyangga sehingga posisi lampu berada di atas. Selain lebih aman karena jauh dari jangkauan, cahaya yang dihasilkan pun bisa lebih bisa menyebar.

Taman yang luas jadi bisa diterangi secara merata ke berbagai sudut. Akan tetapi, biasanya lampu jenis ini masih menggunakan bohlam yang memiliki daya listrik cukup besar. Selain itu, bila bohlam putus, Anda juga butuh usaha lebih untuk menggantinya.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Air Mineral pH Tinggi (Terbaru 2023)

Lampu tiang memiliki fungsi penyebaran sinar yang lebih melebar. Penyebaran sinar bergantung pada ketinggian tiang lampu tersebut. Sebaran radius lampu yang akan dipilih sebaiknya disesuaikan juga dengan fungsi atau ambience perencanaan ruang yang tepat.

Lampu dinding: Menonjolkan karakter bangunan

Seperti namanya, lampu jenis ini dipasang dengan cara ditempel pada dinding atau tembok. Anda bisa memasangnya di tembok rumah atau tembok pagar. Selain sebagai penerangan, lampu ini bisa menonjolkan karakter bangunan sehingga tidak tenggelam oleh visual taman.

Berbeda dengan lampu dinding di dalam ruangan, lampu dinding untuk taman memiliki ketahanan air sehingga aman dari hujan. Produk lampu dinding juga sangat beragam. Ada lampu yang memiliki bentuk dan instalasi seperti lampu tiang, bahkan ada pula yang menggunakan LED dengan tenaga surya.

Lampu gantung: Tampilannya lebih artistik

Lampu gantung adalah jenis lampu yang lebih sering dijumpai di dalam ruangan. Lampu ini biasanya dipasang dengan cara digantung di langit-langit. Desainnya pun beragam dan variatif sehingga dapat mempercantik ruangan. Untuk penggunaan di area taman, Anda bisa menggunakan tiang atau penyangga.

Fungsinya hampir serupa dengan lampu tiang, tetapi posisi lampu ini digantung. Selain itu, ada pula bohlam yang hanya digantungkan pada kabel. Kelap-kelip lampu gantung sering kali membuat visual taman makin artistik. Namun, untuk keamanan, Anda perlu memastikan bahwa lampu tersebut antiair.

Lampu tanam: Jalan di taman jadi lebih estetis

nda pasti sering melihat lampu yang tertanam di markah jalan. Nah, lampu tersebut menggunakan jenis lampu tanam. Lampu jenis ini juga sering digunakan untuk dekorasi taman, lho. anda bisa memasangnya di tepi jalan setapak, tepi kolam, atau bagian lainnya di taman. Anda bisa atur sesuai pola yang diinginkan sehingga dapat menghasilkan visual taman yang estetis di malam hari.

 

Lampu tanam biasanya dirancang tahan tekanan dan tahan air. Selain itu, lampu jenis ini umumnya juga telah menggunakan tenaga surya. Jadi, selain aman dari tekanan dan hujan, lampu ini juga lebih hemat tanpa membutuhkan daya listrik.

Lampu sorot: Menambah kesan dramatis pada objek

Terkadang ada beberapa bagian di taman yang perlu Anda tonjolkan sebagai fungsi estetika. Sebagai contoh, bagian pohon, kolam, bangunan, atau semacamnya. Untuk itu, Anda membutuhkan lampu jenis sorot.

Lampu sorot bisa lebih fokus menyinari bagian tertentu agar lebih jelas dan terkesan dramatis. Anda bisa mengkreasikan sorotan lampu terhadap objek secara bebas, seperti dari bawah, samping, atau bahkan dari atas. Pastinya kesan dramatis yang dihasilkan membuat taman Anda makin indah di malam hari!

Baca Juga:  5 Kacamata Hitam Pria Terbaik dan Terbaru

2. Pertimbangkan sorot cahaya yang di hasil kan

Selain cara pemasangan, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis lampu berdasarkan sorot cahayanya. Anda bisa memilih jenis lampu flood lighting, spot lighting, silhouetting, shadow lighting, string light, dan sebagainya. Pertimbangan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan konsep taman yang Anda inginkan. Untuk taman yang terang dan merata, lampu jenis flood light bisa Anda pilih.

Lampu jenis spotlight lebih cocok Anda pakai bila ingin menyorot bagian taman tertentu. Sementara itu, untuk mendapatkan efek cahaya yang unik, Anda bisa pilih jenis silhouetting atau shadow lighting. Terakhir, jenis string light lebih pas untuk dekorasi taman yang gemerlap.

Selain jenis yang sudah kami sebutkan, masih banyak lagi sorot lampu taman yang bisa Anda temukan. Jadi, silakan kreasikan sesuai kebutuhan, ya!

Selain mempertimbangkan jenis-jenis lampu yang akan digunakan, sebaiknya pertimbangkan juga sorot cahaya yang dihasilkannya. Lumrahnya, sorot cahaya yang dihasilkan ada beberapa tipe pendaran cahaya, antara lain narrow, wide, dan normal. Spesifikasi dari tiap jenis lampu biasanya dapat ditemukan pada kemasan produk.

3. Upayakan pilih lampu yang hemat energi

Bagaimanapun juga, lampu taman saat ini lebih difungsikan sebagai estetika semata. Oleh karena itu, ada baiknya Anda pilih lampu yang hemat energi dengan mempertimbangkan besarnya daya yang dibutuhkan.

Terlebih lagi, lampu yang dipasang berjumlah banyak dan akan dinyalakan sepanjang malam. Jangan sampai tagihan listrik Anda jadi membengkak karenanya. Untuk berhemat, Anda bisa pilih lampu taman dengan konsumsi listrik yang relatif kecil.

Makin hemat lagi bila Anda pilih lampu LED yang bertenaga surya. Ada banyak produk lampu jenis ini yang dijual di pasaran. Memilih lampu bertenaga surya, sama halnya dengan berinvestasi. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya pembelian tanpa dibebani biaya listrik tiap bulannya. Hanya saja jenis lampu ini memiliki sorot cahaya yang terbatas sehingga Anda mungkin membutuhkan lampu lebih banyak.

Kami sangat merekomendasikan Anda untuk memilih lampu-lampu yang hemat energi yang berdaya rendah. Hal ini adalah langkah yang dapat menjadi sumbangsih dari Anda pada sustainability lingkungan.

4.Perhatikan indeks proteksi (IP) yang dimiliki lampu

Lampu taman adalah jenis lampu outdoor yang penggunaannya berada di luar ruangan. Itu artinya, lampu ini akan terkena panas, hujan, dan rentan terhadap benturan atau tekanan. Oleh karena itu, lampu taman biasanya memiliki tingkat IP (indeks proteksi).

Indeks proteksi terdiri dari dua digit angka. Digit pertama merupakan indikator perlindungan lampu terhadap unsur-unsur solid semisal debu. Tingkatannya ditunjukkan dengan angka 0 hingga 6.

Baca Juga:  10 Tempat Nongkrong Asyik di Tangerang Selatan

Sementara itu, digit kedua adalah indikator ketahanan lampu terhadap air. Tingkat ketahanan tersebut ditunjukkan dengan angka 0 hingga 8. Untuk memilih nilai IP pada lampu tersebut sangatlah mudah. makin besar angka keduanya, maka makin tinggi pula tingkat proteksinya. Jadi, pertimbangkan untuk memilih tingkat IP yang lebih besar untuk keamanan lebih baik.

Berikut lampu taman terbaik di bawah ini :

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

 

2.Promo disini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

 

3. Eelic Lampu Sorot Mini LED

 

Rekomendasi eelic

                                                     ( Gambar lampu taman eelic sorot mini LED )

Lampu taman LED model sorot yang ekonomis

Ini dia salah satu produk lampu taman sorot waterproof yang kami rekomendasikan untuk Anda bila ingin menghemat dana. Harganya sangat terjangkau sehingga tidak membuat kantong Anda jebol.

Anda juga bisa memasang lampu ini di tanah untuk menyorot ke arah atas atau sebaliknya. Hal itu karena lampu spotlight ini bisa ditancapkan atau disekrup sehingga lebih fleksibel penempatannya. Lampu ini juga tersedia dalam dua warna cahaya, yakni white dan warm white. Anda bisa menggunakannya untuk menyorot pohon atau patung di taman untuk mendapatkan kesan yang lebih dramatis.

Lokasi : Kamp, Jl. Tanah Koja Gg. Kaoka No.40 blok c, Duri Kosambi, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Website : www.sinarglodok.com

 

4. Light Sensor 100 LED Wall Solar Lamp

 

Rekomendasi light

                                                     ( Gambar Light sensor LED Wall Solar lamp )

Di lengkapi sensor, bisa nyala dan padam secara otomatis

Anda bisa memilih lampu ini untuk dipasang di dinding sekitar taman atau pagar sebagai penerang jalan. Cahaya yang dihasilkan tergolong terang, tentu cukup untuk menerangi jalan dalam beberapa langkah. Makin terang bila Anda pasang beberapa lampu ini dalam jarak tertentu.

Istimewanya lagi, lampu dengan baterai tenaga surya ini sudah dilengkapi dengan sensor otomatis. Lampu akan menyala bila ada orang pada jarak maksimal 8 meter. Selain itu, frost and heat resistance juga membuat lampu taman ini makin awet digunakan.

Lokasi : : Jl. Raya Pos Pengumben No.20H 4, RT.4/RW.5, Sukabumi Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11560

Website : www.solarlightsmanufacturer.com

 

3.Water proof Garden Solar Lamp Lantern Model

 

Rekomendasi water prof

                                                       ( Gambar Water Proof Garden Solar lamp )

Suka taman dengan konsep Jepang? Wajib punya lampu ini

Anda yang suka taman ala Jepang tidak boleh mengabaikan lampu satu ini. Lampu ini akan mengingatkan siapa pun yang melihatnya dengan lentera khas negeri Jepang tersebut. Anda tidak akan repot memasang lampu taman ini sebab tidak membutuhkan instalasi kabel atau listrik.

Lampu ini di bekali baterai tenaga surya yang akan terisi secara otomatis ketika terpapar cahaya matahari. dengan begitu, untuk menggunakannya anda hanya perlu menancapkannya saja di taman.

Lokasi : Lindeteves Trade Center Glodok, Hayam Wuruk St No.3, RT.1/RW.6, Mangga Besar, Taman Sari, West Jakarta City, Jakarta 11180

Website : www.lipulighting.com

Kesimpulan

Meski sepele, ternyata memilih lampu taman harus banyak pertimbangan, ya. hal itu karena selain berfungsi sebagai penerangan, lampu taman juga memengaruhi estetika taman itu sendiri. pemilihan lampu yang tepat membuat taman anda makin hidup dan indah di malam hari.

Semoga tips dan rekomendasi kami kali ini membantu anda menemukan lampu taman yang cocok. dengan demikian, impian anda memiliki taman yang cantik dan artistik bisa segera terwujud.