Rekomendasi massimo sartirana iVjxg 0ZMDM unsplash

13 Merk Kacamata Running Terbaik 2024

Belakangan ini, penggunaan sunglasses makin marak di kalangan pencinta olahraga lari atau maraton. produk ini memiliki beragam manfaat sehingga di rekomendasikan untuk di miliki. tersedia berbagai kacamata jogging di pasaran dengan filter UV, lensa, dan kepekatan warna yang berbeda-beda. sudahkah anda mengetahui tipe kacamata running yang anda perlukan?

kami akan membantu anda dalam  memahami cara memilih kacamata lari yang bagus. kami juga telah menyeleksi produk-produk dari merek kenamaan, seperti EIGER dan Goodr yang dapat Anda beli secara online. pastikan aktivitas lari anda jadi makin nyaman dengan memiliki produk kacamata lari terbaik!

Manfaat menggunakan kacamata saat berlari

Makin meningkat nya minat pada masyarakat terhadap olahraga lari menyebabkan perlombaan maraton makin banyak di gelar di berbagai tempat. alasannya tidak lain karena olahraga ini sangat  mudah di lakukan dan baik untuk kesehatan.

Nah, cobalah perhatikan para pelari profesional atau peserta lomba maraton pada umum nya. anda akan melihat sebagian dari mereka memakai sunglasses. sebenarnya, apa manfaat memakai kacamata saat berlari, sih? simaklah poin berikut ini.

Penggunaan sunglasses akan mengurangi  pada kelelahan akibat sinar matahari yang mengenai mata. Riset menyatakan ketika sinar ultraviolet memasuki mata, otak akan mengirimkan respons berupa senyawa yang memicu rasa lelah. Jadi, menggunakan kacamata lari sangatlah  membantu mengurangi paparan sinar ultraviolet yang akan membuat mata cepat letih.

Memakai kacamata running dapat mencegah terbentuknya bintik hitam akibat zat melanin yang dipicu oleh sinar ultraviolet.

Mata Anda juga akan terlindungi dari debu dan serangga saat memakainya. Alhasil, Anda dapat fokus berlari dengan  secara baik.

Baca Juga:  6 Merk Nebulizer Terbaik 2024

Cara memilih kacamata lari

ada banyak kacamata running di pasaran. namun, produk yang cocok untuk lari maraton berbeda dengan kacamata untuk olahraga lain sebagai nya. pastikan anda memilih produk yang tepat dengan mencermati poin-poin berikut ini seperti di bawah ini :

① Pastikan produknya memiliki fungsi UV protection

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kacamata running, pastikan produk yang anda pilih memiliki fungsi UV protection. Informasi mengenai ada tidak nya fungsi ini dapat anda cek pada deskripsi produk masing-masing.

Perlu di ingat, meskipun produk telah berlabel anti-UV, anda tetap perlu membaca informasi dengan teliti mengenai performanya. agar tidak bingung, kami akan memberikan poin penting yang perlu anda cermati.

Nilai UV protection menunjukkan tingkat persentase sinar ultraviolet yang dapat dicegah oleh produk tersebut. Makin mendekati 100%, maka makin tinggi kemampuan sunglasses untuk menghalangi masuknya sinar.

Kebalikan dari UV protection adalah UV transmittance, yaitu kemampuan sunglasses untuk meneruskan sinar ultraviolet. makin rendah nilai transmitans, performanya untuk menghalangi sinar ultraviolet justru makin baik. sebagai contoh, produk dengan transmitans 0,1% dapat menghalangi sinar ultraviolet lebih banyak daripada produk yang nilai transmitansnya 1%.

Anda juga akan menemukan produk dengan notasi UV400 di pasaran. Notasi berstandar Australia ini menunjukkan kemampuan produk dalam menghalangi sinar ultraviolet dengan panjang gelombang hingga 400 nanometer.

 

② Pertimbangkan warna yang tidak terlalu gelap

Pernah berpikir bahwa sunglasses berwarna gelap dapat menghalau sinar ultraviolet? Itu merupakan pemahaman yang salah. ketika memakai sunglasses berwarna gelap, pupil mata akan melebar dan malah membuat sinar ultraviolet lebih mudah akan  masuk. Karena itu, untuk anda yang memprioritaskan perlindungan terhadap ultraviolet, sebaiknya hindari kacamata lari berwarna gelap.

selain itu, lari adalah olahraga yang di lakukan di luar ruangan sehingga ada kemungkinan anda berlari saat cuaca mendung. tentu saja, anda akan kesulitan melihat kondisi sekitar jika memakai kacamata jogging dengan warna terlalu gelap.

karena itu, anda perlu memahami istilah visible light transmittance. makin rendah persentasenya, makin sedikit sinar yang di transmisikan. dengan demikian, warna sunglasses juga akan makin gelap. untuk itu, kami menyarankan Anda memilih sunglasses dengan persentase visible light transmittance sebesar 30% agar nyaman di gunakan.

 

③ Perhatikan bahan bingkai nya

Selanjutnya, anda juga perlu memperhatikan bahan dari bingkai nya. pada umum nya, terdapat dua bahan yang sering di gunakan untuk membuat kacamata lari, yakni bahan metal dan plastik. kedua bahan tersebut pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. untuk  dapat mengetahui detailnya, baca penjelasan di bawah ini.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Treadmill Terbaik, Berbagai Merk

Metal

Kelebihan dari bingkai berbahan metal adalah daya tahannya kuat dan tahan lama. Sayangnya, bahan ini cenderung lebih berat dan bisa menjadi terlalu panas saat dipakai, terlebih jika cuaca sedang panas. Cukup banyak jenis dari bahan metal, salah satunya adalah aluminium.

Plastik

Sama seperti metal, jenis dari bingkai berbahan plastik juga cukup banyak. anda dapat menemukan bingkai berbahan polycarbonate (PC), TR90, dan thermoplastic polyurethane (TPU). Meski jenisnya banyak, frame berbahan plastik tergolong lebih ringan sehingga tak akan membuat pusing ketika dipakai berlama-lama. namun, jika anda tidak berhati-hati, bahan ini akan mudah patah.

 

④ Sesuaikan ukuran yang pas agar tidak gampang jatuh

Ketika berlari, anda mungkin khawatir kacamata running akan terjatuh. Karena itu, sebaiknya pilih produk berukuran pas agar tidak mudah jatuh meski Anda banyak bergerak.

namun, mungkin Anda akan kesulitan untuk memastikan ukuran yang benar-benar pas saat membeli secara online. Jadi, kami merekomendasikan produk dengan bantalan hidung dari karet agar tidak mudah bergeser walau keringat mengucur deras.

Perlu di ingat, memakai kacamata running yang terlalu pas dapat membuat kepala anda pusing. hal ini terjadi karena bingkai kacamata akan menekan pembuluh darah dan saraf telinga. Jadi, berhati-hati lah saat memilih agar anda tetap prima dalam perlombaan lari.

 

⑤ Pilih yang ringan agar tidak membebani hidung

Saat dicoba pertama kali, Anda akan berpikir bahwa kacamata lari cukup ringan sehingga merasa tidak perlu mengkhawatirkan bobotnya. Namun, ketika dipakai dalam jangka waktu lama, bobot kacamata akan makin terasa. terlebih jika anda memilih produk yang agak berat. Beberapa orang dapat mengalami sakit kepala akibat beban yang diterima oleh hidung untuk menopang sunglasses.

masalah ini bisa dihindari jika Anda memilih sunglasses dengan bobot seringan mungkin. namun, beberapa penjual tidak mencantumkan informasi ini secara jelas sehingga Anda perlu bertanya lebih lanjut sebelum membeli.

 

⑥ Periksa ketersediaan fungsi polarized

Kacamata dengan lensa polarized adalah pilihan tepat ketika beraktivitas di luar rumah pada hari yang terik dan menyilaukan. Lensa dengan fungsi seperti ini membuat mata Anda tidak mudah lelah karena berkurangnya intensitas cahaya yang masuk ke mata.

Baca Juga:  3 Model Jas Pria Terbaik

Kacamata dengan lensa polarized memiliki filter khusus yang terpasang di dalam lensa. Filter inilah yang membuat pantulan cahaya dari permukaan jalan atau permukaan air tidak dapat tembus. tidak perlu khawatir, lensa polarized tidak menghalangi masuknya cahaya dari arah vertikal sehingga objek tetap dapat terlihat jelas.

Berikut ini tiga kacamata lari terbaik di antara nya sebagai berikut :

1. Kacamata Hitam Lipat Sunglasses Foldable Anti UV

 

Rekomendasi lipat

                                                   ( Gambar kacamata hitam lipat sunglasses Anti Uv )

Saku Anda kecil? Kacamata running ini solusinya!

Kelebihan:

  • Bingkainya dari bahan TR90 yang mempunyai sifat fleksibel dan antigores
  • Terdapat dua pilihan case

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan jika strap pada case-nya mudah putus

Terbayang bukan, bagaimana outfit anda saat melakukan olahraga lari? selain agak ketat, saku yang terdapat di celana lari biasanya agak sempit. hal ini membuat sunglasses yang terlalu besar tidak akan muat di simpan dalam saku tersebut.

namun, dengan kacamata running ini, masalah anda akan teratasi karena ia bisa di lipat dengan  secara praktis. ukuran nya yang compact pun membuatnya mudah di bawa ke mana-mana!

Lokasi : Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 SCBD Lot.28, RT.8/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190

Website : www.9to9.co.id

 

2. Kacamata Safety King’s Anti-Scratch

 

Rekomendasi honey

                                                              ( Gambar Kacamata safety king s)

Pandangan tetap terang dengan lensa antigores

Kelebihan:

  • Memiliki nose pad yang lembut dan diklaim sesuai dengan berbagai bentuk batang hidung

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan warna frame dan lensa

Sunglasses memiliki lensa yang sensitif sehingga harus di rawat dengan hati-hati. alasannya, pandangan akan terganggu dan menghalangi penglihatan anda saat berlari jika kacamata tergores.

Jika anda sedang mencari kacamata jogging yang kuat, produk ini merupakan sebuah pilihan tepat karena lensanya di jamin anti gores. tak hanya itu, produk ini juga memiliki desain yang ramping sehingga cocok di pakai oleh pemilik wajah kecil.

Lokasi : Jl. Benyamin Suaeb, RW.10, Gn. Sahari Sel., Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10610

Website : www.sinarjayasafety.co.id

 

3. EIGER Haller Sunglasses

 

Rekomendasi EIGER

                                                  ( Gambar Kacamata Eiger Haller Sunglasses )

Frame berbentuk kotak untuk si wajah bulat

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi dengan case dan kain pembersih

Kekurangan:

  • Desainnya tidak unisex, hanya diperuntukkan untuk pria

Bagi pemilik wajah bulat, anda tetap bisa tampil sempurna saat mengenakan produk dari EIGER ini. bagaimana tidak, kacamata lari ini memiliki bentuk frame kotak yang akan membuat siluet wajah anda tampak lebih proporsional. anda juga akan mendapatkan hard case pada setiap pembelian. Jadi, kacamata pun dapat di simpan dengan aman tanpa khawatir tergores atau pun patah.

Lokasi : Jl. Asia Afrika No.19, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

Website : www.eigeradventure.com

 

Kesimpulan

Demikian tiga  rekomendasi kacamata lari yang telah kami pilih untuk anda. apakah anda sudah menemukan produk yang sesuai? Kami harap anda mendapatkan produk terbaik sehingga olahraga lari anda makin secara optimal.

Sebelum memilih, pastikan bahwa produknya memiliki performa yang bagus, tidak terlalu gelap, berukuran pas, dan berbobot ringan. Selamat berolahraga.