Rekomendasi bluewater sweden tF9iUErZXWA unsplash1

13 Merk Botol Minum yang Cocok Dibawa Saat Mendaki Gunung

Saat mendaki gunung, kebutuhan air minum harus lah sangat cukup. selain mencegah dehidrasi, anda juga bisa dapat  menggunakan air untuk memasak. karena itu, sebaiknya anda sedia kan botol minum outdoor yang pas saat hendak mendaki gunung.

Di pasaran, ada berbagai jenis botol minum untuk mendaki gunung dengan kapasitas yang bervariasi. agar bisa mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan beberapa tips memilih untuk anda. kami juga merekomendasikan botol minum untuk mendaki gunung dari berbagai merek, seperti EIGER, Naturehike, dan Consina.

Berkolaborasi dengan pakar : Cara memilih botol minum untuk mendaki gunung

Pertama-tama, pahami lah cara memilih botol minum untuk dapat  mendaki gunung yang baik. dengan begitu, anda bisa menentukan produk yang sesuai dengan segala  kebutuhan.

① Pilih jenis botol minum berdasarkan keunggulannya

Umum nya, ada empat tipe botol minum gunung. tentunya setiap jenis botol minum memiliki kelebihan masing-masing. ketahui dengan jelas karakteristiknya dan pilih lah yang paling menguntungkan anda saat mendaki gunung.

Botol minum plastik atau PET, ringan dan mudah di bersihkan

Botol minum berbahan plastik atau PET (polyethylene terephthalate) menarik untuk di bawa naik gunung karena sangat ringan. selain itu, banyak produsen yang memproduksi botol minum plastik atau PET dengan bentuk yang simpel sehingga cenderung lebih sangat mudah di bersihkan.

karena terbuat dari plastik, botol minum PET lebih mudah di produksi dalam berbagai bentuk, corak, tampilan, dan warna yang menarik. karakteristik tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri dari botol minum plastik atau PET.

namun, botol minum jenis ini kurang cocok untuk pendakian gunung yang tinggi, misalnya alpine climbing. hal itu karena botol minum berbahan plastik rentan terhadap perubahan suhu dan tekanan udara. Botol plastik juga akan lebih mudah rusak jika terjatuh.

Botol minum aluminium atau stainless steel, lebih tahan benturan dan suhu

Botol berbahan aluminium dan stainless steel terkenal akan daya tahannya. Jika anda tidak sengaja menjatuhkannya, kemungkinan botol jenis ini akan sedikit penyok dan tidak sampai bocor. dengan begitu, anda tidak kehilangan air minum yang sangat berharga saat di atas gunung.

Bahan aluminium dan stainless steel juga bisa mempertahankan suhu dengan baik sehingga anda bisa menyimpan air panas di dalam nya. minuman hangat sangat bagus untuk menghangat kan tubuh saat mendaki gunung.

Masalahnya, tidak semua produk aluminium atau stainless steel memiliki daya insulasi panas yang baik. Jadi, jika Anda ingin menyimpan air panas, periksalah kemampuan botol tersebut dalam menginsulasi suhu minuman di dalamnya. di pasaran, anda bisa menemukan beragam botol minum dengan kemampuan insulasi mulai dari 12 jam hingga 24 jam.

Botol minum lipat, bisa disimpan dengan sangat praktis

Jenis satu ini adalah botol minum pendaki yang bisa di lipat. saat tidak diisi air, anda bisa melipatnya hingga berukuran kecil dan menyimpannya dengan mudah. Ini tentunya sangat membantu untuk mengurangi isi tas anda. Bobot produk ini sangat ringan, bahkan paling ringan di antara jenis botol minum lainnya.

meski begitu, jika terlalu sering dilipat, botol minum ini bisa cepat rusak. karena sifatnya yang bisa dilipat, botol air minum tipe ini biasa nya berbahan tipis dan untuk tempo yang lama akan menjadi kering atau getas. akibatnya, botol jenis ini rentan retak atau bocor, terutama di daerah lipatannya.

dengan kata lain, botol jenis lipat kurang cocok di gunakan untuk jangka panjang. namun, bila anda berencana mendaki gunung dalam waktu singkat dan ingin mengurangi beban di dalam tas, produk ini merupakan pilihan yang tepat.

Water bladder atau hydration pack, bisa minum sambil berjalan

Hydration pack adalah botol minum yang bisa di bawa menggunakan backpack, lalu anda bisa meminum air nya lewat selang. umumnya, hydration pack dipakai untuk olahraga trail running atau ekspedisi jelajah gunung yang medannya berat.

Keunggulan botol minum ini adalah bentuknya bisa langsung sesuai dengan tas atau punggung kita saat melakukan perjalan alam bebas. Jadi, anda bisa langsung minum kapan saja dan di mana saja, tanpa harus berhenti atau mengeluarkannya dari dalam tas.

Bobot hydration pack tidak terlalu berat sehingga Anda tidak perlu memusingkannya. namun, bentuknya yang unik membuat produk ini sulit dibersihkan, apalagi di keringkan. anda juga harus terbiasa menyedot air di dalamnya agar bisa keluar dengan baik. Sebaiknya, anda berlatih sebelum menggunakannya di perjalanan sebenarnya.

 

② Sesuaikan kapasitas botol dengan kebutuhan

Jumlah air yang dibutuhkan satu orang selama pendakian adalah sekitar 2 liter per hari. Jadi, untuk botol minum kapasitas 1 liter mungkin hanya cukup untuk perjalanan mendaki setengah hari. Botol minum berkapasitas 2 liter memang tersedia di pasaran. namun, jika semua bekal air di satukan dalam satu botol, bobot nya akan terasa lebih berat.

sebaiknya, anda membagi air 2 liter ke dalam beberapa botol dari pada harus membawa nya dalam satu botol. sebagai contoh, anda bisa membawa air 2 liter dalam empat botol ukuran 500 ml. ketika anda membawa satu botol dan memusat kan jumlah air pada botol berukuran besar, anda akan lebih sulit saat meminum nya.

selain itu, dengan membagi volume air yang kita bawa dalam beberapa botol, tentunya pengaturannya di tas menjadi lebih fleksibel. akan tetapi, membagi air ke dalam terlalu banyak botol akan menghabiskan tempat di backpack anda.

Pertimbangkanlah jumlah botol yang akan anda bawa, baru setelahnya pilih botol minum dengan kapasitas yang sesuai. bila anda berencana mendaki gunung tinggi dan menghabiskan waktu berhari-hari, ada baiknya anda pertimbangkan botol minum lipat. anda bisa membawanya sebagai botol minum cadangan. dengan begitu, anda bisa mengambil air lebih banyak saat menemukan sumber air di atas gunung.

③ Periksa lebar mulut botol dan kemudahan saat membukanya

ukuran mulut botol dan kemudahan membuka tutup botol minum perlu Anda perhatikan. untuk botol minum berbahan plastik atau stainless steel, sebaiknya pilihlah ukuran mulut botol yang cukup besar. Jika ukuran mulut nya lebar, anda akan lebih mudah saat ingin menambahkan es batu atau energy drink bubuk. selain itu, anda bisa minum dengan lebih sangat mudah.

usahakan juga untuk memilih botol minum yang mudah di buka, misal nya cukup dengan satu kali tekan menggunakan satu tangan. dengan begitu, anda akan lebih mudah membukanya sambil berjalan. namun, botol yang dapat di buka dengan sekali tekan juga berisiko tak sengaja tertekan oleh perlengkapan lain di dalam tas. Jadi, air bisa saja bocor tanpa anda ketahui.

Untuk botol minum yang tutupnya harus dibuka dengan cara diputar, pilihlah produk yang dilengkapi pegangan di bagian tutupnya. Jadi, anda bisa membuka nya tanpa harus melepas sarung tangan saat mendaki gunung.

 

④ Pastikan kemampuan botol dalam menginsulasi panas

Membawa botol minum camping yang bisa menahan suhu di dalam nya akan sangat menguntungkan. Suhu di gunung lebih dingin di banding kan dengan di dataran rendah sehingga air minum yang anda bawa bisa lebih dingin. Padahal, minum air dingin pada kondisi suhu yang rendah justru bisa membuat fisik anda lelah. sebaiknya minum lah air hangat agar tubuh anda kembali segar dan terhidrasi dengan baik.

selain itu, jika anda membawa air panas dalam botol minum, anda bisa menggunakannya untuk menyeduh kopi atau mi instan. Tambahan pula, botol dengan insulasi panas biasanya memiliki kemampuan baik dalam menginsulasi suhu dingin. Jadi, Anda juga bisa membawa minuman dingin dan menyegarkan diri ketika mendaki gunung di tengah cuaca panas.

beberapa botol air minum yang bagus saat ini, sekalipun terbuat dari plastik, dapat lebih menjaga suhu sesuai air yang anda simpan. air yang panas akan terjaga suhu nya, demikian pula sebalik nya.

selanjutnya, kami akan merekomendasikan tiga produk botol minum terbaik untuk mendaki gunung yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini di pilih secara teliti dengan dapat  mempertimbangkan pada kualitas produk di antara nya seperti di bawah ini :

1. Ecentio Botol Air 750ML

 

Rekomendasi ecen

                                                    ( Gambar Botol air 750 ML  merek Ecentio )

Desain tutup botol unik dan multifungsi

Kelebihan:

  • Kapasitas cukup besar
  • Desain tutup botol ideal dan multifungsi
  • Dilengkapi pegangan yang kuat

Kekurangan:

  • Berbahan aluminium, tetapi belum bisa menginsulasi suhu

Botol minum ini cukup ideal di bawa ke mana pun, termasuk saat mendaki gunung. Kapasitas yang cukup banyak serta desain yang mudah di bawa jadi alasan nya. Itu karena botol ini di lengkapi pegangan yang kuat dan nyaman. di tambah lagi, tutup botol nya pun multifungsi. anda bisa menggunakannya sebagai dudukan ponsel. Bagaimana? Tertarik untuk membawanya naik gunung.

Lokasi : Jakarta Timur, RT.11/RW.7, Penggilingan, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13940

Website : www.noersprojectstore.com

 

2. EIGER DAWSON WATER STORAGE

 

Rekomendasi dawson

                                                      ( Gambar Botol Air 750 ml Eiger Dawson )

Menjaga suhu air minum Anda hingga 12 jam!

Kelebihan:

  • Menjaga suhu panas atau dingin hingga 12 jam
  • Tidak mengembun
  • Dilengkapi filter teh

Kekurangan:

  • Desain botol kurang stylish

Botol minum berbahan stainless steel ini mungkin anda butuh kan saat menginginkan air hangat. botol ini memiliki fitur double wall vacuum insulated sehingga suhu air di dalam nya bisa bertahan sampai 12 jam! anda bisa membawanya saat summit attack yang terkadang harus di mulai saat matahari belum terbit. Tak hanya itu, suhu dingin pun akan terjaga. Tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda.

Soal keamanan tidak perlu di khawatir kan lagi, botol ini sudah menggunakan bahan food grade yang bebas BPA. tutup botol nya juga di lengkapi pengait sehingga tidak berisiko terjatuh. Eiger Dawson tersedia dalam warna olive dan dark grey yang keren.

Lokasi :  Jl. Bri Radio Dalam No.80, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12140

Website : www.eigeradventure.com

 

3. Kalibre Bottle Aluminium

 

Rekomendasi kalibre

                                                         ( Gambar kalibre Bottle  Almunium )

Tutup di lapisi silikon sehingga tidak mudah tumpah

Kelebihan:

  • Tutup dilapisi silikon
  • Dilengkapi gantungan
  • Bebas BPA

Kekurangan:

  • Berbahan aluminium, tetapi belum bisa menginsulasi suhu

Siapa tidak kenal brand ini? Pencinta kegiatan outdoor pasti sudah sangat familier dengan Kalibre. bila anda salah satu penggemar nya, jangan lewat kan produk yang satu ini. Botol minum ini akan menemani kegiatan pendakian anda dengan sangat sempurna.

selain terbuat dari bahan aluminium, tutup nya pun di lapisi silikon. Jadi, selain ringan, botol ini juga di jamin rapat. anda tidak perlu cukup khawatir air minum tumpah. selain itu, produk ini juga di lengkapi gantungan yang sangat  memudah kan anda saat menyimpan nya. anda bisa mengaitkan nya pada tas sehingga lebih akan mudah di bawa dan menghemat tempat.

Lokasi : Jl Sunan Sedayu No.2, Jl. Sunan Sedayu No.4, RT.1/RW.8, Jati, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220

Website : www,kalibre,com

 

Tips membawa botol minum saat pendakian

Seperti yang sudah di bahas sebelum nya, tiap orang membutuhkan sekitar 2 liter air per hari selama pendakian. Bagi anda yang belum terbiasa mendaki gunung, sebaiknya jangan membawa 2 liter air dalam satu botol sekaligus. bagi lah air ke dalam beberapa botol agar anda bisa mengatur frekuensi minum sambil memperhitungkan sisa persediaan air. selain itu, beban di dalam backpack pun bisa lebih akan  seimbang.

aami saran kan untuk membagi persediaan air ke dalam 4–5 botol. Jika salah satu botol rusak atau bocor, masih ada persediaan air di botol lain. sebagai tambahan, jika anda membagi beban di dalam backpack, keseimbangan tubuh pun meningkat. hal ini sangat penting, terutama di trek yang tidak bersahabat. membagi beban bawaan secara merata seperti ini juga cukup efektif untuk menjaga ketahanan fisik selama pendakian.

lebih baik lagi jika anda sudah mengetahui secara pasti kondisi perjalanan alam bebas yang akan anda lakukan. Jadi, anda tidak harus membawa air sekaligus dalam jumlah banyak saat mulai perjalanan. sesuaikan lama perjalanan yang akan Anda lakukan dengan jumlah botol, model, dan tipe tempat air minum agar lebih praktis dan tidak menjadi beban.

Kesimpulan

Kami sudah membahas dengan cukup detail hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai botol minum untuk mendaki gunung. Bagaimana menurut anda? apakah pembahasan kali ini membantu Anda menemukan produk yang dicari?

Dalam memilih botol minum untuk mendaki gunung, pastikan anda membeli sesuai fungsi yang di butuhkan. Semoga artikel ini bisa anda jadikan referensi dalam memilih botol minum terbaik saat mendaki gunung nanti. Selamat bersenang-senang.