Rekomendasi fakhri labib IW7NPmBTaqc unsplash

7 Rekomendasi Museum yang Wisataable di Jogja

Sebagai kota wisata, seni, dan budaya, Yogyakarta menyimpan beragam kisah dan sejarah yang menarik. apabila anda ingin mengetahui sejarah tersebut, menyambangi museum adalah pilihan yang cukup  tepat. di Kota Gudeg ini terdapat banyak museum yang merekam peristiwa masa lalu dan menjadi sarana pembelajaran untuk masa kini.

beberapa museum terbaik di Yogyakarta yang dapat anda kunjungi adalah Museum Ullen Sentalu, Museum Negeri Sonobudoyo, dan di orama Arsip Jogja. Deretan koleksi yang apik serta pemanfaatan teknologi interaktif menjadi daya tarik tersendiri. Jadi, sudahkah anda siap menjelajah beberapa rekomendasi museum di Yogyakarta?

Table of Contents

Cara memilih museum di Jogja

Banyak nya museum yang ada di Yogyakarta mungkin membuat anda bingung mana yang harus di kunjungi pertama kali. untuk dapat mempermudah anda dalam memilih, berikut ini panduan dari kami.

 

① Nikmati indahnya karya seni dan budaya dari masa ke masa di museum seni budaya seperti Museum Negeri Sonobudoyo

Yogyakarta adalah sebuah kota yang kental dengan budaya Jawa. Di kota ini, banyak sekali warisan karya seni budaya peninggalan dari nenek moyang. selain itu, ada kerajaan yang masih memegang teguh budaya Jawa sampai sekarang. Jadi, tidak heran apabila Yogyakarta juga disebut sebagai Kota Budaya.

Karya seni budaya yang berupa patung, wayang, batik, keris, lukisan, dan sebagainya banyak disimpan di dalam museum. salah satu museum yang bisa di kunjungi untuk melihat aneka karya seni budaya adalah Museum Negeri Sonobudoyo. di sana, ada berbagai koleksi kebudayaan Yogyakarta dari zaman dahulu yang bisa dinikmati.

Baca Juga:  4 Alat Pijat Elektrik Terbaik, Atasi Pegal dengan Rileks

Selain Museum Negeri Sonobudoyo, tentunya ada beberapa museum lainnya yang menyimpan karya seni budaya, seperti:

  • Museum Affandi
  • Museum Ullen Sentalu
  • Museum Wayang Kekayon
  • Museum Keraton Yogyakarta

② Lihat peristiwa masa lalu lewat diorama di museum sejarah seperti Diorama Arsip Jogja dan History of Java Museum

Selain budaya, Yogyakarta juga merupakan kota yang penuh dengan sejarah. dahulu, Yogyakarta merupakan pusat dari Kerajaan Mataram. Ada banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di kota ini, salah satunya adalah Serangan umum 1 Maret. walau pun semua nya sudah berlalu, anda bisa mengunjungi museum sejarah di Yogyakarta.

apa saja yang bisa di lihat di dalam museum sejarah? anda bisa melihat benda-benda yang menjadi saksi bisu masa penjajahan. ada juga museum sejarah yang memajang diorama dari peristiwa-peristiwa penting, baik sebelum mau pun sesudah kemerdekaan. anda akan melihat diorama perang, patung pahlawan, baju perang, atau senjata yang di gunakan untuk perang.

Dua contoh museum sejarah di Yogyakarta yang bisa di kunjungi adalah Diorama Arsip Jogja dan History of Java Museum. Keduanya adalah museum baru di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi untuk kepentingan edukasi. Selain kedua museum tersebut, museum sejarah lainnya di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi adalah:

  • Museum Benteng Vredeburg
  • Museum Perjuangan
  • Museum Monumen Pangeran Diponegoro
  • Monumen Yogya Kembali

③ Kunjungi museum militer seperti Museum Dirgantara Mandala bila mau menilik perlengkapan perang era penjajahan, mulai dari pesawat hingga rudal

Masih berkaitan dengan sejarah, di Yogyakarta juga terdapat beberapa museum militer. Museum militer adalah tempat untuk memajang perlengkapan perang atau alutsista, seperti pesawat tempur, tank, senapan, atau rudal. Semua benda-benda bersejarah ini menjadi saksi bisu perang yang terjadi di Indonesia, khususnya Yogyakarta.

Alutsista milik pasukan TNI yang pernah dipakai pada masa perang disimpan dan dipertontonkan di museum. Hal ini bertujuan supaya para pengunjung bisa mengenang kembali jasa-jasa para pejuang kemerdekaan.

Dua contoh museum militer di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi adalah Museum Dirgantara Mandala dan Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama. Museum Dirgantara Mandala adalah museum khusus untuk TNI AU. Selain itu, ada juga Museum Bahari yang menyimpan koleksi barang-barang dunia maritim.

 

④ Datangi museum Ullen Sentalu yang terawat dan aesthetic bila ingin mengunjungi museum yang Instagrammable

ak hanya untuk mempelajari sejarah, beberapa orang kerap mengunjungi museum untuk berfoto-foto. Jika tujuan Anda pergi ke museum adalah untuk berfoto-foto, carilah museum di Yogyakarta yang Instagrammable. Museum dengan spot-spot yang estetis tentunya cocok untuk para photo hunters.

Salah satu museum yang dikenal estetis adalah Ullen Sentalu. Museum ini berisi tentang sejarah, tetapi sangat terawat. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang yang berkunjung ke sini untuk berfoto-foto. Oleh sebab itu, jika berkunjung ke museum ini, jangan lupa untuk membawa HP atau kamera.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Pisau Set Dapur Terbaik

 

⑤ Untuk berlibur bersama keluarga, pilihlah museum yang edukatif seperti Taman Pintar dan Chocolate Monggo Museum

Ada beberapa museum di Yogyakarta yang dibuat untuk edukasi dengan cara yang berbeda, misalnya menyediakan aneka permainan atau percobaan. Tujuannya adalah supaya anak-anak tertarik untuk mempelajari bidang tertentu. Museum edukatif cocok dikunjungi bersama anak-anak.

Salah satunya adalah Taman Pintar. Karena ditujukan untuk anak, suasana museum ini jauh lebih ceria, colorful, dan interaktif. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Chocolate Monggo Museum bersama anak-anak. Di tempat ini, anak-anak bisa mengikuti factory tour untuk mengamati proses produksi cokelat dari biji kakao menjadi cokelat batangan.

 

⑥ Pertimbangkan museum yang terletak di area populer seperti Museum Gunungapi Merapi di Kaliurang atau Museum Vredeburg di Malioboro

Mayoritas pengunjung tentunya lebih memilih museum yang mudah diakses. Selain itu, banyak juga yang memilih untuk mengunjungi museum yang terletak di daerah terkenal, seperti Malioboro atau Kaliurang.

Malioboro

Malioboro adalah lokasi favorit untuk dikunjungi saat berada di Yogyakarta. Malioboro berada di tengah Kota Yogyakarta, dekat dengan stasiun, alun-alun, dan Keraton Yogyakarta. Lokasinya strategis sehingga Anda bisa menikmati wisata seni dan budaya, sekaligus wisata belanja.

Museum yang berada di dekat Malioboro adalah Benteng Vredeburg, Museum Sonobudoyo, Museum Kereta Kencana, dan Taman Pintar. Sepulang berkunjung ke sana, Anda bisa berfoto-foto atau berjalan kaki di sepanjang Jalan Malioboro.

Kali urang

Kaliurang berada di dataran tinggi Yogyakarta bagian utara. Gunung Merapi yang merupakan ikon Yogyakarta ada di daerah ini. Saat mengunjungi Kaliurang, Anda akan merasakan udara yang sejuk dan pemandangan serba hijau.

Museum yang berada di dekat Kaliurang adalah Museum Ullen Sentalu, Museum Gunung Merapi dan Museum Sisa Hartaku. Selain mengunjungi museum-museum tersebut, Anda bisa berwisata alam atau kulineran bersama keluarga di daerah Kaliurang.

 

⑦ Perhatikan hari dan jam buka museum

Sudah jauh-jauh datang ke museum ternyata museumnya tutup. Tentu saja Anda tidak ingin hal itu terjadi. Untuk itu, carilah informasi jadwal kunjungan terlebih dahulu. Setiap museum di Yogyakarta memiliki jam operasional yang berbeda-beda. Namun, kebanyakan buka dari pagi sampai sore. ada juga museum di Yogyakarta yang buka sampai malam, yaitu Museum Negeri Sonobudoyo.

Beberapa museum di Yogyakarta yang dikelola oleh pemerintah biasanya tutup pada hari Senin. ada juga museum yang tutup saat tanggal merah dan hari Minggu. Namun, secara jumlah lebih banyak museum di Yogyakarta yang buka hari Minggu daripada Senin.

Selain itu, beberapa museum ada yang menetapkan kebijakan reservasi, apalagi jika Anda berkunjung dengan rombongan. Jadi, jika Anda berniat untuk membawa rombongan besar ke museum, coba cek dahulu mengenai kebijakan ini, ya!

Baca Juga:  4 Rekomendasi Merk Sandal Anak Laki-Laki Branded (Terbaru 2024)

 

⑧ Mau hemat? Temukan museum yang gratis atau harga tiket masuknya ekonomis seperti Museum Sandi

Anda berencana untuk menekan budget saat berwisata ke Yogyakarta? Tenang, Anda bisa memilih museum yang tiketnya murah, bahkan gratis. Di Yogyakarta cukup banyak museum yang tiket masuknya ekonomis, salah satunya adalah Museum Sandi. Tiket masuknya hanya Rp3.000 per orang. Anda juga bisa mengunjungi Jogja National Museum, sebuah museum art di Yogyakarta.

Selain itu, ada juga museum di Yogyakarta yang tidak perlu bayar sama sekali. Berikut ini adalah beberapa museum di Yogyakarta yang gratis dikunjungi:

  • Museum Bahari
  • Museum TNI AD Dharma Wiratama
  • Museum UGM
  • Museum Dewantara Kirti Griya

Berikut ini 3 Museum terbaik di yogyakarta yang harus kalian kiunjungi di antara nya sebagai berikut :

 

1. Museum Sandi

 

Rekomendasi sandi

                                                        ( Gambar nampak depan museum Sandi )

Pecahkan kode rahasia di satu-satunya museum kriptografi Indonesia

Kelebihan:

  • Terdapat edukator yang siap menemani pengunjung mengelilingi museum

Kekurangan:

  • Bangunan museumnya kecil, jika datang berombongan akan terasa sesak

Jika anda merupakan penggemar ilmu kriptografi atau penyelidikan kode rahasia, jangan lewatkan kunjungan ke museum ini. di museum ini, anda dapat belajar tentang sejarah dunia persandian di Indonesia, bahkan dunia. tak hanya itu, museum ini juga menyimpan mesin sandi dan buku sandi.

anda juga bisa melihat sepeda bersejarah yang dahulu di pakai kurir untuk menyampaikan pesan rahasia selama Agresi Militer ke-2. Sebagai pemungkas, anda akan di ajak memecahkan sandi sederhana yang tertulis di kertas dan bisa di jadikan kenang-kenangan kunjungan.

Lokasi : Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

Website : www.bssn.go.idmuseum-sandi.com

 

2. Museum Benteng Vredeburg

 

Rekomendasi vredeburg

                                                   ( Gambar nampak depan Benteng Vredeburg )

Saksi momen historis sejak Belanda masuk Yogyakarta

Kelebihan:

  • Areanya luas dan sejuk, bisa dijadikan lokasi istirahat saat lelah jalan-jalan di Malioboro
  • Banyak sudut menarik untuk dijadikan lokasi pemotretan

Kekurangan:

  • Jika datang pada musim liburan biasanya agak susah menemukan tempat parkir karena sangat ramai

Benteng Vredeburg adalah salah satu peninggalan Belanda yang terkenal di Yogyakarta. Selain sebagai benteng pertahanan, tempat ini juga merupakan barak militer. Dahulu, Belanda membangun Benteng Vredeburg dengan dalih melindungi Keraton Yogyakarta. Faktanya, Belanda bermaksud untuk memantau perkembangan yang terjadi di dalam keraton.

Museum ini menjadi saksi bisu peristiwa-peristiwa bersejarah di Yogyakarta, termasuk peristiwa Serangan Umum 1 Maret. Di dalamnya, Anda akan melihat bangunan megah ala Belanda, diorama peristiwa sejarah, lukisan, patung, dan sebagainya. Memiliki area yang sangat luas dan dilengkapi playground, museum ini bisa dijadikan alternatif wisata bersama anak dan balita.

Lokasi : Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Website : www.jogjacagar.jogjaprov.go.id

 

3. Museum Gunung Merapi

 

Rekomendasi gunung

                                               ( Gambar nampak dari atas Museum gunung merapi )

Mengintip sisa kedahsyatan letusan Merapi dan cara mitigasi bencana erupsi

Kelebihan:

  • Memberikan info komprehensif mengenai sejarah letusan Gunung Merapi serta tradisi masyarakat di sekitar gunung

 

Kekurangan:

  • Lokasinya jauh dari pusat kota dan tidak ada akses transportasi umum

anda dapat melihat dampak dahsyat Erupsi Merapi di sekitarnya melalui Museum Gunung Merapi. Di tempat ini, bukan hanya replika gunung dan batuan yang bisa dilihat, tetapi juga benda-benda yang terbakar oleh awan panas.

anda juga dapat mempelajari sejarah bencana gunung berapi di seluruh dunia dan belajar tentang upaya mitigasi yang dilakukan. Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup, Anda juga dapat menonton film pendek yang mengisahkan tentang Merapi.

Lokasi : Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55582

Website : www.yogyes.com

 

Kesimpulan

Dahulu, image museum memang lebih ke bangunan tua, berdebu, dan tidak terawat. namun, kini museum telah bersolek menjadi destinasi wisata menarik yang layak dapat  di kunjungi.

Saat ke Yogyakarta, pasti kan untuk memasukkan museum-museum pilihan kami ke dalam daftar kunjungan. Selain bisa belajar mengenai banyak hal, pastinya anda pun akan mendapatkan foto-foto yang menarik..semoga bermanfaat untuk artikel kali ini