Rekomendasi mika baumeister cQTlLkl2Fnw unsplash

5 Rekomendasi USB Charger Terbaik 2024

USB charger merupakan alat yang biasa di gunakan untuk dapat  mengisi daya smartphone dan tablet. tak hanya itu, baterai kamera dan game consoles juga bisa di isi menggunakan USB charger. meski demikian, tidak sembarang USB charger bisa di gunakan. anda harus memperhatikan besaran nilai amperenya yang berbeda-beda. selain itu, anda juga harus memperhatikan jumlah port-nya.

Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih USB charger yang dapat digunakan pada HP dan tablet. Simak juga tiga  rekomendasi USB charger terbaik,

1. Sesuaikan USB charger berdasarkan perangkat yang dipakai

Pertama, periksalah kesesuaian antara USB charger dengan perangkat yang anda miliki. anda perlu memeriksa dengan saksama karena waktu pengisian akan berbeda sesuai dengan perbedaan ampere.

Untuk efisiensi pengisian daya, perhatikan nilai ampere charger dan perangkat

Saat Anda memilih USB charger, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah nilai ampere yang dilambangkan dengan A. Ampere adalah satuan yang mewakili jumlah aliran arus listrik. Besaran ampere ini biasanya ditentukan oleh peralatan elektronik. Apabila Anda membeli USB charger dengan nilai ampere yang berbeda dari perangkat, perhatikanlah penjelasan kami di bawah ini.

Secara teori, mengisi daya dengan ampere yang lebih besar akan mempercepat waktu pengisian. Namun, apabila handphone tidak didukung dengan fitur pengisian daya cepat, maka charger hanya mengalirkan arus sesuai spesifikasi handphone.

Anda tetap bisa mengisi daya menggunakan USB charger dengan ampere yang lebih rendah dari yang diminta perangkat. Namun, pengisian daya hingga penuh akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Misalnya, charger iPad 5 yang menggunakan besaran 2,4A dipakai mengisi daya ke iPhone 12 dengan besaran 3A. Maka, waktu yang dibutuhkan iPhone 12 agar baterai terisi penuh akan lebih lama.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata di Gianyar Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

Kemudian, apabila charger Anda memiliki beberapa port, periksa besaran ampere secara hati-hati. Misalnya, charger dengan output maksimal 2A dan memiliki dua port bisa saja hanya mengeluarkan 1A pada setiap port-nya jika digunakan bersamaan. Anda perlu memeriksa dengan teliti spesifikasi output ampere pada USB charger yang memiliki banyak port.

Pilihlah konektor charger yang kompatibel dengan perangkat

Apabila Anda memiliki gadget terbaru, Anda perlu memperhatikan standar konektornya. Sebelumnya, jenis kabel yang paling umum untuk pengisian daya adalah konektor dengan jenis USB tipe A ke USB micro. Akan tetapi, dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan konektor USB tipe C makin marak dan populer.

 

Ciri konektor USB tipe C adalah smart shape. Artinya, USB dapat disambungkan tanpa harus memperhatikan sisi atas, bawah, kanan, atau kiri. Keunggulan lain yang membuat USB charger tipe C makin populer adalah adanya peningkatan kecepatan transfer data dan pengisian daya yang signifikan.

Kini, jenis perangkat yang mendukung USB tipe C juga makin meningkat. Sebut saja Apple MacBook, Nintendo Switch, smartphone, serta beberapa model laptop terbaru. Oleh karena itu, periksalah ketersediaan standar konektor USB tipe C apabila Anda memiliki jenis gadget terbaru.

Sesuaikan protokol fast charging antara charger dengan perangkat

Pengisian daya pada gadget terus mengalami perkembangan dalam hal kecepatan dan efisiensi. Hal ini membuat USB charger sebagai pengisi daya memiliki fitur pengisian daya cepat atau fast charging yang beragam. Saat ini, ada banyak protokol fast charging yang dibuat oleh masing-masing produsen. Terkadang, penamaan yang berbeda-beda ini ditujukan untuk membuat kesan eksklusif terhadap brand.

Agar fitur fast charging berjalan optimal, Anda harus memilih USB charger dengan protokol yang sesuai. Untuk itu, simak penjelasan tentang protokol fast charging berikut ini, ya!

Qualcomm Quick Charge merupakan protokol fast charging yang dibuat oleh perusahaan chipset prosesor untuk gadgetFitur ini akan berjalan optimal pada perangkat yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon. Saat ini, umumnya smartphone menggunakan protokol Qualcomm Quick Charge 3.0 dengan daya maksimal yang dialirkan adalah 60 watt. Teknologi ini mampu mengisi daya dari 0–80% dalam waktu 35 menit.

USB Power Delivery adalah protokol fast charging yang memaksimalkan kemampuan kabel USB Type C. Power Delivery memungkinkan mengalirkan daya hingga 100 watt melalui kabel USB Type C. Protokol ini sangat cocok untuk pengisian daya besar di atas 60 watt seperti pada smartphone dan laptop.

2. Untuk mengisi daya secara bersamaan, pilih yang dilengkapi dengan banyak port

Periksalah jumlah port pengisian daya apabila terdapat banyak perangkat yang dayanya dapat diisi menggunakan USB charger. Saat ini ada banyak perangkat yang dayanya dapat diisi dengan USB, seperti HP, tablet, game console, dan kamera. Terlebih apabila Anda memiliki banyak anggota keluarga, ada kemungkinan charger atau jumlah port yang tersedia tidak mencukupi.

Baca Juga:  19 Tempat Sewa Laptop Paling Top di Jakarta

Anda dapat menjumpai USB charger yang memiliki beberapa port pengisian daya, bahkan bisa menjadi delapan port. Saat ini pun Anda dapat menemukan USB charger dengan bentuk yang unik. Tentunya, USB charger yang dilengkapi dudukan untuk mengisi HP dengan posisi berdiri akan lebih memudahkan Anda. Posisi pengisian akan terlihat rapi meskipun ada beberapa unit gadget yang dicas.

3.Pilih USB charger yang nyaman digunakan saat bepergian

Kehabisan baterai gadget saat sedang melakukan perjalanan tentu sangat merepotkan. Untuk itu, bagi Anda yang sering menggunakan gadget di perjalanan ada baiknya memperhatikan poin penting berikut.

Agar nyaman dibawa, pilih steker yang dapat dilipat

Apabila Anda membawa USB charger, pilihlah produk yang seringan mungkin sehingga bisa disimpan di dalam tas atau kantong. Beberapa produsen membuat USB charger dengan berat sekitar 50 gram dan bentuk yang ringkas.

Anda juga perlu memperhatikan bagian steker yang akan dihubungkan ke stopkontak. Apabila steker tersebut tidak dapat dilipat, Anda memerlukan ruang tambahan. Tidak hanya itu, steker yang tidak dapat dilipat bisa merusak barang lain yang ada di dalam tas.

Namun, apabila terlalu kecil mungkin tidak mendukung output dengan ampere yang besar. Untuk itu, Anda juga harus memperhatikan output arus listrik saat memilihnya. Jadi, pilihlah USB charger yang ringkas serta tidak menghabiskan ruang tas sehingga lebih nyaman Anda bawa.

Untuk pengisian daya tanpa stopkontak, pilih yang memiliki fungsi powerbank

Anda yang tidak memiliki waktu menunggu daya gadget diisi penuh, pilihlah USB charger yang dapat berfungsi sebagai powerbank. Apabila Anda memilih tipe USB charger dua arah ini, Anda dapat melakukan pengisian daya tanpa memerlukan stopkontak. Hal ini akan memberikan kemudahan saat Anda lupa mengisi daya atau daya gadget tidak terisi penuh.

Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan kapasitas baterai (mAh) saat memilih USB charger tipe ini. Sebagai contoh, kapasitas baterai iPhone 12 adalah 2.775 mAh, iPhone SE (generasi ke-2) berkapasitas 1.821 mAh, sedangkan iPhone 11 berkapasitas 3110 mAh. Dengan demikian, Anda bisa mengisi baterai sebanyak satu atau dua kali dengan USB charger berkapasitas 5.000 mAh.

Oleh karena itu, pilihlah jenis berkapasitas besar apabila Anda memiliki gadget dengan kapasitas baterai lebih besar. Hal ini juga berlaku apabila Anda ingin mengisi daya gadget berulang kali. Jadi, jangan lupa untuk melakukan pengecekan terhadap kapasitas baterai gadget Anda, ya!

Sering bepergian ke luar negeri? Pilih yang disertai konverter steker

Kami menyarankan USB charger yang dilengkapi konverter apabila Anda sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Stopkontak di Indonesia kerap berbeda dengan stopkontak di negara-negara lain. USB charger dengan konverter akan memudahkan Anda saat berada dalam situasi ini.

Bentuk stopkontak tiap negara bisa berbeda-beda, seperti tipe A, tipe O, tipe C, tipe BF, atau tipe SE. Bahkan, ada negara yang sama sekali tidak menggunakan bentuk stopkontak ini. Oleh karena itu, periksalah tipe stopkontak di negara tujuan Anda sebelum bepergian.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Provider Internet Terbaik untuk Rumah

Selain itu, banyak USB charger yang menggunakan tegangan listrik 100 volt hingga 240 volt. Akan lebih fleksibel apabila produk yang dipilih kompatibel dengan tegangan 100-240 volt. Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan USB charger ini di Indonesia dan di luar negeri.

4.Untuk kendaran bermotor, pilihlah charger khusus mobil atau motor

Mobil dan beberapa tipe sepeda motor saat ini dilengkapi dengan power outlet yang dapat dipasang USB charger. Namun, power outlet pada kendaraan memiliki bentuk yang berbeda dari stopkontak rumahan. Untuk itu, dibutuhkan USB charger khusus kendaraan bermotor agar kompatibel. Ada banyak USB charger mobil yang tersedia di pasaran.

Cara memilih USB charger mobil adalah dengan memperhatikan nilai ampere, jumlah port USB, atau fitur fast charging yang tersedia. Untuk USB charger motor, Anda perlu memastikan ketersediaan power outlet karena tidak semua sepeda motor dilengkapi power outlet dari pabrik. Setelah memastikan power outlet-nya, Anda bisa memilih USB charger motor yang pada dasarnya sama dengan USB charger mobil seperti di bawah ini :

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

 

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

 

3. Anker Wall Charger 312 25W

 

Rekomendasi anker

                                                        ( Gambar Anker Wall Charger 312 25 W )

Cegah gadget overheat dengan Dynamic Temperature Sensor

Kini, tak perlu lagi takut gadget anda overheat dan rusak. USB charger dari Anker ini sudah dibekali Dynamic Temperature Sensor yang berfungsi untuk memonitor suhu secara aktif. Selain itu, ada Power Tuner Chip yang menyesuaikan keluaran daya. Kedua fitur ini berfungsi untuk dapat  melindungi gadget anda dari hal-hal yang bisa menyebabkan kerusakan, seperti overheat. Jadi, anda tak perlu lagi takut saat mengisi daya gadget anda.

Lokasi : Jl. Boulevard Blok F 25 Ruko Elang Laut RT.3, RT.3/RW.3, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 1447

Website : www.ankerindonesia.com

 

4.UneedMini GaN Charger Dual Port 33W

 

Rekomendasi uneed

                                                ( Gambar Uneed mini Gan chargger dual port 33 w )

Charger multifungsi untuk mengisi daya aneka barang elektronik

Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang memiliki barang-barang elektronik portable. Pasalnya, USB charger dari Uneed ini sangat fungsional. Dengan ultra fast charging 33W dan Quick Charge 4+, baterai smartphone, laptop, dan tablet Anda akan terisi secara kilat.

Selain itu, Anda juga bisa manfaatkan produk ini untuk mengisi baterai earphone dan game console. Tak hanya itu saja, produk ini juga bisa dipakai untuk mengisi daya aneka barang elektronik, seperti kipas angin dan humidifier. Sangat pas untuk Anda yang memiliki aneka barang elektronik modern!

Lokasi : Ruko Pangeran Jayakarta Blok D.6, Jl. Pangeran Jayakarta No.129, Mangga Dua Sel., Kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730

Website : www.ganfast.com

 

5. BaseusSuper Si PD 20W

 

Rekomendasi bases

                                                              ( Gambar Baseus super Si PD 20 W )

Ukuran kecil yang nyaman di genggam dan dibawa

USB charger dari Baseus ini memiliki ukuran yang relatif mungil, yakni 7,8 cm x 2,8 cm x 3,4 cm saja. Setiap sikunya dibuat rounded sehingga charger ini sangat nyaman saat digenggam. Berkat teknologi Super Si Quick Charger, produk ini bisa mengisi daya baterai iPhone Anda tiga kali lebih cepat. Kompatibilitasnya sangat luas, mulai dari iPhone 8 sampai dengan 14. Tentunya, single port USB charger ini sangat pas untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi!

Lokasi : Jl. Ruko Cemp. Mas No.15, RW.8, Sumur Batu, Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10640

Website : www.baseusindonesia.com