Rekomendasi joel muniz Q3z5 vh0NTw unsplash

5 Sepatu Gunung Terbaik untuk

Berjalan kaki menelusuri pegunungan membutuhkan sepatu khusus, yakni sepatu gunung atau hiking. Sepatu gunung memiliki spesifikasi yang berbeda dengan sepatu pada umumnya, salah satunya adalah waterproof. banyak merek, seperti Eiger, Arei, dan Consina berlomba menghasilkan sepatu gunung wanita yang bagus dengan jenis dan bahan  yang cukup berbeda-beda.

apa itu membuat anda bingung untuk menentukan berbagai pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu gunung terbaik untuk wanita beserta rekomendasi produk terbaiknya yang dapat anda jadikan sebuah  pertimbangan. Yuk, simak tips dan rekomendasi dari kami.

Pentingnya memakai sepatu khusus saat mendaki gunung

Saat menelusuri pegunungan, Anda perlu menggunakan sepatu khusus, yakni sepatu gunung. Tidak hanya sebagai alas kaki semata, sepatu gunung bisa menjadi pelindung kaki saat mendaki. berbagai medan, seperti bebatuan, tanah basah, atau semak belukar tentu akan Anda lalui. Jadi, sangat penting untuk melindungi kaki Anda dari reruntuhan batu, sengatan serangga, atau duri beracun.

selain itu, sepatu gunung juga akan membuat kaki Anda nyaman dan tidak mudah lelah karena dilengkapi fungsi khusus. Durasi berjalan yang cukup panjang akan membuat kaki cepat lelah, bukan? Sepatu gunung juga membuat kaki Anda bebas dari kedinginan dan basah yang dapat menyebabkan hipotermia. dengan begitu, anda tetap aman, nyaman, serta terhindar dari risiko cedera saat summit attack.

Cara memilih sepatu gunung untuk wanita

Sepatu gunung menjadi salah satu starter pack penting yang wajib Anda miliki ketika ingin naik gunung. karena itu, kami akan menjabarkan beberapa poin yang dapat jadi pertimbangan sebelum anda menentukan dalam pilihan. Simak sampai habis, ya.

Baca Juga:  10 Coffee Shop di Jakarta Selatan Paling Nyaman dan Kekinian

1.Pilih sepatu dengan bahan berkualitas tinggi dan tahan air

Bahan sepatu berdampak pada keawetan serta daya tahannya terhadap air. Jadi, perhatikan bahan sepatu gunung sebelum membelinya agar Anda menemukan yang terbaik. Sepatu gunung biasanya berbahan mixed fabric, yakni kombinasi bahan kulit sintetis, nilon, polyester, suede, atau mesh.

Bahan sintetis

Bahan sintetis merupakan kombinasi antara nilon atau polyester dengan kulit sintetis atau mesh. Keunggulan bahan ini ialah memiliki bobot yang lebih ringan serta cepat kering ketika terkena air. Hanya saja, tidak semua bahan sintetis bersifat tahan air.

Bahan waterproof

Ketika mendaki, ada kalanya Anda melewati genangan air atau tanah yang basah sehabis hujan. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih bahan yang waterproof. Salah satu bahan waterproof yang kerap dipakai untuk sepatu gunung adalah Gore-Tex®. Kelebihan bahan ini ialah tahan air, tetapi tetap breathable. Untuk pemakaian dalam waktu yang lama, kami sarankan memilih sepatu gunung yang tahan air seperti ini.

Bahan nubuck

Untuk Anda yang ingin tampil stylish saat mendaki, bahan ini cocok untuk dipilih. Nubuck adalah suede yang sudah diperhalus. Jika suede terbuat dari bagian dalam kulit, nubuck dibuat dari bagian luar sehingga lebih awet serta tahan terhadap air. Nubuck juga amat fleksibel. Sayangnya, bahan ini rentan kotor.

2.Perhatikan spesifikasi bantalan sepatu

Medan yang bervariasi, waktu yang lama, serta beban dari barang bawaan dapat menyebabkan cedera pada lutut atau pinggang. Jadi, memperhatikan bantalan pada sepatu gunung juga penting untuk meminimalkan risiko cedera, dan tentunya nyaman saat dipakai berjalan jauh.

Sepatu bersol tebal membuat Anda nyaman saat menanjak karena membuat kaki seperti tidak bersentuhan langsung dengan bebatuan atau tanah. Sol yang tebal umumnya juga terasa empuk di kaki. Pilihlah sol tebal yang yang berbahan empuk, contohnya bahan EVA. Bahan tersebut dapat melindungi telapak kaki Anda dari tumpuan beban berlebihan saat turun dari pendakian.

Selain itu, pastikan pula sepatu gunung Anda memiliki sol kukuh yang anti selip. Hal ini karena medan yang anda lalui biasanya bervariasi, mulai dari tanah basah, kering, hingga bebatuan. Sol yang kukuh dapat memaksimalkan pijakan Anda. Sepatu bersol kukuh dan antiselip biasanya memiliki alur yang dalam, contoh bahannya yaitu rubber dan Vibram.

Sol beralur dan antiselip dapat meminimalkan risiko tergelincir, khususnya saat anda melalui medan yang basah. Sol seperti ini juga lebih secara  optimal melindungi kaki anda saat keadaan darurat. anda pun jadi makin aman ketika mendaki dan turun dari gunung.

Baca Juga:  5 Rumah Sakit Terbaik di Jakarta dengan Fasilitas Lengkap

3.Tentukan jenis kerah sepatu yang tepat agar nyaman di kaki

Selain memperhatikan bagian bawah sepatu, sebaiknya anda juga menentukan jenis kerah sepatu yang pas dengan kebutuhan anda. terdapat tiga jenis kerah sepatu pada sepatu gunung untuk wanita, yaitu low-cut, mid-cut dan high-cut.

Kerah low-cut

Kerah jenis ini memiliki ketinggian paling rendah dan tidak menutupi mata kaki. Kelebihan dari jenis kerah ini adalah Anda lebih bebas bergerak karena tidak terhalang batasan dinding sepatu. Namun, di balik itu, jenis ini tidak dapat maksimal melindungi kaki Anda. Jadi, low-cut sebaiknya digunakan oleh orang yang telah terbiasa naik gunung.

Kerah mid-cut

Mid-cut merupakan kerah sepatu yang tingginya di antara low-cut dan high-cut. Penyangga pelindung mata kaki pada kerah jenis ini lebih ringan dibandingkan kerah high-cut. Dengan demikian, penyangga tidak memberatkan kaki Anda sehingga kaki tetap dapat bergerak dengan baik.

Kerah high-cut

Sepatu dengan kerah jenis ini didesain untuk memaksimalkan perlindungan mata kaki Anda. High-cut tentu saja memiliki bobot lebih berat dari pada jenis low dan mid-cut. akan tetapi, dengan kerah jenis ini, pergelangan kaki anda makin aman terlindungi serta dapat meminimalkan risiko cedera atau keseleo. agar tidak berat, anda dapat memilih sepatu dengan bahan yang ringan pada pergelangan kaki nya.

4.Demi kenyamanan melangkah, pastikan ukuran dan model sepatu cocok dengan bentuk kaki Anda

Ukuran sepatu berpengaruh pada kenyamanannya saat digunakan. Jadi, sebelum menetapkan pilihan, hal pertama yang harus diketahui dengan pasti adalah ukuran kaki Anda. Anda dapat mengukur kaki menggunakan penggaris, caranya adalah mengukur panjang ujung jari hingga tumit. Sebaiknya pengukuran dilakukan pada siang atau sore hari karena bentuk kaki telah kembali pada keadaan normal.

Setelah mengetahui ukuran kaki, pilihlah sepatu dengan ukuran lebih panjang 0,5 hingga 1 cm. Hal itu berfungsi untuk mengurangi ketegangan kaki saat mendaki ataupun turun gunung. Selain itu, ruang pada sepatu membuat kaki tidak tercekik ketika Anda menggunakan kaus kaki khusus hiking.

Selain itu, pertimbangkan pula bentuk ujung sepatu. Ujung sepatu yang baik adalah yang sesuai dengan bentuk kaki. anda dapat memilih mulut sepatu yang besar untuk bentuk kaki melebar, dan yang meruncing untuk kaki langsing. Keamanan jari kaki amatlah penting, terutama saat turun gunung karena beban bertumpu pada kaki. Jadi, pilihlah ujung sepatu yang tidak terlalu longgar serta tidak terlalu sempit.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Pompa Sepeda Terbaik

Berikut ini 3 sepatu terbaik di antara nya di bawah ini :

1. Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2. Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

 

3. Arei Sepatu Gunung Wanita Smithsonia

 

Rekomendasi arei

( Gambar arei sepatu Gunung wanita smithsonia )

Tidak hanya tampilannya yang menarik, perlindungannya pada kaki pun maksimal

Kelebihan:

  • Terdapat rubber toe bumber yang dapat maksimal melindungi jari-jari kaki
  • Teknologi Multi Directional Traction pada sol membuatnya antiselip

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan terdapat produk yang lem dan jahitannya kurang rapi

Selain tampilan menarik, perlindungan maksimal dari sepatu gunung sangatlah penting. untuk itu, jika anda mengingin kan dua hal itu sekaligus, produk dari merek lokal Arei ini dapat menjawabnya. sepatu ini memberikan perlindungan pada jari kaki anda dengan rubber toe bumber.

tidak hanya itu, sol nya juga di lengkapi anti selip dengan teknologi multi Directional Traction. anda pun tidak perlu khawatir saat melintasi medan berat yang berbatu dan risiko cedera dapat berkurang.

Lokasi : Jl. Meruya Ilir Raya No.50 6, RT.6/RW.5, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620

Website : www.areioutdoorgear.co.id

2. Eiger Gryfalcon Woman Shoes

Rekomendasi eige

                                                         ( Gambar Eiger Gryfalcon Woman Shoes )

Bisa untuk hiking, bisa untuk olahraga harian juga!

Kelebihan:

  • Insole Ortholite-nya memiliki teknologi evaporasi yang tinggi sehingga kaki tetap kering walau dipakai dalam waktu lama

Kekurangan:

  • Bahan upper terbuat dari knitting sehingga tidak water-repellent

anda mencari sepatu hiking yang sekaligus dapat dipakai untuk olahraga harian? Produk buatan Eiger satu ini dapat Anda pertimbangkan. Desain sepatu ini cocok untuk berbagai aktivitas outdoor ringan. Upper-nya breathable dan nyaman saat dipakai dalam waktu lama. Selain itu, terdapat pula insole yang dapat menjaga kaki Anda tetap kering dan bebas gerah.

Lokasi : Jl. Bri Radio Dalam No.80, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12140

Website : www.eigeradventure.com

3. Decathlon Quechua Sepatu mendaki Gunung Anti Air Wanita

 

Rekomendasi decathlon

                                                 ( Gambar Decathlon Quechua sepatu anti air wanita )

Desainnya kukuh, pas dipakai untuk medan yang berat

Kelebihan:

  • Melindungi pergelangan kaki dengan baik karena dilengkapi bantalan empuk
  • Kaki tetap kering berkat adanya membran anti-air

Kekurangan:

  • Tidak ada keterangan jelas mengenai detail bahannya

Sepatu ini cocok di gunakan untuk medan yang berat karena bentuknya yang kukuh dan kuat. Selain itu, sepatu ini telah dilengkapi lapisan anti-air sehingga Anda bebas melintasi berbagai medan basah atau berlumpur. Desain siluetnya juga amat menarik ketika dipakai. Jadi, Anda yang mencari sepatu gunung yang kukuh, kami rekomendasikan produk satu ini.

Lokasi : Jl. Jalan Letjen S. Parman Kav. 21, Mal Taman Anggrek L1, C01 Daerah Khusus Ibukota Jakarta ID-JK, RT.12/RW.1, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11440

Website : www.decathlon.co.id