Rekomendasi florida guidebook com aQeLVaGZuiA unsplash

2 Rumput Sintetis Terbaik

Rumput sintetis adalah  sebuah kumpulan serat plastik yang berbentuk seperti rumput alami. Produk ini bisa di pakai dalam lingkungan outdoor atau pun indoor untuk dapat  membuat rumah terlihat lebih akan indah. anda bisa menemukan karpet rumput sintetis dengan tipe,  dengan segala ukuran, dan harga yang beragam di pasaran.

kami akan berbagi cara memilih rumput sintetis yang bagus. anda juga bisa  dapat pertimbangkan dua produk rekomendasi kami untuk mendekorasi taman ataupun aquarium anda

Kelebihan dan kekurangan rumput sintetis

Rumput sintetis adalah rumput buatan yang terbuat dari serat sintetis sehingga menyerupai warna dan bentuk rumput asli. Rumput sintetis sudah di pakai di lapangan olahraga untuk menggantikan rumput asli. anda bisa menemukan rumput sintetis di marketplace.

akan tetapi, sebelum memutuskan membeli rumput sintetis, alangkah baik nya anda  dapat mengetahui karakteristik rumput sintetis di banding rumput asli. berikut ini kelebihan rumput sintetis:

Pemasangan dan perawatannya mudah

Tahan terhadap cuaca

Rumput tampak hijau sepanjang musim

Tidak perlu khawatir tentang hama dan perawatan seperti rumput asli

Selain berbagai kelebihan yang di tawarkan, ternyata rumput sintetis memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan penggunaan rumput sintetis:

Memerlukan biaya pemasangan

Memiliki masa pakai tertentu

Rumput sintetis memiliki tekstur yang lebih kasar dibanding rumput asli

Beberapa elemen rumput sintetis tidak ramah bagi manusia dan lingkungan

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih rumput sintetis

Sebelum membeli, anda perlu  dapat mengenali terlebih dahulu tipe-tipe rumput sintetis yang tersedia. selain itu, ada baiknya anda memastikan keamanan produk serta fungsi nya. untuk selengkap nya, langsung saja simak bagian di bawah in :

Baca Juga:  5 Rekomendasi Cover Sepeda Motor Terbaik

① Ketahui tipe-tipe rumput sintetis

Rumput sintetis memiliki beberapa tipe dengan karakter nya masing-masing. Rumput sintetis yang dapat anda temukan di pasaran bisa di bagi menjadi tiga tipe, yaitu:

Rumput Golf, memiliki tingi permukaan yang relatif lebih rata di banding rumput lainnya. rumput ini biasa nya memiliki tinggi 10 mm agar tidak menghambat jalannya bola golf.

Rumput Jepang, memiliki tekstur yang mirip seperti rumput Jepang alami. Rumput ini memiliki karakteristik lebih rapat dari rumput lainnya. Tingginya beragam, mulai dari 20–40 mm. Rumput ini cocok untuk area yang sering dilewati orang.

Rumput Swiss, bertekstur lebih halus di banding jenis rumput lain sebagai nya. Tinggi ideal rumput ini adalah 30 mm, tetapi anda juga bisa menemui tinggi 20–40 mm. teksturnya yang lembut dan waktu pemakaian nya yang lama menjadikan tipe ini pilihan yang cukup populer untuk  dalam lapangan futsal.

② Sesuaikan tinggi nya dengan tujuan dalam  pemakaian

Tinggi rumput sintetis berkisar 3–80 mm. namun, cara terbaik untuk menentukan tinggi yang pas adalah berdasarkan tujuan penggunaannya.

9–20 mm, cocok untuk lapangan olahraga dan area bermain

Rumput sintetis dengan ketebalan 9–20 mm cocok dipasang di lapangan olahraga atau area bermain. Berdasarkan keperluan tersebut, kami membagi penggunaannya sebagai berikut:

 

9–13 mm, ideal untuk lapangan olahraga

Ketinggian rumput pada lapangan olahraga memengaruhi laju bola dan kenyamanan pemain. Rumput yang terlalu tinggi akan memperlambat laju bola, memengaruhi pantulan, dan mempersulit mobilitas pemain.

Karena itu, rumput sintetis dengan ketinggian ini cocok untuk berbagai macam olahraga. Kami merekomendasikan rumput sintetis tinggi 9–11 mm untuk lapangan tenis dan 10 mm untuk lapangan golf.

20 mm, ideal untuk area bermain

Area bermain anak memerlukan rumput yang lebih tinggi dibandingkan area olahraga untuk mencegah benturan saat si kecil bermain. Selain sebagai bantalan, rumput sintetis juga turut melatih sensorik anak dengan teksturnya yang lembut.

20–30 mm, cocok untuk area keluarga

Rumput sintetis untuk area kumpul keluarga harus nyaman untuk beraktivitas. Jika terlalu pendek, rumput akan terasa runcing dan tajam. Namun, bila rumput sintetis terlalu tinggi, seratnya akan mulai melengkung ke bawah dan membuat halaman terlihat datar.

Hal ini akan makin kentara jika banyak orang sering menginjaknya. Maka dari itu, rumput dengan ketinggian20–30 mm adalah tinggi yang ideal untuk area keluarga. Jika rumput mulai melengkung, Anda bisa menggunakan sapu untuk menegakkannya kembali.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Kipas Angin Murah

30–40 mm, cocok untuk memperindah taman dan halaman rumah

Rumput sintetis untuk area taman berbeda dengan area keluarga. untuk taman dan halaman rumah, rumput sintetis dengan ketinggian lebih dari 30 mm akan terlihat lebat dan natural.

Rumput sintetis ini masih bisa tahan terhadap pijakan kaki asalkan tidak terlalu sering. makin tinggi rumput nya, shading warna pada permukaan pun makin hijau. dengan demikian, rumput dapat  memperindah permukaan halaman dan memberikan kenyamanan pada saat melihat nya.

③ Perhatikan jumlah jahitannya

Selain tinggi rumput sintetis, densitas atau kepadatan rumput juga menjadi indikasi kualitas rumput sintetis. Densitas diukur berdasarkan jumlah jahitan dalam satu meter persegi rumput. Rumput sintetis yang berkualitas biasanya memiliki setidaknya 16.750 jahitan per meter persegi. Makin tinggi densitasnya, makin lebat dan awet rumputnya.

④ Pertimbangkan kelebihan lainnya

Rumput sintetis memiliki tiga komponen, yakni serat, backing, dan infill. Sebelum memilih produk, pastikan bahwa masing-masing komponen telah terjamin keamanan nya. ingin dapat  mengetahui cara membedakan rumput sintetis yang  sangat berkualitas, simak penjelasan berikut ini!

Tahan sinar UV dan api, mencegah rumput sintetis pudar dan terbakar

Panas dapat memudarkan warna dan bahkan melelehkan rumput sintetis. Sinar matahari juga dapat merusak bagian backing yang menopang semua serat rumput. Untuk itu, pastikan rumput sintetis Anda tahan terhadap UV. beberapa rumput sintetis bahkan ada yang tahan api yang tidak mudah terbakar sehingga lebih aman.

Tanpa karsinogenik, menghindarkan tubuh Anda dari bahaya karsinogen

Seperti plastik pada umum nya, rumput sintetis di kelompok kan dalam beberapa grade. Grade tersebut menentukan sifat karsinogenik jika bereaksi dengan paparan sinar matahari.

Rumput sintetis dari pabrik yang menggunakan plastik atau karet daur ulang yang murah cenderung mengandung karsinogen. Karsinogen merupakan senyawa yang merusak sel tubuh dan meningkatkan risiko Anda terkena kanker. Karena itu, hindarilah produk yang memiliki bau tak sedap, keras, pudar warnanya, dan sulit dibersihkan.

Selain rumput nya, pasti kan juga komposisi infill atau bahan pengisinya aman. Infill berfungsi menjaga agar serat rumput tetap tegak dan melindungi backing dari sinar UV. Komponen ini membantu membuat rumput sintetis anda terasa lembut dan sedikit elastis.

Infill hadir dalam berbagai tipe, salah satunya adalah karet remah. Bahan ini terbuat dari ban bekas yang sudah didaur ulang dan dicampur dengan pasir. Karet remah dicurigai mengandung senyawa berbahaya sehingga perlu dihindari. Jadi, pastikan bahan infill yang akan dipakai tidak mengandung karet remah, ya.

⑤ Pastikan shade warna rumput cocok dengan lokasi pemasangan

Untuk mendapatkan tampilan rumput yang alami, pilih lah produk dengan shade warna yang bervariasi. beberapa rumput sintetis juga di lengkapi dengan serat berwarna cokelat agar rumput terlihat lebih sangat realistis. sebaiknya, pertimbangkan juga lokasi penempatan rumput sintetis anda. untuk area:

Baca Juga:  15 Merk Lap Microfiber Terbaik

Outdoor, sebaiknya pilih rumput sintetis dengan shade yang lebih gelap. Selain membuat warna permukaan lebih indah, shade gelap juga memperlambat warna rumput untuk cepat memudar.

Indoor, sebaiknya pilih rumput sintetis dengan shade terang. Karena tidak terpapar oleh sinar matahari secara langsung, rumput sintetis tidak akan cepat memudar. Selain itu, shade terang pada rumput sintetis memberikan kesan warna yang hidup di dalam rumah.

dalam memilih warna, anda juga harus berhati-hati. usahakan agar warna jangan terlalu terang atau terlalu gelap. hal tersebut akan dapat mengurangi kesan alami dari rumput sintetis tersebut.

Berikut ini 2 rumput sintesis terbaik di antara nya sebagai berikut seperti di bawah ini :

 

1. AMD GrassRumput Sintetis Taman Indoor dan Outdoor

Rekomendasi amd grass

                                                   ( Nampak Gambar AMD Grass Rumput Sintetis )

Banyak varian, lebih leluasa menghias taman indoor atau outdoor

Kelebihan:

  • Banyak varian ketinggian rumput, mulai dari 15 mm sampai 50 mm
  • Rumput tebal

Kekurangan:

  • Rumput mudah rontok

anda berniat membeli rumput sintetis yang pas untuk indoor dan outdoor? Produk yang satu ini adalah jawabannya. Selain bisa ditempatkan di indoor dan outdoor, rumput sintetis ini punya kepadatan tinggi mencapai 18.900/m².

tak hanya itu, anda pun bisa lebih leluasa lagi karena tersedia berbagai  macam ukuran tinggi yang bisa anda  untuk pilih. ukuran tinggi rumput yang bisa anda pilih mulai dari 15 mm hingga 50 mm. dengan demikian, kegiatan menghias taman pun menjadi lebih leluasa sesuai dengan  segala kebutuhan.

Lokasi : Jl. Bungur Besar 17 No.31, Gn. Sahari Sel., Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10610

Website : www.amdgrass.com

 

2. Bright Crown Rumput Sintesis Full Hijau Ketebalan 10 mm

 

Rekomendasi bright

                                                    ( Gambar rumput sintesis merek Bright Crown )

Main mini golf di rumah sendiri, yuk!

Kelebihan:

  • Bahan ramah lingkungan sehingga aman untuk anak dan hewan peliharaan
  • Bersertifikat tahan UV dan api, serta antiselip dan menyerap air
  • Bisa dipasang di indoor, outdoor, dan dinding

Kekurangan:

  • Tekstur terasa agak kasar

Ingin main golf di rumah sendiri? Siapkan saja mini golf course dengan rumput sintetis dari Bright Crown! Backing-nya terbuat dari bahan anti selip agar Anda dapat main dengan stabil.

Seratnya yang pendek membantu bola golf untuk melaju tanpa hambatan. Produk ini juga tahan UV dan dapat meresap air sehingga cocok untuk iklim Indonesia.

Lokasi : Jl. Mutiara No.1, RT.12/RW.4, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250

Website : www.artgrass.asia.com

Pertanyaan umum seputar rumput sintetis

Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait rumput sintetis. Berikut ini pertanyaan-pertanyaan umum seputar rumput sintetis.

Berapa lama usia rumput sintetis?

Rumput sintetis golf mampu bertahan hingga 4 tahun di area outdoor dan 7–8 tahun indoor. Sementara itu, rumput sintetis Jepang mampu bertahan 5–8 tahun di area outdoor, dan 9–10 indoor. untuk rumput sintetis Swiss, bisa bertahan hingga 8 tahun.

Kesimpulan

Rumput sintetis merupakan solusi antirepot dan ramah lingkungan untuk masalah dalam  perawatan rumput rumah anda. selain untuk properti, rumput sintetis juga bisa di pakai untuk  dapat memperindah dinding, aquarium, bahkan ruang tamu. sebelum membeli, kenali dulu tipe-tipe rumput sintetis serta keamanan nya.

Pilihlah warna yang anda suka dan sesuaikan tinggi nya berdasarkan aktivitas yang ingin anda lakukan. Perhatikan juga densitasnya untuk mendapatkan produk yang tahan lama. selamat menikmati halaman baru anda.