Rekomendasi matthijs smit bRG2C0FAQEY unsplash

14 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru 2024)

Selain komponen drumnya, stick drum juga akan  sangat berpengaruh terhadap pada kualitas permainan seorang drummer. Jenis stick drum pun  cukup beragam, yang paling banyak adalah stik konvensional dan ada juga stik sapu dengan bagian ujung cukup lembut. ukuran nya juga cukup bervariasi, ada ukuran 5A, 7A, 5B, dan lain sebagai nya. kalau anda mau mencari stick drum terbaik tetapi belum menemukan produk yang sesuai, yuk baca artikel ini sampai selesai.

Tips Memilih Stick Drum yang Bagus

Baik atau buruk nya permainan drum bergantung pada dari segi  kualitas stick drum yang di gunakan, bahan apa yang di pakai membuatnya, hingga berapa ukuran nya. Berikut beberapa cara untuk memilih stick drum yang bagus dan cukup  sesuai.

1. Menyesuaikan ukuran stick dengan genre lagu

Ada tiga jenis ukuran dari berbagai merk stick drum terbaik yang dapat di temukan di pasaran, yaitu ukuran 7A, 5A, serta 2B/5B. Stick ukuran 5A menjadi ukuran paling umum yang di pakai oleh drummer sehingga dapat di temui dengan sangat  mudah di pasaran. Stick drum ukuran ini bisa di gunakan untuk memain kan berbagai aliran musik, baik itu pop, rock, dan aliran lain sebagai nya.

kalau mau menghasilkan suara drum yang lembut, sebaik nya memilih stick drum ukuran 7A karena relatif lebih tipis dan kecil di bandingkan dengan ukuran 5A. Salah satu genre musik yang cocok di main kan menggunakan stick drum ini adalah jaz. selain itu, stick drum 7A juga di sarankan sebagai stik latihan bagi drummer bagi pemula.

Berikutnya ada stick drum terbaik ukuran 2B/5B yang cukup besar dan bobot nya cukup berat sehingga cocok di main kan oleh orang-orang yang bertangan besar. karena di main kan dengan tenaga yang cukup besar, impact dan power stik ukuran ini juga besar dan biasa di gunakan untuk memainkan aliran musik yang keras, seperti heavy metal.

2. Memastikan jenis kayu pada Stick  pilihan

Salah satu jenis kayu yang sering di pakai untuk membuat berbagai stick drum terbaik adalah hickory, yaitu kayu dari famili Juglandaceae atau walnut. Kayu ini di kenal tahan lama serta mempunyai bobot yang tidak terlalu ringan mau pun berat. meski varietas kayu yang di gunakan beragam, tetapi pada dasar nya semua varietas kayu hickory memberi dukungan cukup baik terhadap performa drummer untuk berbagai genre musik.

Jika ingin memainkan genre musik yang cukup keras dan kencang, anda dapat memilih stick drum yang di buat  dengan menggunakan kayu oak. Kayu ini di kenal lebih keras dari hickory, berat, dan tidak akan mudah patah. oleh karena itu banyak drummer yang memakainya untuk membawakan musik rock, metal, dan jenis musik keras lain sebagainya.

Baca Juga:  13 Merk Stop Kontak Inbow Terbaik 2024

Berbanding terbalik dengan stick dari kayu oak, stick drum yang di buat  dengan menggunakan kayu maple justru memberikan ketukan yang lembut sehingga cocok di gunakan pada musik klasik dan akustik. akan tetapi, tekstur kayu maple memang paling lunak di banding kan dengan jenis kayu sebelum nya sehingga di perlukan kehati-hatian ekstra ketika memakainya untuk memukul drum.

3. Memastikan bentuk dan bahan tip yang di pakai

Selain ukuran dan jenis kayu yang di pakai, variasi bentuk dan bahan tip pada stick drum terbaik juga berpengaruh terhadap suara yang di hasilkan. Tip merupakan bagian kepala pada stick drum yang akan memengaruhi suara dari permainan drum anda, terlebih lagi kalau di pakai untuk memainkan cymbal, hit-hat, dan snare. bentuk tip pada stik pun cukup beragam, ada ball, barrel, teardrop, dan acorn.

Bentuk tip jenis ball mempunyai ciri khas seperti bola sehingga memberikan suara yang mirip walau menggunakan teknik memukul yang sangat  berbeda-beda. Stick drum dengan bentuk tip menyerupai ball cukup lah mudah di gunakan oleh siapa pun, termasuk untuk drummer pemula.

Kalau menemukan stick drum terbaik yang bentuk nya seperti tong dan sedikit memanjang dari ball tip, bentuk tersebut di kenal dengan nama barrel. Drum dengan tip seperti ini mempunyai area kontak dengan drum yang cukup besar sehingga dapat menghasilkan suara yang nyaring.

Pada teardrop tip, bentuknya berupa oval memanjang dan mirip dengan tetesan air. Stick drum dengan bentuk tip seperti ini memungkinkan anda membuat suara yang sangat berbeda-beda, tergantung teknik memukul yang di gunakan. Drum yang tipnya berbentuk teardrop sangat cocok di mainkan oleh drummer profesional.

Terakhir ada bentuk acorn yang terlihat mirip dengan teardrop tip tetapi lebih tebal sehingga suara yang di hasil kan cenderung keras dan tebal juga. Kalau anda ingin memainkan musik genre rock atau akustik, stik acorn tip jadi pilihan stick drum terbaik.

Setelah menemukan bentuk tip yang paling sesuai, perhatikan juga bahan yang di pakai untuk membuat tip tersebut. umum nya ada dua jenis bahan yang di gunakan pada bagian tip pada stick drum, yaitu kayu dan nilon. Tip yang berbahan kayu cenderung menghasilkan suara drum yang tegas dan keras, sebanding dengan tenaga nya. sementara itu, tip berbahan nilon cenderung bertekstur lebih kaku, namun menghasilkan suara yang enak di dengar dan lebih jernih di bandingkan dengan tip berbahan kayu.

4. Memahami struktur pada stick drum

Hal lain yang tidak boleh di abaikan ketika akan membeli stick drum terbaik adalah memahami struktur nya dengan secara  baik. bagian paling penting untuk menunjang keseimbangan sebuah stick drum disebut sebagai butt. Butt juga biasa di guna kan sebagai batter jika penggunanya memerlukan power dan volume yang lebih besar serta suara yang lebih padat.

Berikutnya adalah bagian shaft atau body yang bisa di sebut sebagai bagian utama dari berbagai stick drum. bagian ini berperan sangat penting ketika drummer memukul rimshot, cross-sticking, atau memanfaatkan shaft ketika memukul cymbal kalau mau mendapatkan efek suara tertentu.

Baca Juga:  13 Rekomendasi Alat Panggang BBQ Terbaik

bagian dari berbagai stick drum berikutnya adalah shoulder dan biasa nya dipakai untuk memukul cymbal crash atau rim shot. cari dari bagian ini adalah badan stick drum mulai mengecil hingga ke neck sehingga dapat mencegah terjadinya bouncing yang berlebihan.

Pada stick drum ada sebuah bagian sangat tipis yang di sebut sebagai tapper. Tapper berada di area dekat tip dan berfungsi untuk menjaga fleksibilitas dari stick. Terakhir, sekaligus bagian paling ujung dari semua stick drum terbaik, di sebut sebagai tip. Pembahasan mengenai tip sudah ada pada poin sebelumnya ya.

Selain membeli langsung pada toko alat musik, berbagai produk stick drum juga dapat di beli secara online di Shopee, Tokopedia, maupun e-commerce besar lainnya. Berikut rekomendasi ceklist.id terkait berbagai produk stick drum terbaik itu seperti di bawah ini :

1. Zildjian Drum Stick 5A Wood 5AWN

Rekomendasi zildjan

                                                                      ( Gambar merek Zildjian Drum Stick )

Zildjian bisa di sebut sebagai salah satu  sebuah stick drum terbaik yang paling cukup populer di pasaran. Produk Zildjian Drum Stick 5A Wood 5AWN di buat  dengan menggunakan kayu hickory tanpa ada pernis tambahan dengan panjang 16 inch dan diamter 0,56 inch. bagian ujung nya berbentuk teardrop yang penuh sehingga menghasilkan nada penuh ketika saaat  di pakai. Zildjian Drum Stick 5A Wood 5AWN bisa di pesan melalui official store-nya di Shopee mau pun Tokopedia dengan kisaran harga 160 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl Cakung Cilincing Raya, Green Sedayu Bizpark Cakung, Blok GS9A No.28, RT.7/RW.6, Cakung Tim., 13910

Website : www.zildjian.com

 

2. ProMark Mike Portnoy TXMP420XW-AG

 

Rekomendasi promark

( Gambar  stick drum  mek Promark Mike Portnoy )

Terbuat dari material kayu hickory, ProMark Mike Portnoy di kenal memberikan power yang lebih kuat di bandingkan dengan Mike’s original 420 model. Stick drum terbaik ini juga berukuran 5A dengan 412.8 mm dan diameter 14.4 mm. bagian tip nya berbentuk teardrop sehingga akan menghadirkan suara yang cukup lembut.

Untuk menunjang kenyamanan setiap penggunanya, stick drum terbaik ini dibekali dengan ActiveGrip technology sebagai finishing-nya. Kalau mau mencoba ProMark Mike Portnoy TXMP420XW-AG, anda bisa memesan nya secara online dengan kisaran harga 200 ribuan rupiah.

Lokasi : Jalan Gading Indah Utara II NH16/7, jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 1425

Website : www.2112percussion.com

 

3. GOODWOOD by Vater 7A GW7AW Drum Stick

Rekomendasi goodwod

                                                                   ( Gambar Stick drum Merek Goodwood )

Seperti beberapa stick drum terbaik sebelumnya, GOODWOOD by Vater 7A juga terbuat dari material kayu american hickory sehingga memberikan ketahanan cukup bagus walaupun cukup tipis. Bobotnya yang sangat ringan dan ukuran yang kecil membuat stick ini cocok untuk di gunakan oleh drummer pemula, terutama untuk memainkan lagu dengan tempo yang slow. Meskipun menawarkan kualitas drum yang sudah cukup mumpuni, harga GOODWOOD by Vater 7A terbilang cukup murah, sekitar 90 ribuan rupiah.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Merk Jaket Terkenal (Terbaru 2024)

Lokasi : Jl. Sumur Bor No.89A, RT.1/RW.5, Cengkareng Bar., Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730

Website : www.ludimusic.com

 

4. LA Special LA5AN Stick Snare

Rekomendasi lASAN

                                                                   ( Gambar LA Special La5an Stick Snare )

LA Special LA5AN Stick menjadi salah satu sebuah  pilihan stick drum terbaik untuk pemula yang baru pertama kali belajar menabuh drum. dengan ukuran 40,6 cm x 1,4 cm, produk ini menawarkan feel yang sangat nyaman walaupun anda baru pertama kali memegang stick drum. Terlebih lagi bagian tip nya di buat berbentuk teardrop, sehingga bisa di pakai untuk dapat membawakan aliran musik yang cenderung slow. untuk harganya, LA Special LA5AN di jual dengan cukup murah, hanya sekitar 70 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. Lap. Tembak Blok H No.8, RT.1/RW.5, Klp. Dua Wetan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13730

Website : www.macronmusic.com

 

Begini Teknik Memegang Stick Drum yang Benar

Meski kelihatannya seperti di pukul-pukul saja, tetapi ada banyak teknik memegang dan memainkan stick drum yang perlu di pelajari lho. Berikut ini beberapa teknik yang dapat di pakai untuk memegang stick drum dengan baik dan  benar.

1. Teknik mencengkeram

Teknik mencengkeram bisa dapat  di lakukan dengan meletakkan bagian tangan di sisi samping stik drum kemudian gunakan tangan kiri yang di letakkan di tongkat tangan kanan. Ibu jari harus menyentuh stik dan jari yang menutupi semua bagian tongkat sampai saling bersentuhan.

Pindahkan dengan tangan yang  cukup berbeda kalau sudah hafal, lalu ulangi beberapa kali sampai titik pegangan bisa seimbang. baru coba laku kan pukulan ringan dan ingat bunyi yang di timbulkan oleh drum.

2. Teknik fulcrum pinch

Teknik fulcrum pinch di sebut juga sebagai teknik mencubit. caran ya yaitu letak kan ibu jari dan bagian sendi pertama dari jari telunjuk, kemudian ikuti pada bagian ibu jari dengan sendi kedua jari telunjuk. akan tetapi, drummer profesional biasa nya menggunkan kombinasi jari tengan dengan sendi pada jari telunjuk.

3. Teknik pegangan Amerika

Pada teknik ini, anda harus memegang stik dengan bagian bawah lengan dan ibu jari berada di sisi tiga perempat stik kemudian memosisikan sudut putarannya sekitar 60-80 derajat. Teknik pegangan Amerika sering digunakan oleh para pemula karena membuat bagian pergelangan tangan dan ibu jari menjadi lebih santai.

4. Teknik tradisional

Teknik tradisional bisa menguji bagus atau belum nya jari ketika memegang stik. untuk menggunakan teknik ini, tempatkan stik dengan titik utama pada bagian ibu jari dan jari telunjuk, serta empat jari lain hanya mendukung gerakan saja. Intinya gerakan apa pun yang di lakukan hanya mengandalkan kekuatan ibu jari dan jari telunjuk. Teknik tradisional bisa menghasilkan bunyi cukup kuat tanpa membuat tangan terasa lelah sehingga sering di gunakan untuk memainkan aliran musik yang cukup keras.

Kesimpulan

Setelah membeli seperangkat alat drum, tentu anda juga perlu menyiapkan stick untuk menghasilkan irama musik yang diingin kan. Pada artikel ini telah di bahas dengan  secara lengkap mengenai rekomendasi berbagai stick drum terbaik termasuk beberapa teknik memegang stik yang cukup  benar, selamat mencoba buat pemula yang ingin mencoba stick drum.