Rekomendasi skater 821502 640

7 Rekomendasi Skateboard Terbaik untuk Pemula

Dewasa ini, skateboard bukan hanya di guna kan untuk bermain trik saja, tetapi sudah menjadi sebuah fashion item. tak heran jika sekarang skateboard  sangat populer di kalangan anak muda hingga orang dewasa, baik wanita mau pun  dengan laki-laki.

Nah, supaya anda tidak bingung saat memilih skateboard, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih skateboard yang bagus. di artikel ini, anda bisa menemukan skateboard untuk pemula hingga profesional dari merek ternama, seperti Decathlon dan Speeds. Skateboard dari produk lokal, Puppetskate.

Menentukan skateboard yang paling cocok

Pada umum nya, terdapat dua jenis skateboard yang bisa anda pilih di pasaran. ada skateboard yang sudah di rakit dan bisa langsung di gunakan, ada pula yang harus di rakit sendiri. mari simak kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis skateboard!

Untuk pemula, sebaiknya pilih skateboard yang sudah dirakit

Skateboard yang sudah di rakit merupakan jenis yang seluruh komponen nya sudah terpasang sehingga bisa langsung anda gunakan. Salah satu ciri skateboard yang sudah di rakit adalah komponen-komponennya berasal dari produsen yang sama. Skateboard jenis ini lebih di rekomendasi kan untuk anda yang masih pemula dalam hal skateboarding.

Skateboard yang sudah di rakit juga memiliki harga yang lebih sangat terjangkau di bandingkan skateboard yang belum di rakit. bagi anda yang menggunakan skateboard bukan untuk kepentingan profesional, kami rekomendasikan untuk memilih jenis ini.

Jika ingin bebas berkreasi, pilih skateboard yang belum dirakit

Keuntungan dari membeli jenis yang belum dirakit adalah anda dapat membuat skateboard sesuai dengan keinginan. Secara umum, skateboard dibagi menjadi tiga bagian. anda bisa menemukan deck (papan), truck (besi untuk menyangga deck dan menaruh roda), dan wheels (roda).

anda yang sudah profesional juga perlu memperhatikan detail skateboard saat merakitnya. hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan, serta menyesuaikan skateboard tersebut dengan preferensi anda. Jadi, silakan cek griptape (ampelas yang menempel pada deck) dan bearing (bantalan besi pada roda).

Perlu di ketahui bahwa proses merakit skateboard memerlukan banyak waktu dan pengetahuan yang mumpuni. anda juga harus menyiapkan tenaga lebih untuk membuatnya. biaya yang di butuhkan pun tidak lah  sedikit.

Cara memilih skateboard

Nah, setelah mengetahui jenis skateboard. Kini saat nya kami akan membagikan tips memilih produk terbaik nya. di artikel ini, kami akan fokus kepada jenis skateboard yang sudah di rakit. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

① Perhatikan ukuran deck (papan) skateboard-nya

Pertama-tama, perhatikan lah ukuran deck-ya. Deck skateboard memiliki berbagai macam ukuran dan jenis. berikut ini, kami akan menjelaskan hal-hal terkait ukuran deck skateboard yang perlu anda perhatikan.

Panjang deck yang sesuai dengan tinggi badan lebih nyaman dipakai

Panjang deck kebanyakan di tulis dengan satuan inci. meskipun begitu, masih ada beberapa seller yang menginformasikan dengan satuan sentimeter. sebagai informasi, 1 inci sama dengan 2,54 cm.

anda bisa menentukan panjang deck yang di butuhkan berdasarkan tinggi badan Anda. Namun, ingatlah bahwa makin panjang ukuran deck, makin lebar juga penampangnya. hal ini membuat deck lebih sulit di kendali kan. sebagai pedoman, silakan perhatikan daftar ukuran berikut ini.

Tinggi ≤ 150 cm (anak-anak): 24 inci (60 cm) atau lebih kecil.

Tinggi ≤ 160 cm: 29,1 inci (74 cm) atau lebih kecil.

Tinggi ≤ 170 cm: 30,7 inci (78 cm) atau lebih kecil.

Tinggi ≤ 180 cm: 32,2 inci (82 cm) atau lebih kecil.

Tinggi > 180 cm: 32,2 inci (82 cm) atau lebih besar.

 

Belajar trik baru lebih seru dengan lebar yang tepat

ada pendapat yang menyatakan bahwa untuk pemula, memilih deck berdasarkan lebar lebih penting dari pada panjang nya. Lebar deck juga diukur dengan satuan inci atau pun sentimeter.

Biasanya, lebar deck untuk pria berkisar antara 8–8,2 inci, sedangkan untuk wanita berkisar antara 7,5–7,75 inci. Kemudian, untuk anak-anak idealnya memiliki lebar 6 inci. Nah, Anda dapat menyesuaikan lebar deck yang akan dipilih berdasarkan trik yang ingin dipelajari. Berikut ini adalah acuan dalam menentukan lebar deck.

Deck ukuran 7,5 inci (19 cm) hingga 7,75 inci (19,6 cm), bobotnya ringan sehingga cocok digunakan untuk trik flip. Akan tetapi, keseimbangannya sulit dijaga.

Deck ukuran 7,75 inci (19,6 cm) hingga 7,9 inci (20 cm), tergolong serbaguna. Alasannya karena lebih mudah seimbang dan bisa dipergunakan untuk mempelajari beragam trik.

Deck ukuran di atas 8 inci (20,5 cm), bobotnya lebih berat sehingga lebih stabil. Jika ingin berlatih trik carve pun cocok memakai deck ukuran ini. Terlebih lagi, deck ukuran ini lebih mudah menempel di kaki. Sayangnya, ukuran ini lebih sulit digunakan untuk melakukan trik yang rumit.

 

② Pilih tipe truck berdasarkan ketinggian nya

Selanjut nya, ada dua jenis truck di pasaran, yakni yang tinggi dan rendah. setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. oleh karena itu, simak lah penjelasan di bawah ini untuk mengetahui tinggi truck yang sesuai dengan anda. Truck tinggi untuk anda yang sudah ahli, truck rendah untuk anda yang pemula

Truck tinggi

Truck jenis ini biasa digunakan untuk yang sudah ahli menggunakan skateboard. Jarak dari tail (bagian belakang deck) ke tanah lebih tinggi sehingga Anda pun dapat memanfaatkannya untuk melakukan trik. Namun, karena jarak ke tanah terlalu jauh, diperlukan kaki yang kuat.

Truck rendah

Truck jenis ini lebih cocok untuk pemula. Jarak dari tail ke tanah lebih rendah di bandingkan truck yang tinggi. dengan demikian, anda pun jadi lebih akan mudah melakukan trik tanpa memerlukan kaki yang kuat.

secara tampilan, kedua jenis truck ini mungkin terlihat sama. tergantung pada tiap produsen, perbedaan tinggi antara truck rendah dan tinggi juga hanya sekitar 5 mm. Meskipun begitu, feeling ketika menggunakan masing-masing truck tentu akan sangat lah berbeda.

 

③ Cek jenis roda yang di tawarkan nya

Ketika menaiki skateboard yang berbeda dari biasa nya, terkadang anda mungkin merasa tidak nyaman. hal itu bisa di sebabkan oleh ukuran rodanya. karena itu, pemilihan roda sangatlah penting. meski ini hanya bagian kecil, jangan di remeh kan, ya!

Ideal memakai roda dengan ukuran 50–60 mm

Biasanya, ukuran roda skateboard yang digunakan adalah 50–60 mm. Karakteristik setiap ukuran tentu berbeda. Namun, secara garis besar, Anda bisa mengacu pada penjelasan kami di bawah ini.

Ukuran < 53 mm, bobotnya ringan sehingga lebih mudah untuk melakukan trik flip. Namun, ukuran ini tidak cocok digunakan untuk mengebut.

Ukuran 53–57 mm, ukuran standar yang stabil.

Ukuran > 57 mm, bobotnya berat sehingga tidak cocok digunakan untuk trik flip. Roda dengan ukuran seperti ini cocok digunakan untuk mengebut.

Huruf A menandai ketebalan roda skateboard

Ketebalan roda pada skateboard ditandai dengan huruf A. Apabila Anda masih kebingungan menentukan ketebalan roda yang diperlukan, silakan gunakan acuan berikut.

Ukuran tipis < 99 A, lembut sehingga stabil ketika mendarat, cocok juga untuk mengebut.

Ukuran tebal > 99 A, lebih keras sehingga mudah untuk melakukan trik, seperti flip dan powerslide.

 

④ Pastikan desain nya sesuai dengan selera Anda

Meskipun Anda memilih deck yang fungsional, Anda mungkin tetap tidak akan termotivasi untuk berlatih apabila desainnya tidak menarik. walau merupakan olahraga yang santai, skateboard tetap memiliki unsur fashion juga di dalam nya. oleh karena itu, jangan lupa untuk memilih desain deck yang keren untuk melengkapi gaya fashion anda.

Ini lah 2 rekomendasi skate board terbaik di bawah ini :

 

1. Speeds Papan Skate board Remaja

 

Rekomendasi skate board

                                                           ( Gambar Speeds Papan Skate Board )

Skateboard anak bermotif kartun yang menggemaskan

Mantap kan pilihan anda pada produk dari Speeds ini jika mencari skateboard anak dengan motif yang menggemaskan. Produk ini menawarkan empat pilihan motif dari film kartun ternama. Ada motif Angry Bird, Snow White, Spiderman, dan Mickey Mouse. Tinggal pilih saja skateboard dengan motif favorit si kecil agar ia makin happy belajar skateboard.

Lokasi : Jl. Bangka Raya No.10, RT.2/RW.7, Pela Mampang, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12720

Website : www.speedsindo.com

 

2. Decathlon OXELO Yamba Cruiser Skateboard

 

Rekomendasi

                                                      ( Gambar Skate board merek Decathlon Oxelo )

Lebih stabil dan mantap di ajak ngebut

apakah anda suka bermain dengan kecepatan menggunakan skateboard? Jika iya, produk dengan roda berukuran 59 mm ini merupakan pilihan yang tepat untuk di gunakan  saat mengebut.

Ukuran hub yang lebih kecil dan core yang lebar membantu roda berputar lebih cepat dan halus. selain itu, roda ini memiliki ketebalan 78 A. Jadi, tidak hanya cocok di gunakan untuk mengebut, tetapi juga lebih stabil saat digunakan bermain.

Lokasi : Mall Kota Kasablanka Lantai 2 (dua, Jl. Raya Casablanca Raya No.Kav 88, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870

Website : www.decathlon.co.id

Kesimpulan

Dalam memilih skateboard, anda perlu memperhatikan ukuran deck, tipe truck, dan jenis roda nya. agar makin semangat belajar atau bermain skateboard, anda juga perlu memilih produk dengan desain yang sesuai dengan selera.

tak ketinggalan, pasti kan anda membeli produk yang harga nya pas di kantong, ya. saat ini, sudah banyak skateboard yang affordable, kok. semoga penjelasan kami tentang cara memilih di atas bisa menjadi sebuah  referensi anda sebelum menentukan pilihan pada skateboard.