Rekomendasi bread 6292215 640

2 Rekomendasi Pisau Roti Terbaik

Pisau dapur biasa memang bisa saja di gunakan untuk memotong roti, tetapi hasilnya pasti kurang rapi dan membuat tampilan roti jadi kurang enak di lihat. oleh karena itu, beberapa produsen peralatan dapur juga memproduksi pisau roti khusus, bahkan beberapa di antaranya bisa dipakai untuk memotong daging. Yuk bahas beberapa produk pisau roti tersebut melalui artikel ini.

Tips Memilih Pisau Roti

Demi menghasilkan kualitas potongan roti terbaik, tentu Anda juga perlu membeli merk pisau roti terbaik. Jadi sebelum membeli pisau tersebut, pertimbangkan dulu beberapa hal di bawah ini.

1. Mengenali perbedaan mata pisau roti

Mata pisau tentu menjadi bagian terpenting dari sebuah pisau roti, karena bagian ini lah yang akan menentukan tingkat kelembutan roti tersebut. Mari kenali dulu beberapa jenis mata pisau tersebut.

-Bergerigi dan memanjang

Pisau roti dengan mata pisau seperti ini dapat digunakan untuk memotong semua jenis roti. Jenis ini pun masih bisa dibagi menjadi beberapa kategori lagi, yaitu gerigi tajam dan halus. Pisau bergerigi tajam cocok untuk memotong roti bertekstur keras, sedangkan pisau bergerigi halus cocok untuk memotong roti yang bertekstur empuk. Supaya lebih praktis digunakan, sekarang sudah cukup banyak juga produsen yang menggabungkan kedua mata pisau tersebut menjadi satu.

-Pipih

Pisau roti dengan mata pisau pipih ideal untuk memotong roti bertekstur empuk. Ada cukup banyak keunggulan yang ditawarkan oleh pisau jenis, antara lain waktu memotong roti lebih cepat, tidak banyak remah-remah dari hasil potongannya, dan mudah dibersihkan. Bahkan Anda bisa mempertajam kembali pisau pipih dengan cara menggesekkannya dengan pisau lain.

-Kombinasi

Pisau roti kombinasi dapat dikenali dari adanya beberapa mata pisau berbeda pada bilahnya, ada bagian yang bergerigi tajam, terlalu tajam, dan ada yang sedikit bergelombang. Dengan desain seperti itu, pisau kombinasi sangat mudah untuk memotong jenis roti apa pun, namun perlu diketahu juga bagaimana triknya supaya hasil potongan tidak failed. Sayangnya, harga pisau roti kombinasi lebih mahal daripada jenis lain dan sulit ditajamkan kembali ketika sudah mulai tumpul.

2. Mengetahui bahan yang dipakai untuk bilah pisau

Pada umumnya, bilah pisau roti dibuat dari bahan stainless steel. Tapi dalam beberapa waktu terakhir, bahan keramik juga menjadi cukup populer untuk membuat pisau ini. Berikut sekilas pembahasan mengenai keduanya.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Kursi Santai Terbaik

-Stainless steel

Stainless steel sebenarnya merupakan baja karbon yang dicampur dengan logam kromium, sehingga lebih kuat, lebih tahan korosi, dan lebih tahan lama daripada baja karbon. Meski demikian, pisau roti berbahan stainless steel tetap harus segera dikeringkan sepenuhnya setelah dicuci, supaya terlindungi dari kelembaban, asam, dan garam yang dapat mempercepat korosi atau karat. Memang, bagian pisau stainless steel relatif cepat tumpul, namun bisa diasah dengan mudah juga kok.

-Keramik

Dalam beberapa waktu terakhir, bahan keramik menjadi cukup populer untuk digunakan sebagai material pisau, termasuk pisau roti. Ada banya keunggulan dari bahan ini, antara lain ringan, tahan karat, dan tidak bereaksi dengan asam. Sayangnya, pisau ini mudah rusak jika terbentur atau terjatuh, dan harganya relatif mahal.

3. Mengecek panjang bilah pisau

Jika Anda hanya menggunakan pisau roti itu untuk keperluan sehari-hari, sebaiknya pilih yang panjangnya 20–25 cm. Pisau sepanjang ini sangat Anda dalam memotong roti, sekaligus mudah disimpan setelah digunakan. Tetapi perlu diperhatikan kalau tempat penyimpanannya memang secara khusus digunakan untuk pisau roti supaya tidak bergesekan dengan alat dapur lain, serta jauh dari jangkauan anak–anak maupun hewan peliharaan.

4. Mempertimbangkan penggunaan pisau elektrik

Memotong roti dengan pisau pemotong elektrik akan menghasilkan potongan yang tipis dan presisi, bahkan gulungan sushi pun tidak akan berantakan kalau dipotong menggunakan pisau ini. Tapi kemudahan penggunaan pisau roti elektrik ini tentu sebanding juga dengan budget yang perlu dikeluarkan, baik itu budget untuk membeli pisau hingga membayar tambahan biaya listrik yang terpakai. Selain itu, diperlukan kewaspadaan lebih agar tangan tidak terluka.

Terakhir, Anda bisa mengecek bagaimana desain pisau roti yang akan dibeli, apakah sudah menyatu atau terintegrasi dengan gagangnya. Mengapa demikian? Model seperti ini memungkinkan tidak adanya celah antara mata pisau dengan gagang, jadi mencegah adanya remah-remah roti terselip di sela-sela gagang dan mata pisau. Pisau pun lebih mudah dibersihkan, tinggal gunakan air hangat dan sabun cuci piring, gosokkan, bilas lalu keringkan.

Harga pisau pemotong roti yang dijual melalui e-commerce sangat beragam, ada yang hanya belasan ribu, tapi ada juga yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Produk pisau roti pada daftar di bawah ini dijual dengan harga bervariasi, jadi tinggal dipilih saja mana yang paling pas di kantong anda. di bawah ini :

Baca Juga:  6 Rekomendasi Teflon Anti Lengket Terbaik

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

3. Bosca Living Cake Knife Set

 

Rekomendasi bosca

( Gambar Bosca Living Cake Knife Set )

Rekomendasi produk pisau untuk memotong roti dari Bosca Living ini mempunyai desain yang istimewa dan eksklusif. Sentuhan warna gold dari pisau tersebut mampu memberikan kemewahan tersendiri. Tidak hanya bisa digunakan untuk memotong kue namun sudah dilengkapi dengan spatula untuk mengambil pizza. Bahan yang digunakan dari pisau untuk memotong roti merk Bosca Living tersebut adalah stainless steel dan kombinasi alloy. Ukuran dari pisau roti sendiri yaitu 27 cm dan ukuran dari spatula untuk pizza yaitu 28.5 cm. Dalam satu set produk pisau ini dibanderol dengan harga jual Rp215.000 dan bisa Anda dapatkan melalui Shopee Mall di Bosca Living Official Shop.

Lokasi : Jl. Ruko Mutiara Palem Raya No.9/28, RT.7/RW.14, Cengkareng Tim., Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730

Website : www.boscaliving.co.id

4.Tramontina Pisau Roti

 

Rekomendasi tran

( Gambar Tramontina pisau roti )

Pisau untuk memotong roti terbaik dari brand Tramontina terbuat dari material stainless steel yang anti karat. Sedangkan, untuk bagian handle pisau dengan warna putih ini terbuat dari bahan polypropylene. Untuk varian ukurannya sendiri yaitu 8 inch, 10 inch, dan 12 inch yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemotongan roti. Pisau pemotong roti merk Tramontina tersebut sangat praktis dan nyaman untuk digunakan karena terasa ringan. Desainnya juga lebih elegan dan simple dimana mempermudah Anda dalam memotong kue maupun ham dengan cepat. Cocok digunakan untuk para profesional dimana pisau dengan harga Rp145.200 hingga Rp180.100 memiliki ketajaman yang baik.

Lokasi : Cluster Talbiyya D3, Jl. H. Kocen Kelurahan, RT.002/RW.006, Kalimulya, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat 16413

Website : www.perennials.id

Cara Merawat Pisau Roti

Pisau, termasuk pisau roti tentunya perlu dirawat seperti pisau-pisau lain supaya benar tidak mudah tumpul dan berkarat. Semahal apapun harga pisau yang sudah Anda beli, tentu bisa cepat rusak juga kalau perawatannya asal-asalan. Anda dapat melakukan beberapa cara merawat pisau pemotong roti di bawah ini supaya tahan lama.

1. Membersihkan dengan tepat

Setelah selesai digunakan, pisau roti dapat dibersihkan seperti mencuci peralatan dapur lainnya. Bersihkan setiap sisi pisau dengan sabun pencuci piring, lap sampai kering sempurna, baru simpan di penyimpanan. Kalau ada kerak menempel, bisa digosok dengan minyak sayur. Sedangkan untuk menghilangkan bau amis pada pisau, bisa coba diatasi dengan pasta gigi.

Baca Juga:  4 Timbangan Duduk Terbaik

2. Menyimpan pisau di tempat kering

Sebagai peralatan yang menggunakan logam sebagai bahan utama, pisau roti tentu mempunyai risiko perkaratan cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan tempat penyimpanan yang kering dan bebas lembab untuk mencegah timbulnya karat. Jangan lupa juga untuk tidak mencampurkan pisau dengan alat masak lain agar tidak cepat rusak.

3. Mengasah pisau secara rutin

Untuk  dapat mempertahankan ketajamannya, penting di lakukan pengasahan pisau secara berkala, bahkan frekuensinya perlu ditingkatkan seiring dengan intensitas penggunaan pisau tersebut. Jika anda belum terbiasa mengasah pisau roti, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan batu asah (whetstone) yang sudah direndam dalam air selama beberapa menit sebelum digunakan. Anda juga bisa menggunakan alas atau penyangga untuk menopang batu selama pengasahan.
  • Atur sudutnya, bisa sekitar 15-20 derajat, atau gunakan sudut yang sedikit lebih besar jika mata pisau roti sangat keras.
  • Letakkan batu asah di atas alas dan pegang dengan tangan, tempatkan mata pisau di atas batu tersebut.
  • Dengan tekanan yang lembut tapi konstan, lakukan gerakan memindahkan pisau maju-mundur di atas batu.
  • Setelah beberapa gerakan, balikkan pisau dan ulangi proses yang sama pada sisi lain mata pisau, dengan sudut pengasahan yang sama.
  • Setelah selesai mengasah, uji ketajaman pisau roti dengan memotong roti tawar tipis atau meraba ujung pisau tersebut.
  • Untuk menghasilkan ketajaman maksimal, bisa gunakan alat hone.
  • Setelah selesai, cuci pisau dengan air bersih dan keringkan.

4. Menggunakan alas ketika memotong roti

Sekalipun terlihat tidak keras, alas atau talenan tetap diperlukan ketika anda  dengan menggunakan pisau roti. tentu hal ini untuk menjaga ketajaman pisau itu sendiri.  ada beberapa jenis talenan yang bisa ditemukan di pasaran, tapi sebaiknya pilih yang berbahan plastik atau kayu saja.

Kesimpulan

Bisa saja memotong roti menggunakan pisau dapur biasa, namun tentu hasil potongannya jadi kurang rapi dan tidak enak di lihat. di sinilah peran penting dari sebuah pisau roti, yaitu menghasilkan potongan roti atau kue serapi mungkin, jadi orang-orang pun juga bisa terstimulasi untuk mencicipinya. Pada artikel ini sudah ada daftar beberapa merk pisau roti yang dapat dibeli secara online, lengkap dengan ulasan nya.