Rekomendasi davey gravy krsKfCC1lYw unsplash

10 Rekomendasi Makanan Khas Banten

Mampir ke suatu  sebuah wilayah tak pernah memuaskan tanpa mencicipi  beberapa macam makanan khas daerah tersebut. Bagi kalian  yang tengah berwisata ke Banten, wajib dan harus  mencicipi 10 rekomendasi makanan khas Banten yang sudah kami rangkum di sini!

Wisata di Banten

Provinsi yang berada di ujung barat Pulau Jawa ini menawarkan banyak dengan  panorama menarik untuk wisata. Sebut saja Pantai Anyer, Tanjung Lesung, Kampung Baduy, Masjid Agung Banten, Taman Nasional Ujung Kulon, dan banyak lagi. Tidak heran jika Banten sering menjadi  sebuah wisata  destinasi pilihan untuk warga Jakarta yang sedang berlibur.

Pesona Kuliner di Banten

Berwisata dirasa tidak lengkap jika belum mencicipi makanan khas daerah yang kalian patut di kunjungi. Selain wisata alam, Banten memiliki kekayaan budaya dan kuliner sehingga sebagai cukup sering di pilih sebagai salah satu destinasi wisata. Hidangan tradisional Banten yang banyak di kenal banyak sebagian  orang antara lain sate bebek dan rabeg.

Selain kedua hidangan tersebut, kalian dapat menemukan berbagai hidangan lezat lain dari provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa ini. Sering kali para pecinta kuliner mengunjungi Banten untuk dapat menikmati masakan dengan cita rasa yang begitu khas. Keunikan rasa masakan berasal dari penggunaan rempah tradisional sebagai bumbu yang menciptakan rasa beda dari yang lain

Tips Memilh Tempat Makan Saat Liburan di Banten

Saat pergi berlibur sering kali kalian merasa bingung untuk memilih tempat makan di kota yang tidak familier. Selain berharap untuk mencicipi masakan khas daerah yang di kunjungi, kalian  tentunya ingin makan enak di tempat yang nyaman. Tidak kalah penting saat memilih tempat makan ialah untuk menyesuaikan budget.

Dengan kemajuan dunia digital, maka ada baiknya kalian  mencari informasi mengenai tempat makan terdekat berdasarkan review di internet. Saat ini terdapat banyak situs yang menyediakan review tempat makan dan memberi nilai lengkap, mulai dari hidangan hingga kenyamanan tempat dan pelayanan. Jangan lupa juga untuk mengecek harga tempat yang hendak kalian  kunjungi.

10 Rekomendasi Makanan Khas Banten

Banten di kenal sebagai daerah dengan mayoritas penduduk mayoritas  ber agama Islam, sekaligus di kenal memiliki toleransi tinggi terhadap pemeluk agama lain. Keragaman kuliner Banten mencerminkan hal ini. Banyak di antara masakan khas Banten yang sarat akan unsur tradisi dari agama Islam. dan berikut ini 10 makanan khas banten yang patut dan wajib kalian cicipi di antara nya sebagai berikut :

1. Angeun Lada

Rekomendasi lada

                                                                                   ( Gambar angeun lada )

Angeun lada berarti sayur dengan kuah pedas. Hidangan ini memiliki cita rasa kuat yang berasal dari  suatu rempah alami yang di campur dengan cabe rawit yang di haluskan. Rasa pedas yang di padukan dengan gurihnya kuah santan, membuat banyak orang ketagihan angeun lada.

Umumnya, bahan utama angeun lada menggunakan tulang iga sapi atau babat sapi. Iga atau babat di masak dengan cara diukep hingga matang bersama kuah nya. Cara pengolahan ini menghasilkan hidangan cita rasa rempah yang meresap dengan  sempurna., untuk menikmati angeun lada, kalian  dapat mengunjungi Warung Makan Cep Udin yang berlokasi di Pandeglang, Banten. Jika berada di Serang, kalian  dapat menyantap hidangan ini di Warung Makan Doa Nini Aku yang berlokasi di Jalan Raya Petir. Harga satu porsi angeun lada sekitar Rp. 20.000-28.000, tergantung pada pilihan isi.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Kotak P3K Terbaik

Lokasi : Jl,Raya petir Pandeglang banten

Website : www.ayojalanjalan.com

Harga : Rp. 20.000-28.000

2. Rabeg

Rekomendasi rabeg

                                                                      ( Gambar rabeg makanan khas banten )

Menu ini menggunakan bahan utama berupa daging atau jeroan kambing. Rabeg memiliki  dengan rasa utama yang pedas berkat penggunaan cabe dan jahe. Daging kambing di masak dalam waktu lama dan di tambahkan dengan berbagai rempah khas sehingga bumbu  yang sangat meresap.

Selain itu, proses masak yang lama akan  dapat menghilangkan bau kambing dan membuat tekstur menjadi lebih empuk. Tingkat kepedasan rabeg dapat di pilih dengan  sesuai selera. Makanan yang konon di adaptasi dari makanan Arab ini cocok untuk disantap bersama nasi kebuli.

kalian dapat menemukan rabeg dengan mudah di berbagai tempat di Banten. Salah satunya ialah di rumah makan Rabeg Khas Serang yang terletak tepat di depan Rumah Tahanan Serang, Magersari. Satu porsi rabeg dibanderol dengan harga Rp 10.000- Rp 15.000.

Lokasi : Jl. Raya Banten, Kasunyatan, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten 42191

Website : www.kabarbanten pikiran – rakyat.com

Harga : Rp 10.000 – Rp 15.000.

3. Gerem Asem

Rekomendasi garang

                                                                                    ( Garmbar gerem Asem )

Bagi pecinta pedas, makanan khas Banten yang satu ini wajib masuk daftar untuk di cicipi. Gerem asem menggunakan bahan utama daging ayam atau bebek dengan cita rasa rempah yang kuat. Daging ayam di bakar terlebih dahulu, sebelum di masak bersama kuah selama beberapa jam.

Menu yang di kenal dengan rasa pedas yang membuat kalian  ketagihan ini sering di hidangkan pada acara syukuran atau perayaan. Selain menggunakan daging ayam atau bebek, gerem asem bisa juga di buat dari ikan laut.

Salah satu tempat makan yang dapat kalian kunjungi untuk mencicipi gerem asem yaitu Gerem Asem DPR, Serang Kota. Rumah makan lain yang di rekomendasikan ialah Kedai Gerem Asem yang berlokasi di Jl. Pengampelan, Ciruas, Serang. Satu porsinya sekitar Rp 28.000.

Lokasi : Jl. Pengampelan, Ciruas, Serang. Satu  Banten

Website : www.fimela.com

Harga : Rp 28.000.

4. Sambel Burog

Rekomendasi buroq

                                                                      ( Gambar Sambel Buroq khas banten )

Nama unik makanan ini terinspirasi dari kendaraan yang di gunakan oleh Nabi Muhammad selama melakukan Isra’ Mi’raj. Sambel burog merupakan hidangan yang di suguhkan pada orang yang berkunjung ke rumah orang yang baru pulang haji. Keunikan rasa sambel burog membuatnya sebagai salah satu kuliner yang wajib kalian untuk  di cicipi ketika berkunjung ke Banten.

Sambel burog terbuat dari bahan dasar berupa kulit melinjo atau kulit tangkil. Selanjutnya, bahan di campurkan dengan bawang putih, bawang merah, daun salam, kemiri, dan irisan cabe. Sambel burog sering di sajikan bersama irisan buah seperti jambu muda atau mangga muda.

Sambal burog termasuk menu yang jarang di sediakan di restoran karena masih tergolong hidangan masakan  rumahan. Namun kalian  dapat menemukan sambel burog di toko oleh-oleh. Sambal burog bahkan dapat dibeli secara online melalui

Baca Juga:  12 Rekomendasi Lem Sandal Anti Copot

Lokasi : Jl. Nuri 7 No.11, RT.1/RW.10, Cibeber, Kec. Cibeber, Kota Cilegon, Banten 42426

Website : www.biem.com

Harga : Mulai dari harga Rp.5.000

5. Nasi Sumsum

Rekomendasi sum

                                                                ( Gambar nasi sumsum khas serang  banten )

Nasi sumsum mulai di kenal di provinsi Banten pertama kali tahun 1941. Keunikan dan cita rasanya yang sangat khas membuat hidangan ini masih menjadi salah satu masakan tradisional yang banyak di gemari pecinta kuliner. Nasi sumsum di cirikan dengan rasa gurihnya.

Hidangan ini di buat dari sumsum tulang yang di campurkan dalam nasi. Selanjutnya, nasi bercampur sumsum di bungkus dengan daun pisang dan dibakar. Tekstur sumsum yang lumer dan meresap ke dalam nasi di tambah cita rasa dari bumbu rempah pilihan menghasilkan rasa yang sangat  unik.

Untuk menikmati nasi sumsum, kalian dapat mengunjungi warung Nasi Bakar Sumsum Pisangmas, Nasi Bakar Sumsum Mang Puri, atau Nasi Bakar Sumsum Bang Willy yang berlokasi di Serang. Menu ini termasuk hidangan yang relatif terjangkau. Harga satu porsi nasi sumsum sekitar Rp 16.000-34.000.

Lokasi : Jl. Kelapa Dua, Lontarbaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42115

Website : www.indonesiakaya.com

Harga : Rp 16.000-34.000.

6. Sate Bandeng

Rekomendasi bandeng 1

                                                                                 ( Gambar sate bandeng )

kalian wajib mencicipi hidangan khas Banten yang satu ini. Karena di buat dari ikan bandeng, sate yang satu ini memiliki rasa yang sangat lah berbeda di bandingkan sate ayam atau kambing. Konon, sate bandeng pertama kali di kembangkan pada abad ke-16 oleh juru masak kerajaan Banten Girang.

Sebelum di buat sate, sisik ikan bandeng harus di bersihkan terlebih dahulu. Selanjutnya, ikan di pukul-pukul atau di remat agar dagingnya hancur dan terpisah dari bagian kulit. Kemudian daging ikan di ambil dan di campur dengan bumbu khas Banten yang pedas dan manis, lalu di tambahkan santan kental. Setelah itu, daging kembali di bentuk, di tusukkan pada bambu lalu di bakar.

kalian  dapat dengan mudah menemukan rumah makan yang menyediakan menu sate bandeng. Salah satunya ialah Sate Bandeng Hj. Maryam yang berlokasi  Kota Serang. Harga untuk satu porsi sate bandeng sekitar Rp 30.000 saja.

Lokasi : Jl. Sayabulu km 1, Lingk No.11, RT.2/RW.1, Dalung, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten 42127

Website : www.travelingyuk.com

Harga :  Mulai dari harga Rp 30.000

7. Gecom

Rekomendasi gecom 1

                                                                                       ( Gambar gecom )

Nama gecom di ambil dari penggabungan nama bahan utamanya, yaitu taoge dan oncom. Keunikan hidangan ini terletak pada cara memasaknya yang  dengan menggunakan wajan datar. Bahan serta bumbu di campurkan menjadi satu dalam wajan yang umum di gunakan untuk menggoreng martabak.

Gecom di cirikan dengan sedikit rasa asam yang berasal dari tauco sebagai salah satu bumbunya. Masakan ini di bumbui dengan berbagai rempah yang memberikan rasa khas. Biasanya gecom di sajikan sebagai pelengkap nasi dan lauk.

Salah satu rumah makan untuk menikmati gecom yang paling nikmat yaitu di Toge Goreng Bu Wati. Rumah makan ini terletak di Kawasan Jatiuwung, Tangerang, Banten. Harga untuk satu porsi gecom sekitar Rp 15.000.

Lokasi : Jl. AMD Raya No. 31 Gandasari, Jatiuwung, Tangerang

Baca Juga:  15 Dispenser Air Minum Terbaik 2024

Website : www.merdeka.com

Harga : Rp 15.000.

8. Pecak Bandeng

Rekomendasi pecak

                                                                     ( Gambar pecak bandeng khas banten )

Kuliner yang satu ini awalnya di masak sebagai bekal makan siang para petani. Namun, berkat banyak yang menggemarinya, kini pecak bandeng dapat  juga di nikmati siapa saja yang berkunjung ke Banten. Hidangan sederhana ini terdiri dari dua bahan utama, yaitu pecak dan bandeng.

Pecak berupa sambal pedas yang juga  di tambahkan dengan irisan jeruk nipis. Sambal ini di tambahkan ke atas bandeng yang telah di bumbui  dengan asinan dan di goreng kering. Pecak bandeng dapat juga  di hidangkan bersama nasi putih panas.

Banyak rumah makan di Banten yang menyediakan menu ini. Tempat yang paling terkenal untuk menikmati pecak bandeng ialah rumah makan Pecak Bandeng Sawah Luhur, yang terdapat di desa Sawah Luhur, kecamatan Kasemen. Anda juga bisa menikmati pecak bandeng di Rumah Makan Mama Rendy, Serang. Satu porsi pecak bandeng dihargai Rp 20.000-25.000.

Lokasi : Gg. Penerangan Jl. Ustad Uzaer Yahya No.10, Serang, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42116

Website : www.cookpad.com

Harga : Rp 20.000-25.000

9. Sayur Besan

Rekomendasi besan

                                                                       ( Gambar sayur besan khas banten )

Satu lagi makanan khas Banten dengan nama yang unik. Bukan sekedar nama, sayur besan merupakan makanan yang sarat nilai tradisi dan budaya. Pasalnya, masakan ini dapat juga  di hidangkan selama prosesi  dalam pernikahan.

Sayur besan terbuat dari empat bahan utama, yaitu petai, kentang, terubuk, dan bihun. Sering kali di tambahkan beberapa bahan lain seperti wortel, buncis, ebi, labu siam, dan udang. Untuk membuat cita rasa khas dan warna kuning pada kuah, di gunakan kunyit dalam bumbunya.

Sayur besan dapat di nikmati sebagai makanan pendamping nasi atau dimakan langsung. Salah satu tempat yang di rekomendasikan untuk menikmati sayur besan ialah Warung Mpo Iyoh yang berlokasi di jalan Ir H Juanda, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Harga sayur besan cukup terjangkau, hanya Rp 8.000 per porsinya.

Lokasi : jalan Ir H Juanda, Ciputat Timur, tangerang selatan Banten

Website : www.budaya – indonesia org.com

Harga : Rp 8.000 per porsinya.

10. Balok Menes

Rekomendasi balok

                                                                      ( Gambar balok menes khas banten )

Kuliner yang satu ini merupakan kue khas dari kecamatan Menes, Pandeglang, Banten. Balok menes di buat dari bahan utama berupa singkong. Kue tradisional ini mirip seperti getuk dari daerah Jawa Tengah.

Berbeda dari getuk, adonan balok menes tidak di bentuk dan di beri suatu warna-warni, namun di sajikan dalam bentuk padat seperti balok dengan warna putih asli. Selain itu, getuk menggunakan parutan kelapa sebagai toping. Sedangkan balok menes biasanya menggunakan serundeng atau bumbu kacang.

Salah satu tempat yang di rekomendasikan untuk menyantap balok menes ialah Balok Menes, Jl Raya Labuan, Pandeglang. Anda juga dapat mengunjungi sentra kue balok di daerah Babakan arah Labuan serta di Ciputri. Harga kue balok menes sekitar Rp 3.000-5.000 per bungkus.

Lokasi : Jl. Raya Labuan – Pandeglang No.184, Karyasari, Kec. Cikedal, Kabupaten Pandeglang, Banten 42271

Website : www.bantenidntimes.com

Harga : Rp 3.000-5.000 per bungkus.

Demikian lah 10 makanan khas banten yang wajib kalian coba dan cicipi apabila kalian berlibur atau berkunjung bersama keluarga ke provinsi banten , semoga artikel di atas bermanfaat bagi kalian semua nya , selamat mencoba nya untuk liburan akhir tahun.

 

4.7/5 - (8 votes)