Rekomendasi jason anderson CN2h4eUbFGw unsplash

Rekomendasi 13 Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru 2023)

Kipas angin dinding pasti sering anda temui di berbagai tempat, misalnya di kamar tidur, ruang kantor, warteg, atau ruangan kelas yang tidak terlalu luas. selain tidak memerlukan banyak tempat, harga kipas angin dinding juga relatif lebih sangat terjangkau di bandingkan dengan harga AC. selain di operasikan dengan cara menarik tali yang menjulur ke bawah, saat ini kipas angin dinding juga sudah ada yang di operasikan dengan remote. pada artikel ini, akan di bahas mengenai rekomendasi kipas angin dinding terbaik dan cara untuk membersih kan kipas angin tersebut.

Cara Memilih Kipas Angin Dinding yang Bagus

Kipas angin dinding memiliki beberapa keunggulan di bandingkan dengan jenis pendingin ruangan lain, antara lain harga mau pun perawatan nya jauh lebih murah di banding kan AC, bisa mengalirkan udara dalam ruangan dengan baik, serta tidak terlalu makan tempat seperti standing fan. Produk kipas angin dinding tidak sulit di cari dan banyak di jual di toko-toko elektronik. untuk dapat  memperoleh kipas angin dinding dengan kualitas bagus di pasaran, beberapa faktor di bawah ini perlu menjadi pertimbangan anda.

1.Memilih berdasarkan cara operasional kipas angin

Sejauh ini terdapat dua jenis operasional kipas angin dinding terbaik di pasaran, yaitu tipe tali dan remote. Kipas angin dinding yang di operasi kan dengan tali bisa di bilang model konvensional dan di operasikan secara manual. untuk mengguna kan nya, anda perlu menarik tali beberapa kali untuk menghidupkan, mengatur kecepatan, dan mematikan kipas angin. Kipas angin terbaik yang di operasikan dengan tali tidak memerlukan baterai dan biasa nya di jual dengan harga yang sangat  lebih murah di bandingkan kipas angin tipe remote. akan tetapi, penggunaan nya kurang praktis karena anda harus bolak-balik mendekat ke kipas angin saat ingin menyalakan, mengatur kecepatan, atau memati kan pada kipas.

Jika anda terlalu mager ketika akan menyalakan kipas angin dinding, maka sebaik nya memilih kipas angin dinding terbaik tipe remote yang bisa di operasikan dari jarak jauh. selain pemakaian nya yang praktis, kipas angin remote biasa nya mempunyai desain yang lebih modern dan fitur yang lebih lengkap di bandingkan kipas angin dinding tipe tali. akan tetapi, anda perlu mengeluarkan  biaya tambahan untuk mengganti baterai ketika daya nya habis.

2. Menyesuaikan ukuran kipas dengan luas ruangan

Dua hal yang menjadi penentu kemampuan kipas angin dinding terbaik dalam mengalirkan udara adalah diameter kipas dan panjang bilah nya. semakin luas ruangan nya, tentu memerlukan ukuran kipas angin dinding yang semakin besar. untuk di ruang kelas, ruang tamu, atau warteg, sebaik nya pasang kipas angin berdiameter 40 cm atau lebih dan di letakkan di beberapa titik yang strategis. namun jika kipas di pasang di kamar tidur, maka kipas angin dinding berdiameter 25–30 cm sudah cukup untuk membantu mendinginkan suhu ruangan.

3. Mengecek kelengkapan fitur kipas

Kipas angin dinding terbaik biasa nya sudah di lengkapi berbagai macam fitur yang menunjang performa kipas serta kenyamanan pengguna nya. Fitur pertama yang di miliki oleh semua jenis kipas angin adalah pengatur kecepatan. Fitur ini terbagi dalam tiga level kecepatan, yaitu pelan atau level 1, sedang atau level 2, dan kencang atau level 3. Fitur umum lain nya yang ada pada kipas angin adalah rotate and freeze yang memungkinkan kipas bergerak ke kanan, kiri, atau diam di tempat.

Baca Juga:  3 Nebulizer Terbaik

Saat ini beberapa kipas angin dinding terbaik juga sudah dilengkapi dengan fitur timer yang berfungsi untuk mematikan kipas secara otomatis dalam waktu tertentu. hal ini tentu akan membantu menghemat pemakaian daya kipas angin dan tentu nya menghemat tagihan listrik bulanan, jadi akan sangat bermanfaat untuk anda yang sering lupa mematikan kipas angin.

Ada juga fitur thermofuse yang akan mengatur mesin kipas angin dinding terbaik tidak overheat saat mencapai suhu tertentu, sehingga bisa mencegah korsleting pada kipas angin. cara kerja nya adalah dengan mengurangi kecepatan gerak motor mesin pada suhu tertentu, sehingga suhunya tidak mengalami kenaikan terus menerus. terakhir ada fitur superspread untuk membuat tenaga yang di keluarkan kipas angin lebih besar, sehingga angin nya bisa dapat  menjangkau area ruangan yang lebih jauh.

Entah itu di toko elektronik maupun di e-ecommerce, tentu tidak sulit menemukan kipas angin dinding, baik kipas angin tipe tali maupun tipe tipe remote. Berikut rekomendasi beberapa produk kipas angin dinding yang bagus pilihan  yang akan sangat membantu untuk mendingin kan sebuah  ruangan anda.

1. Nagoya Kipas Angin Dinding NG-16WF

 

Rekomendasi nagoya

                                                         ( Gambar Nagoya Kipas Angin Dinding NG-16 WF )

Ruangan di rumah terasa panas dan hal ini membuat anda menjadi gerah? tenang, sekarang ada Nagoya kipas angin dinding yang akan membuat ruangan di rumah anda menjadi lebih sejuk dan nyaman. Kipas angin dinding merk Nagoya akan menghembuskan angin ke seluruh area ruangan dengan secara optimal. Nagoya kipas angin dinding terbaik ini di jual dengan harga yang  cukup terjangkau yaitu 169 ribuan rupiah saja.

Nagoya sebagai brand kipas angin dinding yang terkenal di seluruh dunia telah melengkapi produk nya dengan motor yang handal. sehingga, sangat kuat dan tahan lama untuk di gunakan. anda bisa mengatur kecepatan angin pada Nagoya kipas angin dinding ini. Karena, terdapat  dalam 3 pilihan untuk mengatur kecepatan melalui tali pada Nagoya kipas angin dinding tersebut.

Pemasangan Nagoya kipas angin dinding yang praktis ini tidak memerlukan tempat yang besar. melainkan bisa di pasang di bagian ruangan mana saja dan bisa menghemat penggunaan ruang di rumah secara efisien. ukuran baling-baling kipas sebesar 16 inci ini membuat angin yang di hasilkan lebih cepat dan kuat serta anti bising.

Lokasi : Jl. KH. Hasyim Ashari No.35A, RT.1/RW.11, Cideng, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10150

Website : www.scnp.co.id

 

2. TURBO Kipas Angin Dinding CFR5889

 

Rekomendasi turbo

                                                                     ( Gambar Turbo Kipas Angin Dinding )

TURBO CFR5889 adalah produk kipas angin yang paling sangat  di rekomendasi kan untuk anda. Kipas angin yang praktis dan sangat mudah untuk dipasang ini dapat memberikan angin yang merata, sejuk, dan kencang tentu nya. konsumsi daya sebesar 55 watt dapat menghemat penggunaan energi listrik di rumah Anda. TURBO CFR5889 ini di buat menggunakan material plastik PP dan plastik ABS.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Terbaik

TURBO kipas angin dinding memiliki besi penggantung kipas dan baling-baling sebanyak 2 buah yang berukuran kecil dan besar. arah hembusan angin yang di hasilkan oleh kipas angin dinding dari TURBO ini yaitu lebih merata dari sisi samping menuju sisi tengah. adanya komponen 100% motor listrik yang sangat berkualitas membuat kipas angin merk TURBO tidak bising sama sekali.

Suara angin yang di hasilkan juga lebih halus dan hadir dengan 3 tingkat kecepatan yang bisa anda atur sesuai kebutuhan. Kipas angin dinding yang bagus ini di banderol dengan harga 327 ribuan rupiah. anda juga bisa mengatur arah pergerakan kipas angin dinding dari TURBO CFR5889 secara fleksibel baik ke arah kiri mau pun ke arah kanan.

Lokasi : Jl. Jembatan Besi VIII No.8, RT.12/RW.6, Jemb. Besi, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11320

Website : myhartono.com

 

3. COSMOS Kipas Angin Dinding 16-WFG

 

Rekomendasi cos

                                                                     ( Gambar Cosnos Kipas angin Dinding )

COSMOS Wall Fan 16-WFG di buat dalam diameter 16 inch, atau sekitar 40 cm.  Produk ini terbilang hemat energi karena hanya memerlukan daya listrik 46 Watt untuk pengoperasiannya. Kipas angin dinding terbaik ini mempunyai beberapa macam fitur penunjang, antara lain 3 level kecepatan, tombol berhenti, dan thermostat untuk menstabilkan suhu pada mesin.

selain desain nya tampak mewah, kipas angin dinding terbaik dari kosmos ini mempunyai blade yang melebar sehingga bisa dapat menghasilkan angin sejuk yang tersebar ke seluruh ruangan. COSMOS Wall Fan 16-WFG dijual dengan harga 240 ribuan rupiah dan pengoperasian nya menggunakan remote.

Lokasi : Cosmos, Jl. Rawa Buaya No.8, RT.5/RW.1, Rw. Buaya, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11740

Website : www.cosmos.id

 

Kelebihan Kipas Angin Dinding

Beberapa kelebihan dari kipas angin dinding di bandingkan dengan kipas angin lain nya di antara nya ialah :

1.Hemat Ruang

Kipas angin dinding sangat lah  cocok untuk ruangan yang sempit atau terbatas karena tidak memerlukan meja atau ruang lantai yang besar. pemasangan nya di dinding membuat ruangan terlihat lebih lega dan rapi. selain itu, dengan tidak ada nya benda di lantai, ruangan menjadi lebih sangat mudah di bersihkan dan lebih aman bagi anak-anak yang bermain di dalam nya.

2. Lebih Aman

Kipas angin dinding umum nya lebih aman untuk  di gunakan jika di bandingkan dengan kipas angin meja atau berdiri. Kipas angin dinding tidak akan mudah terjatuh, sehingga mengurangi risiko cedera akibat kipas yang jatuh. selain itu, kipas angin dinding memiliki sudut pandang yang lebih tinggi sehingga sulit untuk di jangkau oleh anak-anak kecil atau hewan peliharaan yang ingin bermain-main dengan kipas.

3. Lebih Tenang

Kipas angin dinding cenderung lebih cukup  tenang di bandingkan dengan kipas angin berdiri atau meja. hal ini karena kipas angin dinding terletak jauh dari pendengaran anda. dalam situasi tertentu, seperti saat bekerja atau belajar di rumah, kipas angin yang tenang dapat membantu anda fokus dan meningkat kan  pada produktivitas.

4. Mudah Dipasang

Kipas angin dinding biasa nya di lengkapi dengan sistem pemasangan yang mudah dan simpel. anda dapat memasang nya sendiri atau meminta bantuan dari teknisi untuk memasangkan nya. selain itu, beberapa model kipas angin dinding bahkan di lengkapi dengan  sebuah remote control sehingga memudahkan anda dalam mengatur kecepatan kipas dan arah hembusan angin tanpa harus naik ke atas untuk menyetelnya.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Merk Roti Tawar Terbaik yang Cocok untuk Sarapan

5. Dapat Diposisikan Secara Fleksibel

Beberapa model kipas angin dinding memiliki kemampuan untuk diatur posisinya secara fleksibel. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengarahkan aliran angin ke arah yang di inginkan, sehingga memberikan kenyamanan dan sirkulasi udara yang optimal di ruangan Anda. Selain itu, beberapa model kipas angin dinding juga dilengkapi dengan fitur timer sehingga anda dapat mengatur waktu kipas menyala atau mati sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, kipas angin dinding menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan kenyamanan dan sirkulasi udara di dalam ruangan anda.

Cara Membersihkan Kipas Angin Dinding

Semua jenis kipas angin, termasuk kipas angin dinding terbaik di atas sangat lah mudah memerangkap debu dan kotoran di baling-balingnya. Jika debu dan kotoran yang menumpuk itu kembali tersebar ke seluruh ruangan ketika di nyalakan, kebersihan udara dalam ruangan bisa terganggu. oleh karena itu, kipas angin dinding harus rutin di bersihkan dan berikut langkah-langkahnya.

  • Matikan dan cabut kabel kipas untuk memastikan kipas angin dinding terbaik yang Anda punya tidak terhubung arus listrik. Kipas yang masih terhubung arus listrik saat dibersihkan bisa menyebabkan korsleting atau kesetrum, terutama ketika dilap dengan air.
  • Menyiapkan alat yang diperlukan, antara lain kain lap kering, kain lap basah, sabun, spons, dan obeng untuk membuka penutup kipas. Anda juga perlu menyiapkan alat untuk perlindungan diri, seperti memakai masker dan sarung tangan.
  • Melepaskan penutup baling-baling dengan bantuan obeng yang telah disiapkan. Ketika membuka penutup baling-baling, sebaiknya posisikan kipas angin dinding terbaik Anda dalam keadaan berbaring untuk mencegahnya jatuh dan mengalami kerusakan.
  • ·  Mencuci penutup kipas dengan menaruhnya di bawah air mengalir, kemudian digosok menggunakan spons yang sudah diberi sabun. Meski terbuat dari logam, penutup kipas biasanya sudah dilapisi dengan anti karat, jadi tidak perlu khawatir untuk mencucinya. Jangan lupa untuk menjjemur penutup kipas di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Membersihkan baling-baling kipas dengan cara dilap menggunakan kain basah. Baling-baling kipas biasanya terhubung langsung dengan mesin, jadi tidak perlu mencopot untuk membersihkannya, karena itu cukup sulit dilakukan. Jangan lupa keringkan baling-baling dengan lap kering setelah kotorannya hilang.
  • Membersihkan bagian kepala dan badan kipas angin duduk dengan cara dilap menggunakan kain basah karena mungkin saja debu juga menempel di sela-sela kipas kepala dan badan kipas. setelah bersih, jangan lupa untuk mengelap kepala dan badan kipas dengan kain kering.

hal yang tidak kalah penting dalam merawat kipas angin dinding terbaik adalah membersihkan nya secara rutin, misal nya 1 bulan atau 2 bulan sekali tergantung kondisi kotor nya. untuk pembersihan sehari-hari, bisa di lakukan dengan bantuan kemoceng atau vacuum cleaner, sehingga anda tidak perlu membongkar pada sebuah kipas.

Kesimpulan

Kipas angin dinding masih sering di pilih oleh sebagaian  masyarakat, baik untuk warung makan, sekolah, kamar, mau pun ruang lain di rumah, karena harga nya yang lebih murah di bandingkan dengan AC. Kipas angin dinding juga tidak memerlukan terlalu banyak tempat, jadi tidak akan mengganggu aktivitas penghuni. pada artikel ini sudah di bahas mengenai cara memilih kipas angin dinding, rekomendasi produk kipas angin dinding terbaik, hingga cara membersihkan nya semoga bermanfaat untuk artikel kali ini.