Rekomendasi sean stone dkb3wApu5XQ unsplash1

13 Rekomendasi Joystick PC Terbaik

Ketika memainkan sebuah game di komputer, anda memerlukan sebuah alat bernama joystick yang tentunya akan dapat  memberikan sensasi berbeda di bandingkan bermain game menggunakan keyboard dan mouse. meski demikian, memilih joystick PC yang tepat bukan lah hal yang cukup  mudah, karena perlu di sesuaikan dengan spesifikasi komputer hingga game yang di main kan. Jika anda tengah mencari joystick PC yang bagus agar bermain game semakin nyaman dan menyenangkan, yuk baca artikel ini sampai selesai.

Mengenal Perbedaan Joystick dan Gamepad

Meskipun sama-sama untuk bermain game, tetapi ada perbedaan cukup signifikan antara joystick PC dengan gamepad. Pada dasarnya, joystick didesain cukup tinggi dan dapat dioperasikan dengan satu tangan saja, sedangkan gamepad dominan dengan beragam tombol untuk memainkan sebuah game. Meski demikian, pada gamepad juga terdapat joystick berukuran cukup kecil untuk melakukan perintah tertentu, seperti perintah Turbo.

Cara Memilih Joystick PC yang Bagus & Sesuai

Beberapa game PCM seperti fighting, sports, atau flight simulator bukan hanya memerlukan mouse dan keyboard untuk memainkan nya, tetapi juga di perlukan sistem kontrol menggunakan joystick. tetapi sebelum membeli joystick PC terbaik untuk berbagai game yang anda main kan, pertimbangkan dulu beberapa hal di bawah ini.

1. Menyesuaikan joystick dengan jenis game yang dimainkan

Salah satu jenis joystick PC terbaik yang paling populer adalah gamepad yang bahkan sekarang sudah banyak yang kompatibel dengan perangkat Android. Meskipun desainnya bervariasi, model gamepad pada dasarnya sama, baik dari segi peletakan directional pad hingga action button. Gamepad memang dikenal versatile untuk memainkan beragam genre game, baik itu genre RPG, adventure, platformer, olahraga, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, sistem kontrolnya masih sering kurang maksimal untuk genre tertentu, misalnya kontrol combo dalam fighting game masih belum semaksimal pada arcade joystick.

Berikutnya ada jenis arcade joystick yang mempunyai ciri adanya joystick besar dengan ujung bulat seperti bola tebal dan di sampingnya terdapat beberapa tombol berbentuk lingkaran. Joystick PC terbaik jenis ini dapat digerakkan ke delapan arah sehingga sangat cocok untuk menghasilkan combo di fighting game. Untuk kekurangannya, ukuran arcade joystick jauh lebih besar dari gamepad dan tombolnya diletakkan pada base datar sehingga diperlukan area yang luas supaya bisa nyaman memakainya. Beberapa genre game yang cocok dimainkan dengan arcade joystick, antara lain Mortal Kombat, Street Fighter, dan Tekken.

Baca Juga:  10 Konsultan Manajemen Strategi di Jakarta, Lengkap dengan Kontaknya

Gemar memainkan game yang berupa pertempuran udara? Flight joystick bisa menjadi pilihan joystick PC terbaik. Untuk memberikan pengalaman mengendalikan pesawat yang realistis, desain dan sistem kontrolnya dibuat semirip mungkin dengan centre stick dalam pesawat sungguhan, misalnya dengan tarik joystick untuk manuver naik, dorong untuk turun, serta adanya trigger pada bagian ujungnya. Sayangnya penggunaan flight joystick cukup terbatas untuk beberapa judul game dan sistem kontrolnya sulit dikuasai bagi pemula.

2. Memastikan jenis koneksi yang digunakan

Koneksi yang digunakan pada berbagai joystick PC terbaik ada dua macam, yaitu wireless dan wired. Joystick PC wireless biasanya memanfaatkan koneksi USB dongle atau Bluetooth dan memungkinkan penggunanya bermain jarak jauh dari layar. Karena nirkabel, maka digunakan sumber daya berupa baterai, baik itu baterai sekali pakai mau pun isi ulang. Koneksi wireless umumnya ditemukan pada joystick model gamepad.

Pada joystick PC terbaik yang menggunakan koneksi wired umumnya ditemukan pada arcade dan flight joystick. Adanya kabel pada joystick ini membuat setiap pengguna tidak perlu mengganti atau mengisi ulang baterai secara berkala, hanya saja kabel tersebut mungkin membuat joystick ini membuat ruangan terlihat tidak rapi. Kelebihan lain dari joystick yang masih menggunakan koneksi kabel adalah harganya relatif terjangkau dan lebih stabil dibandingkan dengan joystick nirkabel.

3. Mengecek fitur tambahan yang ditawarkan

Pada dasarnya, berbagai joystick PC terdiri dari stik analog dan tombol-tombol perintah tertentu. Namun untuk meningkatkan kinerjanya, berbagai produsen menambahkan fitur-fitur pelengkap, seperti vibrasi, mode turbo, programmable buttons, dan tombol makro.

Pertama, fitur vibrasi umumnya dijumpai pada joystick PC terbaik jenis gamepad. Fitur ini memungkinkan joystick bergetar pada momen tertentu sehingga menambah sensasi ketegangan dan keseruan ketika bermain game. Selain itu, fitur vibrasi juga dapat dimanfaatkan sebagai panduan dalam quick time events.

Kedua, mode turbo yang bekerja dengan mengirim suatu perintah secara beruntun melalui satu klik saja. Kemudian ada programmable buttons yang memungkinkan pengguna untuk menukar fungsi-fungsi pada tombol joystick sesuai keinginan dan umumnya ditemukan pada flight joystick karena tombolnya banyak. Fitur yang sering ditambahkan pada joystick PC terbaik berikutnya adalah tombol makro dengan fungsi sebagai shortcut untuk kombinasi beberapa perintah sekaligus dalam satu tombol.

Di Indonesia ada beberapa merk joystick PC terbaik yang sudah cukup terkenal, seperti Logitech, Rexus, dan masih banyak merk lain. Berikut ini kita  ulas rekomendasi berbagai produk joystick PC selengkap nya di bawah ini :

Baca Juga:  7 Rekomendasi Smoke Detector Rumah yang Bisa di Pasang Sendiri

1. Gamesir Joy stick Gamepad C2 Arcade

Rekomendasi joystick

( Gambar Gamesir Joy stik Game pad C2 Arcade )

Rekomendasi produk joystick PC terbaik yang pertama yaitu dari merk Gamesir. Desain produk seharga Rp1.299.000 ini begitu menarik dengan kombinasi warna-warni yang menarik. Ukuran produk ini mencapai 400 mm x 250 mm x 132 mm. Tombol yang terdapat pada produk ini punya tingkat sensitivitas yang tinggi. Pastinya, selama bermain game Anda tidak akan salah dalam memencet tombol. Hal ini karena adanya clicky feeling yang membuat Anda jadi lebih intens dalam memainkan game.

Selain itu, terdapat fitur menu lock yang sangat bermanfaat untuk Anda. Dengan begitu, dapat mencegah tertekannya tombol share, select, option, dan home. Jajaran tombol dalam produk joystick PC merk Gamesir ini telah terbukti ketangguhannya dengan efektif. Produk tersebut dibuat dari material aluminium alloy yang tahan terhadap panas, solid, dan tentunya lebih ringan untuk Anda gunakan.

Pastinya, produk yang satu ini tidak mudah rusak dan tahan lama digunakan. Kemudian, tingkat durabilitas joystick untuk PC ini begitu tinggi. Jadi, cocok untuk Anda yang menyukai game tantangan untuk bertarung secara dngan berkelanjutan.

Lokasi : Jl. Dd No.18 10, RT.12/RW.1, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870

Website : www.global.microless.com

 

2. Sades Gamepad Hiro G50

 

Rekomendasi sades

( Gambar Sades Gamepad  Hiro G50 )

Rekomendasi produk joystick PC dengan kualitas premium pada urutan kedua yakni Sades. Produk tersebut hadir dengan desain yang lebih modern dan menakjubkan. Masa garansi yang diberikan oleh merk Sades untuk produk joystick ini adalah selama 12 bulan. Tipe adapter yang digunakan yaitu type C dan Bluetooth. Produk ini dapat Anda sesuaikan dengan perangkat playstation, komputer, dan laptop.

Produk gamepad joystick PC ini memiliki tipe konektivitas berupa Bluetooth dan mode kabel. Keunggulan dari produk ini yaitu sudah kompatibel dengan aneka platform. Mulai dari perangkat iOS, Android, PC, PS3, hingga PS4. Menariknya, lagi produk seharga Rp345.000 ini ditenagai oleh baterai yang bisa Anda lakukan pengisian daya kembali. Hal ini tentunya membuat Anda lebih nyaman dalam bermain game kesayangan di rumah.

Kapasitas baterai yang digunakan adalah 600 mAh dan interface yang digunakan yaitu type C. Adapun jangkauan wireless range yaitu mencapai jarak 10 m. Sudah dilengkapi dengan sensor berupa trigger sensor dan motion sensor. Ukuran produk ini mencapai 160 mm x 104 mm x 68 mm dan beratnya yaitu 189 gram.

Baca Juga:  2 Rekomendasi Kacamata Renang yang Bagus

Lokasi : Ruko Mangga 2 Mall No.45A Ruko Mangga Dua mall , Deretan Bank Panin, RT.1/RW.12, South Mangga Dua, Sawah Besar, Jakarta 10730

Website : www.blossomzones.com

 

3. M-Tech Stick PC Transparan

 

Rekomendasi m tech

( Gambar M-Tech Stick PC Transparan )

M-Tech Gamepad Stick Control terbuat dari material plastik tebal dan menggunakan koneksi kabel USB Plug & Play untuk dihubungkan ke PC, laptop, maupun PS3. Joystick PC terbaik ini juga dapat dihubungkan ke perangkat Android kok, asal menggunakan OTG. Desainnya yang transparan memungkinkan Anda untuk mengecek bagian dalam dari joystick sehingga kerusakan yang terjadi bisa segera ketahuan.

Untuk memberikan pengalaman bermain game terbaik, M-Tech Gamepad Stick Control mempunyai fitur vibrasi. Joystick PC terbaik ini bisa dipesan langsung melalui official store M-Tech dan harganya sangat murah, hanya 89 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. Buana No.34, RT.17/RW.11, Mangga Dua Sel., Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730

Website : www.8bitdo.com

 

Tip Merawat Joystick PC Agar Awet dan Tetap Bagus

Kerusakan satu tombol saja pada joystick akan menyulitkan penggunanya ketika sedang bermain sehingga alat ini perlu dirawat dan disimpan dengan baik. Anda dapat melakukan beberapa cara berikut supaya joystick PC terbaik yang sudah dibeli bisa awet dalam waktu cukup lama.

 

  • Beli joystick PC berkualitas terbaik yang terbuat dari bahan kokoh. Meskipun harganya mahal, tetapi produk ini bisa lebih awet dan tidak mudah rusak walaupun dalam waktu yang lama.
  • Jangan gulung kabel joystick ketika sedang tidak dipakai karena kabelnya berukuran kecil dan cukup rapuh, sehingga menggulung kabel dapat menyebabkan isinya tertarik sapai menyebabkan satu bagian kabel terputus.
  • Hindari mencabut socket joystick, baik joystick model lama maupun baru, dengan cara menarik kabelnya. Cara melepas yang benar adalah dengan memegang bagian batang socket-nya kemudian baru dicabut.
  • Simpan joystick dengan cara digantung pada tembok secara vertikal. Cara ini bukan hanya lebih ringkas, tetapi juga relatif lebih aman daripada menggulung kabel joystick
  • Hindari permainan yang keras dan kasar terlalu sering, seperti peperangan, pertarungan, atau perkelahian yang memerlukan kontrol lebih intensif dan cepat. Berbagai game seperti ini bisa saja membuat tombol pada joystick rusak dalam waktu relatif cepat.
  • Batasi durasi waktu bermain game untuk menjaga kinerja joystick tetap maksimal.

Jangan lupa juga untuk membersihkan joystick PC terbaik yang anda punya dengan rutin. Cara membersihkannya bisa dengan disapu saja menggunakan kuas lembut untuk menghilangkan debu maupun kotoran yang menempel.

Kesimpulan

Joystick PC menjadi peralatan yang wajib ada kalau ingin memainkan berbagai game komputer dengan cukup  nyaman dan lancar. Jika anda tengah mencari produk joystick PC terbaik, terutama yang dapat di beli melalui e-commerce.