Rekomendasi jonny clow BuMVDXZTGn0 unsplash

6 Rekomendasi Exhaust Fan Terbaik

Membuat ruangan menjadi kelihatan  sejuk tentu menjadi sebuah prioritas utama karena akan membuat orang-orang di dalam nya jadi merasa akan cukup nyaman. kesejukan suatu ruangan dapat  di pengaruhi oleh sirkulasi udara yang baik di dalam nya dan salah satu cara mewujudkannya adalah dengan memasang exhaust fan di ruangan tersebut. Masih belum menemukan exhaust fan menjadi  pilihan terbaik yang sesuai kebutuhan.

Tips Memilih Exhaust Fan yang Bagus

Exhaust fan merupakan salah satu  sebuah jenis kipas angin yang di fungsi kan untuk sirkulasi udara dalam ruangan yang bekerja dengan cara menghisap udara di dalam ruang untuk di buang ke luar, tetapi pada saat bersamaan menarik udara segar ke dalam ruangan. Exhaust fan juga bisa di manfaat kan untuk mengatur dengan  volume udara yang akan di sirkulasi kan ke ruangan. namun untuk memperoleh produk exhaust fan terbaik, kalian perlu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini di antara nya sebagai berikut :

1. Menyesuaikan produk dengan lokasi pemasangan

Ada tiga tipe exhaust fan terbaik berdasarkan lokasi pemasangannya, antara lain ceiling mount, wall mount, dan window mount. tipe ceiling moint bisa di manfaat kan untuk menyejukan area ruangan di sekitar loteng dengan cara mengisap udara dari dalam ruangan kemudian di alir kan ke loteng rumah. tipe ini sangat cocok untuk ruangan yang tidak di lengkapi dengan ventilasi, misal nya pada  kamar mandi atau kamar yang berlokasi di pojokan rumah.

Berikutnya ada tipe wall mount yang dipasang pada dinding dan cocok untuk  di gunakan untuk ruangan yang bersebelahan dengan area terbuka, seperti kebun atau halaman rumah. Exhaust fan terbaik jenis ini dapat mengalirkan udara dari dalam ruangan ke area terbuka sehingga sirkulasi udara dalam ruangan menjadi lebih baik dan sejuk. namun jika ruangan tidak bersebelahan dengan area terbuka, gunakan exhaust fan ceiling mount, yang di pasang pada plafon. ketika memasang exhaust fan wall mount, pasti kan dinding tempat di pasang nya bersebelahan dengan ruangan besar yang sirkulasi udara nya lancar. Tipe exhaust fan terbaik berikutnya adalah window mount yamg dapat di pasang pada  kaca jendela dengan cukup mudah, tanpa perlu melakukan modifikasi yang besar pada dinding atau plafon. manfaat utama dari exhaust fan ini adalah membuang udara kotor dari ruangan sambil membawa udara segar dari luar. manfaat lain yang diberikan oleh window mount adalah  dapat membantu mengontrol suhu dan kelembapan pada ruangan sehingga lebih nyaman untuk di tinggali.

2. Memastikan ukuran exhaust fan sesuai ukuran ruangan

Ketika kalian  memilih exhaust fan terbaik untuk ruangan kalian , ukuran menjadi salah satu sebuah  faktor penting yang harus di pertimbang kan. saat ini, di pasaran tersedia berbagai ukuran exhaust fan, mulai dari 8 inch hingga puluhan inch. memilih ukuran produk yang sesuai dengan kebutuhan ruangan tentu akan membuat sirkulasi udara dalam ruangan berjalan dengan secara  baik. Kalau ruangan kalian  berukuran besar atau memerlukan sirkulasi udara yang cepat karena di tempati banyak orang, maka poduk exhaust fan berukuran besar merupakan pilihan yang cukup  tepat.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Toko Bunga Surabaya, Bisa Pesan Online!

3. Memastikan volume udara, air, dan tingkat kebisingan exhaust fan

Air volume atau kapasitas udara yang dapat di tarik oleh setiap exhaust fan terbaik dalam suatu periode waktu di tunjuk kan dengan satuan CMH (cubic meter per hour). Semakin tinggi CMH produk yang di pilih, semakin cepat sirkulasi udara yang di hasilkan. namun perlu di ingat bahwa pemilihan kapasitas udara yang tepat juga harus  dapat di pertimbang kan dari volume dan lokasi ruangan yang akan di pasang exhaust fan tersebut.

untuk membantu dalam pemilihan kapasitas udara yang tepat, kalian  dapat mencari tabel ACH (air changer per hour) atau pergantian udara per jam yang di terbit kan oleh “Hygienis Laboratories” yang berlokasi Jepang. tabel ini memberikan rekomendasi kapasitas udara yang di butuh kan berdasar kan lokasi ruangan. sebagai contoh, kamar mandi membutuh kan 6-10 ACH, sedang kan kamar tidur membutuh kan 2-4 ACH. pasti kan untuk mempertimbangkan tabel ini sebagai panduan dalam pemilihan kapasitas udara exhaust fan terbaik yang akan di beli.

Perhitungan kapasitas udara yang di perlu kan dalam suatu ruangan, dapat di hutung mengalikan volume ruangan dan ACH (air changer per hour). sebagai contoh, jika ingin menghitung CMH untuk kamar tidur dengan ukuran 4 meter x 3 meter x 2 meter = 24 meter kubik. kalau di butuh kan pergantian udara per jam yang di butuh kan adalah 4, maka CMH minimum yang di perlu kan adalah 24 m3 x 4 = 96 meter kubik per jam.

Faktor penting lain yang perlu di pertimbang kan ketika kalian membeli exhaust fan terbaik adalah tingkat kebisingan yang di hasil kan. satuan yang di guna kan untuk mengukur kebisingan adalah dB (desibel), jadi semakin besar nilai dB, maka semakin besar suara yang di hasil kan. untuk menunjang kenyamanan dalam  saat beraktivitas, di saran kan untuk dapat  memilih produk dengan tingkat kebisingan yang rendah, maksimal 45 dB. memilih produk dengan noise yang lebih rendah tentu akan membuat ruangan menjadi lebih cukup  nyaman dan tidak mengganggu aktivitas kalian.

4. Memastikan konsumsi listrik dan fitur tambahan nya

Konsumsi listrik merupakan faktor penting yang tidak boleh di lewat kan ketika kalian membeli exhaust fan terbaik. di pasaran, terdapat produk exhaust fan dengan konsumsi listrik yang sangat rendah, misalnya 5 watt jadi exhaust fan dapat di nyala kan dengan lebih sering tanpa khawatir biaya listrik akan membengkak. namun perlu di ingat bahwa produk tersebut juga cenderung memiliki kinerja yang lebih rendah. Kalau butuh exhaust fan yang kinerja nya cepat, maka bisa memilih produk dengan konsumsi listrik 20 – 50 watt.

beberapa produsen exhaust fan terbaik juga menambahkan fitur tertentu pada produk mereka, seperti perlindungan anti karat, thermal fuse untuk mencegah overheat, dan timer. ada juga produk yang di lengkapi dengan fitur dengan tambahan seperti remote control, pengaturan ketinggian, hingga LED indicator. apapun fitur tambahan yang di semat kan, pastikan kalau kalian membelinya dari merk yang cukup ternama dan terpercaya.

Berbagai merk exhaust fan terbaik dapat di temu kan dengan cukup  mudah di berbagai tokodengan harga rata-rata ratusan ribu rupiah. di bawah ini ada 6  daftar exhaust fan yang cukup berkualitas bagus pilihan  untuk membantu menyejukkan ruangan kalian.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Varian Plossa Minyak Angin & Manfaatnya

1. SEKAI Exhaust Fan Dinding Hexos WEF 890

 

Rekomendasi sekai 1

                                                     ( Gambar Sekai Exhaust Fan Dinding Hexos WEF 890 )

Sekai  Exhaust Fan WEF 890 merupakan tipe wall mount dan di buat menggunakan material plastik yang cukup tebal. Exhaust fan terbaik ini mempunyai ukuran 8 inch atau 20 cm dengan daya sedot mencapai 5 m³/min atau 300 m³ setiap jam nya dengan daya yang di perlu kan tergolong sedang, kisaran 30 watt saja, sehingga tidak akan membuat tagihan listrik di rumah akan membengkak., sebagai jaminan untuk keamanan, pada salah satu exhaust fan terbaik keluaran sekai ini terdapat sekring pengaman. produk ini bisa dipesan melalui official store sekai dan harga nya 270 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. KH. Hasyim Ashari No.35A, RT.1/RW.11, Cideng, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10150

website : sekaihome.co.id

Harga : Mulai dari 270 ribuan rupiah.

 

2. Panasonic Exhaust Fan FV-20TGU5

 

Rekomendasi panasonic 2

                                                                 ( Gambar Panasonic Exhaust Fan FV-20TGU5 )

Panasonic Exhaust Fan FV-20TGU5 termasuk tipe ceiling mount dengan segala  ukuran baling-baling 20 cm yang dapat berputar hingga 1208 rpm. meskipun daya yang di perlu kan hanya 18 watt, tetapi exhaust fan terbaik ini mempunyai daya hisap hingga 470 CMH lho. di tambah lagi, noise yang di hasilkan hanya di level 42 dB dan motor nya sudah di lengkapi dengan thermal fuse, membuat produk ini tidak berisik dan tidak cepat panas. hadir dalam pilihan warna abu-abu, Panasonic Exhaust Fan FV-20TGU5 dijual dalam kisaran harga 300 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. Dewi Sartika No.14 (Cawang II), Jakarta 13630, Indonesia

website : www.panasonic.com

Harga : Mulai dari 300 ribuan rupiah.

 

3. Maspion Ceiling Exhaust Fan MV-16EX

 

Rekomendasi maspion 2

                                                                ( Maspion Ceiling Exhaust Fan MV-16 EX )

Selain baling-baling berukuran 16 cm, pada Maspion MV16EX Ventilating Fan juga terdapat lubang  dengan cerobong angin ukuran 10 cm yang berguna untuk menutup lubang pembuangan saat tidak di guna kan. daya yang di perlu kan pun tergolong kecil, hanya 25 watt, tetapi sudah cukup untuk dapat menghasil kan putaran dengan kecepatan 2349 rpm. mau mencoba salah satu exhaust fan terbaik dari Maspion ini? kalian  bisa membeli nya dengan harga cukup murah, hanya  180 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. Gunung Sahari Raya, Sawah Besar, Jakarta, 10720, DKI Jakarta

website : www.maspionelectronics.co.id

Harga : Mulai dari 180 ribuan rupiah.

 

4. KDK Ceiling Exhaust Fan 25TGQ

 

Rekomendasi kdk

                                                           ( Gambar KDK Celling Exhaust Fan 25TGQ )

Walaupun ukuran nya cukup  lebih besar dari beberapa produk sebelum nya, yaitu 25 cm, namun baling-baling dari KDK Ceiling Exhaust Fan 25TGQ tetap bisa berputar dengan kecepatan dengan  1052 rpm untuk menghasilkan daya hisap sebesar 630 cmh. Exhaust fan terbaik ini memerlukan daya sekitar 30 watt untuk beroperasi dan tingkat kebisingan nya pun sangat lah rendah, hanya 42 dB. sudah ada juga fitur thermalfuse protection untuk menghindarkan kipas dari temperatur yang terlalu tinggi, jadi akan tetap aman meski berputar seharian. di jual dengan harga 520 ribuan rupiah, KDK Ceiling Exhaust Fan 25TGQ cocok untuk di tempat kan untuk  ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, maupun dapur.

Lokasi : Jl. Tomang Raya No.70, RT.1/RW.3, Jatipulo, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11430

website : www.kdk.com.

Baca Juga:  11 Rekomendasi Merk Truk Fuso Terbaik

Harga : Mulai dari  520 ribuan rupiah

 

5. Maspion Exhaust Fan MV-300 NEX

 

Rekomendasi fan 1

                                                                     ( Maspion Exhaust Fan MV-300 NEX )

Jika kalian mencari exhaust fan terbaik yang dapat menghisap udara kotor di dalam ruangan, membuang nya ke luar, kemudian membawa udara segar masuk, bisa dengan  memilih Maspion MV-300NEX Exhaust Fan. Produk ini juga sudah di lengkapi teknologi thermal fuse motor untuk  dapat mengatur suhu motor serta mencegah terbakar nya motor kipas akibat kelebihan tegangan. dengan ukuran baling-baling yang cukup besar, yaitu 12 inch, dan daya hanya 35 watt, maspion MV-300NEX Exhaust Fan bisa bekerja dengan cepat untuk menyejuk kan ruangan namun tetap hemat energi. tertarik membelinya,  Maspion MV-300NEX Exhaust Fan di jual dengan harga 350 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. Gunung Sahari Raya, Sawah Besar, Jakarta, 10720, DKI Jakarta

website : www.maspionelectronics.co.id

Harga : Mulai dari   350 ribuan rupiah.

 

6. Mitsubishi Kipas Ventilasi Ex 25Sc5T

 

Rekomendasi mitsubihsi

                                                             ( Gambar Mitsubishi Kipas Ventilasi EX 25sc5T )

Salah satu sebauh  keunggulan yang cukup di tawar kan oleh Mitsubishi Kipas Ventilasi Ex 25Sc5T adalah teknologi extra winglet fan terbaru yang dapat  meningkat kan performa kipas sekaligus mengurangi suara bising secara  dengan signifikan. tidak cukup sampai di situ, baik motor, kapasitor, kawat timah, konektor kabel, dan 3-pin plug pada exhasut fan terbaik ini sudah di tutup dengan papan sirkuit cetak (PCB) yang terbuat dari bahan tahan api.

Sebagai suatu  jaminan terhadap keamanan produk, Mitsubishi Kipas Ventilasi Ex 25Sc5T di lengkapi dengan dua sekering yang akan berhenti beroperasi saat arus terlalu besar atau suhu nya terlalu panas. Exhaust fan terbaik ini mempunyai ukuran baling-baling 10 inci dan di jual dengan harga 370 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. RS. Fatmawati No.47 AB Jakarta Selatan

website : www.mitsubishielectric.com

Harga : Mulai dari    370 ribuan rupiah.

Tips untuk Membersihkan Exhaust Fan agar Awet & Tetap Bagus

Semakin sering di gunakan, exhaust fan tentu akan kotor dan berdebu bisa menurunkan kinerja nya. oleh karena itu, exhaust fan terbaik yang kalian  punya perlu di bersih kan untuk mengembalikan putaran kipas dan daya isap nya. di perlukan kehati-hatian ketika kalian membersihkan alat ini untuk menghindari korsleting atau bahkan rusak. Berikut beberapa tips membersihkan kipas ventilasi tersebut seperti di bawah ini ;

-Matikan arus listrik yang terhubung terlebih dulu sehingga kalian  bisa membersihkan exhaust fan tanpa khawatir tersengat listrik.

-Lepas penutupnya dengan cukup  hati-hati dan lakukan hal itu dalam posisi yang nyaman, misalnya dengan menggunakan bangku agar bisa menjangkau kipas dengan sangat  mudah.

-Gunakan penyedot debu untuk menjangkau bagian yang tidak bisa di lepas, sedang kan untuk bagian yang bisa di lepas bisa di cuci menggunakan air hangat dan sabun.

– Setelah selesai, keringkan semua bagian exhaust fan dalam kondisi kering total baru pasang kembali semua bagian tersebut dengan rapi.

Selain membersihkannya dengan baik, kalian perlu menghindari beberapa hal berikut supaya exhaust fan di rumah tetap awet.

-Hindari penggunaan thinner, alkohol, atau bahan lain yang dapat melunturkan warna.

-Jangan menyemprotkan air atau cairan lainnya ke dalam exhaust fan, karena dapat menyebabkan korsleting hingga merusak motor nya.

-Kalau mau merendam baling-baling exhaust fan ke air panas, pasti kan bahwa suhunya kurang dari 60 derajat celcius.

Kesimpulan

Exhaust fan menjadi salah satu sebuah  solusi untuk membuat ruangan lebih sejuk karena dapat membuat sirkulasi udara di dalam nya lebih lancar. Kalau kalian  tengah mencari produk exhaust fan terbaik, artikel di atas dapat menjadi rekomendasi buat kalian untuk mencoba nya atau membeli nya, semoga rangkuman di atas bermanfaat bagi kalian semua.

 

5/5 - (3 votes)