Rekomendasi paras kapoor SQ1vUOxSIZc unsplash

4 Rekomendasi Chicken Nugget Terbaik

Pada dasarnya, semua jenis nugget, termasuk chicken nugget, merupakan suatu makanan yang melalui proses dalam pengolahan yang panjang (ultra-processed food) namun bisa di hidangkan dengan sangat cepat, bahkan cukup dengan di goreng saja.

Sekarang sudah ada cukup banyak merk nugget yang rasanya enak dan aman dikonsumsi di pasaran, bahkan beberapa merk ada yang dibuat dalam berbagai rasa dan bentuk. Jika Anda tengah mencari merk chicken nugget yang worth it untuk di beli, baca artikel  ini sampai selesai ya.

Chicken nugget ditemukan oleh Robert C. Baker, seorang ahli ilmu pangan dari Universitas Cornell pada tahun 1963. Pada awalnya, nugget ayam hanya dibuat dari daging ayam yang sudah tua, karena sudah tidak bisa menghasilkan telur dan tidak mungkin diolah secara utuh karena rasa dagingnya tidak lezat. Tetapi karena rasanya sudah kurang lezat, muncullah perubahan cara membuat nugget ayam, yaitu dengan membuat nugget dari daging ayam yang masih muda sehingga rasanya lebih lezat dan tampilannya lebih menarik.

Meski demikian, chicken nugget tidak hanya terbuat dari daging ayam, melainkan berasal dari campuran bahan lainnya, seperti tepung roti, minyak, tepung terigu, tepung jagung, paprika, dan lainnya. Biasanya daging ayam yang diperlukan untuk membuat nugget hanya sebanyak 50 persen, lalu dikombinasikan dengan bagian lain dari tubuh ayam, di antaranya tulang rawan, fragmen tulang, dan jaringan usus.

Tips Memilih Nugget Ayam yang Enak & Bagus

Sekilas tampilan semua chicken nugget terlihat sama praktisnya, padahal setiap merk memiliki ciri khas dan sensasi rasa tersendiri. Untuk memperoleh produk nugget ayam terbaik, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini.

1. Mengetahui bagian ayam yang digunakan

Pada dasarnya, chicken nugget dibuat dari daging ayam giling yang dicampur dengan bumbu, tepung, dan pengemulsi. Bagian ayam yang biasanya digunakan adalah daging dada dan paha ayam. Daging paha memang terasa lebih gurih, tetapi mengandung lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging paha. Kalau Anda tengah menjalankan diet, maka bisa memilih chicken nugget yang terbuat dari baku daging dada, karena kandungan proteinnya lebih tinggi dan lebih rendah lemak.

Baca Juga:  14 Merk Piano Digital Terbaik 2024

Akan tetapi, ada juga produsen chicken nugget yang bertindak curang dan mencampurkan lemak, kulit, pembuluh darah, dan bagian tubuh ayam lainnya yang kurang layak dikonsumsi. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa bagian ayam yang digunakan pada komposisi di belakang kemasan.

Untuk menciptakan produk yang lebih sehat, beberapa produsen chicken nugget berinovasi dengan cara memadukan sayuran sebagai salah satu komposisi nugget. Dengan demikian, Anda tetap bisa memperoleh protein dan lemak dari daging, tetapi tetap bisa memperoleh vitamin, mineral, dan serat dari sayuran.

2. Memastikan tekstur bagian luar dan dalam nugget

Bagian luar chicken nugget biasanya dilapisi dengan tepung roti atau tepung panir yang akan terasa renyah setelah digoreng. Walaupun terlihat sama, tepung roti memiliki butiran yang besar dan teksturnya terlihat kasar serta memberikan tekstur luar nugget yang renyahnya tahan lama. Sebaliknya, tepung panir memiliki butiran lebih kecil dan membuat tampilan nugget ayam menjadi lebih halus, namun hasilnya tidak akan serenyah nugget yang dilapisi dengan tepung roti.

untuk tekstur bagian dalamnya chicken nugget akan sangat dipengaruhi oleh komposisi bahan yang digunakan. Kalau komposisi nugget-nya dominan daging ayam, maka tekstur bagian dalam akan terasa lebih lembut, lebih mudah remuk, tetapi terasa sangat gurih. Sedangkan nugget ayam yang menggunaka cukup banyak bahan campuran selain daging ayam akan terasa lebih kenyal dan kesat, tetapi rasa gurihnya tentu tidak sekuat chicken nugget yang bahan dominannya daging ayam.

3. Mengecek warna permukaannya

Permukaan chicken nugget sebelum digoreng bisa berwarna putih, kekuningan, atau bahkan oranye tua, tergantung pada bahan lapisan luar yang digunakan. Nugget yang dilapisi dengan tepung panir cenderung memiliki warna yang lebih gelap dan mencolok, karena tepung panir sendiri berasal dari bagian pinggiran roti yang digiling dan di kering kan.

Sedangkan nugget yang di lapisi dengan tepung roti akan tampak berwarna lebih cerah atau cenderung pucat. namun sebaik nya memilih chicken nugget dengan warna putih atau oranye muda, sebab warna yang terlalu mencolok mengindikasikan adanya bahan pewarna sintetis.

4. Memilih berdasarkan varian rasa nugget

Salah satu varian rasa chicken nugget yang paling laris adalah rasa yang original, karena daging ayam hanya di tambah dengan bumbu seperlu nya, sehingga cita rasa asli ayam masih terasa sangat kental. sedikitnya bahan campuran pada nugget ini juga membuat aroma ayamnya begitu kuat. untuk membuatnya lebih menarik, beberapa produsen membuat bentuk chicken nugget ini bervariasi, ada yang berbentuk hewan hingga bentuk alfabet.

Baca Juga:  2 Rekomendasi Deodorant Spray Terbaik

Jika ingin merasakan sensasi chicken nugget yang berbeda, maka Anda bisa memilih produk nugget ayam dengan varian rasa tertentu, misalnya rasa sayuran, pedas, dan bawang putih. Ada juga produsen yang membuat produk nugget ayamnya dengan isian tertentu, misalnya keju mozarella yang akan meleleh ketika digoreng.

5. Memilih sesuai ukuran kemasannya

Karena mudah basi karena mikroorganisme, chicken nugget perlu disimpan pada suhu -18°C supata awet selama beberapa bulan. Sayangnya suhu serendah ini belum bisa dijangkau oleh freezer lemari es, karena suhu dalam freezer baru mencapai 4°C sehingga nugget umumnya hanya bisa bertahan selama satu bulan.

Oleh karena itu, pembelian nugget ayam sebaiknya disesuaikan saja dengan kebutuhan supaya cepat habis dikonsumsi. Sebagai gambaran, untuk produk kemasan 500 gram sudah cukup untuk 1–2 kali sajian satu keluarga beranggotakan 3-4 orang.

Berbagai produk chicken nugget sekarang dijual secara luas di swalayan, supermarket, minimarket, hingga pasar. Di Indonesia sendiri ada beberapa merk nugget ayam yang sudah cukup terkenal, seperti So Good, Fiesta, Kanzler, Cham, serta Belfoods. Berikut rekomendasi selengkap nya di bwah ini :

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

 

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

 

3. Sunny Gold Chicken Nugget

 

Rekomendasi sunny 1

( Gambar Sunny Gold Chicken Nugget )

Produk chicken nugget 500 gram dari Sunny Gold sudah di kemas dengan kemasan yang premium. bentuk nuggetnya sendiri juga unik dan tentu saja sudah terjamin halal dan BPOM. Produk nugget ayam ini bisa anda konsumsi menggunakan saus sambal saja atau bisa dijadikan sebagai lauk-pauk tambahan. Selain itu, tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin berkreasi membuat makanan dari nugget ayam tersebut.

Chicken nugget dari Sunny Gold ini punya cita rasa yang nikmat apalagi jika baru digoreng. Aromanya yang harum akan langsung menyapu indera penciuman Anda. Selain itu, produk ini juga punya tekstur yang crispy dan gurih ketika dikonsumsi. Anda bisa menjadikannya sebagai lauk pelengkap untuk bekal si kecil di rumah. Produk nugget ayam ini dibanderol Rp59.990 saja.

Lokasi : Jl. Plered, Pabuaran, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16921

Website : www.sunnygoldnugget.com

4. Akumo Chicken Nugget

 

Rekomendasi akumo

   ( Gambar akumo Chicken Nugget )

Chicken nugget yang halal dan BPOM dengan kemasan 1 kg sudah di produksi oleh merk Akumo. sehingga, cocok untuk anda yang ingin dalam  membeli nugget dalam kemasan lebih besar. Pastinya, dengan kemasan tersebut nugget ayam ini bisa bertahan lama untuk dikonsumsi oleh keluarga Anda. Produk nugget yang satu ini merupakan jenis makanan beku dengan rasa nikmat yang istimewa. Anda bisa mengkonsumsinya sambil menggunakan mayonaise atau saus sambal.

Baca Juga:  8 Hotel di Serang ( BANTEN ), buat liburan bersama keluarga

Untuk harga produk ini yaitu Rp45.500 dan mudah untuk dikonsumsi. Kemasan produk juga unik dan menarik. Ukuran chicken nugget pada merk Akumo ini sedang yang bisa langsung Anda konsumsi dalam sekali makan. Pastinya, bisa membuat acara kumpul keluarga jadi lebih seru dengan kehadiran nugget ayam ini.

Lokasi : Jalan Ancol Barat VIII No. 1, RT.1/RW.3, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Website : www.cpfood.co.id

5. So Good Nugget Ayam Stick Original

 

Rekomendasi so good

  ( Gambar So good Nugget ayam stick Original )

Terbuat dari daging dada ayam kualitas terbaik, So Good Nugget Stick Original menghadirkan rasa original ayam yang khas, sangat lembut, dan aromanya menggugah selera. Bagian luar chicken nugget ini dibalut dengan breadcrumb, sehingga akan menjadi sangat renyah setelah digoreng.

Bentuknya yang menyerupai jari menjadikan So Good Nugget Stick Original gampang untuk dikonsumsi, baik itu sebagai camilan, bekal makan siang, maupun lauk-pauk. Untuk mencoba nugget ayam ini, Anda bisa membelinya dengan harga 22 ribuan rupiah per kemasan 200 gram.

Lokasi : Candra Buana Surya Semesta Pt., Jl. Tipar Cakung No.49 3, RT.3/RW.7, Cakung Bar., Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13910

Website :  www.sogood.id

6. Fiesta Cheesy Chicken With Broccoli

 

Rekomendasi fiesta

( Gambar Fiesta cheesy Chicken With Broccoli )

Bosan dengan rasa chicken nugget yang original? Coba deh Fiesta Cheesy Chicken With Broccoli. Sesuai dengan namanya, di dalam nugget ayam ini terdapat isian keju dan brokoli yang akan menghadirkan sensasi rasa berbeda dari nugget biasa ketika Anda memakannya.

Dibuat melalui proses yang higienis, kualitas Fiesta Cheesy Chicken With Broccoli pasti terjamin sebagai menu santapan yang praktis bersama seluruh anggota keluarga. Untuk mencoba produk ini, Anda bisa membelinya di frozen food terdekat dengan harga 60 ribuan rupiah per kemasan 500 gram.

Lokasi : Jl. Mampang Prapatan VIII No.1, RT.1/RW.1, Tegal Parang, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790

Website : www.cpfood.co.id

Kesimpulan

Chicken nugget menjadi sebuah alternatif makanan yang enak dan  secara praktis di buat, baik itu untuk lauk pauk maupun camilan. Pada artikel ini sudah di bahas mengenai cara memilih dan rekomendasi nugget ayam terbaik, serta beberapa ide untuk mengolah nugget tersebut.