Rekomendasi goulash ge42f3d8ba 640

14 Rekomendasi Bumbu Semur Instan Terbaik 204

Semur merupakan  sebuah hidangan daging rebus yang sering juga di tambah kentang, tahu, dan telur, khas Indonesia dengan ciri kuah berwarna coklat pekat dan terasa manis. rempah yang di pakai sebagai bumbu semur memang cukuplah  banyak, seperti bawang merah, bawang bombay, pala, cengkih, belum lagi tambahan penyedap rasa sehingga di rasa sedikit merepotkan ketika menyiapkan nya. namun sekarang sudah banyak kok bumbu semur instan di pasaran, seperti Bamboe dan Munik. Rekomendasi berbagai merk bumbu semur tersebut akan di bahas secara lengkap

Cara Memilih Bumbu Semur yang Enak & Sesuai

Enak atau tidak nya semur buatan Anda sangat bergantung pada kelengkapan rempah yang di pakai. oleh karena itu, pengecekan komposisi bumbu semur instan penting untuk di laku kan supaya memperoleh hasil olahan semur yang sesuai harapan. Berikut beberapa hal yang perlu di perhati kan ketika Anda akan membeli bumbu semur di antara nya sebagai berikut :

1.Mengecek kelengkapan komposisi nya

Sebenar nya rempah yang di pakai sebagai bumbu semur instan sangatlah  beragam, tergantung dari daerah dan rasa yang mau di tonjol kan dari semur tersebut. tetapi ada beberapa rempah dan penguat rasa standar yang menjadi kan semur cocok di lidah siapa saja, antara lain bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, biji pala, jahe, lengkuas, daun salam, serai, dan kecap manis. beberapa bumbu semur daging juga ada yang di tambah dengan irisan tomat dengan tujuan memberi sentuhan kesegaran, tetapi tidak boleh terlalu banyak supaya tidak menutupi rasa kecap nya.

kalau mau olahan semur daging jadi lebih pedas, Anda bisa memilih bumbu semur instan yang sudah memasuk kan cabai dan lada sebagai komposisi nya. adanya rasa pedas ini bisa membuat semur terasa lebih berimbang, tidak di dominasi dengan rasa manis saja.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Rompi Motor Terbaik

2. Menyesuaikan kemasan bumbu dengan kebutuhan

Ada tiga jenis kemasan yang biasa di guna kan untuk mengemas bumbu semur instan, bisa sachet, pouch, atau botol. kemasan saset menjadi yang paling banyak di pilih karena praktis untuk sekali pakai, harga nya murah, tidak memerlu kan tempat penyimpanan, dan sangat lah mudah di temukan. satu sachet bumbu semur biasa nya sudah cukup untuk memasak daging sapi atau ayam sekitar 4–6 porsi.

untuk keperluan semur daging porsi besar, Anda dapat memilih bumbu semur instan yang di kemas dalam pouch. harga semur ini juga terbilang lebih murah kalau di banding kan dengan kemasan instan dalam berat yang sama. Jika bumbu tidak habis untuk sekali masak, Anda dapat menyimpan nya di kulkas supaya lebih tahan lama.

Butuh bumbu semur instan yang mudah di simpan dan higienis? Anda dapat membeli produk dalam kemasan botol atau jar. meski demikian, pasti kan sendok untuk mengambil bumbu dari tempat nya juga bersih, ya, sehingga bumbu semur bisa tahan lebih lama.

3. Mengecek porsi penyajian yang di saran kan

Selain kelengkapan komposisi, kelezatan dari semur daging juga di tentu kan oleh perbandingan banyak nya bumbu dengan bahan masakan nya. di setiap kemasan bumbu semur instan pasti sudah tercantum saran porsi penyajian dari produsen, tinggal di ikuti sehingga menghasil kan cita rasa yang pas. berikut beberapa contoh porsi penyajian yang di maksud.

  • Bumbu semur instan Buleg 90 gram untuk ½ kg daging sapi atau 1 kg daging ayam.
  • Bumbu semur Bamboe 69 gram untuk 4 porsi.
  • Bumbu semur Munik 1 kg untuk 26 porsi.

Jika perbandingan bumbu semur instan dan bahan masakan yang di olah sudah  sangat sesuai dengan saran penyajian, rasa nya tentu akan pas. proses memasak pun lebih efektif karena Anda tidak perlu mencicipi masakan tersebut berkali-kali.

selain beberapa pertimbangan di atas, Anda juga dapat mengecek sertifikasi yang sudah ada pada bumbu semur instan pilihan. beberapa merk terkenal, seperti Bamboe dan Munik biasa nya sudah terdaftar di BPOM sehingga keamanan nya pun akan  terjamin. tetapi kalau yang Anda beli merupakan bumbu homemade, pastikan sudah memiliki sertifikat dari Dinkes P-IRT

Baca Juga:  7 Rekomendasi Gym di Jakarta dan Detail Harganya

Seperti bumbu kemasan pada umum nya, berbagai macam merk bumbu semur instan dapat di temukan dengan cukup  mudah pada banyak pusat perbelanjaan. berikut rekomendasi produk sekaligus sekilas pembahasan nya ialah :

1. Buleg Bumbu Semur

Rekomendasi buleg

                                                                          ( Gambar Buleg Bumbu Semur )

Buleg Bumbu Semur dibuat dari campuran rempah bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, cabai merah, lengkuas, jahe, pala, asam jawa, kapulaga, cengkeh, serai, daun salam. meski sudah mengandung gula dan kecap, tetapi Anda masih perlu menambah kan kecap manis lagi ketika mengolang daging sapi atau ayam menggunakan bumbu semur instan ini.

Setiap satu kemasan Buleg Bumbu Semur seberat 100 gram cukup untuk 1 ekor ayam ukuran sedang atau 1/2 kg daging, telor, dan tahu. Anda juga dapat menggunakan bumbu semur instan ini sebagai bumbu bacem, tetapi perlu di tambah lagi dengan 100 gram gula jawa. Buleg Bumbu Semur bisa di pesan melalui marketplace dengan harga 16 ribuan rupiah per kemasan.

Lokasi : Jl. Duren Tiga Raya No.46, RT.8/RW.6, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760

Website : www.bumbumazzoni.com

 

2. Bumbu Bamboe Semur

 

Rekomendasi bambu 1

                                                                          ( Gambar Bumbu Bamboe Semur )

Bamboe Bumbu Semur di buat  dengan menggunakan komposisi kecap, bawang merah, bawang putih, cabai, merica, cengkeh, dan pala, sangatlah  cocok untuk menyajikan semur daging sapi dan lidah sapi. warna bumbu yang pekat dengan konsistensi lebih tebal menjadi kan bumbu semur instan ini juga cocok untuk mengolah semur ayam, telur, kentang, hingga tahu. Bumbu semur instan Bamboe di pasar kan dalam sachet seberat 90 gram, cukup untuk sekitar 4 porsi semur. tertarik mencobanya,  Anda dapat membeli bumbu ini di pusat perbelanjaan terdekat dengan harga 7000-an rupiah.

Baca Juga:  6 Hotel Terbaik di Bali Resort Bintang 5 dan Akomodasi Mewah

Lokasi : Jl. Kedinding Tengah II No.8, Tanah Kali Kedinding, Kec. Kenjeran, Kota SBY, Jawa Timur 60129

Website : www.ptbamboe.com

 

3. Bumbu Munik Semur

 

Rekomendasi munik

                                                                         ( Gambar Bumbu Munik Semur )

Bumbu semur instan Munik di buat dari perpaduan cabai, gula, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, garam, minyak sayur, merica, ketumbar, dan MSG, menghadirkan rasa semur yang manis, pedas, dengan warna coklat pekat. karena sudah matang, Anda tidak perlu menumis bumbu ini saat mau di guna kan, jadi tinggal campur dengan bahan baku semur yang sudah cukup empuk.

pada setiap kemasan Bumbu Munik juga sudah terdapat petunjuk memasak yang dapat di ikuti dengan  cukup mudah, jadi tidak perlu khawatir semur terasa tidak enak walau baru pertama kali mencoba. Bumbu semur instan ini dikemas dengan berat bersih mencapai 1 kg dan kisaran harganya 180 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. Matraman Raya No.80, RT.9/RW.2, Kebon Manggis, Matraman, East Jakarta City, Jakarta 13150

Website : www.sarimunik.com

 

4. Koki Jempol Bumbu Semur

 

Rekomendasi koki

                                                                        ( Gambar Koki Jempol Bumbu Semur )

Berbeda dengan bumbu semur instan sebelum nya yang di buat dengan  menggunakan minyak sawit, Koki Jempol Bumbu semur diolah menggunakan minyak kanola yang rendah lemak jenuh. karena tidak mengandung MSG, rempah yang di gunakan untuk membuat bumbu ini jumlahnya lebih banyak dari produk lain supaya tetap menghasil kan rasa yang lezat.

Koki Jempol Bumbu semur dikemas dalam sachet seberat 35 gram yang cukup untuk ¼ kg daging sapi, ayam, telur, atau jengkol. Tertarik mencobanya? Anda bisa membeli bumbu semur instan ini dengan kisaran harga 6000-an rupiah per sachet.

Lokasi : Jl. Arcadia Raya, Bojong Nangka, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16963

Website : www.bumbukokijempol.com

 

Kesimpulan

Semur ayam merupakan salah satu sebuah  olahan daging ala Indonesia dengan ciri khas warna kuah coklat dan rasa  yang cukup dominan manis. karena rempah yang di perlukan untuk semur cukup banyak, maka cukup banyak produsen membuat bumbu semur instan. beberapa merk bumbu instan tersebut, semoga bermanfaat untuk artikel kali ini.