Rekomendasi chicken curry g5c6960b19 640

8 Makanan Khas Lebaran yang Paling Populer di Indonesia

Hari raya Idul Fitri merupakan hari raya bagi umat muslim. karena Indonesia mayoritas besar adalah  penduduk beragama Islam yang cukup banyak sehingga event lebaran ini sangat lah  meriah di Indonesia.

setelah melaksanakan sholat idul fitri, biasa nya suatu tradisi bermaaf-maafan dan bersalam-salaman antar keluarga. kemudian, keakraban antar keluarga kurang terasa lengkap tanpa ada nya makan bersama yakni menyantap makanan khas lebaran berupa ketupat dan opor ayam, yang sudah menjadi sebuah  hidangan wajib saat lebaran.

namun, masih banyak lagi makanan lebaran yang harus ada di rumah mu saat hari lebaran tiba. apa saja? Yuk simak artikel berikut :

1. Ketupat

 

Rekomendasi ketupat

                                                                                     ( Gambar Ketupat )

Makanan khas lebaran yang satu ini berasal dari beras ini merupakan sebuah  makanan yang paling banyak di buru saat hari lebaran. Ketupat atau kupat merupakan makanan pengganti nasi yang berasal dari beras yang di masak sampai matang di dalam bungkus daun atau plastik.

Ketupat sebenar nya adalah nasi yang di masak di dalam sebuah bungkus sehingga memiliki bentuk lebih padat. Ketupat juga di jadikan makanan khas di daerah lain seperi kupat tahu, kupat glabet, dan berbagai menu lain yang menggunakan kupat.

Ketupat banyak di jual di warung dan pasar tradisional dengan harga mulai dari Rp 1.000.

Lokasi : Jl. Dipati Ukur, RT.004/RW.011, Uwung Jaya, Kec. Cibodas, Kota Tangerang, Banten 15138

Website : www.orami.co.id

 

2. Opor Ayam

 

Rekomendasi opor 1

                                                                                      ( Gambar Opor Ayam )

Makanan khas lebaran yang satu ini merupakan teman sejati dari ketupat. Opor ayam merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. tidak hanya pada hari lebaran, opor ayam juga banyak di konsumsi sebagai menu sehari-hari.

Opor ayam merupakan makanan berkuah yang di buat dari daging ayam yang di rebus dalam kuah santan. kuah santan untuk opor di buat dari  bumbu berupa santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam.

kita juga dapat menemukan banyak sekali resep opor ayam yang bervariasi, dari berbagai macam resep yang dapat kita temukan di internet, ataupun di buku-buku resep. Opor biasanya di sajikan bersama dengan ketupat ataupun nasi. Opor juga dapat di temui di warung dan restoran dengan harga mulai dari Rp 8.000 per porsi.

Lokasi : JL. KALASAN RAYA NO. 55 RT. 006 RW. 007, KELURAHAN BENCONGAN, KECAMATAN KELAPA DUA, Bencongan Indah, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15811

Website : www.endeus.tv

 

3. Rendang

 

Rekomendasi rendang

                                                                                     ( Gambar Rendang )

Makanan yang berasal dari Padang ini merupakan makanan yang sudah mendunia. makanan ini bahkan di kenal menjadi salah satu makanan terenak di dunia dari negara lain.

Rendang biasa nya bisa di buat dari daging sapi atau kerbau menggunakan berbagai bumbu rempah. makanan ini di hasil kan dari proses masak yang di panas kan berulang-ulang dengan santan kelapa.

Bumbu-bumbu yang biasa nya di gunakan pada rendang antara lain cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang. Rendang memiliki cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah, namun rasa yang dominan adalah asin, manis, dan gurih.

Rendang di jual di seluruh wilayah Indonesia mulai dari toko bahkan hingga rendang kaleng yang dapat tahan lama, di jual dengan harga mulai Rp 30.000.

Lokasi : Komplek DKI Joglo Blok P.21, RT.9/RW.4, Joglo, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11640

Website : almazankitchen.com

 

4. Sambal Goreng Kentang Ati

 

Rekomendasi sambel

                                                                      ( Gambar sambal goreng kentang ati )

Sambal merupakan menu yang paling di cari sebagai pendamping makan. makanan yang cenderung pedas ini ternyata juga mempunyai bermacam jenis salah satu nya sambal goreng kentang-ati.

sambal ini di buat dari kentang yang di potong dadu di padukan dengan ati rempela yang juga di potong dadu. makanan ini cocok di makan dengan berbagai macam  menu masakan lain khas Indonesia.

Sambal ini banyak di jual di berbagai macam  warung dan restoran dengan harga mulai dari Rp 10.000 per porsi.

Lokasi : Jalan Penyelesaian Tomang II Nomor 20 Blok 36, Kelurahan Meruya Utara Kecamatan Kembangan, RT.3/RW.1, Meruya Utara, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620

Website : www.briliofood.net

 

5. Semur

 

Rekomendasi snr

                                                                                        ( Gambar semur )

Makanan yang berkuah ini adalah hidangan dari bahan daging yang di rebus yang di olah dengan kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala dan rempah lain nya

Semur biasa nya berisi daging sapi, ayam dan kentang. isi dari semur juga bisa bermacam-macam seperti di tambahkan tempe, telur, tahu, ikan, dan bahan lain sesuai dengan selera.

Semur banyak di jual di warung dan restoran di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 15.000.

Lokasi : Jln. Raden Saleh Raya No.29, Cikini, Kec. Menteng, Jakarta Pusat.

Website : www.cookpad.com

 

6. Kue Nastar

 

Rekomendasi natsar

                                                                                  ( Gambar Kue Nastar )

Semua pasti tau nastar dong? Nastar merupakan kue yang di sukai setiap orang yang bisa di temui di setiap momen lebaran.

Kue nastar adalah kue kering yang di buat dari adonan tepung terigu, mentega, telur, dan vanili. Nastar di bentuk bulat dengan ukuran sekitar diameter 2 sentimeter yang kemudian adonannya di isi selai buah nanas, coklat, stroberi, atau selai lain sesuai dengan selera.

Nastar biasanya disajikan di toples plastik yang dijual di toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp 25.000.

Lokasi : Jl. Al Mubarok Raya No.2A, RT.1/RW.8, Joglo, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11650

Website : www.fimela.com

 

7. Kurma

 

Rekomendasi kurma 1

                                                                                        ( Gambar Kurma )

Buah yang satu ini memang sebenar nya bukan asli dari Indonesia, namun sudah sangat di sukai oleh  banyak orang Indonesia saat lebaran. Kurma adalah buah yang berasal dari Arab dengan pohon yang mirip tanaman palma.

Kurma di Indonesia biasa nya di makan langsung, di olah menjadi campuran makanan dan juga dapat di makan sebagai obat karena memiliki khasiat mengobati berbagai penyakit.

Harga kurma di Indonesia beragam tergantung jenisnya, namun biasanya di jual mulai dari Rp 25.000 per kilogram.

Lokasi : Jalan Puri Beta Selatan Raya,ruko no55, RT.003/RW.013, North Larangan, Larangan, Tangerang City, Banten 15154

Website : www.bandarkurma.com

 

8. Gulai Sayur

 

Rekomendasi gulai

                                                                                   ( Gambar Gulai sayur )

Jika kamu cukup jenuh dengan masakan berbahan daging, makanan ini bisa menjadi sebuah  alternatif lain.

Sayuran yang biasa nya di buat menjadi gulai sayur biasa nya adalah daun singkong, bayam, nangka, dan berbagai sayur hijau lain. bahan pembuatan gulai sayur ini adalah santan, kunyit, bawang, lengkuas, jahe, dan macam ketumbar.

sensasi kuah santan yang nikmat di tambah dengan sayuran yang segar dapat menjadi pilihan pada  menu lain.

Gulai ini juga dapat ditemui di berbagai warung dan resto dengan harga mulai dari Rp 10.000.

Lokasi : Jl. Gandaria 1 No.336, RW.9, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130

Website : www.food.detik.com

Demikian lah penjelasan di atas mengenai delapan makanan khas lebaran yang bikin kangen pada saat hari raya idul fitri bagi umat islam , semoga artikel ini bermnafaat bagi kalian ya.