Rekomendasi john karlo mendoza WvPlwqfvt7Q unsplash

7 Minyak Rambut Pria Agar Terlihat Basah dan Lemas

Untuk membuat rambut  kalian terlihat basah dan kaku seharian, anda memerlukan ‘bantuan’ dari hair-styling yang terbuat dari bahan dasar air atau water-based. Produk seperti ini biasanya tidak lengket di gunakan dan  sangat mudah di bersihkan, jadi akan meminimalisir timbulnya ketombe, kerak, atau permasalahan rambut lain akibat minyak rambut yang terlalu menempel. Kita bahas apa-apa saja minyak rambut yang akan menimbulkan efek basah, rapi, dan tentunya wangi.

Apa itu Minyak Rambut Pria

Pada dasarnya, minyak rambut pria merupakan produk yang digunakan untuk keperluan hair-styling. Teksturnya cukup beragam, ada liquid, krim, gel, hingga yang creamy dan padat seperti pomade. Selain untuk merapikan, minyak rambut ini juga sering digunakan untuk merawat sekaligus membuat rambut lebih wangi. Mari kenali dulu beberapa tipe minyak rambut untuk pria.

Pertama, ada gel rambut atau styling gel. Minyak rambut ini paling cocok untuk membuat rambut yang terlihat basah dan mengilap seharian. Ketahanannya sangat bagus, membuatnya cocok digunakan ketika hujan.

Kedua, ada pomade. Produk ini memiliki karakteristik seperti gel rambut, menghasilkan tatanan rambut yang rapi, kuat, dan terlihat basah. Rambut yang ditata dengan pomade tetap cukup lentur untuk ditata kembali setelah pengaplikasian.

Ketiga, ada hair wax yang cocok dipilih kalau anda kurang dalam  menyukai efek rambut lemas dan basah. Kemampuan hold-nya memang tidak sekuat gel rambut, tapi hasilnya pun cukup tahan lama.

Cara Memilih Minyak Rambut Pria

Jadi untuk menghasilkan rambut yang terlihat basah, Anda dapat mengandalkan styling gel dan pomade, ya. Selanjutnya, ketahui juga bagaimana tips memilih minyak rambut yang menciptakan wet hair look seharian.

1. Pastikan terbuat dari bahan dasar air

Karena Anda akan menciptakan wet hair look, maka minyak rambut pria yang dibeli harus terbuat dari bahan dasar air atau water-based. Produk ini juga akan menciptakan efek rambut yang lebih bervolume, tapi di sisi lain, terasa ringan dan tidak lengket ketika digunakan. Oleh karena itu, water-based hair styling sangat pas untuk penggunaan sehari-hari, baik untuk anak sekolah, anak kuliahan, maupun orang-orang yang sudah bekerja.

Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk menata rambut, pertimbangkan minyak rambut pria tipe fast drying atau yang cepat kering. Produk ini tetap bisa membuat rambut terlihat basah, tetapi bisa saja kering lebih dahulu sebelum rambut selesai ditata. Asalkan Anda sudah hafal benar dengan gaya rambut sendiri, fast drying bisa menjadi pilihan yang praktis digunakan.

2. Ketahui bagaimana daya tahannya

Ketahanan setiap produk minyak rambut pria untuk mempertahankan tatanannya tentu saja berbeda-beda, bisa mild, medium, atau strong. Tinggal pilih saja sesuai dengan tatanan rambut yang Anda inginkan.

  • Mild: memudahkan Anda membentuk dan menambah volume rambut, cocok dipilih untuk rambut yang ditata messy atau sedikit berantakan.
  • Medium: menambahkan kesan fresh pada penampilan dan terlihat shiny, cocok dipilih untuk gaya rambut spike atau fringe yang keren.
  • Strong: membuat rambut tetap rapi dan klimis seharian, paling pas dikenakan untuk formal look sepanjang hari.
Baca Juga:  2 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik

Perlu diketahui kalau hold power pada minyak rambut pria tidak mempengaruhi mudah atau sulitnya minyak rambut dibersihkan, ya. Apa lagi kalau produk yang dipilih terbuat dari bahan dasar air, bisa langsung bersih dalam beberapa kali basuhan, tanpa perlu memak

3. Pilih berdasarkan hasil akhir yang ditawarkan

Pada dasarnya, semua minyak rambut pria water-based menawarkan hasil wet hair look bagi penggunanya. Tapi wet heir look sendiri terbagi lagi menjadi beberapa tipe, ada glossy atau klimis, dan natural. Ini dia perbedaan dari keduanya.

  • Glossy

Tampilan glossy atau yang dikenal klimis menjadi hasil akhir paling umum dari minyak rambut pria. Dengan rambut seperti ini, Anda akan terlihat segar dan fresh bagai habis mandi sepanjang hari.

  • Natural

Meski dinamakan natural, tapi tetap ada sedikit efek kilau yang menandakan bahwa Anda memakai minyak rambut. Anda bisa memilih minyak rambut pria yang menawarkan finishing ini kalau hanya ingin mengatasi rambut yang acak-acakan.

4. Perhatikan kandungan dan wangi minyak rambut

Kalau Anda ingin menggunakan alat styling setelah pengaplikasian minyak rambut, pastikan produk tersebut mengandung zat yang dapat melindungi rambut dari suhu panas. Begitu juga kalau Anda seorang pekerja lapangan, pilih minyak rambut pria yang diklaim mampu melindungi rambut dari radiasi UV.

Bagi pemilik kulit kepala sensitif atau rambut yang sangat kering, tidak ada salahnya memilih produk yang bukan hanya membuat rambut terlihat basah, tetapi juga membantu melembapkan dan menenangkan kulit kepala. Beberapa produk bahkan diklaim bisa membantu mengurangi kerontokan hingga menumbuhkan rambut, mantap kan?

Meski demikian, hentikan penggunaan minyak rambut pria jika muncul beberapa gejala, seperti gatal-gatal, ketombe, kerontokan parah, atau kulit kepala terasa panas. Segera konsultasikan ke dokter kalau gejala tersebut tidak kunjung membaik.

Last but not least, aroma juga bisa menjadi pertimbangan ketika memilih minyak rambut pria. Misalnya, penyuka wangi segar bisa pilih minyak rambut beraroma citrus. Akan tetapi, tidak banyak produsen yang mencantumkan keterangan mengenai aroma di deskripsi produk, jadi Anda bisa membaca review pengguna sebagai informasi tambahan.

Cukup mudah kan memilih produk minyak rambut pria yang bisa menciptakan kesan wet hair? Di bawah ini sudah ada daftar beberapa produk minyak rambut tersebut, jadi nanti bisa di pilih mana yang paling masuk ke budget kalian seperti di bawah ini :

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2. Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

Baca Juga:  6 Rekomendasi Merk HP Lipat Terbaik

3. Makarizo Professional Barber Daily Medium Compound Pomade

 

Rekomendasi makarizo

( Gambar minyak rambut pria merek Makarizo Profesional barber)

Ada banyak  beberapa keunggulan yang di tawar kan oleh Makarizo Professional Pomade, yaitu formula nya ringan, tidak akan menimbulkan gatal atau kerak, dan strong hold. Karena mengandung castor oil, minyak rambut pria ini juga bisa dalam stimulus pertumbuhan rambut baru untuk menggantikan semua yang sudah rontok.

Ketika di pakai, akan tercium wangi citrus & musk yang segar, cocok banget deh pilih oleh Anda yang mementingkan aroma leher, rambut, dan area sekitarnya. Minyak rambut pria ini di pasarkan dalam kemasan 120 ml, harganya sekitar 100 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. TB Simatupang No.Kav. 89, RT.1/RW.2, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Adm. Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530

Website : www.makarizoprofessional.com

 

4. Rudy Hadisuwarno Cosmetics Styling Hair Gel

 

Rekomendasi rudy

( Gambar Minyak rambut pria merek Rudy Hadi suwarno )

Bukan hanya membuat rambut terlihat basah, kandungan ekstrak ginseng dan pro vit-B5 pada styling gel dari Rudy Hadisuwarnp ini juga bekerja merawat rambut supaya terlihat semakin berkilau. Teksturnya ringan, hold power kuat dan tahan lama, tapi sangat mudah di cuci dengan air, di jamin cocok deh dipakai anak sekolah hingga orang kantoran. Supaya lebih higienis, Rudy Hadisuwarno Cosmetics Styling Hair Gel dikemas dalam tube dan dijual dengan harga 35 ribuan rupiah untuk isi 150 ml.

Lokasi : Mall Of Indonesia, 1F – 11G, Jl. Boulevard Bar. Raya No.12, RT.18/RW.19, Klp. Gading Bar., Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Website  : www.dailymartazzahra.com

5. Marlboro Hair-Pomade Waterbased

 

Rekomendasi marl

( Gambar Minyak rambut pria Marlboro hair -Pomade Waterbased )

 

Pecinta wangi yang lembut dan segar, wajib nih mencoba Marlboro Hair-Pomade Waterbased karena diformulasikan dengan ekstrak lemon, jasmine, dan lily, sebagai aromanya. Daya kilap yang ditawarkan tergolong medium hingga tinggi, tergantung dari banyak atau sedikitnya pemakaian. Jadi kalau Anda mau membuat rambut terlihat basah seharian, tinggal ambil Marlboro Hair-Pomade Waterbased lebih banyak dari biasanya. Harga minyak rambut ini cukup lah terjangkau, sekitar 40 ribuan rupiah untuk kemasan 100 gram.

Lokasi : : Mabes Granity, Ruko Grand Boulevard V1A Jl. Citra Raya Boulevard No.269, Ciakar, Kec. Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Website : www.dandanku.com

 

6. HIS ERHA Waterbased Pomade

 

Rekomendasi erha

( Gambar minyak rambut pria merek His Erha waterbased pomade )

Mau tampil dengan gaya rambut klasik, pompadours, slick backs, atau side parts? Anda bisa gunakan HIS ERHA Waterbased Pomade sebagai minyak rambut pria andalan. Baik itu rambut lurus, ikal, keriting, tebal, maupun tipis, semuanya bisa diatur dengan mudah menggunakan produk ini karena adanya kandungan PhytensoTM sebagai anti-frizz dan gliserin untuk menghidrasi rambut. Harga yang ditawarkan memang agak mahal, sekitar 70 ribuan rupiah per kemasan 35 gram, tapi hasil wet look-nya memang jempolan deh.

Lokasi : Jl. Raya Serpong Kav. VIIC No. 11, Lengkong Gudang, BSD, Serpong Sub-District, South Tangerang City, Banten 15321

Baca Juga:  6 Alat Cek Gula Darah Terbaik

Website : www.erhastore.co.id

7. Chief Hair Pomade Blue

 

Rekomendasi hair

   ( Gambar Minyak rambut pria merek Chief hair pomade blue )

Chief punya beberapa varian untuk membuat rambut terlihat basah seharian, salah satunya Hair Pomade Blue. Produk ini menawarkan skala hold 4/4 dan shine 3/4, ditambah dengan american pear yang segar sebagai aroma, serta gliserin dan vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Namun perlu di ingat, minyak rambut ini lebih direkomendasikan untuk penggunaan indoor, ya, sebab daya tahannya akan berkurang begitu Anda banyak beraktivitas di luar ruangan. Untuk harga, Chief Hair Pomade Blue dibandrol 150 ribuan rupiah untuk kemasan 120 gram.

Lokasi : Blok A Lt. 3A Los G, No. 22, Jl. K.H. Mas Mansyur, Kp. Bali, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250

Website : www.geekpomade.com

Berbagai Style Rambut yang Keren dan Terlihat Basah

Terdapat beberapa gaya rambut pria yang terlihat basah dan keren setelah diaplikasikan. Sebelum coba mengaplikasikan nya, yuk kenali dulu berbagai style tersebut.

  • Pompadour: rambut di bagian atas kepala diberi volume dan dirapikan dengan minyak rambut pria yang sudah disiapkan.
  • Slicked Back: termasuk gaya klasik yang dibuat dengan cara merapikan semua rambut ke belakang.
  • Undercut: memiliki sisi dan belakang rambut sangat pendek, tetapi bagian atasnya dibiarkan panjang.
  • Swept back: dibuat dengan cara merapikan rambut ke belakang menggunakan jari-jari atau sisir setelah mengaplikasikan minyak rambut pria.
  • Surfer hair: gaya rambut yang terlihat basah dan ccok diaplikasikan pada rambut panjang dengan tekstur ikal.
  • Messy look: terlihat seperti baru selesai keramas sehingga membuat tampilan rambut terlihat basah semakin natural.
  • Classic look: dibuat dengan cara merapikan semua rambut ke belakang, lalu mengapliksikan minyak rambut Anda.

Untuk menciptakan berbagai style rambut yang terlihat basah di atas, Anda bisa ikuti tutorial di bawah ini.

  • Siapkan dulu bahan yang dibutuhkan, yaitu minyak rambut pria dan sisir.
  • Ambil sejumlah kecil minyak rambut, ratakan di antara telapak tangan, kemudian usapkan ke seluruh rambut secara merata. Anda bisa memfokuskan penggunaan minyak rambut ke rambut bagian atas dan samping.
  • Gunakan sisir untuk merapikan rambut ke arah yang diinginkan, baik itu slicked back, pompadour, classic, atau sekedar messy hair.
  • Biarkan minyak rambut mengering alami, dan selesai. Rambut Anda pun akan rapi dan terlihat basah seharian.

Perlu diketahui, semahal apapun minyak rambut pria yang sudah dibeli, tetap bisa menyebabkan iritasi di kulit kepala. Beberapa faktor penyebab iritasi itu, antara lain alergi terhadap bahan tertentu dalam minyak rambut, parfumnya terlalu kuat, atau penggunaan yang berlebihan. Anda bisa menghindari iritasi tersebut dengan melakukan hal-hal di bawah ini.

  • Lakukan tes patch kecil pada kulit untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau iritasi.
  • Pilih minyak rambut yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut.
  • Hindari penggunaan secara berlebihan.
  • Pertimbangkan produk yang menggunakan ekstrak bahan-bahan alami.
  • Segera hentikan penggunaan minyak rambut begitu gejala iritasi muncul setelah pemakaian.

Kesimpulan

Mudah kok membuat rambut terlihat lemas dan basah seharian, asalkan anda menemukan minyak rambut yang tepat. Pada artikel ini, telah di bahas dalam  mengenai beberapa produk minyak rambut pria dengan efek shine atau klimis yang oke, lengkap dengan macam-macam style yang bisa anda buat menggunakan produk tersebut.