Rekomendasi calugar ana maria BHeueUanvrU unsplash

14 Merk Mesin Kopi Espresso Terbaik

Memiliki mesin kopi espresso merupakan salah satu sebuah  hal yang sangatlah  menyenangkan karena anda dapat menikmati secangkir kopi ala cafe kapan saja. hal ini turut menghemat pengeluaran, terlebih bagi para pencinta kopi. selain itu, takaran kopi hasil ekstraksi dapat di sesuaikan dengan selera dan dinikmati dengan lebih leluasa. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, pilihlah mesin pembuat kopi yang memiliki kualitas bagus agar mesin tidak mudah rusak dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Menemukan mesin kopi espresso terkadang susah-susah gampang karena semakin banyak produsen yang membuat mesin kopi ini. Selain itu, setiap mesin kopi memiliki keunggulannya masing-masing sehingga terkadang membuat bingung. Namun, Anda tidak perlu khawatir, melalui artikel ini kami rekomendasikan beberapa produk terbaik dengan beragam keunggulan yang dimilikinya. Jika masih ragu, pertimbangkan sejumlah tips sebelum membelinya.

Tips Memilih Mesin Kopi Espresso yang Bagus

Mesin kopi espresso dapat mempengaruhi citra rasa kopi yang nikmat dengan aroma yang  menggoda. selain itu, semakin banyak fitur yang di miliki nya membuat secangkir kopi dapat di sajikan dengan cepat dan praktis. berikut tips memilih mesin kopi espresso terbaik yang perlu  dapat anda ketahui, di antara nya:

Perhatikan Fitur Mesin yang Di tawarkan

Sebelum membeli mesin kopi espresso terbaik, alangkah baik nya jika anda memperhatikan kelengkapan fitur yang dimiliki berikut fungsinya. Misalnya dengan mengetahui fitur pengatur waktu otomatis, steamer, dan power off otomatis. Namun, semakin banyak fitur yang ditawarkan, harganya pun akan semakin tinggi. Maka dari itu pertimbangkan apakah kelengkapan fitur sesuai dengan harga yang diberikan? Jika ya dan memiliki cukup budget untuk membelinya pilihlah produk dengan fitur lengkap.

Perhatikan Spesifikasi Mesin Kopi Espresso

Selain fitur, spesifikasi mesin kopi espresso terbaik tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pilih lah tipe mesin yang sesuai dengan segala  kebutuhan seperti memastikan kapasitas tangki mesin apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak, terlebih bagi Anda yang memiliki usaha dalam bidang pembuatan kopi. Selain itu, pastikan ukuran sesuai dengan ukuran tempat nantinya sehingga tidak mengganggu aktivitas dan pilihlah mesin yang mudah untuk dioperasikan oleh pengguna pemula. Saat memastikan spesifikasi, pastikan juga mesin mudah untuk dibersihkan.

Ketahui Beragam Type Mesin Kopi Espresso

Mesin kopi espresso terbaik memiliki beragam tipe yaitu drip, pod, syphon, dan espresso machine type. di mana setiap tipe memiliki desain dan daya tariknya tersendiri misalnya tipe drip memiliki bentuk efisien dan sederhana. Berbeda dengan tipe pod memiliki desain seperti kapsul yang mana mudah untuk dibersihkan dan cara kerjanya lebih praktis. Adapun tipe syphon memiliki desain fashionable sehingga cocok untuk menunjang hiasan interior rumah, namun yang terpernting pilih lah tipe mesin paling mudah dan memiliki bentuk paling menarik.

Baca Juga:  6 Tas Ransel Laptop Terbaik (Terbaru 2024)

4. Sesuaikan dengan Daya Listrik di Rumah

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting ialah sesuaikan mesin kopi espresso terbaik dengan daya listrik di rumah anda. Sebab jika tidak, listrik dapat tiba-tiba mati saat mesin pembuat pembuat kopi espresso di gunakan. perlu anda ketahui, mesin pembuat kopi espresso membutuhkan daya listrik 800 hingga 1200 watt. Jika daya listrik di rumah relatif besar mungkin tidak akan jadi masalah, namun jika daya listrik rendah, proses pembuatan kopi akan tertunda sehingga tidak mendukung saat diperlukan dalam waktu mendesak.

Pilih Mesin yang Memiliki 5 hingga 6 pengaturan

Mesin kopi espresso dengan 5 hingga 6 pengaturan dapat mengatur pada saat proses penggilingan, level kehalusan biji hingga suhu biji kopi sehingga mampu menghasilkan kopi yang sesuai dengan selera. Jika Anda mengandalkan rasa dari kopi berdasarkan pada pemrosesan biji, proses pemanggangan dan sejenisnya pilihlah mesin kopi espresso terbaik yang memiliki 5 hingga 6 pengaturan. Mesin kopi espresso dengan 5 hingga 6 fungsi pengaturan banyak digunakan oleh pemilik kafe.

Pilih Mesin dengan Ekstraksi 6 Bar

Mesin kopi espresso terbaik dengan ekstraksi 6 bar ke atas dipercaya mampu menghasilkan secangkir kopi yang nikmat dengan crema tebal seperti di beberapa kafe terbaik. Crema merupakan busa kuning kecokelatan dan sering digunakan dilapisan kopi teratas sebagai daya tarik bagi pencinta kopi. Berbeda dengan mesin kopi yang memiliki 3 hingga 6 bar, crema yang dihasilkan cenderung kurang berkualitas. Maka dari itu untuk mendapat secangkir kopi dengan rasa ala kafe, perhatikanlah tekanan bar pada mesin sebelum membelinya.

Mesin kopi espresso banyak di cari bagi mereka yang menjadi penggemar kopi pahit satu ini. mesin kopi sedikit banyak nya memberikan ciri khas tersendiri terhadap secangkir kopi yang di seduh. terdapat beberapa rekomendasi dari mesin yang bisa menjadi referensi ketika hendak membeli nya. begitu juga dengan harga yang di tawarkan, kisarannya beragam dari mulai ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta. berikut ini adalah beberapa rekomendasi terbaik dari mesin kopi espresso pilihan

1. Mesin Kopi Espresso Portable Staresso

 

Rekomendasi esperso

   ( Gambar mesin kopi Espresso portable staresso )

Tipe mesin kopi berikut ini termasuk pada jenis mesin yang  manual. bentuknya yang lumayan mini atau kecil, menambah kesan simple dan elegan. Kapasitas yang tersedianya pun terbilang kecil, yakni hanya berkisar 100 sampai 130 m saja.

meskipun termasuk pada mesin kopi espresso terbaik dengan harga murah, daya yang di butuhkan juga terbilang rendah. Mesin kopi Esspresso Portable Staresso cocok di gunakan di warung kopi sederhana mengingat barangnya yang simple dan tidak memakan daya listrik tinggi.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Joran Pancing Terbaik

Lokasi : Jl. Cideng Timur No.50, RT.9/RW.6, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10160

Website : www.toffin.id

 

2. Mesin Kopi Espresso Breville

 

Rekomendasi mesin

( Gambar mesin kopi Espresso Breveille )

 

Mesin kopi espresso terbaik dari merk Breville termasuk jenis mesin otomatis yang dapat memudahkan anda saat membuat kopi, terutama pencinta kopi dengan rutinitas tertentu di setiap harinya.

Mesin kopi Breville menggunakan teknologi precise extraction dengan kapasitas relatif besar yaitu hingga dua liter sehingga Anda dapat membuat kopi dalam jumlah banyak sekaligus. antuk harga, pembeli harus merogoh kocek lumayan besar karena harga yang di tawarkan bisa mencapai belasan juta rupiah.

Lokasi : Mastro Center, Jl. Kebon Sirih No.63, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta, 10340

Website : www.espressomesin.com

 

3. Mesin Kopi Espresso Maksindo MKP50

Rekomendasi maksi

( Gambar Mesin kopi Espresso Maksindo MKP 50 )

Maksindo termasuk dalam jajaran merk mesin kopi espresso terbaik yang paling di rekomendasikan karena memiliki harga relatif  sangat  terjangkau dan cocok untuk kebutuhan rumah tangga maupun coffee shop yang baru merintis. Tipe mesin dari merk Maksindo yang bisa Anda gunakan seperti MKP50 dengan kriteria mesin semi otomatis.

Aroma terbaik dihasilkan dari kopi terasa begitu deep karena mesin menggunakan system intelligent pre brew. Selain itu, tekanan ekstraksinya mencapai 20 bar, lebih besar dibanding merk lain dengan harga kompetitif.

Lokasi : Komplek kantor dan pergudangan BIZ PARK Ciputra R2 No. 6, Pulogadung RW.3 Rawa Terate Cakung RT.8/RW.4 Rawa Terate Cakung RT.8, RT.8/RW.4, Rw. Terate, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13920

Website : www.maksindo.com

 

4. Mesin Kopi Espresso Simonelli Aurelia II

 

Rekomendasi simone

  ( Gambar Mesin Kopi Espresso Simonelli )

Simonelli di yakini sebagai salah satu mesin kopi espresso terbaik dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan seperti untuk kepentingan bisnis. Satu diantaranya ialah Simonelli aurellia II volumetrik, tipe ini pas bila digunakan di rumah, di kantor, bahkan sebagai alat penunjang dalam membuka bisnis minuman kopi.

Sisi keunggulannya ialah dari kapasitas water tank  juga tekanan ekstraksi yang besar sehingga mampu menghasilkan lebih banyak kopi dalam satu waktu. Mesin kopi Simoneli juga dilengkapi dengan fitur soft infusion guna meracik kopi dengan krim.

Lokasi : Puri Indah CBD Ground Floor, Jl. Puri Indah Raya, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Website : www.onepresso.net

 

Jenis-Jenis Mesin Kopi Espresso

Mungkin kita sering melihat mesin kopi espresso di balik meja bar kafe dalam bentuk dan jenis berbeda di setiap kedainya. Dilihat dari tampilannya tersebut juga memiliki perbedaan dari segi kecanggihan, harga, dan fungsinya. Berikut jenis-jenis mesin kopi espresso berdasarkan pengoperasiannya, di antaranya:

Baca Juga:  7 Rekomendasi Jaket Hoodie untuk Pria Terbaik

Mesin Kopi Espresso Otomatis

Mesin kopi espresso terbaik dengan sistem pengoperasiaan otomatis dikenal juga pod coffe yang mana merupakan salah satu inovasi dalam dunia perkopian. Melalui mesin kopi espresso otomatis, Anda tidak akan ribet saat membuat racikan kopi karena didukung dengan teknologi canggih.

Pada mesin ini, Anda tidak membutuhkan bubuk kopi untuk diseduh melainkan kapsul sebagai bahan baku pembuatan kopi. Mesin kopi espresso otomatis lebih cocok digunakan untuk bersantai di rumah daripada kafe.

Mesin Kopi Espresso Semiotomatis

Mesin kopi espresso terbaik semiotomatis banyak digunakan untuk tujuan komersial baik yang memiliki ukuran kecil maupun besar. Selain itu, mesin kopi jenis ini cocok bagi Anda yang ingin belajar sebagai barista di rumah sendiri.

Mesin kopi espresso semiotomatis dibedakan menjadi dua jenis yaitu manual control dan programmable doses. Manual control ialah proses ekstraksi kopi dapat dihentikan secara manual sesuai keinginan sedangkan dalam programmable doses mesin akan berhenti sendiri setelah kopi mencapai takaran yang telah kita atur dari awal.

Mesin Kopi Espresso Manual

Mesin kopi espresso terbaik manual hadir dengan desain klasik dan elegan yang mana memiliki fungsi tersendiri dan kendali penuh berada pada setiap penggunanya. Dalam mesin kopi manual, pengguna harus menggiling sendiri biji kopi, mengatur suhu, tekanan, dan lama proses ekstraknya.

Namun sebelum memilih mesin kopi espresso tipe manual sebaiknya berpikir dua kali dan sesuaikan dengan kebutuhan. Mesin kopi manual kurang cocok digunakan di coffe shop kecuali barista sanggup untuk menggunakannya.

Mesin Kopi Espresso Profesional

Mesin kopi espresso terbaik dan profesional merupakan impian setiap barista karena memiliki fitur lengkap dan ukuran besar sehingga cocok digunakan untuk keperluan komersial. Mesin kopi profesional memiliki banyak bagian pengekstrak kopi untuk menunjang kecepatan produksi kopi berbahan espresso.

Untuk menggunakan mesin ini, barista pun harus profesional dan mumpuni untuk menjaga kopi pelanggan yang idealis soal rasa. Rata-rata haraga mesin kopi profesional berada pada kisaran puluhan juta rupiah.

Mesin Kopi Espresso Superotomatis

Mesin kopi espresso terbaik superotomatis bisa memadatkan, menggiling dan mengekstrak kopi hingga menjadi secangkir espresso sehingga dapat menggantikan tugas barista saat mengolah espresso.

Selain itu, cara menggunakannya juga cukup simpel hanya menekan tombol yang tersedia sesuai keperluan sehingga cocok digunakan untuk di rumah sekalipun. Melalui mesin superotomatis, kopi akan tersaji tanpa menakar dan menentukan gilingan kopi. Rasanya pun tidak jauh berbeda dengan hasil buatan barista di kedai kopi.

Kesimpulan

Mesin kopi espresso terbaik memiliki banyak jenis sesuai dengan kemudahan pengoperasian, kelengkapan fitur, fungsi, dan harga. Sebelum membelinya, sebaiknya perhatikan sejumlah tipsnya terlebih dahulu agar tidak salah membeli atau sesuaikan mesin dengan kebutuhan, apakah untuk keperluan rumahan atau komersial. salah satu di antaranya dapat anda pilih dari beberapa rekomendasi di atas yang mana telah memiliki banyak review positif dari sejumlah pembeli sebelumnya.