Rekomendasi george prentzas SRFG7iwktDk unsplash

3 Mesin Absensi Terbaik

Mesin absensi merupakan alat yang penting untuk mencatat tanggal dan waktu kehadiran. ada berbagai tipe mesin, misalnya yang bisa di cetak langsung pada kartu atau yang dapat mengidentifikasi sidik jari. Selain itu, anda juga akan menemukan produk dari berbagai merek yang bagus, seperti amano dan Solution. hal ini bisa membuat anda kebingungan untuk memilih produk yang tepat.

Untuk itu, kami akan memberikan penjelasan agar anda dapat memahami poin-poin penting dalam memilih mesin absensi. kami juga telah menyiapkan tiga  rekomendasi produk yang mungkin sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan lewatkan informasinya.

Apa kegunaan mesin absensi

Apa pun jenis bisnis yang dijalankan, perusahaan Anda sudah seharusnya memiliki alat absensi karyawan. Dengan mesin ini, Anda bisa memantau kedisiplinan karyawan dan meminimalkan terjadinya praktik curang di perusahaan. adapun praktik curang yang sering terjadi ialah time padding (catatan fiktif) dan budding punching (titip absensi).

Ada beberapa kegunaan mesin absensi karyawan lainnya yang harus Anda tahu. Yuk, langsung simak berikut ini.

Sistem absensi yang menggunakan mesin akan meningkatkan produktivitas karyawan secara efektif dan efisien. Alasannya, sistem manajemen absensi yang baik memungkinkan karyawan yang disiplin mendapatkan apresiasi khusus dari perusahaan.

Lingkungan kerja menjadi lebih aman karena ada mesin absensi yang juga berfungsi sebagai pengunci pintu ruang. Orang yang tidak memiliki akses absensi tidak bisa memasuki ruang kantor tanpa izin.

Baca Juga:  7 Tempat Karaoke di tangerang Ini Punya Ruangan Keren

Dengan mesin absensi, Anda bisa melakukan input jam kerja yang lebih akurat karena perekaman waktu dilakukan real time. Dengan perekaman waktu yang real time, Anda bisa mengetahui karyawan yang melakukan kerja lembur.

Mesin absensi akan memudahkan Anda membuat laporan dan penghitungan gaji.

Alat absensi karyawan bermanfaat untuk menghindari kesalahan catat sehingga bisa menghemat uang perusahaan. Kesalahan catat jam kerja sering terjadi pada absensi manual. Misalnya saja, ada karyawan yang jarang masuk, tetapi tercatat selalu masuk. Perusahaan pun merugi karena harus membayarnya secara penuh.

Cara memilih mesin absensi

Mesin absensi tentunya akan memudahkan pekerjaan Anda saat ingin membuat penghitungan gaji. Namun, sebelum menentukan pilihan, mari simak hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih.

1.Sesuaikan mesin absensi berdasarkan tipenya

Secara garis besar, mesin absensi tersedia dalam empat tipe. Keempat tipe tersebut adalah tipe kartu, tipe USB/SD compatible, tipe kartu IC/RFID, dan autentikasi biometrik. Agar makin jelas, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu karakteristiknya masing-masing.

Tipe kartu, sangat mudah digunakan dan kompatibel dengan USB/SD

Ada dua jenis mesin absensi tipe kartu yang paling umum dijumpai. Pertama, tipe kartu yang tidak dapat terhubung dengan komputer. Kedua, tipe kartu yang terhubung dengan komputer melalui USB/SD. Untuk lebih jelasnya, mari simak uraian berikut ini.

Mesin absensi tipe kartu yang tidak dapat terhubung ke komputer sangat mudah digunakan. Anda cukup memasukkan sebuah kartu tebal ke dalam mesin, lalu tanggal dan waktu akan tercetak otomatis. Sayangnya, tipe ini kurang efisien karena membutuhkan banyak waktu saat menghitung gaji.

Mesin absensi tipe kartu yang kompatibel dengan penyimpan data USB dan SD akan menghemat waktu saat melakukan penghitungan gaji. Pasalnya, Anda bisa langsung mentransfer data absensi karyawan ke komputer. Namun, Anda tetap perlu membeli kartu secara berkelanjutan untuk kebutuhan absensi.

Tipe IC, sangat efisien dan aman

Tipe IC adalah mesin absensi yang menyimpan data kehadiran dengan cara menempelkan kartu pada mesin. Mesin tipe ini mampu mengirim data ke suatu sistem khusus melalui jaringan. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi melakukan pengiriman data secara manual ke komputer. Pengaturan yang berhubungan dengan absensi pun akan menjadi lebih mudah.

Berbeda dari tipe sebelumnya, pada tipe IC, pengguna akan diberikan kartu identitas yang dapat dibawa oleh masing-masing. Kartu tidak disimpan di sekitar mesin absensi sehingga Anda akan terhindar dari kesalahan data akibat menggunakan kartu orang lain.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Merk Lem Kayu Multifungsi Terbaik

Tipe biometrik, sangat praktis untuk digunakan

Mesin tipe biometrik akan merekam kehadiran karyawan dengan menggunakan sidik jari atau pemindaian wajah. Dengan mesin seperti ini, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai kemungkinan kartu hilang atau tertinggal.

Akan tetapi, penggunaan mesin biometrik kadang kala menyulitkan dan membutuhkan waktu lama. Selalu ada saja beberapa orang yang tidak teridentifikasi sidik jari maupun wajahnya oleh mesin. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk membeli tipe ini juga tergolong tinggi.

2.Pilih mesin absensi yang dapat diatur tanggalnya sesuai keperluan

Mesin absensi biasanya mencetak catatan kehadiran dari tanggal satu sampai dengan akhir bulan. Hal ini tidak menjadi masalah apabila tanggal penutupan untuk penghitungan gaji sama dengan tanggal terakhir setiap bulan. Kenyataannya, tanggal penutupan penghitungan gaji dengan tanggal pembayaran gaji setiap perusahaan bisa berbeda-beda.

Sebagai contoh, ada beberapa perusahaan yang menetapkan penutupan di tanggal 15 atau 25 setiap bulannya. Tentu tidak efisien jika Anda harus memakai dua kartu hanya karena tanggal penutupan yang tanggung seperti ini. Untuk mencegah hal tersebut, Anda perlu menetapkan tanggal awal penghitungan gaji sesuai kebijakan perusahaan pada mesin absensi.

Sayangnya, beberapa mesin absensi tidak menyediakan fitur pengaturan tanggal sehingga tanggal awal penghitungan gaji tidak dapat diatur. Mesin seperti ini tidak direkomendasikan sekalipun harganya masuk akal dan mudah digunakan. Jadi, pastikan produk yang Anda incar memiliki fitur pengaturan tanggal jika tanggal penutupan tidak pada akhir bulan.

3.Tentukan mesin absensi berdasarkan kemudahan penggunaan

Mesin absensi adalah mesin yang digunakan setiap hari kerja di perusahaan. Tentu saja administrator perlu memilih mesin yang mudah diambil datanya, tetapi kenyamanan pengguna tidak kalah penting untuk dipertimbangkan.

Sebagai contoh, terkadang sidik jari sulit diidentifikasi saat menggunakan mesin absensi biometrik sehingga proses absensi jadi tidak menyenangkan. Hal ini mungkin terkesan sepele, tetapi perlu diperhatikan agar pengguna dapat menggunakannya dengan lancar seperti di bawah ini :

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

 

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

Baca Juga:  7 Rekomendasi Merk Lampu LED Terbaik, Hemat Listrik

 

3. Solution Finger Print Absent

 

Rekomendasi solution

                                                   ( Gambar Finger print absent merek Solution )

Mesin absensi fingerprint dengan banyak fitur menarik

Kelebihan:

  • Memiliki kapasitas absensi hingga 1500 sidik jari
  • Memiliki fitur SSR sehingga dapat mengatur shift kerja dan mengolah data karyawan
  • Memiliki fitur SMS yang memudahkan Anda untuk mengirim pesan ke karyawan

Kekurangan:

  • Mesin absensi ini membutuhkan perawatan yang rutin

Anda mungkin sering mendengar tentang mesin absensi dari Solution. Kali ini, alat absensi dari Solution kami rekomendasikan kembali untuk Anda. Mesin absensi Solution dengan seri P207 ini memiliki banyak fitur, termasuk SSR dan SMS.

Selain itu, terdapat fitur alarm yang dapat diatur sesuai jam masuk dan jam pulang kerja. Untuk pengoperasiannya, mesin absensi fingerprint ini sangat mudah digunakan dan datanya pun dapat dipindahkan ke USB flash disk.

Lokasi : Jl. Raya Jatiwaringin No.100, RT.001/RW.006, Jaticempaka, Kec. Pd. Gede, Kota Bks, Jawa Barat 17411

Website : www.solution.co.id

 

4. ZKTeco Mesin Absensi Sidik Jari

 

Rekomendasi zkt

                                                ( Gambar mesin absensi sidik jari merek ZKTECO)

Mesin absensi sidik jari dengan sensor optik yang andal

Kelebihan:

  • Mampu menyimpan 50 ribu transaksi penggunaan
  • Mudah dihubungkan dengan USB untuk transfer data secara manual

Kekurangan:

  • Membutuhkan daya listrik untuk mengoperasikannya karena tidak memiliki baterai tanam
  • Hanya memiliki kapasitas lima ratus data sidik jari

Produk dari ZKTeco ini menggunakan sensor optik yang andal. Sensor tersebut memungkinkan adanya respons identifikasi yang cepat. ZKTeco sendiri menyatakan bahwa produknya mampu mengidentifikasi pengguna kurang dari satu detik.

Kelebihan lainnya ialah adanya fitur laporan self-service recorder (SSR) yang memudahkan Anda membuat laporan absensi. Selain itu, alat absensi sidik jari ini di lengkapi dengan layar TFT 2,8 inci. Layar tersebut akan membuat tampilan antar muka lebih jelas dengan kualitas gambar yang  cukup baik.

Lokasi : Gold Coast Office Tower Eiffel 19 th Floor Unit E, Jl. Pantai Indah Kapuk Boulevard, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470

Website : www.zkteco.co.id

 

5. Amano Electronic Time Recorder

 

Rekomendasi amano

                                     ( Gambar mesin kehadiran merek amano electronic time recorder )

Pengusaha UMKM dapat memulai usahanya dengan mesin absensi ini

Kelebihan:

  • Berdesain sederhana dengan pengoperasian yang mudah
  • Memiliki fitur pengaturan waktu dan tanggal yang dapat Anda atur sendiri

Kekurangan:

  • Anggaran perusahaan menjadi lebih boros karena harus membeli banyak kertas untuk absensi
  • Rentan terhadap kecurangan data absensi karyawan

Mesin ini memiliki desain yang  cukup unik, yakni berbentuk jam analog yang besar. Anda pun dapat dengan mudah memastikan waktu kedatangan atau jam pulang kantor. Produk ini pas untuk pengusaha UMKM dengan karyawan yang belum terlalu banyak karena cara kerja mesin yang sederhana. Produk ini juga menggunakan baterai built-in yang tahan hingga 3 tahun pemakaian.

Lokasi : Jl. H. R. Rasuna Said No.3, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

Website : www.amano.co.id