Rekomendasi matt artz SmocKx2oDZc unsplash1

10 Merk Gunting Terbaik 2024

Gunting adalah salah satu  sebuah alat yang wajib di miliki. anda bisa memotong berbagai macam bahan dengan gunting. Jenis gunting juga dapat di bedakan berdasarkan bahan yang di potong, seperti gunting kertas, gunting kain, gunting rumput, hingga gunting serba guna. Lantas, bagaimana cara memilih gunting yang cukup  sesuai.

anda tidak perlu khawatir karena kami akan membahas tips memilih gunting terbaik pada artikel kali ini. kami juga akan memberikan rekomendasi merek gunting yang bagus dan tajam dari BAZIC Products, Joyko, Kenko, dan Faber Castell. untuk informasi selengkap nya, sila kan membaca artikel ini sampai  dengan selesai.

Cara memilih gunting

Pemilihan gunting yang tepat dapat memperlancar  segala aktivitas memotong anda. untuk itu, simak lah cara memilih yang telah kami rangkum di bawah ini sebelum anda membeli nya.

 

① Untuk memotong kertas, pilih gunting dengan bilah lurus agar garis nya terlihat

Bila anda mencari gunting untuk memotong kertas, ada baik nya memilih gunting dengan bilah yang lurus. Mata gunting yang lurus memiliki ujung yang runcing sehingga memudah kan anda ketika memotong benda tipis seperti kertas. mata gunting yang lurus juga menghasilkan bentuk potongan yang lurus dengan garis potongan yang terlihat jelas. dengan begitu, hasil potongan nya akan lebih rapi dan presisi.

 

② Gunakan gunting dengan bilah melengkung dan gagang yang besar untuk memotong berbagai benda

Gunting dengan gagang yang besar dan bilah yang melengkung cocok untuk anda yang mencari gunting serba guna. Pasal nya, model ini sangat memudahkan pekerjaan memotong anda, mulai dari benda kecil, tipis, hingga besar atau tebal. anda dapat memilih gunting berbilah bernoulli atau berbentuk lengkungan sedang untuk memotong berbagai macam bahan.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Merk Teko Listrik Terbaik (Terbaru 2024)

selain untuk memotong bahan, gunting model ini juga dapat di gunakan untuk memotong karton, sayuran, hingga alumunium. Gunting serbaguna yang paling cukup  populer adalah gunting kodok. Gunting kodok memiliki bilah yang tebal dan tajam, serta gagang lebar.

anda juga dapat menggunakannya untuk keperluan crafting, lho! hanya saja pilih lah bilah berbentuk zig-zag untuk menghasilkan potongan bergerigi. agar gunting lebih awet dan berfungsi dengan  secara maksimal, pertimbang kan gunting yang di lengkapi fitur anti karat.

 

③ Untuk disimpan di dalam tas atau kantong, utamakan gunting lipat kecil yang aman dan mudah dibawa bepergian

Gunting berukuran compact atau gunting lipat kecil dapat memudah kan anda yang membutuhkan gunting untuk di bawa saat bepergian. Gunting ini sangat mudah di bawa karena umum nya berukuran minimalis sehingga dapat mudah di simpan dalam tempat pensil atau tas.

Selain ukuran nya yang mungil, gunting model ini umum nya di lengkapi selongsong penutup. Fitur ini dapat meminimalisasi kerusakan bilah gunting. tak hanya itu, tangan anda pun tetap aman ketika hendak mengambilnya dari tas. dengan membawa gunting lipat kecil, anda bisa menggunakan nya sewaktu-waktu untuk keperluan yang mendadak.

 

④ Cari gunting dengan gagang dari resin agar nyaman digenggam

Selain bilah, perhatikan pula material gagang gunting yang tepat. Gagang gunting yang pas dapat memberikan kenyamanan pada tangan saat memotong. Anda dapat memilih gagang gunting berbahan resin yang bagian luar nya keras, sedangkan bagian dalam yang lembut. dengan menggunakan gagang ini, niscaya genggaman tangan lebih nyaman ketika memotong benda tebal dalam durasi cukup lama.

 

⑤ Pertimbangkan desain yang sesuai dengan penggunanya, misalnya gunting dari plastik untuk anak-anak

Terdapat beberapa gunting yang di desain khusus untuk pengguna tertentu. Karakteristik desainnya menyesuai kan pengguna nya. Gunting untuk anak-anak umumnya memiliki gagang yang dilapisi plastik. ujung gagang bilah nya juga di desain membulat untuk mencegah anak terluka ketika memakai nya.

Selain itu, ada pula gunting khusus orang kidal yang bilah nya di rancang terbalik. hal ini di peruntukan demi kemudahan pemakaian pengguna saat memotong dengan tangan kiri. karena itu, agar aman dan berfungsi secara  optimal, pasti kan memilih gunting dengan desain yang sesuai dengan penggunanya, ya!

Baca Juga:  6 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik

selanjutnya, kami akan merekomendasikan empat produk gunting terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini di pilih secara teliti dengan mempertimbang kan kualitas produk, di antara nya sebagai berikut :

1. Joyko Gunting Serba guna Stainless Steel

 

Rekomendasi joyko

                                                 ( Gambar Gnnting Joyko Serba guna merek Joyko )

Gunting tajam pelengkap peralatan kantor Anda

Kelebihan:

  • Blade-nya berbahan stainless steel yang kukuh dan tajam
  • Bilah dilapisi antikarat sehingga lebih awet

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang mengatakan terdapat produk dengan engsel gagang yang keras saat pemakaian awal-awal

Gunting merupakan salah satu sebuah  paralatan yang wajib ada di kantor. apa bila anda mencari gunting tajam yang serba guna untuk keperluan kantor, gunting Joyko seri ini patut anda pertimbangkan. gunting serba guna ini memiliki mata pisau yang tajam karena terbuat dari baja. Ia sangat efektif untuk di gunakan menggunting berbagai jenis kertas dan karton.

Gagang nya pun memiliki lebar yang pas untuk di guna kan dalam pekerjaan memotong ringan. selain itu, harga gunting ini cukup lah terjangkau. dengan begitu, anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan gunting serba guna Joyko ini.

Lokasi :  Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470

Website : www.joyko.co.id

 

2. Faber Castell Pocket Scissors

 

Rekomendasi fiber castle

                                                   ( Gambar Faber Casteell pocket Scissors )

Gunting saku mini, aman diselipkan di kantong

Kelebihan:

  • Tersedia dalam tiga pilihan warna pastel yang unik
  • Aman dan mudah dibawa bepergian karena dapat ditutup serupa pulpen

Kekurangan:

  • Bentuk gagangnya yang lurus membuat tangan mudah lelah ketika memakainya dalam waktu lama

Sering kali anda perlu memotong benda-benda kecil di perjalanan, seperti bulu mata palsu atau pun serabut benang pada pakaian. Gunting saku mini adalah peralatan esensial yang perlu di bawa ke mana pun.

Gunting saku dari Faber Castell ini di lengkapi dengan penutup sehingga bentuk nya menyerupai pulpen. anda dapat menyimpan nya secara aman dengan menyelipkan nya ke dalam pouch atau tas tangan.

Lokasi : Sentra Latumeten, Jl. Prof. Dr. Latumeten No.50, RT.1/RW.1, Jelambar Baru, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510

Website : www.faber-castell.co.id

 

3. Kenko Soft Grip Medium Scissor

 

Rekomendasi grip

                                                  ( Gambar Kenko Soft Grip Medium Scissor )

Bebas di pakai dalam waktu lama tanpa takut tangan lelah berkat gagang karetnya

Kelebihan:

  • Gagang dilapisi karet sehingga enak digunakan dalam waktu lama
  • Anda dapat memilih tiga desain warna sesuai kesukaan
Baca Juga:  4 Rekomendasi Pisau Set Dapur Terbaik

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk memotong benda yang tebal karena ujung bilah yang runcing

Kami rekomendasikan gunting Kenko satu ini untuk anda yang mencari gunting kertas yang nyaman. pasal nya, gunting ini memiliki bilah lurus dengan ujung runcing sehingga menghasilkan potongan yang lurus yang rapi. gagang nya pun nyaman di genggam karena di lapisi karet. dengan demikian, tangan tidak akan mudah lelah ketika memotong kertas atau karton dalam jumlah yang banyak dan waktu yang tahan lama.

Lokasi : Ruko Elang Laut Boulevard, Jl. Pantai Indah Selatan Jl. Pantai Indah Timur No.55-56, RT.3/RW.3, Kapuk, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470

Website : www.shop.kenko.co.id

 

4. Kenmaster Gunting Kain 8 Inci

 

Rekomendasi ken master

                                                    ( Gambar Ken master Gunting Kain 8 Inci )

Makin leluasa berkat gunting kodok berhandel karet dengan lubang yang besar

Kelebihan:

  • Handel dilapisi karet sehingga lembut di tangan Anda
  • Lubang handel besar, tangan Anda makin leluasa memakainya

Kekurangan:

  • Bahan logam rentan karat apabila disimpan dan dipakai dengan tidak benar

Lubang handel yang terlalu kecil membuat tangan tidak akan  leluasa bergerak saat menggenggam nya. nah, jika anda menemukan kendala tersebut, produk ini dapat jadi solusi tepat. gunting kodok ini memiliki handel karet dengan lubang besar yang membuat anda leluasa saat memakai nya. tangan pun jadi tidak akan mudah lelah dan pegal meski harus memotong kain dalam jumlah banyak

Lokasi : Jl. Agung Timur 9 Blok O1 No 29-30 Sunter, RT.10/RW.11, Sunter Jaya, Kec. Tj. Priok, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350

Website : www.kenmaster.co.id

 

Tips merawat ketajaman gunting

Gunting yang tajam membantu aktivitas memotong yang anda laku kan. karena itu, anda perlu merawat ketajaman gunting agar fungsinya tetap akan maksimal. beberapa tips di bawah ini dapat membantu anda untuk merawat ketajaman gunting.

Gunakanlah gunting sesuai dengan objek yang di potong

Ketajaman gunting bergantung pada objek yang di potong. oleh karena itu, gunakanlah gunting sesuai dengan fungsi nya. gunting kertas untuk memotong kertas dan gunting kain untuk memotong kain. begitu pula jika anda ingin menggunting selotip, pilih lah gunting dengan fitur antiengket.

Bersihkan gunting dari kotoran yang menempel

Membersihkan gunting dapat menjaga daya tajamnya. Pastikan Anda membersihkan gunting secara teratur agar ketajamannya tetap terjaga. Bersih kan lah kotoran yang menempel di dinding bilah dengan etanol. begitu pula ketika gunting anda basah, keringkan lah menggunakan kain kering atau tisu. Jangan menyimpan gunting dengan keadaan bilah masih basah karena bisa berkarat.

Asah bilah gunting secara berkala

Bila gunting terasa kurang tajam, anda dapat mengasah bilah nya menggunakan alat-alat yang ada di rumah. untuk ketajaman yang optimal, batu asah amat pas di gunakan untuk mengasah. namun, anda juga bisa menggunakan alat lain, seperti jarum tebal atau toples kaca, dengan cara mengguntingkan nya pada objek tersebut.

Kesimpulan

Dalam artikel ini kami telah membahas cara memilih gunting terbaik. anda bisa memilih gunting berdasarkan bilah dan gagang nya. selain itu, anda juga bisa memilih gunting berdasar kan pengguna nya. Jika ingin yang secara  praktis, pilih lah gunting mini atau gunting lipat yang berukuran cukup  compact.

Merek-merek gunting terbaik yang kami rekomendasikan bisa anda jadi kan sebuah pilihan. temu kan gunting terbaik yang paling pas dengan kebutuhan anda.