Rekomendasi brina blum Bb X4JgSqIM unsplash

7 Merk Flashdisk Terbaik (Terbaru 2024)

Selain berfungsi sebagai tempat  media penyimpanan, flashdisk juga memudah kan proses transfer data dari satu komputer ke komputer lain nya. bentuknya yang kecil membuat flashdisk mudah di bawa, bisa di masuk kan kantong baju, kotak pensil, atau ruang kecil dalam tas. saat ini terdapat banyak merk flashdisk yang beredar di pasaran. Jika kalian  tengah mencari rekomendasi merk flashdisk, jangan lewatkan ulasan berikut ini.

Cara Memilih Merk Flashdisk yang Bagus

Sekarang ada banyak merk flashdisk yang tersedia, misalnya V-Gen, Robot, Sandisk, Toshiba, Sony, dan Kingston. dan lain sebagai nya , sebelum memilih merk flashdisk terbaik untuk kebutuhan penyimpanan dan transfer data, sebaik nya pertimbangkan hal-hal di bawah ini.

1. Memastikan kapasitasnya sudah sesuai

Ukuran penyimpanan berbagai merk flashdisk pastinya berbeda, ada yang 2 Gb hingga ratusan gigabyte. namun biasa nya kapasitas yang tertera bukan lah kapasitas sebenar nya. contoh nya, jika ada flashdisk yang berkapasitas 64 Gb, biasa nya ruang penyimpanan yang bisa di gunakan kurang dari itu.

Jadi jika di butuh kan untuk menyimpan banyak data, seperti hasil editing video atau lagu, memang seharus nya memilih merk flashdisk berkapasitas besar. namun jika data yang perlu di pindah kan ke flashdisk tidak terlalu banyak, kapasitas 8GB atau 16GB saja sudah cukup.

2. Mengecek kecepatan transfer data

Setiap merk flashdisk tentu nya memiliki kemampuan transfer data yang  cukup berbeda-beda. untuk kecepatan membaca data flashdisk angka tertinggi nya mencapai 34 Mb per detik, sedang kan kecepatan menyimpan data tertinggi adalah 28 Mb per detik. Flashdisk yang menggunakan port USB versi 2.0 biasa nya mempunyai kecepatan transfer data sekitar 14 Mb per detik sampai dengan 24 Mb per detik.

3. Memastikan kompatibilitas port USB

Biasanya port USB versi 1.1 hingga 3.1 bersifat kompatibel dan tetap sangat  berfungsi sempurna meski di gunakan pada port USB versi lebih tinggi. pengecekan port USB bisa di lihat pada  terminal dalam komputer, USB 2.0 berwarna hitam atau putih dan USB 3.0 berwarna biru. misalnya kalian  menggunakan merk flashdisk terbaik versi 2.0 pada terminal USB 3.0, kecepatan transfer data tidak meningkat, melain kan tetap mengikuti kecepatan asli USB 2.0.

4. Mengecek jenis konektor pada PC

Jenis konektor yang terpasang pada perangkat komputer juga perlu di cek, karena biasa nya berbagai jenis merk flashdisk hanya kompatibel pada konektor yang sesuai. saat ini masih banyak perangkat yang menggunakan USB tipe A, tapi perangkat dengan port microUSB juga bermunculan, terutama perangkat yang menggunakan OS Android. Produk iPhone atau perangkat lain dengan sistem OS iOS biasa nya menggunakan pada  port Lightning.

Konektor lain yang sekarang juga banyak di gunakan pada berbagai perangkat elektronik adalah USB-C jadi pasti kan merk flashdisk yang di beli kompatibel dengan port USB perangkat komputer kalian . Jika memang salah beli, sebenar nya bisa di hubung kan dengan kabel konversi, tapi hal ini biasa nya juga berdampak pada kecepatan transfer data.

5. Memastikan fitur keamanan flashdisk

Tidak sulit memang mencari merk flashdisk terbaik dengan harga terjangkau di pasaran, namun biasa nya produk flashdisk tersebut belum mempunyai fitur pengaman yang baik. kalaupun ada flashdisk yang sudah di pasangi fitur pengaman, biasa nya di jual dengan harga cukup mahal. untuk dapat mengatasi hal tersebut, bisa di laku kan penambahan fitur pengaman data ke dalam flashdisk kalian bukan hanya mengaman kan risiko file hilang karena ulah manusia, pengaman tersebut di perlu kan supaya aman dari serangan virus. salah satu software yang sering di guna kan untuk pengaman flashdisk adalah BitLocker to Go.

6. Menyesuaikan ukuran dan fitur lain nya

Ukuran merk flashdisk sudah sangat lah beragam, ada yang berukuran sangat kecil hingga ukuran cukup besar. Flashdisk yang berukuran mini memang mudah  untuk di simpan dan di bawa, akan tetapi akan sulit di cari ketika terselip. biasa nya flashdisk juga di desain dengan lubang di salah satu bagian nya, sehingga bisa di pasang kan pada pengait atau pengaman lain., banyak merk flashdisk terbaik yang memberikan fitur tambahan, seperti waterproof atau shockproof. Flashidisk yang di buat tahan air biasa nya mempunyai pelindung untuk mencegah air mengenai material dan konektor dari flashdisk.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Merk Ban Motor Terbaik (Terbaru 2024)

7. Memilih flashdisk dengan casing kecil

Komputer atau laptop biasa nya di pasang kan port USB dengan letak berdekatan, yang seringkali di butuh kan untuk memasang perangkat eksternal  secara bersamaan. oleh karena itu, sebaik nya pilih merk flashdisk yang casing-nya cukup kecil, sehingga bisa perangkat lain masih bisa di pasan gkan di port sebelah nya. selain ukuran, pilih casing dengan daya lekat yang baik, supaya awet dan tidak mudah terlepas dari badan flashdisk.

Merk flashdisk yang bagus dan memiliki kualitas tidak sulit di temukan di pasaran. kalian  bisa membelinya dari toko resmi di berbagai e-commerce atau di konter-konter HP. Berikut ini beberapa rekomendasi produk flashdisk dari  untuk menunjang keperluan dalam suatu transfer data, berikut ini 7 Rekomendasi terbaik 2023 di antara nya sebagai berikut :

 

1. VIVAN Flashdisk OTG

 

Rekomendasi vivan

                                                                    ( Gambar Vivan Flashdisk OTG )

Rekomendasi merk flashdisk terbaik pertama adalah VIVAN Flashdisk OTG yang tersedia dalam suatu  kapasitas 32 Gb dan 64 Gb, kapasitas yang cukup besar untuk beragam data. Flashdisk ini telah di lengkapi oleh dual interface, yakni USB tipe C dan USB 3.0 sehingga bisa langsung di guna kan untuk transfer data dari PC maupun dari smartphone. Port USB 3.0 sendiri di ketahui memiliki transfer data yang lebih cepat di banding kan port USB 2.0.

Bagian bodi flashdisk di buat dari campuran logam yang kuat, tahan air, anti-magnet, tahan lama, dan tampak mewah. Merk flashdisk terbaik dari VIVAN ini memiliki sebuah desain yang bisa berotasi 90 dan 360  derajat, serta ada lubang kecil untuk gantungan kunci. VIVAN Flashdisk OTG di jual dengan harga 116ribuan rupiah hingga 160ribuan rupiah.

Lokasi : ITC ROXY MAS, lantai 2 no.103, Jl. Kh Hasyim Ashari No.103, RW.8, Cideng, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10150

Website : www.vivan.co.id

Harga : Mulai dari  116 ribuan rupiah hingga 160 ribuan rupiah.

 

2. SanDisk Ultra Flashdisk USB 3.0 Flash Drive CZ48

 

Rekomendasi sandisk

                                                ( Gambar Sandisk Ultra Flashdisk USB 3.0 Flash Drive CZ48 )

SanDisk memang sudah sangat  di kenal luas sebagai salah satu sebuah  produsen merk flashdisk terbaik saat ini. SanDisk Ultra Flashdisk USB 3.0 Flash Drive CZ48 di dukung oleh USB 3.0 yang menawar kan kecepatan transfer data hingga 80 Mb per detik. dengan kecepatan itu, proses transfer file berukuran besar tidak akan menghabis kan waktu yang terlalu lama.

bagian bodi nya terbuat dari bahan plastik dengan ukuran yang ramping sehingga  sangat mudah untuk di simpan dalam berbagai tempat. untuk melindungi keamanan data di dalam nya, produk ini sudah cukup  di lengkapi dengan proteksi password dan enkripsi AES 128-bit. tersedia dalam kapasitas 32 Gb dan 64 Gb, merk flashdisk terbaik dari SanDisk ini di jual sekitar 70 ribuan sampai 90 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. HR Rasuna Said Kav 1 Guntur Setiabudi Jakarta Selatan DKI Jakarta, RT.1/RW.6, Guntur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12980

Website : www.westerndigital.com

Harga : Mulai dari 70 ribuan sampai 90 ribuan rupiah.

 

3. Robot RF Flash Drive

 

Rekomendasi robot

                                                                        ( Gambar Robot RF Flash Drive )

Selain Vivan dan SanDisk, Robot juga menjadi produsen merk salah satu  flashdisk terbaik yang ada saat ini. bagian bodi nya terbuat dari logam yang membuat nya kokoh, tidak mudah tergores, dan tahan lama. Flashdisk ini masih menggunakan port USB 2.0 dengan kecepatan transfer data hingga 25 Mb per detik. karena belum mendukung port tipe C, Robot RF Flash Drive belum bisa di hubung kan langsung ke smartphone.

di desain dalam ukuran yang cukup kecil dan ringan, Robot RF FlashDrive tentu mudah untuk  di bawa dan  dapat di simpan di mana pun. Kapasitas yang tersedia dari salah satu merk flashdisk terbaik keluaran Robot ini mulai dari 4 Gb hingga 32 Gb, dan harganya sekitar 50 ribuan sampai 70 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. Sawah Besar I No.15, RT.2/RW.2, Maphar, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11160

Website : www.mdp.co.id

Harga : Mulai dari 50 ribuan sampai 70 ribuan rupiah

 

4. Toshiba Mini 360 Duo Flash Drive

 

Rekomendasi tos 1

                                                               ( Gambar Toshiba Mini 360 Duo Flash Drive )

Daftar berikutnya dari rekomendasi merk flashdisk terbaik ada Toshiba Mini 360 Duo Flash Drive yang  sudah di lengkapi dengan konektor ganda, mikro USB 2.0 dan USB 3.0. jadi flashdisk ini bisa langsung di hubungkan ke smartphone juga. Toshiba Mini 360 Duo Flash Drive tersedia dalam berbagai macam kapasitas, mulai dari 8 Gb, 16 Gb, 32 Gb, dan 64 Gb, dengan bentuk terminal tipe A.

Baca Juga:  4 Merk Kamera CCTV WiFi Mini Terbaik

Desainnya tampak dengan  stylist dan compact, serta terdapat kaitan kecil di salah satu sisi nya sebagai tempat menaruh key chain untuk menandai flashdisk. keren nya lagi, merk flashdisk terbaik dari Toshiba ini sudah sangat  di lengkapi dengan password protection software untuk menjaga data-data yang tersimpan agar tetap aman. Flashdisk ini bisa di beli secara online di e-commerce mau pun secara langsung di konter dengah harga sekitar 160 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. Terusan Lembang No.D 51-53, RT.11/RW.7, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Website : www. asia.toshiba.com

Harga : Mulai dari 160 ribuan rupiah.

 

5. Kingston DataTraveler 100 G3 USB Flash Drive

 

Rekomendasi king

                                                  ( Gambar Kingston Data Traveler 100 G3 USB Flash Drive )

Meski spesifikasi nya berupa USB 3.0, merk flashdisk terbaik dari Kingston ini juga kompatibel untuk versi USB 2.0 dan 3.1. Kecepatan baca yang cukup  di tawarkan cukup tinggi, mencapai 100 Mbps. Produk ini kompatibel dengan berbagai OS komputer, mulai dari Windows, Mac OS, Linux, hingga Chrome OS.

desain nya tampak stylish dengan warna hitam di keseluruhan bodi dan tambahan sliding cap yang tidak akan hilang. tersedia dalam kapasitas dalam penyimpanan 32 Gb hingga 256 Gb, harga jual produk ini di pasaran mulai dari 69 ribuan hingga 900 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl Jend Gatot Subroto Kav 23 Graha BIP Lt 5, Karet Semanggi, Setia Budi Kota Jakarta

Website : www.kingston.com

Harga :  Mulai dari  69 ribuan hingga 900 ribuan rupiah.

 

6. SanDisk USB 3.0 Ultra Dual USB Drive OTG

 

Rekomendasi usb

                                                    ( Gambar SanDisk USB 3.0 Ultra Dual USB Drive OTG )

Berikutnya ada SanDisk USB 3.0 Ultra Dual USB yang masuk dalam daftar merk flashdisk pada ulasan ini. Produk keluaran SanDisk ini sudah cukup  di lengkapi dengan OTG sehingga bisa  dapat di pasangkan ke berbagai perangkat, termasuk smartphone Android atau MacBook. Kompatibilitas ke banyak perangkat itu juga di dukung oleh ada nya konektor ganda USB 3.0 dan microUSB.

ukuran nya yang kecil  sangat memudahkan pengguna untuk membawa produk ini ke berbagai tempat. meski di lengkapi port USB 3.0, SanDisk USB 3.0 Ultra Dual USB Drive OTG juga kompatibel untuk perangkat dengan port USB 2.0 atau di bawah nya. Jika di guna kan pada perangkat sesama port USB 3.0, kecepatan transfer nya bisa mencapai 150 Mbps. tidak salah jika produk ini masuk dalam salah satu daftar merk flashdisk terbaik.

Jika di pasan gkan pada smartphone yang sudah mendukung OTG, produk ini bisa langsung terpasang tanpa perlu proses dalam instalasi. tersedia dalam kapasitas mulai dari 16 Gb hingga 256 Gb, merk flashdisk terbaik ini di jual mulai harga 100 ribuan rupiah.

Lokasi : Jl. HR Rasuna Said Kav 1 Guntur Setiabudi Jakarta Selatan DKI Jakarta, RT.1/RW.6, Guntur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12980

Website : www.westerndigital.com

Harga : Mulai dari   100 ribuan rupiah.

7. V-Gen USB Titans 3.0

 

Rekomendasi v gen

                                                                           ( Gambar V Gen USB Titans 3.0 )

Di Indonesia, V-Gen sudah sangat  di kenal sebagai salah satu sebuah merk flashdisk terbaik yang kualitas produk nya tidak perlu untuk  di ragukan. ada cukup banyak seri flashdisk dari V-Gen, salah satu nya adalah USB Titans 3.0. Kecepatan dengan  membaca data bisa mencapai 153 Mbps dan kompatibel untuk berbagai jenis  OS, seperti Windows, MacOS, dan Linux.

Keren nya lagi, merk flashdisk terbaik ini sudah cukup  di lengkapi fitur antiair, anti panas, anti guncangan, dan anti magnet, sehingga bisa di guna kan dalam waktu yang lama. V-Gen USB Titans 3.0 tersedia dalam berbagai macam kapasitas, mulai dari 8 Gb hingga 128 Gb. harga jual nya di pasaran sekitar 50 ribuan sampai 200 ribuan rupiah.

Lokasi : Komplek Pergudangan Duta Indah Karya Blok C No. 40-41, Jalan Daan Mogot KM. 13, RT.10/RW.2, Rw. Buaya, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta …

Website : www.v-gen.co.id

Harga : Mulai dari 50 ribuan sampai 200 ribuan rupiah.

 

Cara Memakai dan Tips Merawat Flashdisk Agar Tetap Bagus & Awet

Setelah memperoleh merk flashdisk yang bagus sesuai dengan  pilihan, kalian  juga perlu memahami cara pemakaian flashdisk yang benar dan tips merawat nya supaya produk tersebut bisa awet dalam waktu cukup  lama.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Blender Mini Portable Terbaik

Berikut ini cara pemakaian flashdisk yang benar supaya umur pakai flashdisk tahan lama seperti di bawah ini :

1. Menginstal ulang driver jika flashdisk tidak terdeteksi

Begitu dipasang kan ke komputer atau smartphone yang kompatibel, flash disk bias anya bisa terdeteksi dengan cepat. namun terkadang flashdisk tidak bisa terdeteksi oleh perangkat, dan salah satu sebuah  penyebab nya adalah instalasi driver yang salah. Jika flashdisk tetap tidak terdeteksi meski sudah coba di lepas-pasang, coba lakukan uninstall driver dari panel kontrol perangkat.,  setelah itu, coba pasangkan kembali flashdisk ke perangkat, biasanya driver akan melakukan instal ulang sampai berhasil mendeteksi perangkat baru. Jika cara itu tidak berhasil, bisa jadi masalah nya terjadi pada flashdisk atau terminal komputer. coba lakukan pengecekan dengan memasangkan merk flashdisk terbaik yang kalian  miliki ke perangkat lain.

2. Melakukan format ulang ketika lupa kata sandi

Salah satu sebuah  masalah yang sering terjadi terkait dengan keamanan merk flashdisk adalah pengguna lupa kata sandi dari flash disk tersebut. kata sandi yang salah tentu mengakibatkan file yang tersimpan tidak bisa di akses. cara yang tepat untuk mengatasi ini adalah melakukan format ulang pada flashdisk yang tentu nya turut menghapus data di dalam nya. Jadi dari pada mengorbankan data yang ada, lebih baik simpan catatan kata sandi flashdisk kalian..

3. Menyiapkan lebih dari satu perangkat penyimpanan

Seperti hal nya perangkat elektronik lain, flashdisk tentu memiliki batas masa pemakaian, sekalipun itu merk flashdisk terbaik. masa pemakaian biasa nya bergantung pada periode penyimpanan dan jumlah data yang di simpan. periode pemakaian yang rendah dan jumlah data yang sedikit biasa nya bisa memperpanjang usia flashdisk. akan tetapi, ada risiko lain yang bisa membuat flashdisk cepat rusak, yakni serangan virus atau asalah teknis lain nya. oleh karena itu, sebaik nya hindari penggunaan flashdisk untuk menyimpan data dalam waktu yang lama dan siap kan HDD atau cloud untuk back up data.

4. Mengistirahatkan flashdisk ketika terasa panas

Pada dasarnya, berbagai merk flashdisk biasa nya beroperasi normal hingga suhu maksimal 70 °C. Jika penggunaan nya cukup lama, biasanya flashdisk memang akan terasa semakin panas. akan tetapi, selama masih bisa di pegang oleh tangan, peningkatan suhu flashdisk tersebut masih dalam batas wajar.

Selain mengetahui cara memakai flashdisk yang benar, perlu dapat  di ketahui juga tips untuk merawat flashdisk. tujuan nya sama, agar flashdisk bisa tidak cepat rusak dan bisa di pakai dalam waktu yang lama.

 

Berikut ini tips untuk merawat merk flashdisk terbaik yang kalian miliki di antara nya ialah :

Pertama : rutin melakukan scan virus, terutama untuk flashdisk yang sangat sering di gunakan dari komputer satu ke komputer lain. Flashdisk yang sering di gunakan tanpa scan virus berpotensi menyebarkan virus dari salah satu  sebuah komputer ke komputer lain, yang bisa berdampak pada menurun nya kinerja komputer. meski yang di gunakan merk flashdisk yang harga nya cukup mahal, potensi terserang virus tetap ada.

Kedua :  bijak dalam menyimpan data meski berbagai merk flashdisk terbaik menyediakan ruang hingga 256 Gb. Jika ingin menyimpan data yang ukuran nya sangat besar, sebaik nya kompres dulu supaya tidak terlalu membebani flashdisk. selain itu, hindari mengedit data yang tersimpan di flashdisk secara langsung.

Ketiga : membiasa kan untuk melakukan eject jika flashdisk sudah selesai di gunakan. Kebiasaan langsung melepas flashdisk tanpa melakukan eject bisa membuat flashdisk cepat rusak. Selain itu, proses eject ini juga bertujuan supaya data yang tersimpan di dalam flashdisk tidak corrupt.

Keempat :  selalu menutup socket USB untuk melindungi USB dari debu hingga cairan. debu yang menumpuk bisa saja akan menurunkan kinerja flashdisk. Jika kalian malas untuk buka-tutup flashdisk, maka pilih merk flashdisk dengan penutup otomatis yang terpasang pada bodi nya.

menyimpan flashdisk di tempat yang jauh dari peralatan elektronik bermagnet besar, seperti kulkas dan TV. Selain itu, hindar kan flashdisk dari sinar matahari langsung yang panas nya bisa mengganggu kinerja komponen dari flashdisk. Jauh kan juga flashdisk dari air, meski beberapa merk flashdisk terbaik sudah di desain terhadap tahan air. bagaiman apun flashdisk merupakan barang elektronik yang rawan rusak saat terkena air.

Kelima : menghindarkan flashdisk dari benturan keras karena akan merusak komponen nya, termasuk menghilangkan data di dalam nya. casing flashdisk biasa nya di buat dari bahan yang tidak terlalu keras, sehingga benturan sedikit saja sudah bisa berakibat fatal pada flashdisk.

Kesimpulan :

Flashdisk menjadi salah satu alat transfer data yang cukup  praktis, sehingga di perlu kan merk flashdisk terbaik supaya proses transfer data berjalan secara maksimal. harga flashdisk di pasaran biasa nya tidak terlalu mahal dan bisa di jangkau oleh banyak kalangan. untuk memperoleh flashdisk terbaik, coba terap kan tips yang telah di tulis seperti di  atas, dan jangan lupa untuk merawat flashdisk dengan baik untuk memperpanjang usia pakai nya, Itu lah beberapa rekomendasi Flashdisk terbaik tahun ini , semoga artikel di atas bermanfaat bagi kalian semua nya.

 

 

 

 

4.8/5 - (12 votes)